Senin, 23 Januari 2012


TUGAS PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN PAUD
“ TUGAS FINAL MERANGKUM”
UNM.jpg
D
I
S
U
S
U
N
O L E H :
S U K M A  S U K A R D I
1 0 4 9 0 4 0 2 1
P G P A U D  /  A
PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR
2011



KELOMPOK 1
EVOLUSI STUDI PERKEMBANGAN MANUSIA
Logo UNM Cantik.jpgCharles Darwin adalah pencetus teori evolusi, yang pertama kali melihat bahwa prilaku bayi adalah sebuah proses perkembangan. Pada 1877, Darwin memublikasikan catatannya rentang perkembangan sensoris, kognitif, dan emosi anaknya Doddy di dua belas bulan pertama kehidupannya. ]urnal Darwin membuat "baby biographies"mendapat pengakuan ilrniah: tereatat lebih dari tiga puluh jurnal diterbitkan selama tiga dekade setelah itu (Dennis, 1936).
Mempelajari Rentang Kehidupan
Dalam rentang kehidupannya, manusia melewati tahap-tahap perkembangan dimana setiap tahap memiliki tugas-tugas perkembangan yang harus dikuasai dan diselesaikan. Sebagian besar dari kita ingin berusaha menguasai dan menyelesaikannya pada waktu yang tepat . Beberapa orang dapat berhasil, sedangkan yang lain kemungkinan tidak berhasil atau terlalu cepat dari tahap yang seharusnya. Havighurst membagi tugas-tugas perkembangan selama rentang kehidupan manusia sebagai berikut:
·         Masa bayi dan awal masa kanak-kanak
·         Akhir masa kanak-kanak
·         Masa Remaja
·         Awal Masa Dewasa
·         Masa Usia Pertengahan
·         Masa Tua
Penting juga diketahui bahwa ada faktor-faktor yang mempengaruhi individu untuk menguasai dan menyelesaikannya. Faktor-faktor tersebut:
Faktor Penghalang
1.      Tingkat Perkembangan yang mundur
2.      Tidak ada kesempatan untuk mempelajari tugas-tugas perkembangan atau tidak ada bimbingan untuk dapat menguasainya
3.      Tidak ada motivasi
4.      Kesehatan yang buruk
5.      Cacat tubuh
6.      Tingkat keerdasan yang rendah
Faktor yang membantu
1.      Tingkat perkembangan yang normal
2.      Kesematan-kesempatan untuk mempelajari tugas-tugas dalam perkembangan dan bimbingan untuk menguasainya
3.      Motivasi
4.      Kesehatan yang baik dan tidak ada cacat tubuh
5.      Tingkat kecerdasan yang tinggi
6.      Kreativitas
Terlepas dari berapa panjang rentang kehidupan seseorang, ukuran kronologis atau usia adalah kriteria pokok untuk menentukan tahap-tahap perkembangan individu. Pembagian ukuran kronologis ini:
1.      Periode Pranatal; masa sebelum kelahiran
2.      Logo UNM Cantik.jpgBayi; kelahiran sampai minggu kedua
3.      Masa bayi; akhir minggu kedua sampai akhir tahun kedua
4.      Awal masa kanak-kanak; dua sampai enam tahun
5.      Akhir masa kanak-kanak; enam sampai sepuluh atau dua belas tahun
6.      Masa pubertas; sepuluh atau dua belas sampai tiga belas atau empat belas tahun
7.      Masa remaja; tiga belas atau empat belas sampai delapan belas tahun
8.      Awal masa dewasa; delapan belas sampai empat puluh tahun
9.      Usia pertengahan; empat puluh sampai enam puluh tahun
10.  Masa tua atau usia lanjut; enam puluh tahun sampai meninggal
Hal-hal yang Memengaruhi Perkembangan
·         Keturunan,
·         Lingkungan
·         Kematangan
PERTANYAAN
1.      Hal-hal yang mepengaruhi perkembangan manusia (hermayanti)
Keturunan, lingkungan, dan Kematangan
Beberapa pengaruh atas perkembangan berakar dari hereditas: kualitas genetik yang diwarisi dari orang tua biologis saat pembuahan. Pengaruh lain banyak berasal dari lingkungan dalam dan luar: dunia di luar diri yang dimulai dari dalam kandungan, dan pembelajaran yang didapat dari pengalaman. Perbedaan individual akan semakin besar seiring dengan bcrrambahnya umur seseorang. Banyak perubahan mendasar dalam masa bayi dan anak-awal yang tampaknya berhubungan langsung dengan kematangan tubuh dan otak, yaitu terbukanya tahapan alamiah perubahan fisik dan pola perilaku, termasuk di dalamnya kesiapan untuk menguasai sarli kcmampllan baru seperti berbicara dan berjalan. Seiring tumbuhnya seorang anak menjadi remaja kemudian dewasa, perbedaan dalam karakter bawaan dan pengalaman hidup akan berperan lebih besar.
2.      Contoh prinsip-prinsip yang  di kemukakan oleh baltes!
Prinsip-prinsip untuk mempelajari pendekatan perkembangan manusia menurut Baltes:
·         Development is lifelong: setiap periode kehidupan dipengaruhi oleh apa yang terjadi sebelumnya dan akan mempengaruhi apa yang akan terjadi. Setiap periode memiliki karakteristik tersendiri yang unik, tidak ada satu periode yang lebih penting atau kurang penting.
·         Development depend on history and context. Setiap orang berkembang sesuai dengan waktu dan tempat  
·         Development is multidimensional and multidirectional: perkembangan mencakup keseimbangan antara pertumbuhan dan penurunan.
·         Development is pliable or plastic. Dalam perkembangan ada penampilan yang dapat dimodifikasi.
Logo UNM Cantik.jpg(Baltes, 1987; Linderberg dan Staudinger, 1998)
3.      Perkembangan mencakup keseimbangan antara pertumbuhan dan penurunan (maksud dari perkembangan tersebut).
Pertumbuhan fisik (pertumbuhan)
Pada masa remaja, pertumbuhan fisik mengalami perubahan lebih cepat dibandingkan dengan masa anak-anak dan masa dewasa. Pada fase ini remaja memerlukan asupan gizi yang lebih, agar pertumbuhan bisa berjalan secara optimal. Perkembangan fisik remaja jelas terlihat pada tungkai dan tangan, tulang kaki dan tangan, serta otot-otot tubuh berkembang pesat.
Cara berfikir kausalitas (penurunan )
Hal ini menyangkut tentang hubungan sebab akibat. Remaja sudah mulai berfikir kritis sehingga ia akan melawan bila orang tua, guru, lingkungan, masih menganggapnya sebagai anak kecil. Mereka tidak akan terima jika dilarang melakukan sesuatu oleh orang yang lebih tua tanpa diberikan penjelasan yang logis. Misalnya, remaja makan didepan pintu, kemudian orang tua melarangnya sambil berkata “pantang”. Sebagai remaja mereka akan menanyakan mengapa hal itu tidak boleh dilakukan dan jika orang tua tidak bisa memberikan jawaban yang memuaskan maka dia akan tetap melakukannya. Apabila guru/pendidik dan oarang tua tidak memahami cara berfikir remaja, akibatnya akan menimbulkan kenakalan remaja berupa perkelahian antar pelajar.




