Senin, 22 Oktober 2012

MAKALAH STUDY COMPARATIVE KE TRANS STUDIO KELAS A 2010

MAKALAH STUDY COMPARATIVE KE TRANS STUDIO KELAS A 2010
Logo UNM Cantik.jpg




DI SUSUN



O L E H :


SUKMA SUKARDI
104904021
Kelas A


PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR
TRANS STUDIO THEME PARK
Di Trans Studio Makassar di dunia penuh keajaiban khusus. Membawa mimpi menjadi kenyataan. Menikmati persembahan 21 wahana yang menantang dan mendebarkan dan hiburan dengan gaya Broadway yang terkenal.
Trans Studio Theme Park menjadikan hari itu menjadi penuh dengan keceriaan dan memanjakan kita semua.Trans Studio Theme Park menyambut kedatangan dan menjadikan setiap kunjungan menjadi pengalaman tak terlupakan.
Kami berangkat dengan Bus Trans Studio Express pada hari selasa tanggal 17 januari 2012, merupakan pengalan yang menyenangkan dan tak terlupakan.
http://mommiesdaily.com/wp-content/uploads/2011/01/Transtudio2.jpg
TRANS STUDIO MAKASSAR
Total Wahana yang ada di Trans Studio Makassar ada 21 wahana dengan 4 bagian Themepark yang berbeda yaitu:
Ø  Studio Central
The Famous Hollywood! Kawasan Hollywood didepan mata anda. Tema interiornya adalah Hollywood inspired, jadi rata-rata permainan di tempat ini dikhususkan untuk anak yang sudah besar tapi ada juga anak yang ikut ketika orang tuanya mendampinginya. Ada bianglala dan bom bom car, kemudian juga ada dua studio yang akan memutar tayangan khusus.
1. Trans City Theater
Merupakan bangunan yang terbuat dari semen yang menyediakan fasilitas theater atau drama yang dapat mengembangakan aspek kognitif anak ketika berpikir, aspek fisik, emosi anak dengan kesenangan, moral seni serta bahasa anak dengan drama.
Pada wahana ini anak didampingi oleh orang tuanya.

2. Studio Tour
Pada wahana ini anak yang berumur 4 tahun ke atas dapat dengan didampingi orang tuanya, dan di studio tour kita diajarkan bagaimana menggunakan efek ‘green screen’ atau layar hijau yang berguna untuk memanipulasi efek film. Para pengunjung dapat merasakan bagaimana menjadi seorang bintang di depan kamera serta menjadi orang-orang di belakang layar dari tayangan-tayangan, permainan-permainan yang menyenangkan bukan hanya di green screen tapi juga saat memutar Extravaganza Movie ala Trans Studio Makassar serta saat bergerak mengikuti arahan crew saat mengajak kita bermain menjadi superhero serta superter bola, dll. Dalam wahana ini dapat mengembangkan aspek kognitif, moral, fisik, seni, bahasa serta emosional anak.
IMG00096-20120117-1539.jpg3. Hollywood Bumper Car







Merupakan wahana yang menyadiakan fasilitas permainan bom-bom car atau bumper car dengan waktu permainan sekitar 5 menit setiap satu kali antrian, di wahana ini anak diajak untuk bermain mobil dengan menginjak gas dan menyetir sendiri, kesenangan anak terlihat ketika mereka tak dapat mengendalikan laju mobil-mobilan mereka sehingga saling menabrak satu sama lain yang sangat mengasyikkan. Permainan ini dapat dimainkan sendiri oleh anak dan ada juga yang didampingi oleh orang tuanya. Wahana ini dapat mengembangkan aspek kognitif, fisik serta emosional anak.
trans.jpg4. Grand Esia Studio View
Pada wahana Grand Esia Studio View atau kincir-kincir ini semua umur dapat memainkannya dengan persyaratan tidak phobia dengan ketinggian, mulai dari anak berumur 1 tahun-12 tahun ataupun dewasa,
Bahannya terbuat dari besi dengan permainan 3-5 kali putaran setiap bermain dan dalam permainan ini anak berumur 1-7 tahun seharusnya di damping orang tua karena anak akan merasa aman bila bersama orang tuanya. Anak akan senang ketika berada pada puncak ketinggian karena dapat melihat hampir semua wahana themepark trans studio tapi ada juga anak yang takut ketika berada pada ketinggian karena mereka mungkin takut seakan-akan terbayang rasa akan jatuh ke bawah. Aspek perkembangan yang dapat dikembangkan yaitu aspek social-emosional, aspek kognitif serta aspek fisik.
5. Biskop 4D
Di wahana bioskop 4 dimensi kita diajak menonton film dengan efek seolah-olah apa yang kita nonton itu terlihat sangat nyata dan kita mengalaminya sendiri. Pada wahana ini anak dapat mengembangkan aspek kognitif, moral, serta social-emosional anak. Dan dalam wahana ini anak dapat didampingi oleh orang tuanya.
Ø  Lost City
Siapkan diri anda untuk berpetualang! Di kawasan ini anda akan menempuh perjalanan yang hebat. Selamatkan Kru Trans TV dalam ekspedisinya, masuki hutan rimba dalam safari track.Semua petualangan menarik akan menjadi bagian dari penjelajahan anda.Explore the Lost City! Tema yang terlihat di tempat ini adalah petualangan dan ekspedisi. Ada bermacam-macam permainan tapi yang paling menarik buat anak-anak adalah Safari Track dan kereta-keretaan.
IMG00063-20120117-1333.jpg6. Sepeda Terbang
Dalam wahana sepeda terbang ini anak di ajak untuk mengayuh sepeda agar bisa trbang, dan ketika anak tidak mengayuh maka sepedanya akan turun dengan sendirinya, dalam wahana ini anak dapat mengembangankan aspek fisik, kognitif, emosional serta bahasanya. Dalam wahana ini bagi anak yang masih berusia 4-7 tahun sebaiknya didampingi oleh orang tuanya.

