Label

Jumat, 19 April 2013

contoh narasi kegiatan tema tanah airku sub tema presiden dan wakil presiden

 
SUKMA SUKARDI
104 904 021
PGPAUD (A) 2010

  1. Kegiatan awal 30 menit
Pada Kegiatan  awal pukul 08.00 setelah lonceng berbunyi, anak masuk kedalam kelas dan kemudian diawali dengan mengucapkan salam. Kemudian anak-anak memulai membaca doa ketika mau memulai kegiatan pembelajaran. Setelah membaca doa, kemudian bercakap-cakap tentang kabar anak pagi itu serta kegiatan sebelum ke sekolah kemudian bertanya tentang pelajaran minggu lalu dan mengaitkannya dengan tema .
  1. Kegiatan inti 60 menit
Pada kegiatan inti guru akan mengenalkan nama-nama presiden republik indonesiakepada anak kemudian meminta kepada anak untuk menyebutkannya lagi setelah itu guru menyediakan dan  membagikan media berupa gambar untuk melakukan kegiatan selanjutnya yaitu memasangkan gambar presiden dan wakil presiden dengan catatan sebelum bermain guru harus memberikan contoh bagaimana memasangkan gambar tersebut setelah itu baru kemudian guru meminta anak untuk mencoba melakukannya.
Setelah kegiatan kedua giuru melanjutkan kegiatan ketiga yaitu dengan memanggil anak yang ingin bermain puzzle kemudian diminta untuk menyelesaikan puzzle yang bergambar presiden dan wakil presiden republik indonesia. Setelah selesai anak diberikan pujian atas keaktifannya dalam menyelesaikan semua kegiatan dari guru
Kemudian istirahat selama 30 menit, ,pada saat istirahat makan sebelum makan guru meminta anak untuk mencuci tangan memakai sabun sabelum makan,dan berdoa stelah itu makan,dan setelah makan, anak-anak bermain dikarangan sekolah.
  1. Kegiatan akhir
Pada kegiatan akhir, guru dan anak mendiskusikan tentang apa-apa saja yang dibahas pada pelajaran hari ini,dan tanya jawab kepada setiap anak dan memperlihatkan hasil kerjanya tadi kepada teman-temannya. Setelah itu utuk menyegarkan suasana kembali dengan memberikan semangat kepada anak dengan melakukan kegiatan bernyanyi dengan menyanyikan lagu yang berkaitan dengan presiden yaitu lagu “Presiden Republik Indonesia”, kemudian menyanyikan lagu “mari pulang”, setelah itu berdoa sebelum pulang, memberi salam dan pulang secara teratur dan rapi.

CONTOH SKENARIO PEMBELAJARAN

1.      Guru menyambut anak dengan hangat
2.      Bel berbunyi anak memulai berbaris dan bernyanyi
3.      Anak masuk kelas secara teratur dan  rapi sambil memeriksa kuku
4.      Guru dan anak membaca doa  dan memanggil satu anak untuk memimpin doa
5.      Guru dan anak mengucapkan salam dan  membalas salam
6.      Guru bertanya tentang kabar serta kegiatan anak sebelum  ke sekolah
7.      Guru bertanya tentang pelajaran minggu lalu kepada anak dan mengaitkannya
8.      Kemudian berkakap-cakap  tentang tanah air indonesia
9.      Setelah itu guru mengenalkan nama-nama presiden republik indonesia
10.  Kemudian meminta anak untuk menyebutkannya
11.  Guru memberikan pujian kepada anak karena telah mampu menyebutkan nama presiden
12.  Guru menyediakan dan  membagikan media berupa gambar untuk melakukan kegiatan memasangkan gambar presiden dan wakil presiden
13.  Guru mwemberikan contoh bagaimana memasangkan gambar tersebut
14.  Kemudian guru meminta anak untuk mencoba melakukannya
15.  Guru memberikan pujian karena anak telah berhasil melakukan tugasnya
16.  Kemudian guru memanggil anak yang ingin bermain puzzle
17.  Anak diminta untuk menyelesaikan puzzle yang bergambar presiden dan wakil presiden republik indonesia
18.  Setelah selesai anak diberikan pujian atas keaktifannya dalam menyelesaikan puzzle tersebut
19.  Kemudian guru menyanyikan lagu-lagu yang berkaitan dengan presiden yaitu lagu “Presiden Republik Indonesia”
20.  Selanjutnya anak setelah menyanyi, lalu anak istirahat dan mencuci tangan untuk makan
21.  Setelah makan anak keluar kelas untuk bermain bersama temannya
22.  Kemudian anak masuk kelas kembali secara teratur
23.  Guru dan anak bernyanyi ketika mau pulang dengan lagu “Mari Pulang”
24.  Anak membaca doa sebelum pulang dengan dipimpin oleh temannya
25.  Selanjutnya anak pulang dengan teratur