KELOMPOK 2
TEORI DAN RISET
  1. Pendahuluan
Logo UNM Cantik.jpgHubungan ilmu pengetahuan dengan teori sangat erat kaitannya karena tanpa teori kemajuan ilmu pengetahuan menjadi tak mungkin. Teori menyediakan kerangka dimana para ilmuan menyadari persoalan-persoalan penting yang hendak diajukan dan metode-metode apa yang harus digunakan untuk menjawab persoalan-persoalan tersebut. Tanpa adanya konteks  teoretis sebagai tempat beroperasi, informasi baru hanya akan menjadi tambahan kuantitatif bagi kumpulan pengetahuan yang sudah ada.
B.  Isu-isu teoritis dasar
Teori adalah serangkaian konsep dan pernyataan yang saling berhubungan, yang bertujuan untuk menggambarkan dan menjelaskan perkembangan dan untuk memprediksikan jenis perilaku apa yang mungkin akan terjadi dalam kondisi tertentu.
C.  Unsur-unsur teori
  1. Variabel (variable)
  2. Konstruk
  3. Hipotesis
D. Persfektif  Teoritis
1.      Psikoanalitis/Psikodinamik
Sigmund freud (1856-1939)
2.      Pembelajaran (Learning)/Model Behavioral
3.      Kognitif-Developmental
Jean Piaget (1896-1980)
4.      Evalusioner /Sosiobiologis
Konrad Lorenz(1903-1989),
5.      Konstektual/Ekologis
Lev Vigotsky
E. Pengambilan Sampel (Sampling)
Sampel seharusnya mewakili seluruh populasi yang menunjukkan karakteristik relevan. selain itu para peneliti juga biasa melakukan pemilihan acak, yang menjadikan setiap orang dalam populasi memiliki kesempatan yang sama dan bebas untuk dipilih.
F. Rancangan penelitian dasar
Rancangan penelitian dasar adalah sebuah rencana untuk melakukan penelitian ilmiah.
q    Studi Kasus
q    Studi Etnografis
q  Logo UNM Cantik.jpg  Studi Korelasional
q    Studi Eksperimental
G.    Rancangan Penelitian Perkembangan
ü  Studi Longitudional
ü   Cross-sectional
H.    Etika Penelitian
  • Hak untuk mendapatkan informed consent
  • Menghindari penipuan
  • Hak untuk mendapatkan privasi dan
  • kerahasiaan
I.       kesimpulan
jenis-jenis teori perkembangan yakni teori psikoanalitis,teori pembelajaran, teori kognitif, teori Evalusioner /Sosiobiologis, teori Konstektual/Ekologis. Kemudian penelitian terdiri dari beberapa hal yakni metode penelitian, Pengambilan Sampel(Sampling), Rancangan Penelitian Dasar, Rancangan Penelitian Perkembangan, Etika Penelitian.
PERTANYAAN
1.      Apa yang di maksud dengan study etnografis, apa hubungan dengan teori
Etnografi berasal dari kata ethos, yaitu bangsa atau suku bangsa dan graphein yaitu tulisan atau uraian.
Etnografi adalah kajian tentang kehidupan dan kebudayaan suatu masyarakat atau etnik, misalnya tentang adat-istiadat, kebiasaan, hukum, seni, religi, bahasa. Bidang kajian vang sangat berdekatan dengan etnografi adalah etnologi, yaitu kajian perbandingan tentang kebudayaan dari berbagai masyarakat atau kelompok (Richards dkk.,1985).
Istilah etnografi sebenarnya merupakan istilah antropologi, etnografi merupakan embrio dari antropologi, lahir pada tahap pertama dari perkembangannya sebelum tahun 1800 an. Etnogarafi juga merupakan hasil catatan penjelajah eropa tatkala mencari rempah-rempah ke Indonesia. Koentjaraningrat, 1989:1
-          Hubungannya dengan teori
Logo UNM Cantik.jpgEtnografi membangun teori kebudayaan – atau penjelasan tentang bagaimana orang berpikir, percaya, dan berperilaku – yang disituasikan dalam ruang dan waktu setempat. Serta Sebagai sebuah pendekatan untuk mempelajari kehidupan masyarakat, hasil penelitian etnografi seakan dihadapkan pada dua pilihan kegunaan yaitu: 1) untuk berteori tentang kebudayaan – berkenaan dengan fenomena masyarakat yang diteliti; dan 2) memecahkan permasalahan di dalam masyarakat yang diteliti
Hampir sama dengan penelitian etnografi terapan, etnografi sebagai sebuah ilmu lebih berfokus pada penciptaan teori-teori budaya – bagaimana teori budaya diperdebatkan melalui studi etnografi. Etnografi sebagai sebuah ilmu menghasilkan atau membangun teori-teori tentang budaya – atau penjelasan-penjelasan bagaimana masyarakat berfikir, percaya dan berperilaku – yang disituasikan dalam ruang dan waktu setempat.
2.      Jelaskan apa hubungan studi dengan pemeliharaan
Hubungan antara studi dengan pemeliharaan yaitu dengan studi dapat meningkatkan wawasan dan pengetahuan kita tentang pemeliharaan, mau itu pemeliharaan dalam bentuk pertumbuhan ataupun perkembangan yang telah di maknai melalui riset dan teori ilmu pengetahuan
3.      Jelaskan teori ilmu pengetahuan dan riset. Apa hubungannya?
Hubungan ilmu pengetahuan dengan teori sangat erat kaitannya karena tanpa teori kemajuan ilmu pengetahuan menjadi tak mungkin. Teori menyediakan kerangka dimana para ilmuan menyadari persoalan-persoalan penting yang hendak diajukan dan metode-metode apa yang harus digunakan untuk menjawab persoalan-persoalan tersebut. Tanpa adanya konteks  teoretis sebagai tempat beroperasi, informasi baru hanya akan menjadi tambahan kuantitatif bagi kumpulan pengetahuan yang sudah ada.