7. Rimba Express
IMG00058-20120117-1154.jpgDi Rimba Express ini anak di ajak untuk berkeliling dengan menggunakan kereta-keretaan dengan dekorasi khusus anak-anak dan sangat menyenagkan dengan gambar yang berwarna-warni serta terdapat gambar-gambar hewan di sepanjang jalan rel kereta seperti gambar kodok, buaya, ular, serta monyet. Dalam wahana ini anak dapat mengembangkan aspek kognitif, fisik, moral, social-emosional serta bahasa anak.
8. Si Bolang
Anak di sambut dengan rumah yang bernuansa si bolang dan di lantai 2 pondok tersebut terpajang alat musik seperti gendang, gitar, rebana dan angklung.di lantai tiga namun terdapat papan pengumuman yang menyatakan permainan flying fox dilantai tiga hanya untuk anak - anak saja.. Dalam wahana ini anak dapat mengembangkan aspek kognitif, fisik, moral, social-emosional serta bahasa anak.
399px-TransStudioJelajah.JPG9. Jelajah
Dalam wahana ini anak diajak berkeliling dengan menggunakan perahu khusus trans studio, di dalam perjalanan anak dapat melihat nuansa air, di dalam wahana ini juga ada perkemahan, pohon bambu serta orang-orangan dan ketika perjalanan telah mencapai turunan maka anak akan berteriak kencang karena tiba-tiba perahu menurun dengan sangat cepat dan itu sangat menyenagkan. Dalam wahana ini anak dapat mengembangkan aspek kognitif, aspek fisik, social-emosional, aspek moral serta aspek bahasanya dan yang pasti anak mendapat kesenagan.


10.Safari Track
Mobil-mobilan yang berkapasitas 4 orang mulai berjalan, seperti sebuah tour terdapat berbagai robot yang menyerupai hewan dengan efek suara terdapat di kanan dan kiri kami. Ada Macan Tutul, Zebra, Hyena, Babi Hutan, dan masih banyak lagi. Di tengah jalan ketika melewati semacam jembatan, tiba - tiba muncul Ular Phyton dan ternyata kita 'kena' jepretan kamera dari 'photo booth' gak kebayang muka saya yang kaget karena kepalanya ular keluar dari sebelah kanan dan saya duduk di kursi kanan. Setelah momen 'kaget' tersebut, tak lama kemudian mobil (kereta) tersebut berhenti di pintu keluar. Dalam wahana ini anak dapat mengembangkan aspek kognitif, fisik, moral, social emosional serta aspek bahasa anak.

DSC_0121.JPGIMG00071-20120117-1422.jpg







Ø  Cartoon City
It`s a Cartoon World! Dunia kartun yang penuh warna – warni dan siapkan kamera anda mengabadikan momen berada di dunia penuh tawa. Dunia kartun yang memikat dan membuaikan imajinasi anda berkelana bertemu dengan karakter – karakter favorite anda Kalau di area ini hampir semua permainan bisa dinaiki oleh anak dibawah 5 tahun. Tapi tetap ada batasan tinggi yang harus dipatuhi demi keselamatan anak. Dekornyapun warna-warni sangat menyenangkan, pasti menarik hati si kecil
11.Balloon House
Foto1212.jpgIMG00061-20120117-1202.jpg







Didalam wahana ini khusus anak-anak jika ada orang dewasa mereka hanya mendampingi, di dalam wahana ini anak diajak untuk mandi bola serta melompat. Dalam wahana ini anak dapat mengembangkan aspek kognitif, social-emosional, fisik serta aspek bahasa anak.
12.Esia Karosel
http://mommiesdaily.com/wp-content/uploads/2011/01/Transstudio-3.jpgDalam wahana ini anak diajak berkeliling dengan berputar-putar dengan nuansa warna-warni serta lampu-lampu yang sangat menarik bagi anak. Dalam wahana ini anak dapat mengembangkan aspek kognitif, fisik, bahasa serta social-emosionalnya.

IMG01211-20120117-1359.jpg13.Ayun Ombak
Dalam wahana ini anak diajak untuk berayun dengan ombak. Dalam wahana ini anak dapat mengembangkan aspek kognitif, fisik, social emosional serta bahasa anak.