Manajemen Lembaga PAUD

ADMINISTRASI PENYELENGGARAAN LEMBAGA PAUD
Tujuan administrasi penyelenggaraan lembaga paud adalah agar sistem pendidikan lembaga paud dapat berlangsung secara efisien dan efektif. Dalam Garis-Garis Besar Program Kegiatan Belajar (GBPKB) lembaga paud tahun 1994 ditegaskan bahwa program kegiatan belajar lembaga paud berfungsi untuk :
1.      Mengembangkan seluruh kemampuan yang dimiliki anak sesuai dengan tahap perkembangannya.
2.      Mengenalkan anak dengan dunia sekitar.
3.      Mengembangkan sosialisasi anak.
4.      Mengenalkan peraturan dan menanamkan disiplin pada anak.
5.      Memberikan kesempatan kepada anak untuk menikmati masa bermainnya.
ADMINISTRASI PROSES PEMBELAJARAN
1.      Penyusunan Program
a.       Kegiatan awal tahun
b.      Kegiatan bulanan
c.       Kegiatan mingguan
d.      Kegiatan harian
e.       Kegiatan akhir tahun
2.      Penyusunan kalender pendidikan
a.       Kalender umum/akademik
b.      Kalender lembaga
c.       Kalender kelas
3.      Penyusunan jadwal kegiatan belajar (waktu, tempat dan guru yang bertugas)
4.      Perencanaan kegiatan belajar mengajar
a.       Perencanaan tahunan
b.      Perencanaan semester
c.       Perencanaan mingguan
d.      Perencanaan harian
5.      Pengaturan pembukaan tahun ajaran baru
a.       Anak didik lama
b.      Anak didik baru
6.      Pengaturan pelaksanaan kegiatan belajar (lembaga dan kelas)
7.      Pengaturan pelaksanaan evaluasi
a.       Teknik penilaian
b.      Teknik pencatatan
c.       Laporan hasil penilaian
8.      Pengaturan pelaksanaan bimbingan dan penyuluhan
a.       Penyuluhan kepada orang tua anak didik
b.      Bimbingan pada anak didik
9.      Pengaturan penutupan tahun ajaran (Graduation Ceremony)
ADMINISTRASI KEPEGAWAIAN
1.      Perencanaan Pegawai
a.       Penetapan beban kerja
b.      Penetapan kapasitas kerja
c.       Inventarisasi pegawai yang ada
d.      Penetapan jumlah dan jenis yang dibutuhkan
2.      Pengadaan Pegawai
a.       Persiapan
b.      Penyebaran informasi
c.       Penerimaan
d.      Seleksi
e.       Pengumuman
3.      Pengangkatan
4.      Pembagian Tugas
5.      Pengembangan Pegawai
6.      Pengurusan kenaikan pangkat
7.      Perpindahan pegawai
a.       Mutasi
b.      Promosi
c.       Demosi
8.      Pemberhentian pegawai
ADMINTRASI ANAK DIDIK
1.      Perencanaan Anak Didik
a.       Sensus Lembaga
b.      Penetapan Daya Tampung
2.      Penerimaan Anak Didik
a.       Persiapan
b.      Penyebaran Informasi
c.       Pelaksanaan Pendaftaran
d.      Seleksi
e.       Pengumuman
3.      Pengelompokan Anak Didik
a.       Usia
b.      Bakat dan Minat
c.       Kompetensi
4.      Perencanaan Kehadiran Dan Ketidakhadiran Anak Didik
a.       Papan kehadiran dan ketidakhadiran anak setiap kelas