KELOMPOK 3
MEMBENTUK KEHIDUPAN BARU
Menyemai kehidupan baru
Logo UNM Cantik.jpgSebagian orang dewasa dan sebagian besar anak-anak di Negara berkembang memiliki ide akurat yang rasional tentang darimana bayi datang. Dalam kepercayaan tradisional, para orang tua masih mengatakan kepada mereka, bahwa yang membawah bayi adalah seekor burung bangau. namun kepercayaan
tradisional yang lain menyatakan bahwa anak-anak berasal dari lubang, atau batu. Mitos ini sudah ada di eropa tengah pada awal abad ke dua puluh.            
Proses Reproduksi Manusia
proses reproduksi pada manusia terdiri dari beberapa bagian antara lain:
A.  Spermatogenesis
B.  Oogenesis
C.  Siklus Menstruasi
D.  Pembentukan Embrio
E.  Kontrasepsi
Spermatogenesisi
Proses pembentukan dan pemasakan spermatozoa disebut spermatogenesis. Pada tubulus seminiferus testis terdapat sel-sel induk spermatozoa atau spermatogonium, serta sel Sertoli yang berfungsi memberi makan spermatozoa juga ada yang di sebut sel Leydig, yang terdapat di antara tubulus seminiferus, berfungsi menghasilkan testosteron. Pada proses pembentukannya, spermatozoa dipengaruhi oleh kerja beberapa hormon.
Oogensisi
Di dalam ovarium janin sudah terkandung sel pemula atau oogonium. Oogonium akan berkembang menjadi oosit primer. Oosit primer kemudian mengalami masa istirahat hingga masa pubertas.
Siklus Menstruasi
Setiap bulan wanita melepaskan satu sel telur dari salah satu ovariumnya. Bila sel telur ini tidak mengalami pembuahan maka akan terjadi perdarahan (menstruasi). Menstruasi terjadi secara perfodik satu bulan sekali. Saat wanita tidak mampu lagi melepaskan ovum karena sudah habis tereduksi, menstruasi pun menjadi tidak teratur lagi, sampai kemudian terhenti sama sekali. Masa ini disebut menopause.
Pembentukan Embrio
Logo UNM Cantik.jpgPeristiwa fertilisasi terjadi di saat spermatozoa membuahi ovum (sel telur) di tuba fallopii, pada saat ovum dan sperma bertemu terjadilah zigot (calon bayi), zigot membelah secara mitosis menjadi dua, empat, delapan, enam belas dan seterusnya. Hingga berjumlah 32 sel, kemudian 32 sel ini yang dinamakan morula. Di dalam morula ini  terdapat rongga yang disebut blastosoel yang berisi cairan yang dikeluarkan oleh tuba fallopii, bentuk dari blastosoel ini kemudian disebut blastosit. Lapisan terluar blastosit disebut trofoblas merupakan dinding blastosit yang berfungsi untuk menyerap makanan dan merupakan calon tembuni atau ari-ari (plasenta),
Membran (Lapisan Embrio)
Dalam pembentukan Embirio Terdapat 4 lapisan di dalamnya, antara lain:
a.  Kantung Kuning Telur (Yolk Sac)
b.  Amnion
c.  Alantois
d.  Korion
Kontrasepsi
Kontrasepsi adalah suatu cara yang bertujuan mencegah terjadinya pembuahan, terdapat beberapa metode, antara lain:  
a) Tanpa Alat Bantu
b) Menggunakan Alat Bantu
c)  Sterilisasi
Kode Genetik
Dasar dari turunan adalah sebuah senyawa kimia yang di sebut deoxyribo nucleic acid (DNA) yang memuat semua materi yang yang di wariskan dari orang tua biologis kepada anak. Struktur DNA terdiri dari tangga panjang spiral terdiri dari empat senyawa kimia yang di sebut bases (data). Dalam tiap inti sel terdapat kromosom, gulungan DNA yang terdiri dari segmen yang lebih kecil disebut gen (genes), unit fungsional dari turunan. Rangkaian gen komplet dalam tubuh manusia menbentuk human genome. Genomen menspesifikasikan urutan dimana gen diexpresikan .setiap sel dalam tubuh manusia normal, kecuali sel seks, memiliki 23 pasang dengan total 46 pasang dalam tiap sel seks. Karna itu, ketika sperma dan ovum bersatu saat kehamilan, mereka akan memproduksi zigot dengan 46 kromosom, 23 dari pihak ayah dan 23 dari pihak ibu.
PERTANYAAN
1.      Apa yang di maksud dengan dizigotik (A. Satriani)
Kembar dizigotik (dikenal sebagai "kembar non-identik") terjadi karena zigot-zigot yang terbentuk berasal dari sel telur yang berbeda. Terdapat lebih dari satu sel telur yang melekat pada dinding rahim yang terbuahi oleh sel-sel sperma pada saat yang bersamaan. Pada manusia, proses ovulasi kadang-kadang melepaskan lebih dari satu sel telur matang ke tuba fallopi yang apabila mereka terbuahi akan memunculkan lebih dari satu zigot.
Kembar dizigotik secara genetik tidak berbeda dari saudara biasa dan berkembang dalam amnion dan plasenta yang terpisah. Mereka dapat memiliki jenis kelamin yang berbeda atau sama.
2.      Logo UNM Cantik.jpgSebutkan spermatogenesis di pengaruhi oleh beberapa hormon (sukma)
·         Testosteron : Merupakan hormone yang terletak dan dihasilakn oleh testis tepatnya hormone ini dikeluarkan oleh sel leydig). Hormone ini penting untuk pertumbuhan dan perkembangan organ reproduksi serta cirri seks sekunder pada hewan jantan dan hormone ini terutam bertanggung jawab pada pembentukan spermatosit sekunder. Pelepasan hormone ini dikendalikan oleh hormone LH (Luteinizing Hormone)
·         GnRH : Hormon ini dihasilkan oleh hipotalamus, yang berfungsi untuk merangsang hipofisis atau pituitary bagian anterior untuk mengeluarkan FSH dan LH.
·         LH (Luteinizing Hormone) : Hormon ini disekresikan oleh kelenjar hipofisis bagian anterior. Hormon ini berfungsi untuk merangsang sel-sel leydig agar mensekresikan hormone testosterone
·         FSH (Follicle Stimulating Hormone) : Hormon ini juga disekresikan oleh kelenjar hipofisis bagian anterior, dan berfungsi untuk mempengaruhi dan merangsang perkembangan tubulus seminiferus dan sel sertoli untuk menghasikan ABP (Androgen Binding Protein/protein pengikat androgen) yang berfungsi untuk mengikat estrogen dan testosterone dan membawa kedua hormone tersebut ke dalam cairan tubulus seminiferus,  jadi ABP juga berfungsi memacu pembentukan sperma. FSH pada khusunya berfungsi pada pembentukan spermatid menjadi spermatozoa.
·         Estrogen : Hormon ini dihasilkan oleh sel-sel sertoli, hormone ini berfungsi untuk pematangan sperma
3.      Sebutkan dan jelaskan alat kontrasepsi alat bantu (mega)
Metode kontrasepsi ini menggunakan alat bantu untuk menciptakan hambatan agar sperma tidak membuahi sel telur. Jenis hambatan bisa berbentuk fisik ataupun kimia yang dirancang untuk menghentikan sperma memasuki rahim wanita.
Metode barrier terdiri atas beberapa jenis kontrasepsi berbentuk alat, yaitu:
·         Kondom (Pria) Kondom berbentuk tabung dan terbuat dari bahan yang sangat tipis (lateks) yang membungkus penis saat ereksi ketika berhubungan seks dengan pasangan.
·         Female Condom Kondom perempuan adalah jenis kontrasepsi dengan fungsi mirip kondom pada pria, berbentuk kantong sekitar 7 inchi dan memiliki dua cincin yang fleksibel di masing-masing ujungnya.
·         Spermisida adalah jenis kontrasepsi yang terbuat dari bahan kimia yang dirancang untuk membunuh sperma. Bentuk spermisida bermacam-macam, ada yang berbentuk busa, jeli, tablet berbusa dan supositoria vagina.
·         Diafragmadalah kubah karet lunak membentang di atas sebuah cincin fleksibel, kubah diisi dengan krim atau jeli spermisida.Diafragma dimasukkan ke dalam vagina dan ditempatkan di atas leher rahim tidak lebih dari 3 jam sebelum berhubungan seksual.
·         Logo UNM Cantik.jpgCap serviks adalah secangkir kecil yang terbuat dari karet lateks atau plastik. Tutup serviks diisi dengan krim atau jeli spermisida dan dimasukkan ke dalam vagina dan ditempatkan di atas leher rahim.
·         Kontrasepsi Sponge adalah jenis kontrasepsi berbentuk piring yang terbuat dari busa poliuretan.