14.Angin Beliung
Angin Beliung wahana ini juga membuat kepala tambah pening dan perut menjadi mual, karena goncangan dari kapal tersebut yang sangat kencang. Tapi sangat menyenangkan karena kami semua tertawa dan berteriak. Dalam wahana ini dapat mengembangkan asoek kognitif, social-emosional, fisuk serta bahasanya.
15.Kano Kali
Anak di ajak untuk mendayung perahu sambil berkeliling. Dalam wahana ini anak dapat mengembangkan aspek kognitif, fisik, social-emosional, moral serta bahasa anak.
tsb24.jpg16.Mini Boom Boom Car
Hampir sama dengan bumper car tapi ini khusus untuk anak-anak. Dalam wahana ini anak dapat mengembangkan aspek kognitif, fisik serta serta bahasa anak.


17.Kids Studio
Dalam wahana ini anak dia ajak bermain di studio dengan nuansa serba anak-anak dengan corak dan dekor yang sangat menarik karena berwarna warni dan terdapat gambar-gambar lucu, di sini anak dapat mengembangkan aspek kognitif, fisik, social-emosional, moral, serta bahasa anak.
Ø  Magic Corner
Keajaiban bermula dari sini. Sentuhan Magis yang akan mempesonakan perjalanan anda. Anda akan hanyut dalam sensasi yang ada di sini. Perjalanan yang akan menyihir anda membuat anda begitu yakin apa yang ada didepan mata. Satu –satunya tempat penuh keajaiban,petualangan yang menggembirakan dan menakjubkan. Seperti namanya, dekor tempat ini agak spooky. Rata-rata permainannya pun dikhususkan untuk anak besar dan dewasa.
IMG01178-20120117-1149.jpg18.Dragon's Tower





Di wahana ini kita akan di bawa ke ketinggian sekitar 20 meter di atas permukaan tanah kemudian di hempaskan turun sehingga kami berteriak sangat kencang dan itu sangat menyenangkan, dalam wahana ini hanya orang-orang yang berani yang bisa memainkannya karena segala bentuk kecelakaan tidak di tanggung oleh pihak Trans Studio.
http://mommiesdaily.com/wp-content/uploads/2011/01/Transstudio.jpg19.Putar Petir




Dalam wahana ini berkapasirtas 2 orang di setiap baris dan kita akan terhempas naik-turun kadang kencang dan kadang lambat yang membuat kita akan berteriak sekencang mungkin

DSC_0017 copy.jpgIMG00149-20100203-14151.jpg20.Dunia Lain
Satu kereta berisi empat orang, Terlihat banyak 'hantu-hantu' robot yang bergerak - gerak. Kesan mistis sih ada, tetapi yang saya kagumi adalah efek suaranya yang betul - betul membawa kita serasa di 'dunia lain'. Kereta terus berjalan, ada ruangan operasi mirip di film 'frankenstein' , kemudian ada pocong, kuntilanak, dan masih banyak lagi. Namun yang cukup mengejutkan menjelang akhir ada kuntilanak tiba - tiba jatuh dari pohon, tapi karena kami sudah lihat dari jauh maka kami tidak takut. Tapi ada robot yang sedang main jalangkung yang menurut saya cukup menyeramkan dari suaranya. Tibalah kami di perhentian terakhir dan akhirnya kami keluar dari trans studio store yang menyediakan berbagai macam merchandise maupun 'buah tangan' yang dapat anda bawa sebagai oleh - oleh.
21.Magic Thunder Coaster
Wahana Magic Thunder Coaster. Kalau dilihat dari luar Roller Coaster ini biasa saja, dan hanya ada satu tanjakan tapi lumayanlah mutarnya dua kali dan miringnya cukup curam jadi ada tantangannya. Ada 10 baris yang disediakan, masing - masing baris hanya diperbolehkan naik dua orang. Mulailah melaju si Roller Coaster, dan setelah dua kali berputar usailah permainan di wahana kali ini.

KELAS A PGPAUD 2010
IMG00030-20120117-1053.jpg




IMG00097-20120117-1556.jpg


IMG00037-20120117-1106.jpg
IMG00033-20120117-1057.jpg

binatang yang ada di Bantimurung

BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
Bantimurung merupakan suatu objek wisata yang menawarkan sejuta keindahan. Secara geografis objek wisata Bantimurung memiliki luas wilayah mencapai 6.619,11 km2 Memasuki kawasan ini, kita akan disambut oleh sebuah gapura besar dengan kupu-kupu raksasa, diikuti patung kera berukuran jumbo. Ini menandakan Bantimurung merupakan habitat asli kupu-kupu dan kera. 
Taman Wisata Alam Bantimurung secara umum bergelombang sampai berbukit-bukit. Batuan kapur membentuk bebukitan terjal di kanan kiri sungai. Daerah datar terletak di bagian selatan, tempat terdapatnya air terjun dan kolam. Daerah datar lainnya yang mempunyai panorama cukup menarik terletak di bagian utara taman wisata alam, dapat ditempuh melalui jalan setapak dari air terjun. Selain menikmati pesona air terjun Bantimurung, terdapat objek wisata lain di sekitar kawasan ini yakni goa mimpi dan goa batu.  Disni terdapat penangkaran kupu-kupu untuk menjaga kupu-kupu dari kepunahan, ada juga museum kupu-kupu sebagai informasi dan pusat data kupu-kupu yang hidup di alam Bantimurung.
B.     Rumusan Masalah
1.      Jelaskan beberapa binatang yang ada di Bantimurung?
2.      Jelaskan karakteristik binatang-binatang yang di temukan di Bantimurung?
3.      Jelaskan aspek yang di kembangkan anak dalam mengamati binatang-binatang di Bantimurung?
C.     Tujuan
1.      Untuk mengetahui binatang-binatang yang ada di Bantimurung
2.      Untuk mengetahui karakteristik binatang
3.      Untuk mengetahui aspek yang dapat di kembangkan oleh anak setelah mengenal binatang-binatang di Bantimurung