b.      Papan kehadiran dan ketidakhadiran anak seluruh kelas
c.       Buku kehadiran dan ketidakhadiran anak setiap kelas
d.      Buku rekapitulasi kehadiran dan ketidakhadiran anak seluruh kelas
5.      Pembinaan Disiplin Anak (identifikasi, faktor penyebab dan pelaksanaan pembinaan)
6.      Pengaturan Perpindahan Anak Didik (keluar dan masuk)
7.      Pengaturan Pelaksanaan Layanan Khusus
ADMINISTRAASI KEUANGAN
Keseluruhan proses kerjasama dalam upaya memperoleh dan mendayagunakan semua dana secara efetif dan efisien
1.      Perencanaan anggaran tahunan
a.       Penyusunan rencana pendapatan lembaga
b.      Penyusunan rencana belanja lembaga
2.      Pengadaan anggaran
3.      Pendistribusian anggaran (alokasi dan penyerahan ke unit anggaran)
4.      Pelaksanaan anggaran (penggunaan anggaran berdasarkan perencanaan)
5.      Pembukuan keuangan (pencatatan transaksi keuangan)
6.      Pengawasan keuangan (melihat pelaksanaan keuangan)
ADMINISTRASI SARANA DAN PRASARANA PAUD
Sarana pendidikan adalah semua perangkat peralatan, bahan dan perabot yang secara langsung digunakan dalam proses pendidikan.
Prasarana adalah semua perangkat kelengkapan dasar yang secara tidak langsung menunjang pelaksanaan proses pendidikan.
Jenis sarana dan prasarana pendidikan
1.      Bangunan
2.      Perabot
3.      Alat peraga
4.      Media pembelajaran
Manajemen sarana dan prasarana pendidikan adalah keseluruhan proses kerjasama di lembaga dalam mendayagunakan semua sarana dan prasarana yang dimilki.
Kegiatan majemen sarana dan prasarana
1.      Pengadaan sarana dan prasarana
a.       Pembelian
b.      Hadiah atau sumbangan
c.       Tukar-menukar
d.      Meminjam
sekolah.
2.      Pendistribusian sarana dan prasarana
3.      Pemakaian sarana dan prasarana
4.      Pemeliharaan sarana dan prasarana
a.       Bangunan
b.      Perabot
c.       Alat peraga
d.      Media pembelajaran
5.      Intenvarisasi sarana dan prasarana
a.       Pencatatan
b.      Pembuatan kode barang
6.      Penghapusan
ADMINISTRASI HUBUNGAN LEMBAGA DAN MASYARAKAT
1.      Jenis masyarakat
a.       Keluarga
b.      BPPP
c.       Gabungan Organisasi Penyelenggara Taman Kanak-Kanak Indonesia
d.      Ikatan Guru Taman Kanak-Kanak Indonesia
e.       Instansi Terkait
f.       HIMPAUDI
g.      FORUM PAUD
h.      ADITUKA
2.      Teknik-teknik hubungan lembaga dengan masyarakat
a.       Teknik tertulis
a)      Buku kecil pada permulaan tahun ajaran
b)      Pamflet kecil
c)      Berita kegiatan murid
d)     Catatan berita gembira
e)      Buku kecil cara membimbing
b.      Teknik lisan
a)      Kunjungan rumah
b)      Panggilan orang tua
c)      pertemuan
c.       Teknik peragaan
a)      Pentas / perlombaan
b)      Pameran hasil karya anak