KELOMPOK 4
PERKEMBANGAN FISIK SEPANJANG USIA TIGA TAHUN PERTAMA   ( 0 - 3 TAHUN )
Logo UNM Cantik.jpgPerkembangan fisik. Pada usia ini, perkembangan anak akan menjadi jelas. Anak yang sangat aktif mungkin sudah mulai merangkak, menarik perut dan kakinya di sepanjang lantai dengan menggunakan tangan. Bayi aktif bisa duduk beberapa menit pada suatu saat, dan akan menyukai untuk menapakkan kaki setahap demi setahap ketika dipegang tegak lurus. Anak rata-rata bisa berguling sendiri, dan akan mampu duduk tegak lurus tanpa memiringkan kepalanya ke satu sisi. Anak rata-rata akan mampu bergerak ke belakang dan ke depan, membuat kebanyakan bayi terlalu aktif waktu diberi makan atau dipasangi popok pada tahap ini. Jangan mengharapkan bayi berumur 6 bulan untuk tetap diam.
a.    Proses Persalinan 
1.    Kondisi Bayi Lahir
Sebagai orang tua yang baru biasanya akan merasa sangat berbahagia, ketika melihat kelahiran anaknya yang pertama. Dalam hati dan benak pemikiran orang tua sudah tergambar harapan terhadap anak tersebut. Ia kelak akan menjadi apa, artinya akan memiliki profesi tertentu, seperti dokter, insinyur, ekonom, artis ( bintang film), notaris, tentara, pengusaha, pejabat negara dan sebagainya. Sebagai orangtua, mereka akan merawat, memelihara dan memperhatikan berbagai aspek perkembangan anak. 
2.    Karakteristik Bayi Masa Lahir
Menurut para ahli psikologi perkembangan ( Papalia, Old & Feldman, 1998; Turner & Helms, 1995; Santrock, 1999),ada beberapa ciri bayi yang normal. Bayi yang normal tentu mempunyai tanda–tanda kesadaran untuk merespons terhadap stimulasi yang berasal dari lingkungan hidupnya. Di bawah ini ada enam karakteristik umum yang dialami oleh bayi yang baru lahir dari rahim ibunya, yaitu: (1) banyak tidur (2) tidur aktif (3) malas-malasan (4) waspada  (5) rewel (6) menangis. 
b.    Tahap – Tahap Persalinan
Bagi wanita yang baru pertama kali melahirkan, tahap pertama, yang terpanjang, biasanya kurang atau lebih dari 12 jam
Tahap kedua, biasanya berlangsung selama 1 ½ jam atau lebih. Tahap ini dimulai ketika kepala bayi mulai bergerak melalui servix kelubang vagina (vaginal canal), dan berakhir ketika si bayi keluar dari tubuh ibunya secara utuh.
Tahap ketiga yang berlangsung sekitar 5- 30 menit, plasenta dan tali pusat yang masih tersisa dikeluarkan dari tubuh ibu beberapa jam setelah persalinan merupakan tahap keempat, pemulihan si ibu terus dipantau ketika ibu beristirahat.
v Aspek – Aspek Perkembangan Fisiologis  
1.    Pertumbuhan dan Perkembangan Fisik Bayi
·         Usia tiga tahun pertama
·         Usia 0 – 4 bulan
·         Logo UNM Cantik.jpgUsia 4 – 6 bulan
·         Usia 6 – 12 bulan
2.    Peran Nutrisi pada Perkembangan Anak
        Nutrisi yang tepat dan tidur yang cukup merupakan hal esensial bagi pertumbuhan yang sehat. Kebutuhan makan dan tidur berubah  sangat cepat, terutama selama tahun pertama kehidupan. Tiga tahun pertama kehidupan bayi adalah periode pertumbuhan yang luar biasa yang terjadi pada seluruh area perkembangan tubuh, terutama otak. Otak bayi baru lahir hanya seberat 25% dari otak orang dewasa rata-rata. Tetapi pada umur tiga tahun, otak sudah tumbuh begitu pesatnya, memproduksi milyaran sel dan ratusan triliun koneksi, sinapsis atau sambungan syaraf antar sel-sel tersebut. Meskipun pertumbuhan otak tidak berhenti sampai umur tiga tahun – melainkan sampai usia remaja – namun setelah usia tiga tahun pertumbuhan otak semakin melambat.
Manfaat kesehatan ASI sangat besar pada dua tahun pertama dan seterusnya. ASI akan memberi tiga manfaat yang dirasakan bayi yakni
a.)      Manfaat Psikologis
Walaupun hidup bayi didasari oleh insting biologis, namun bayi memerlukan kebutuhan psikologis yang hanya diperoleh dari orang tua. Kebutuhan psikologis ini, diperoleh melalui kedekatan fisik ketika si ibu member bayi pada bayinya.
b.)      Manfaat Sosilogis
Pada dasarnya bayi adalah makhluk social. Karena itu, ia memerlukan pergaulan dengan orang lain. Ia tak mungkin dapat hidup sendiri.
c.)      Manfaat pertumbuhan Fisiologis
Untuk tumbuh sehat, bayi memerlukan makanan dan minuman yang bergizi. ASI adalah makanan dan minuman pertama kali yang dirasakan oleh si bayi. Dalam berbagai penelitian yang dilakukan oleh para ahli gizi maupun kedokteran, ternyata ASI mengandung berbagai zat nutrisi (vitamin, protein, mineral, laktosa, glukosa) yang mmiliki khasiat tinggi bagi pertumbuhan bayi.
¨    Berbagai pengaruh terhadap pertumbuhan anak
Gen yang diwarisi oleh bayi memiliki pengaruh yang kuat berkenaan dengan apakah si anak akan menjadi tinggi atau pendek, langsing atau montok, atau level tengah diantara kondisi- kondisi tersebut. Pengaruh genetik yang berinteraksi dengan lingkungan seperti nutrisi dan kondisi tempat tinggal, juga mempengaruhi kesehatan dan kesejahteraan umum. Sebagai contoh, anak jepang – amerika lebih tinggi dan lebih berat dibandingkan dengan anak jepang seusianya. Hal ini mungkin disebabkan oleh perbedaan makanan (Broude,1995).

PERTANYAAN
1.      Jelaskan karakteristik bayi masa lahir beserta contohnya
·         Logo UNM Cantik.jpgBanyak Tidur, Yang dilakukan oleh bayi ialah tidur secara terus-menerus. Matanya selalu menutup, sebagai upaya untuk menjalani proses kehidupannya. Sebagian besar waktunya yaitu sebanyak 80% setiap hari bayi tidur selama 18 jam.
·         Tidur Aktif, Tidur merupakan aktivitas utama bagi setiap bayi yang normal. Sebagian besar waktunya memang harus dipergunakan untuk tidur.
·         Malas-malasan, Seringkali keadaan tidur dianggap sebagai perilaku malas. Menelan makanan merupakan aktivitas yang menguras dan memerlukan energy, sehingga setelah makan maupun minum umumnya bayi merasa capai, lemas dan segera tertidur.
·         Waspada, Lamanya bayi tinggal dan berdiam seorang diri di ruang kamar, akan menimbulkan pemerasaan bosan karena bayi menghadapi situasi dan kondisi yang monoton.
·         Rewel, Pengalaman-pengalaman yang tak menyenangkan  akan dirasakan sebagai sesuatu yang mengganggu hidupnya.
·         Menangis, merupakan bahasa komunikasi yang diekspresikan oleh seorang bayi kepada lingkungan sosialnya. Menangis merupakan suatu tanda yang memilki arti tertentu, yang mengisyaratkan bahwa bayi memerlukan perhatian secepat mungkin.    
2.      Mengapa pada usia 3 tahun tingkat  kesulitan anak sudah mulai mereda (Husni)
“masa yang sulit karena komunikasi yang terbatas dan perkembangan di segala aspek meningkat dengan cepat, maka ketika anak mencapai usia 3 tahun “ kesulitan” mulai mereda. Memang anak dalam usia anak-anak adalah” petualang yang kuat dan tegar, yang senang menjelajahi berbagai kemungkinan yang ada dilingkungannya seraya mengembangkan swluruh aspek perkembangnnya. Mereka telah lepas dari masa sulit dan masuk kemasa yang lebih tenang dan tidak terlalu mengancang.
3.      Hal-hal apa yang mempengaruhi perkembangan fisik pada anak (hermayanti)
Hal yang mempengaruhi adalah dari pola makanan dan gizi yang diberikan kepada anak, karena dari situ anak mendapatkan nutrisi dan dapat tambah berkembang secara baik.  Serta dipengaruhi oleh pertumbuhan seperti pengaruh genetik yang berinteraksi dengan lingkungan pengaruh seperti nutrisi, dan kondisi tempat tinggal, juga mempengaruhi kesehatan dan kesejahteraan umum. Makanan dan perhatian yang baik akan membuat anak menjadi lebih tinggi dan lebih berat dibandingkan dengan anak yang mendapatkan makanan dan perhatian yang kurang baik.