BAB II
PEMBAHASAN
LAPORAN HASIL PENELITIAN
(Tentang Binatang Yang Ada Di Bantimurung)
Setelah mengalami proses perkuliahan  yang begitu lama dan menghadapi begitu banyak mata kuliah, beserta tugas maupun MID semester, dan tiba saatnya kami menghadapi ujian akhir semester atau yang biasa disebut dengan fainal, fainal di mata kuliah PEMBELAJARAN SAINS. Di sini, dimata kuliah ini kami tidak lagi menghadapi begitu banyak soal pertanyaan, akan tetapi pada mata kuliah ini, kami melakukan suatu penilitian. Dan penelitian itu kami lakukan di suatu tempat wisata yang terdapat di daerah maros, tepatnya di bantimurung.
Bantimurung merupakan suatu objek wisata yang menawarkan sejuta keindahan. Secara geografis objek wisata Bantimurung memiliki luas wilayah mencapai 6.619,11 km2 Memasuki kawasan ini, kita akan disambut oleh sebuah gapura besar dengan kupu-kupu raksasa, diikuti patung kera berukuran jumbo. Ini menandakan Bantimurung merupakan habitat asli kupu-kupu dan kera. 
Taman Wisata Alam Bantimurung secara umum bergelombang sampai berbukit-bukit. Batuan kapur membentuk bebukitan terjal di kanan kiri sungai. Daerah datar terletak di bagian selatan, tempat terdapatnya air terjun dan kolam. Daerah datar lainnya yang mempunyai panorama cukup menarik terletak di bagian utara taman wisata alam, dapat ditempuh melalui jalan setapak dari air terjun. Selain menikmati pesona air terjun Bantimurung, terdapat objek wisata lain di sekitar kawasan ini yakni goa mimpi dan goa batu.  Disni terdapat penangkaran kupu-kupu untuk menjaga kupu-kupu dari kepunahan, ada juga museum kupu-kupu sebagai informasi dan pusat data kupu-kupu yang hidup di alam Bantimurung.
 Dibantimurung bukan saja kupu-kupu yang hidup di tempat wisata ini, akan tetapi ada banyak binatang yang menemaninya, dan biasanya kita sepelehkan karena tidak begitu menarik di pandang mata, biasanya juga binatang tersebut pengganggu dalam perjalanan kita. Nah, disini kami meneliti tentang binatang-binatang yang terdapat dibantimurung. Binatang-binatang tersebut antara lain: kupu-kupu, semut rangrang, kumbang,  ular kaki seribu, kadal,  kodok, ular, dsb.
1.      Kupu-kupu
Banyak orang yang menyukai kupu-kupu yang indah, akan tetapi sebaliknya jarang orang yang tidak merasa jijik pada ulat, padahal keduanya adalah makhluk yang sama. Semua jenis kupu-kupu dan ngengat melalui tahap-tahap hidup sebagai telur, ulat, kepompong, dan akhirnya bermetamorfosa menjadi kupu-kupu atau ngengat. Kupu-kupu umumnya hidup dengan mengisap madu bunga (nektar/ sari kembang). Akan tetapi beberapa jenisnya menyukai cairan yang diisap dari buah-buahan yang jatuh di tanah dan membusuk, daging bangkai, kotoran burung, dan tanah basah. Berbeda dengan kupu-kupu, ulat hidup terutama dengan memakan daun-daunan. Ulat-ulat ini sangat rakus, akan tetapi umumnya masing-masing jenis ulat berspesialisasi memakan daun dari jenis-jenis tumbuhan yang tertentu saja. Sehingga kehadiran suatu jenis kupu-kupu di suatu tempat, juga ditentukan oleh ketersediaan tumbuhan yang menjadi inang dari ulatnya. Kupu-kupu dan ngengat dikenal sebagai serangga penyerbuk tanaman, yang membantu bunga-bunga berkembang menjadi buah. Sehingga bagi petani, dan orang pada umumnya, kupu-kupu ini sangat bermanfaat untuk membantu jalannya penyerbukan tanaman. Pada pihak yang lain, berjenis-jenis ulat diketahui sebagai hama yang rakus. Bukan hanya tanaman semusim yang dimangsanya, namun juga pohon buah-buahan dan pohon pada umumnya dapat habis digunduli daunnya oleh hama ulat dalam waktu yang relatif singkat. Banyak jenis hama ulat, terutama dari jenis-jenis ngengat yang menjadi hama pertanian yang serius. Untuk memanfaatkan keindahan beberapa jenisnya, kini orang mengembangkan peternakan kupu-kupu.
Kupu-kupu dewasa tidak perlu bertumbuh, sehingga yang mereka butuhkan sebagai makanan adalah energi, bukan protein. Makanan kupu-kupu adalah saripati madu dari bunga-bunga. Namun, meski begitu, beberapa kupu-kupu memakan getah dari pepohonan dan dari buah yang membusuk, dan beberapa yang lain—termasuk yang paling indah—memakan kotoran hewan. Selain itu, mereka juga menyerap garam dari lumpur.
Secara sederhana, kupu-kupu dibedakan dari ngengat alias kupu-kupu malam berdasarkan waktu aktifnya dan ciri-ciri fisiknya. Kupu-kupu umumnya aktif di waktu siang (diurnal), sedangkan ngengat kebanyakan aktif di waktu malam (nocturnal). Kupu-kupu beristirahat atau hinggap dengan menegakkan sayapnya, ngengat hinggap dengan membentangkan sayapnya. Kupu-kupu biasanya memiliki warna yang indah cemerlang, ngengat cenderung gelap, kusam atau kelabu. Meski demikian, perbedaan-perbedaan ini selalu ada perkecualiannya, sehingga secara ilmiah tidak dapat dijadikan pegangan yang pasti. Kupu-kupu dan ngengat amat banyak jenisnya, Jenis ngengatnya sejauh ini belum pernah dibuatkan daftar lengkapnya, akan tetapi diduga ada ratusan jenis (Whitten dkk., 1999). Kupu-kupu pun menjadi salah satu dari sedikit jenis serangga yang tidak berbahaya bagi manusia.
Banyak jenis warna pada kupu-kupu, ada hitam, putih, kuning, dsb. Kupu-kupu memiliki sayap dan kaki, dan terdapat pula bulu-bulu halus, serta dua tanduk yang panjang.
2.      Semut rangrang
Semut rangrang merupakan semut merah besar yang gigitannya lumayan sakit dan membuat bentol kulit. Akan tetapi, mereka ternyata banyak digunakan sebagai agensia hayati (predator) untuk mengendalikan banyak jenis hama tanaman.  Semut rangrang memiliki kaki 6, serta memiliki warna coklat.
Makanan semut sangat beragam, namun dapat diklasifikasikan ke dalam dua kelompok besar, yaitu protein dan gula. Tidak seperti semut lainnya, semut rangrang lebih menyukai protein daripada gula. Protein dapat ditemukan pada daging, ikan, ayam, tikus dan serangga. Semut rangrang aktif mencari makanan dan membawanya ke dalam sarang untuk seluruh anggota sarang tersebut. Mereka memangsa berbagai jenis hama, misalnya ngengat yang aktif pada malam hari maupun yang bersembunyi di bawah daun pada siang hari.
Selain butuh protein, semut rangrang memerlukan makanan tambahan berupa gula. Untuk mendapatkan gula, semut rangrang lebih suka mencari cadangan gula seperti embun madu (yang dikeluarkan oleh serangga pengisap cairan tanaman) atau nektar. Embun madu tersebut diperlukan sebagai energi tambahan pada periode awal pembangunan sarang. Maka, ketika membangun sarang, semut rangrang mencari daun-daun muda yang dihuni oleh serangga penghasil embun madu dan memasukkannya ke dalam sarang. Anda akan menemukan berbagai jenis serangga penghasil embun madu seperti kutudaun, kutu perisai dan kutu putih di dekat atau di dalam sarang semut rangrang. 
Satu hal yang harus kita ketahui mengenai semut rangrang adalah kemampuan adaptasi mereka terhadap perubahan kondisi lingkungan. Mereka selalu berusaha mendapatkan makanan dan tempat tinggal dalam kondisi optimal.
Idealnya, tempat yang baik untuk pembentukan koloni semut rangrang adalah yang memenuhi syarat berikut:
  • Cukup mangsa dan serangga penghasil embun madu
  • Tersedia tanaman yang berdaun cukup besar dan lentur atau berdaun kecil-kecil tetapi banyak
  • Sedikit gangguan dari manusia. Mengapa semut rangrang dapat pergi meninggalkan sarangnya dan membangun sarang baru di tempat lain? Jawabannya, karena kondisi sarang sudah tidak ideal lagi, misalnya karena: Makanan menjadi langka;  Kondisi sarang menjadi kurang nyaman, contohnya apabila daun-daun pada sarang yang lama mengering, mereka akan membangun sarang baru pada pohon yang sama. Pada musim kering untuk menghindari matahari yang panas, sarang yang ada di bagian atas pohon ditinggalkan dan mereka menuju ke bagian pohon yang lebih bawah.
  • Adanya gangguan yang tidak dapat mereka tolerir. Apabila ada gangguan dari manusia, mereka akan berpindah ke bagian pohon yang lebih atas. Atau bila kondisi lingkungan sudah sangat buruk di suatu kebun, maka koloni akan berpindah ke kebun lain. Sebaiknya kasus terakhir ini harus anda hindari.
Berbeda dengan kehidupan semut rangrang di alam, semut rangrang yang ditangkarkan dibuatkan rumah secara khusus. Dengan demikian, pekerjaan mereka untuk membangun sarang berkurang sangat banyak dan konsentrasi mereka akan terfokus pada perbanyakan anggota koloni.
3.      Ular Daun
Species:Trimeresurusalbolabris