KELOMPOK 5
PERKEMBANGAN KOGNITIF PADA MASA AWAL ANAK-ANAK
ü  Tahap pemikiran praoperasional piaget
ü  Pemrosesan informasi
ü  Perkembangan bahasa
ü  Logo UNM Cantik.jpgTeori perkembangan vygotsky
ü  Pendidikan masa awal anak-anak
Ø  Tahap pemikiran praoperasional piaget
Inilah awal kemampuan untuk mengkonstruksi pada level pemikiran apa yang telah dibentuk didalam perilaku, dan suatu transisi dari penggunaan simbol-simbol yang primitif yang lebih canggih. Anak belum berfikir secara opersional. Tahap pemikiran praoperasional piaget dapat dibagi kedalam dua sub tahap, yaitu:
ü  Subtahap fungsi simbolis
ü   Subtahap pemikiran intuitif
Ø  Pemrosesan informasi
ü  Perhatian
ü  Ingatan
ü  Analisis tugas
ü  Teori pikiran anak
Ø  Perkembangan bahasa
ü  Perluasan tahap-tahap brown
ü  Sistem aturan
Ø  Teori perkembangan vygotsky
ü  Zone of proximal development
ü  Bahasa dan pemikiran
ü  Kebudayaan dan masyarakat
Ø  Pendidikan masa awal anak-anak
ü  Taman kanak-kanak yang terpusat pada anak
ü  Praktek-praktek yang cocok dan tidak cocok sesuai perkembangan dalam pendidikan anak-anak kecil
ü  Pentingnya anak-anak masuk prasekolah sebelum taman kanak-kanak
ü  Pengaruh pendidikan masa awal anak-anak terhadap perkembangan anak.
ü  Pendidikan bagi anak-anak kecil yang kurang beruntung
PERTANYAAN
1.      Praktek-praktek yang cocok & tidak cocok sesuai perkembangan (Melianti)
Praktik-praktik yang cocok dan tidak cocok menurut teori perkembangn dalam pendidikan anak-anak kecil 
Logo UNM Cantik.jpgIni bukanlah cara membaca ,menulis ,dan berhitung yang harus diingat ,dihafal oleh anak-anak jumlah besar pendidikan dan psikolog yakni bahwa anak-anak prasekolah dan sekolah dasar paling baik belajar melalui metode-metode mengajar yang aktif dan bersifat konkrit seperti permainan yang bermain drama.Mereka tahu bahwa anak-anak berkembang berbagai tingkat dan bahwa sekolah harus diberi keleluasan untuk bekerja berdasarkan perbedaan-perbedaan individual murid.Para pendidik menyebut jenis persekolahan ini sebagai praktik yang cocok menurut teori perkembangan yang didasarkan atas pengetahuan tentang perkembangan umum anak daam suatu rentang usia dan juga keunikan anak praktik yang cocok berbeda dengan praktik yang tidak cocok yang mengabaikan pendapatan belajar yang bersifat konkrit dan aktif. Pada umumya pengajaran langsung melalui kegiatan yang bersifat abstrak dan melalui kertas dan pensil yang diberikan kepada sejumlah besar anak kecil diyakini sebagai praktik yang tidak cocok menurut teori perkembangan.
2.      Faktor-faktor apa yang mempengaruhi perkembangan anak (Hermayanti)
Faktor Dalam
·         Ras/etnik atau bangsa : Anak yang dilahirkan dari ras/bangsa Amerika, maka ia tidak memilki faktor herediter ras/bangsa Indonesia atau sebaliknya
·         Keluarga: Ada kecenderungan keluarga yang memiliki postur tubuh tinggi, pendek, gemuk atau kurus
·         Umur : Kecepatan pertumbuhan yang pesat adalah masa prenatal, tahun pertama kehidupan dan masa remaja.
·         Jenis kelamin : fungsi reproduksi pada anak perempuan berkembang lebih cepat daripada laki-laki.. Tetapi setelah melewati masa pubertas, pertumbuhan anak laki-laki akan lebih cepat
·         Genetik : adalah bawaan anak yaitu potensi anak yang akan menjadi ciri khasnya. Ada beberapa kelainan genetik yang berpengaruh pada tumbuh kembang anak seperti kerdil.
·         Kelainan kromosom : Kelainan kromosom umumnya disertai dengan kegagalan pertumbuhanseperti pada sindroma Down’s dan sindroma Turner’s.
Faktor Luar
·         Gizi : Nutrisi ibu hamil terutama dalam trisemester akhir kehamilan akan mempengaruhipertumbuhan janin
·         Mekanis : Posisi fetus yang abnormal bisa menyebabkan kongenital seperti club foot
·         Toksi/zat kimia :beberapa obat-obatan dapat menyebabkan kelainan kongenital.
·         Radiasi Paparan radium dan sinar rontgen dapat kelainan pada janin seperti deformitas anggota gerak
·         Logo UNM Cantik.jpgInfeksi : Infeksi pada trimester pertama dan kedua oleh virus TORCH dapat menyebabkan kalainan pada janin, katarak, bisu tuli, retasdasi mental dam kelainan jantung.
·         Kelainan imunologi : Adanya perbedaan golongan darah antara janin dan ibu sehingga ibu membentuk antibodi terhadap sel darah merah janin, kemudian melalui plasenta masuk dalam peredaran darah janin dan akan menyebabkan hemolisis yang selanjutnya mengakibatkan kerusakan jaringan otak
·         Psikologi ibu : Kehamilan yang tidak diinginkan, perlakukan salah/kekerasan mental pada ibu hamil dan lain-lain.




KELOMPOK 6
PERKEMBANGAN PSIKOSOSIAL SEPANJANG TIGA TAHUN PERTAMA
Perkembangan Psikososial Menurut Teori Erikson
Logo UNM Cantik.jpgKepribadian terbentuk ketika seseorang melewati tahap psikososial seumur hidupnya. Dimana masing-masing tahap memiliki tugas perkembangan tang khas,dan mengharuskan individu menghadapi dan menyelesaikan krisis yang di alami. Sedangkan perkembangan psikososial berhubungan dengan perubahan-perubahan perasaan atau emosi dan kepribadian srta perubahan dalam bagaimana individu berhubungan dengan oranglain (adaptasi dengan lingkungan).
Perkembangan psikososial masa bayi juga berhubungan dengan perubahan-perubahan perasaan atau emosi dan kepribadian dalam berhungan dengan oranglain. Meskipun dalam pemenuhan kebutuhannya bayi sangat tergantung pada ibunya atau pengasuhnya.
Beberapa Emosi Menurut Carroll Izard dan para kolegalnya
ü  Emosi dasar bayi menunjukkan sinyal kegembiraan, ketertarikan, dan ketertekanan.
ü  Emosi yang melibatkan kesadaran diri (self-conscious), seperti rasa malu dan iri, baru muncul setelah si anak mengembangkan pemahaman diri (self awareness).
ü  Merasakan apa yang dirasakan orang lain (Empati) kemampuan untuk memosisikan diri pada posisi orang lain dan merasakan apa yang dirasakan oleh orang lain, atau yang akan dirasakannya, dalam situasi tertentu.
Terdapat 4 perubahan utama pada organisasi otak yang  berhubunagan secara langsung dengan perubahan dalam pemprosesan emosi
1.      Pada tiga bulan pertama ketika serebral korteks mulai berfungsi, terjadi pemilihan emosi dasar.
2.      Perubahan kedua terjadi pada sekitar sembilan atau sepuluh bulan, ketika lobus frontal mulai berinteraksi dengan sistem limbik tempat reaksi emosional.
3.      Perubahan ketiga tejadi pada tahun kedua, ketika sibayi mengembangkan pemahaman diri, emosi kesadaran diri, dan kemampuan yang lebih besar untuk mengatur emosi dan aktifitas mereka sendiri.
4.      Perubahan keempat terjadi pada usia tiga tahun, ketika perubahan hormonal dalam sistem saraf otomatis beriringan dengan munculnya emosi evaluasi.
Alexander Tomas dan Stella Chess mengklasifikasikan tempramen atas 3 pola
  1. Bayi yang bertempramen sedang (easy babies),
  2. Bayi yang bertempramen tinggi (difficult babies),
  3. Anak yang bertempramen rendah (slow to warm up babies)
Emosi dan perilaku
ü  Depresi
ü  Anxiety disorder
ü  Conduct disorder
ü  Autism
KELOMPOK 6
1.      Jelaskan hal-hal yang mencakup perkembangan diri (A. Jusri)
Logo UNM Cantik.jpgSebagai seorang pendidik kita harus mengembangkan diri untuk menjadi pendidik yang lebih baik lagi dari sebelumnya. Dan dalam mengembangkan diri sebagai pendidik kita seharusnya mengenal diri kita dengan cara kita harus sadar sebagai mahluk tuhan, jika kita sadar sebagai mahluk tuhan maka kita juga akan sadar untuk mengajarkan agama kepada anak didik kita. Dan semua itu dilakukan secara bertahap agar anak tidak merasa tertekan juga tidak merasa bosan. Selain itu untuk mengenal diri, kita harus sadar dengan keberadaan kita karena keberadaan kita di sekitar anak membuat anak senang dan anak akan giat untuk belajar. Dan kita harus sadar dengan potensi diri kita karena jika kita mengenal potensi diri kita maka kita bisa melakukan semuanya dengan baik, dan jika kita melakukan semuanya dengan baik maka kita akan merasa hebat karena telah menjadi pendidik yang baik.
2.      Apa perbedaan perkembangan emosi anak yang normal & hiperaktif (Wahyu Eka Oktaria)
-          Perkembangan emosi anak normal
Emosi dasar bayi menunjukkan sinyal kegembiraan, ketertarikan, dan ketertekanan. Serta emosinya melibatkan kesadaran diri (self-conscious), seperti rasa malu dan iri, baru muncul setelah si anak mengembangkan pemahaman diri (self awareness).
-          Perkembangan emosi anak hiperaktif
Merasakan apa yang dirasakan orang lain (Empati) kemampuan untuk memosisikan diri pada posisi orang lain dan merasakan apa yang dirasakan oleh orang lain, atau yang akan dirasakannya, dalam situasi tertentu.
3.      Bagaimana cara mengembangkan perkembangan psikososial (Sukma Sukardi)
Cara mengembangkan perkembangan psikososial dimulai dari terbentuknya kepribadian ketika seseorang melewati tahap psikososial seumur hidupnya. Dimana masing-masing tahap memiliki tugas perkembangan tang khas,dan mengharuskan individu menghadapi dan menyelesaikan krisis yang di alami. Sedangkan perkembangan psikososial berhubungan dengan perubahan-perubahan perasaan atau emosi dan kepribadian srta perubahan dalam bagaimana individu berhubungan dengan oranglain (adaptasi dengan lingkungan). Perkembangan psikososial masa bayi juga berhubungan dengan perubahan-perubahan perasaan atau emosi dan kepribadian dalam berhungan dengan oranglain. Meskipun dalam pemenuhan kebutuhannya bayi sangat tergantung pada ibunya atau pengasuhnya. Namun, bukan berarti bayi tersebut aktif, dia juga mengalami prubahan-perubahan dari pengalamannya sejak lahir.