a. Ciri-ciri :
Ø   Tubuh berwarna hijau dari kepala hingga ujung badan
Ø   kepala segitiga penuh, bersisik keras
Ø  Bagian punggung ekor berwarna merah.
Ø   Jika marah membentuk spiral atau letter S untuk siap menyerang
Ø   Habitat : pohon,
Ø   Tipe gigi : solenoglypha
Ø   Makanan : Tikus, burung, katak, telur
4.      Kumbang
Kumbang adalah salah satu serangga yang sudah umum dipelihara. Kumbang memiliki penampilan yang unik dan berfariasi, sebagian jenis ada yang bertanduk (kumbang tanduk) dan ada pula yang tidak. Kumbang termasuk Ordo Coleoptera, yang berarti "sayap berlapis". Empat puluh persen dari seluruh spesies serangga adalah kumbang (sekitar 350,000 spesies), dan spesies baru masih sering ditemukan. Perkiraan jumlah spesiesnya sekitar 5-8 juta.
Kumbang dapat ditemukan hampir di semua habitat, kecuali di lautan atau di daerah kutub. Interaksi mereka dengan ekosistem mereka dilakukan dengan berbagai cara. Mereka sering makan pada tumbuhan dan jamur, merusak pertahanan binatang dan tumbuhan, dan memangsan invertebrata lain. Beberapa spesies dimangsa berbagai binatang seperti burung dan mamalia. Jenis tertentu merupakan hama agrikultur, seperti Kumbang kentang Colorado Leptinotarsa decemlineata, Kumbang tanaman kapas Anthonomus grandis, kumbang tepung merah Tribolium castaneum, dan kumbang mungbean atau cowpea Callosobruchus maculatus, spesies kumbang lainnya adalah kotrol penting hama agrikultur. Seperti contoh, coccinellidae (ladybirds atau "kumbang tutul") yang mengkonsumsi aphid, hama pohon, thrips, dan serangga penghisap tanaman lainnya yang menyebabkan kerusakan panen tanaman.Kumbang termasuk dalam spesies endopterygotes dengan metamorfosis sempurna. Seekor betina tunggal dapat bertelur dari beberapa lusin hingga beberapa ribu telur selama hidupnya. Periode dari larva hingga menjadi kepompong dapat bervariasi antar spesies, bahkan dapat mencapai tahunan.Larva kumbang dapat dibedakan dari larva serangga lain dengan kepala mereka yang keras, seringkali berwarna lebih gelap, adanya mulut, dan spirakel sepanjang sisi tubuh. Seperti kumbang dewasa,larva dapat bervariasi dalam bentuk dan ukuran.Dewasa memiliki umur sangat bervariasi, dari minggu ke tahun, tergantung pada spesies.
Kumbang memiliki sayap, serta memiliki kaki berjumlah 6, warna kumbang sangat beragam ada hitam, abu-abu, merah,dsb.

5.      Kaki seribu
Kelas Diplopoda atau yang dikenal dengan luing (kaki seribu) merupakan kelas dari filum Antropoda. mereka sudah ada sekitar 400 juta tahun yang lalu sehingga layak disebut hewan purba. Sangat berpengaruh dalam rangkaian ekologi bisa dikatakan sebagi dekompuser, karena mereka merupakan komponen utama perombak kayu dan dedaunan di lantai hutan,terutama di daerah tropika. Walaupun dinamakan kaki seribu, tetapi pada dasarnya hewan ini tidak benar-benar memiliki kaki yang berjumlah seribu. Para ilmuan ada yang telah membuktikan spesies yang memiliki kaki yang paling banyak yaitu Illacme plenipes hanya memiliki 750 kaki atau 350 pasang. Sedangkan kelas yang lainya umumnya lebih sedikit biasanya 100-300 kaki saja. berharap dengan adanya makalah ini kita semua dapat mengenal kelas diplopoda lebih jauh. Disini kami akan membahas antara lain ciri-ciri secara umum, struktur tubuh, reproduksi, klasifikasi, pertahanan hidup, beberapa spesies yang special, baik yang masih ada, hampir punah maupun yang sudah punah, juga cara memperoleh makanan. Ciri yang paling umum bahwa kelas diplopoda ini memiliki dua pasang kaki pada tiap segmennya, ini membedakan kelas lain yang kakinya juga banyak. Kami juga akan menampilkan beberapa gambar yang bertujuan untuk mempermudah dalam memahami atau mengenali baik stuktur atau spesies. Juga akan kami lampirkan beberapa dafatar istilah.Ciri Kelas DiplopodaDiplopoda berasal dari kata di = dua dan podos=kaki, Jadi Diplopoda adalah kelas hewan yang memiliki dua pasang kaki. Ciri-ciri umum dari Diplopoda adalah sebagaiberikut:
a.       Tubuhnya berbentuk silindris dan beruas-ruas (25-100 segmen) terdiri atas kepala dan badan. Setiap segmen (ruas) mempunyai dua pasang kaki, dan tidak mempunyai taring bisa (maksiliped). Pada ruas ke tujuh, satu atau kedua kaki mengalami modifikasi sebagai organ kopulasi.
b.      Pada kepala terdapat sepasang antena yang pendek, dengan dua kelompok mata tunggal.
c.       Hidup di tempat yang lembab dan gelap dan banyak mengandung tumbuhan yang telah membusuk.
d.      Respirasidengantracheayangtidakbercabang.
e.       Alat ekresi berupa dua buah saluran malphigi Struktu tubuh
Kaki seribu memiliki tubuh yang terbagi atas dua bagian, kepala di sebelah depan dan bagian tubuhyang panjang dibelakangnya. Tubuhnya terdiri dari segmen-segmenPada hampir setiap segmen tubuh dari kaki seribu dewasa terdapat dua pasang kaki Segmen tubuh pertama setelah kepala disebut tengkuk (collum) dan tidak berkaki Tiga segmen berikutnya (segmen 2 hingga 4) mengandung sepasang kaki pada tiap segmennya Kaki seribu yang belum dewasa sering kali mempunyai segmen terakhir yang tidak berkaki. Kaki seribu yang belum dewasa sulit sekali ditentukan jenisnya. Oleh karena itu pilihlah kaki seribu dewasa, spesimen yang segmen terakhirnya lengkap dengan kaki atau specimen yang hanya mempunyai sedikit segmen tanpa kaki untuk ditentukan identitasnya. Alat mulut kaki seribu hanya memiliki dua pasang alat mulut, mandibula yang digunakan untuk mengunyah dan suatu keping di sebelah belakang yang disebut gnathochilarium. Organ Tömösváry: Ini adalah organ perasa yang terletak di kepala pada kebanyakan kaki seribu.Organ ini umumnya berbentuk cincin yang agak menonjol, tetapi dapat juga berbentuk ladam atau hanya sekedar berbentuk suatu lubang. Posisinya terletak di bagian belakang dasar sungut. Tidak semua bangsa kaki seribu memiliki organ ini.
Kebanyakan kaki seribu memiliki “bintik mata” pada daerah sisi kepala. Mata demikian dapat terdiri dari sejumlah bintik mata yang bersatu membentuk daerah penglihatan. Sejumlah kaki seribu, misalnya Polydesmida, tidak pernah memiliki bintik mata. Kaki seribu yang hidup di dalam gua pada beberapa bangsa telah kehilangan alat penglihatan mereka, meskipun kerabatnya yang hidup di permukaan tanah mempunyai daerah penglihatan yang terbentuk dengan baik. Kaki seribu dewasa umumnya mempunyai alat kelamin yang jelas. Alat kelamin tentu terdapat pada kedua jenis kelamin, hanya lebih nyata pada hewan jantan. Kaki yang berubah menjadi alat kelamin umumnya dapat ditemukan di dua bagian, di daerah segmen cincin yang ke tujuh atau pada bagian ujung tubuhnya, meliputi pasangan kaki yang terakhir. Pasangan kaki yang terakhir umumnya dinamakan telopod. Pasangan kaki ke tujuh yang termodifikasi kadang-kadang tersembunyi pada suatu kantung. Pada kelompok hewan demikian hewan jantan terlihat tidak punya pasangan kaki pada segmen ke tujuh). Pasangan kaki ke tujuh yang mengalami modifikasi dikenal dengan gonopod. Organ ini sangat penting untuk mengidentifikasi jenis. Hewan betina mempunyai alat kelamin (kadang-kadang disebut cifopod) dapat ditemukan di sebelah belakang pasangan kaki kedua. Bagian-bagian tubuh suatu kaki seribu jantan dari Bangsa Julida. Hewan ini hidup didarat tempat, tempat gelap seperti di dalam gua, dan pada daerah yang lembab seperti pada dedaunan mati dan serasah kayu.