KELOMPOK 7
PERKEMBANGAN FISIK PADA MASA KANAK-KANAK PERTENGAHAN
1.      Pertumbuhan yaitu perubahan yang bersifat kuantitatif.
2.      Perkembangan yaitu perubahan yang bersifat kualitatif
Logo UNM Cantik.jpg            Sesuai dengan tinggi rata-rata orang indonesia setelah dewasa,maka diperkirakan tinggi rata-rata anak pada usia 3 – 6 tahun yaitu  :
·         Usia  3tahun ± 90-95 cm
·         Usia 4tahun ± 95-100 cm
·         Usia 5tahun ± 100-105 cm
·         Usia 6tahun ± 105-110 cm
q  Kemampuan motorik kasar dan halus pada usia 3–4 tahun yaitu:
Motorik Kasar
            -Berdiri diatas salah satu kaki selama 5–10 detik
            -Berjalan dengan berjinjit sejauh 3 meter
            -Berjalan mundur
Motorik Halus
            -Memegang kertas dengan 1 tangan dan mengguntingnya
            -Meniru melipat kertas satu dua kali lipatan
            -Memegang crayon atau pensil 
q  Kemampuan motorik kasar dan halus pada usia 5-6 tahun
·         Motorik Kasar
-Mampu berlari,Meloncat,memanjat dan keseimbangan menguatkan kemampuan motorik kasar yang telah berkembang dengan baik
            -Menunjukkan minat dalam pemainan bola dengan peraturan yang sederhana.
·         Motorik Halus
-Peningkatan kemampuan kontrol jari tangan mengambil benda-benda yang kecil,memotong garis dengan gunting.
Faktor yang mempengaruhi perkembangan fisik pada anak ada 3, yaitu:
1.      Hereditas
2.      Hormon
3.      Nutrisi
Faktor yang mempengaruhi perkembangan gerakan seorang anak ada 3, yaitu:
1.      Nutrisi
2.      Jenis kelamin
3.      Pola asuh
Beberapa hal yang dapat dilakukan untuk membantu anak meningkatkan keterampilan motoriknya, yaitu:
1.      Menyadari bahwa dunia anak adalah dunia bermain
2.      Menyiapkan permainan yang dapat melatih keterampilan motorik anak
3.      Memperkenalkan dan melatih anak dalam berbagai keterampilan motorik
4.      Jangan memaksa anak menguasai keterampilan motorik melebihi batas kemampuannya

PERTANYAAN
1.      Bagaimana cara orang tua memberikan pola asuh pada anak (Nuraeni Azis)
Logo UNM Cantik.jpgAnak tumbuh dan berkembang di bawah asuhan orang tua. Melalui orang tua, anak beradaptasi dengan lingkungannya dan mengenal dunia sekitarnya serta pola pergaulan hidup yang berlaku di lingkungannya. Ini disebabkan oleh orang tua merupakan dasar pertama bagi pembentukan pribadi anak.
Bentuk-bentuk pola asuh orang tua sangat erat hubungannya dengan kepribadian anak setelah ia menjadi dewasa. Hal ini dikarenakan ciri-ciri dan unsur-unsur watak seorang individu dewasa sebenarnya sudah diletakkan benih-benihnya ke dalam jiwa seorang individu sejak sangat awal, yaitu pada masa ia masih kanak-kanak. Watak juga ditentukan oleh cara-cara ia waktu kecil diajar makan, diajar kebersihan, disiplin, diajar main dan bergaul dengan anak lain dan sebagainya (Koentjaraningrat, 1997). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pola asuh yang diterapkan oleh orang tua sangat dominan dalam membentuk kepribadian anak sejak dari kecil sampai anak menjadi dewasa.
Di dalam mengasuh anak terkandung pula pendidikan, sopan santun, membentuk latihan-latihan tanggung jawab dan sebagainya. Di sini peranan orang tua sangat penting, karena secara langsung ataupun tidak orang tua melalui tindakannya akan membentuk watak anak dan menentukan sikap anak serta tindakannya di kemudian hari.
Orang tua dapat memilih pola asuh yang tepat dan ideal bagi anaknya. Orang tua yang salah menerapkan pola asuh akan membawa akibat buruk bagi perkembangan jiwa anak. Tentu saja penerapan orang tua diharapkan dapat menerapkan pola asuh yang bijaksana atau menerapkan pola asuh yang setidak-tidaknya tidak membawa kehancuran atau merusak jiwa dan watak seorang anak
2.      Jelaskan apa yang di maksud dengan hormon, hereditas, dan nutrisi (Jamila)
-          Hormon (dari bahasa Yunani ρμή "dorongan") adalah kimia yang dilepaskan oleh sel atau kelenjar di salah satu bagian tubuh yang mengirimkan pesan yang mempengaruhi sel-sel di bagian lain dari organisme. Hanya sejumlah kecil hormon diperlukan untuk mengubah metabolisme sel. Pada intinya, itu adalah utusan kimia yang mengangkut sinyal dari satu sel ke sel lainnya.
-          Hereditas adalah pewarisan atau pemindahan biologis, karakteristik individu dari pihak orang tua. Menurut Witherington, hereditas adalah suatu proses penurunan sifat-sifat atau benih dari generasi ke generasi lain, melalui plasma benih, bukan dalam bentuk tingkah laku melainkan struktur tubuh.
-          Nutrisi adalah substansi organik yang dibutuhkan organisme untuk fungsi normal dari sistem tubuh, pertumbuhan, pemeliharaan kesehatan. Nutrisi didapatkan dari makanan dan cairan yang selanjutnya diasimilasi oleh tubuh.




KELOMPOK 8
PENDAPAT PARA AHLI TENTANG PSIKOSOSIAL
Sigmund Freud
        Sigmund Freud mengenalkan tiga model stuktural yaitu
a.       Das es (the id)
b.      Logo UNM Cantik.jpgDas ich (the ego)
c.       Das ueber ich (the super ego)
  1. Erik Erikson
        Erik erikson berpendapat bahwa salah satu elemen penting dari teori tingkatan psikososial adalah persamaan ego. Persamaan ego merupakan persasaan sadar yang kita kembangkan melalui interaksi sosial.Dimana, persamaan ego selalu berubah berdasarkan pengalaman dan informasi baru yang kita dapatkan dalam interaksi dengan orang lain.
Istilah-Istilah Dalam Masa Kanak-Kanak
Masa kanak-kanak sering disebut dengan:
o   Masa estetika
o   Masa indra
o   Masa menentang orang tua
Tugas-Tugas Perkembangan Pada Fase Psikososial Masa Kanak-Kanak Awal
ü  Belajar berbicara
ü  Belajar membedakan jenis kelaminantara laki-laki dan perempuan dan bersopan santun seksual
ü  Belajar mengadakan hubungan emosional selain dengan ibunya, misalnya: dengan ayah, saudara kandung dan orang-orang di sekelilingnya
ü  Belajar membedakan hal-hal yang baik dengan yang buruk, juga antara hal-hal yang benar dan salah, serta mengembangkan atau membentuk kata hati (hati nurani)
ü  Membentuk konsep-konsep sederhana tentang kenyataan sosial dan alam, seta mempersiapkan diri untuk membaca.
Ciri-Ciri Masa Kanak-Kanak Awal
ü  Usia yang mengandung masalah/usia sulit
ü  Usia bermain
ü  Usia prasekolah
ü  Usia belajar kelompok
ü  Usia menjelajah dan bertanya
ü  Usia meniru dan kreatif
Perkembangan Yang Terjadi Pada Periode Perkembangan Psikososial
ü  Perkembangan fisik motorik
ü  Perkembangan intelektual
ü  Perkembangan berbicara
ü  Perkembangan emosi
ü  Perkembangan bermain
ü  Perkembangan kepribadian
ü  Perkemnagan moral
ü  Perkembangan kesadaran beragama