Hewan kelas diplopoda bersifat herbifor, memakan dedaunan, maupun kayu-kayu yang membusuk. Hanya yang berukuran saja menggigit manusia tetapi hanya sebagai mekanisme pertahanan. Kebanyakan kaki seribu membusuk makan daun dan mati lain tanaman materi, pelembab makanan dengan cairan dan kemudian menggoreskan dalam dengan rahang.
6.      Kadal
Kadal adalah hewan bersisik berkaki empat yang termasuk kelompok reptil. Secara luas, pengertian kadal atau kerabat kadal (bahasa Inggris: lizards) juga mencakup kelompok cecak, tokek, bunglon, cecak terbang, biawak, iguana dan lain-lain. Sedangkan secara sempit, istilah kadal dalam bahasa Indonesia biasanya merujuk terbatas pada kelompok kadal yang umumnya bertubuh kecil, bersisik licin berkilau, dan hidup di atas tanah (Ingg.: skink, suku Scincidae, atau umumnya anggota infraordo Scincomorpha). Jadi, secara umum kadal ini mencakup jenis-jenis yang bertubuh kecil seperti kadal pasir Lygosoma, sampai ke biawak Komodo (Varanus komodoensis) yang bisa mencapai panjang lebih dari 3 m. Secara ilmiah, kelompok besar ini dikenal sebagai subordo atau anak bangsa Lacertilia (=Sauria), bagian dari bangsa hewan bersisik (Squamata). Anak bangsa Lacertilia pada umumnya memiliki empat kaki, lubang telinga luar, dan pelupuk mata yang dapat dibuka tutup. Meskipun demikian, sebagai kekecualian, ada pula anggota-anggotanya yang tidak memiliki sebagian ciri itu. Contohnya adalah ‘ular’ kaca (glass snake atau glass lizard, suku Anguidae) yang tak berkaki.
Sebagaimana galibnya reptil, kadal berdarah dingin (itu sebabnya kadal kerap berjemur) dan mempunyai sisik-sisik yang beraneka bentuknya yang terbangun dari zat tanduk. Terdiri tak kurang dari 40 suku, kadal memiliki pola warna, bentuk dan ukuran yang sangat beragam. Sebagian jenis mempunyai sisik-sisik yang halus berkilau, terkesan licin atau seperti berminyak, walaupun sebenarnya sisik-sisik itu amat kering karena kadal tidak memiliki pori di kulitn ya untuk mengeluarkan keringat atau minyak.
Kebanyakan kadal bertelur (ovipar), meskipun ada pula yang melahirkan anak (vivipar). Juga, umumnya kadal dapat menumbuhkan kembali ekor atau bahkan tungkai yang terputus.
Beberapa spesies kadal tak berkaki, seperti ular kaca misalnya, memiliki struktur gelangan bahu dan panggul dalam tubuhnya, meski tak ada tungkainya. Meski bentuknya mirip, kadal-kadal ini bisa dibedakan dari ular sejati karena memiliki pelupuk mata yang dapat digerakkan, lubang telinga luar, dan dapat memutuskan ekornya dalam keadaan bahaya; ciri-ciri yang tak dimiliki oleh ular. Banyak jenis kadal yang merupakan pemanjat pohon yang baik atau pelari cepat. Beberapa di antaranya bahkan dapat berlari di atas dua kaki dengan amat cepatnya, seperti halnya kadal tercepat di dunia: iguana berekor duri dari marga Ctenosaura. Kadal-kadal tertentu, misalnya bunglon, dapat berganti warna sesuai kondisi lingkungan atau suasana hati. Meski kebanyakan hidup di daratan, umumnya kadal dapat berenang dengan baik. Beberapa jenisnya, seperti biawak, bahkan beradaptasi dengan baik di lingkungan perairan.
Kebanyakan kadal tinggal di atas tanah (terestrial), sementara sebagiannya hidup menyusup di dalam tanah gembur atau pasir (fossorial). Sebagian lagi berkeliaran di atas atau di batang pohon (arboreal). Alih-alih sebagai predator penyergap, kebanyakan kadal aktif menjelajahi lingkungannya untuk memburu mangsa. Walaupun kebanyakan jenisnya adalah binatang pemangsa (predator), namun sesungguhnya makanan kadal sangat bervariasi. Mulai dari buah-buahan dan bahan nabati lain, serangga, amfibia, reptil yang lain, mamalia kecil, bangkai, bahkan kadal besar semacam biawak Komodo juga dapat memburu mamalia besar, hingga sebesar rusa atau babi hutan. Kadal-kadal bertubuh kecil memakan aneka serangga seperti nyamuk, lalat, ngengat dan kupu-kupu, berbagai tempayak serangga, cacing tanah, sampai kodok dan reptil yang lain yang berukuran lebih kecil. Kadal kebun (Mabuya multifasciata) kadang-kadang memangsa kodok tegalan (Fejervarya limnocharis), bahkan suka memanjat tembok yang kasar untuk menangkap cecak kayu (Hemidactylus frenatus) yang terlengah.