PERTANYAAN
1.      Istilah-istilah yang di gunakan pada masa kanak-kanak (husni)
Istilah-istilah yang di funakan terbagi menjadi :
v  Masa estetika
v  Masa indra
v  Logo UNM Cantik.jpgMasa menentang orang tua
2.      Jelaskan apa yang di maksud dengan ego dan superego (hikma)
-          Super Ego merupakan sebuah pribadi yang bertolak belakang dengan Id. SE merupakan pribadi yang mengikuti peraturan, disiplin, menyesal jika berbuat salah yah pokoknya yang bagus2 deh. Tindakan manusia dalam era beradab ini seharusnya sebagian besar dikontrol oleh SE agar kehidupan aman damai en teratur tapi kayakna banyakan yang memiliki Id dominan deh... +_+ Kalo di game Xenogears mungkin bisa digambarkan dengan karakter Fei Wong Fong yang kita pake pertama kali yang cenderung kepingin menghindari masalah en idealis meski hobi melarikan diri. Pernah ngerasa ada yang bilang 'sabar... sabar...' waktu kita udah pingin nonjok orang nyebelin itu?? itu kerjaan SE.
-          Ego merupakan pribadi terakhir yang ada dalam konteks ini. Ego merupakan 'percabangan' dalam diri manusia. Ego merupakan keinginan dan hasrat manusia apapun bentuknya. Ego yang menerima hasrat manusia akan bertanya kepada Id dan SE untuk jawaban. Ketika kita kepingin nonjok orang dan akhirnya kita nonjok dia, maka Ego berada di pihak Id sedangkan jika akhirnya kita batal nonjok, maka Ego berada di pihak SE. Simpel kan? but the problem is Ego kadang2 kaga semudah itu ngambil pihak. Pernah ngerasa kepala pusing en nyut2an waktu ada masalah dengan orang lain? itu gara2 ego yang kaga bisa milih pihak.




KELOMPOK 9
PERKEMBANGAN KOGNITIF PADA MASA KANAK-KANAK PERTENGAHAN
Logo UNM Cantik.jpgDengan berakhirnya masa bayi, dimulailah masa kanak-kanak. Masa ini dikenal juga sebagai masa usia prasekolah atau usia taman kanak-kanak. Jika masa bayi dikenal oleh orang tua sebagai “masa yang sulit” karena komunikasi yang terbatas dan perkembangan di segala aspek meningkat dengan cepat, maka ketika anak mencapai 3 tahun, “kesulitan” mulai mereda. Pertumbuhan anak tidak lagi secepat masa bayi, anak sudah mampu berkomunikasi, perkembangan kognitifnya juga lebih baik.
Anak usia 3-6 pada umumnya mempunyai pikiran yang lebih “dewasa” bila dibandingkan dengan anak usia 18 bulan. Namun anak usia 3-6 tahun tentu mempunyai keterbatasan pemikiran bila kita bandingkandengan anak usia 11 tahun. Hal ini terjadi karena proses kognitif berkembang mengikuti suatu pola tertentu, yang akan berkembang sesuai dengan bertambahnya usia anak.
Pandangan Flavell Terhadap Perkembangan Kognitif Pada Masa Kanak-Kanak Pertengahan
Flavell (1993) dalam buku “Cognitive Development” mengemukakan lima “pandangan” dalam perkembangan kognitif anak usia 3-6 tahun. Pandangan-pandangan tersebut dijelaskan berikut ini:
Pandangan 1: Pikiran itu Ada (The Mind Exists)
Pandangan 2: Pikiran Mempunyai Hubungan ke Dunia Fisik (The Mind has Connections to the Physical World)
Pandangan 3: Pikiran Terpisah dan Berbeda dari Dunia Nyata (The Mind is Separate from and Differs from the Physical World)
Pandangan 4: Pikiran dapat Merepresentasikan Objek dan Kejadian secara Akurat dan Tidak Akurat (The Mind can Represent Objects and Events Accurately or Inaccurately)
Pandangan 5: Pikiran secara Aktif Menghubungkan antara Interpretasi Realitas dan Pengalaman Emosi (The Mind Actively Mediates the Interpretation of Reality and the Emotion Experienced)
1.      Berpikir praoperasional
Ciri-ciri berpikir praoperasional
Periode ini ditandai oleh pembentukan konsep-konsep yang stabil, munculnya kemampuan menalar, egosentrisme mulai menguat dan kemudian melemah, serta terbentuknya gagasan-gagasan yang sifatnya imaginative. Periode ini dibagi dalam dua tahap, yaitu tahap fungsi simbolik dan tahap berpikir intuitif.
1)      Tahap fungsi simbolik
v  Egosentrisme
v  Animisme
2)      Tahap berpikir intuitif
2.       Beberapa aspek lain dalam perkembangan kognitif anak usia masa kanak-kanak pertengahan
Ada beberapa keterbatasan dalam perkembangan berpikir anak usia masa kanak-kanak pertengahan, yaitu: perhatian dan ingatan.
Kreativitas Masa Kanak-Kanak Pertengahan
Logo UNM Cantik.jpgApa sebetulnya kreativitas itu? Memang kreativitas sukar didefinisikan. Salah satu cara untuk mengemukakan batasan kreativitas adalah dengan menggunakan empat criteria, yaitu: sesuatu yang baru, kelayakan, transendensi hambatan, dan perpaduan makna (Jackson & Messick, 1968 dalam Dworetzky, 1990:326). Sesuatu yang kreatif haruslah sesuatu yang baru. Tetapi tidak semua yang baru itu kreatif. Selain harus baru, yang kreatif itu juga harus layak atau pantas. Sesuatu dapat disebut kreatif bila ia di luar kebiasaan; artinya, berani mengatasi hambatan tradisi. Suatu gagasan yang kreatif dapat mengatasi hambatan dengan menggunakan pandangan-pandangan baru yang di luar kebiasaan kita.
Kemampuan Berhitung Masa Kanak-Kanak Masa Pertengahan
1.      The One-One Principle
Menurut prinsip ini, pada dasarnya menghitung harus diajarkan secara berurutan dan satu persatu. “satu, dua, tiga, dan seterusnya”. Setiap angka harus disebutkan, tidak boleh ada yang dilewati dan tidak boleh diulang. Cara ini terbukti efektif untuk menggajar anak, bahkan yang baru berusia 2,5-3 tahun, R. Gelman melaporkan bahwa anak akan secara otomatis memperbaikin hitungan, baik yang mereka maupun guru yang mereka lakukan, bila terdapat kesalahan (Flavell, 1993).
2.      The Stable-Order Principle
Apabila kita akan memperkenalkan konsep jumlah pada anak, prinsip the stable-order principle menekankan akan keteraturan. Misalnya, kita akan menghitung 3 buah benda maka mulailah selalu dengan “satu,dua,tiga” dan bukan “tiga,dua,satu” atau “ tiga,satu dua”. Dengan pembiasaan seperti ini, anak akan lebih mudah belajar.
3.      The Cardinal Principle
Masih dalam mengajarkan jumlah, prinsip ini menekankan kita untuk mengulang jumlah terakhir sesuai dengan jumlah yang diinginnya. Misalnya, menghitung 3 apel, kita ucapakan “satu, dua,tiga, . . . . tiga apel”. Gelman menemukan bahwa anak tidak akan menemukan kesalahan seperti “satu,dua,tiga, . . .empat apel” (Flavell, 1993).
4.      The Abstraction Principle
Apabila tiga prinsip sebelumnya mengajarkan bagaimana cara menghitung maka prinsip ini menekankan apa yang dapat dihitung. Umumnya anak usai 4 tahun sudah dengan amat aktif mencoba menghitung semua benda yang ada disekitarnya. Mereka bahkan tidak memperhatikan penggolongan, seperti bentuk, warna atau apapun.
5.      The Order-Irrelevance Principle
Anak usia 5 tahun sudah dapat mengerti bahwa walaupun mereka harus selalu mulai dengan angka satu, angka satu ini dapat direpresentasikan dengan berbagai objek. Inilah yang dimaksudkan dengan prinsip ini. Maksdunya, anak sudah bias mengerti bahwa bila hendak menghitung jumlah kotak yang ada di ruangan kelas (ada 3 kotak, satu berwarna biru, satu merah, dan satu hijau) maka angka satu dapat jatuh pada kotak biru, merah, dan hijau. Jadi, yang penting adalah mulai dengan satu benda yang kita sebut ‘satu’ dan lanjut ke benda lainnya. Benda mana yang berada pada urutan pertama atau terakhir tidak menjadi masalah.

PERTANYAAN
1.      Jelaskan ke 5 pandangan Flavel mengenai perkembangan kognitif anak pada masa kanak-kanak pertengahan (melianti)
Pandangan 1: Pikiran itu Ada (The Mind Exists)
Logo UNM Cantik.jpgBahwa manusia adalah merupakan makhluk yang mempunyai pemikiran (kognisi). Hal ini dapat terlihat dari bagaimana seorang anak memandang orang tuanya saat ia merasa ketakutan, untuk melihat mimic wajah orang tuanya tersebut. Contoh lain adalah bagaimana kita mempunyai respons yang berbeda terhadap stimulus yang berbeda pula.
Pandangan 2: Pikiran Mempunyai Hubungan ke Dunia Fisik (The Mind has Connections to the Physical World)
Psikologi umumnya menganggap pikiran (mind) sebagai kotak hitam yang menghubungkan antara stimulasi lingkungan dan tingkah laku atau respon seseorang. Stimulus yang datang akan diproses dan mengakibatkan munculnya sebuah tingkah laku tertentu. Hubungan antara stimulus dan respon ini akan muncul dengan kuat sejak anak berusia 3 tahun.
Pandangan 3: Pikiran Terpisah dan Berbeda dari Dunia Nyata (The Mind is Separate from and Differs from the Physical World)
Pada usia ini anak sudah mengerti bahwa pikiran itu terpisah dari dunia nyata. Hanya saja mereka masih merasa bahwa proses berpikir itu terpisah seperti yang ada di buku komik, yaitu segumpal awan putih yang muncul di dekat kepala, dan bukan merupakan proses mental di otak kita.
Pandangan 4: Pikiran dapat Merepresentasikan Objek dan Kejadian secara Akurat dan Tidak Akurat (The Mind can Represent Objects and Events Accurately or Inaccurately)
Anak usia 3 tahun sudah mengetahui bahwa pikiran bukanlah hal nyata yang dapat dilihat. Lebih daripada itu, mereka juga sudah mengerti bahwa pikiran mereka dapat mengakibatkan timbulnya perilaku tertentu. Pandangan ini menyatakan bahwa realitas dapat diperlihatkan dalam berbagai cara dan pemikiran kita tidaklah selalu benar. Pandangan 5: Pikiran secara Aktif Menghubungkan antara Interpretasi Realitas dan Pengalaman Emosi (The Mind Actively Mediates the Interpretation of Reality and the Emotion Experienced)
Pada pandangan ini dijelaskan bahwa anak belum dapat mengerti bahwa kita mempunyai pikiran yang tersimpan di “kepala” kita mengenai segala sesuatu. Mereka masih berpikir secara konkret dan langsung. Misalnya, seorang anak 4 tahun disuruh melihat gambar gelas kecil berwarna hitam dan diminta menyebut benda apa itu. Ia pasti akan berkata gelas. Waktu gambar tersebut dijauhkan dan hanya terlihat sebagai titik tinta, ia akan tetap mengatakan gelas karena ia melihat bentuk gelas dari dekat tadi. Anak ini belum ddapat membedakan antara gambar yang sungguh ia lihat dan apa yang sudah ia lihat sebelumnya. Keemampuan ini baru akan berkembang setelah anak berusia 6 tahun.




KELOMPOK 10
A.    Bahasa
Logo UNM Cantik.jpgBahasa adalah:alat bantu manusia untuk berkomunikasi mengekspresikan pikiran dan perasaan kepada orang lain.bahasa juga di gunakan untuk menyimpan ide dan segala yang kita pelajari di masa lampau.penguasaan bahasa sebagai alat komunikasi harus melalui tahap perkembangan tersendiri
B.     Bahasa Dan Bicara
Pada awal bahasan telah di katakana bahwa bahasa dan bicara adalah sesuatu yang terpisah walaupun memiliki hubungan.keduanya merupakan bagiaan dari proses komunikasi.
Tahun-tahun pertama dari kehidupan komunikasi seorang anak adalah saat paling sibuk dan menarik.bahkan sebelum ia di lahirkan ,anak berhubungan dengan ibu yang sering telah mengajak anak bicara walaupun mereka masih berada dalam kandungan. ibu juga mencoba untuk mengartikan setiap tendangan atau gerakan janin yang terjadi sebagai sarana menjaliin komunikasi.
C.     Ada 4 aspek yang berbeda dari bahasa yaitu”
1.      phonology(fonologi
  1. semantics(semantic)
  2. Grammar (tata bahasa)
  3. Pragmatics(pragmatic).
D.    Faktor-Faktor Yang Mendukung  Dan Menghambat Perkembangan Bahasa
Menurut Petty dam jansen (1980)hal tersebut di karenakan perkembangan bahasa merupakan suatu proses yang kompleks melibatkan 4 faktor yang mempengaruhinya yaitu:
      Berbedanya cara bagaimana si anak mempelajari bahasa tersebut
      Berbedanya jenis bahasa yang di pelajari si anak
      Berbedanya karekteristik kepribadian anak dan,
      Berbedanya lingkungan tempat proses pembelajaran bahasa itu terjadi
Ada 3 hal penting yang harus di perhatikan guru dalam mengembangkan kemampuan bahasa  anak menjadi rata-rata,yaitu:
      Banyaknya kosa kata yang seharusnya mereka kuasai
      Kejelasan dalam bicara
      Gangguan bicara,seperti cadel dan gagap
Selain hal-hal tersebut,terdapat pula perbedaan individu yang tampak khas pada setiap anak yang mempengaruhi perkembangan bahasa mereka,yaitu sebagai berikut:
1.      Logo UNM Cantik.jpgKecerdasan
2.      Jenis kelamin
3.      Kondisi fisik
4.      Lingkungan keluarga
5.      Kondisi ekonomi
6.      Setting sosial/lingkungan-budaya
7.      bilingualism(2 bahasa)
Karakteristik perkembangan bahasa anak usia 4-6 tahun
Anak usia 4-6 tahun berada pada masa early childhood atau periode usia prasekolah.hal ini berarti pada usia 4-6 tahun ini pembelajaran bahasa masih banyak terjadi,bahkan masa prasekolah  merupakan saat perkembangan bahasa yang sangat pesat.bila pada tahap usia sebelumnya mereka baru belajar mengucapakan kata dan mulai menggabungkan 2-3 kata menjadi kalimat maka pada usia ini mereka mulai tampil kompeten dalam melakukan komunikasi.
Masalah-masalah  perkembngan bahsasa     yang sering di alami anak usia 4-6 tahun
1.Kesulitan untuk mengungkapkan keinginan secara verbal
2.Kesulitan untuk berkomunikasi dengan menggunakan kalimat lengkap
Cadel
Cadel merupakan salah satu bentuk kesalahan artikulasi yang paling banyak di jumpai pada anak.seorang anak yang cadel tidak dapat memproduksi bunyi suara yang seharusnya,misalnya tidak dapat menyebutkan huruf’S atau huruf’R 
PERTANYAAN
1.      Apa penyebab sehingga anak-anak cadel (saleha)
Anak cadel disebabkan karena anak tidak dapat memproduksi bunyi suara yang seharusnya,misalnya tidak dapat menyebutkan huruf’S atau huruf’R 
2.      Apa saja 4 faktor yang mempengaruhi bahasa anak (Khadija)
1.phonology(fonologi
2.semantics(semantic)
3.Grammar (tata bahasa)
4.Pragmatics(pragmatic).