ASPEK PERKEMBANGAN YANG DI DAPAT ANAK

1.                  ASPEK PERKEMBANGAN KOGNITIF
Dari melihat binatang anak dapat belajar banyak dan mengembangkan aspek kognitifnya karena dengan melihat dan memperhatikan secara langsung binatang-binatang tersebut maka anak dapat mengenal berbagai macam binatang, baik itu binatang yang terbang, merayap, melompat, atauapun binatang yang berjalan secara langsung.
Selain itu anak juga dapat belajar berbagai jenis warna-warna binatang baik itu warna yang cerah maupun warna yang gelap, warna campuran dan lain-lain.
Anak juga dapat membedakan berbagai macam bentuk binatang, ada yang kecil dan ada pula yang besar. Serta anak juga dapat mengenal, mengingat nama binatang tersebut.
2.                  ASPEK PERKEMBANGAN BAHASA
Dengan melihat binatang-binatang yang ada di Bantimurung, anak dapat mengembangkan aspek bahasanya yang terjadi ketika anak bertanya-tanya tentang binatang yang dilihatnya. Misalnya anak bertanya nama, makanan, warna dll tengtang binatang tersebut. Serta anak juga dapat mengembangkan aspek bahasanya ketika anak menyebutkan nama-nama binatang yang dilihatnya satu persatu di Bantimurung.
3.                   ASPEK PERKEMBANGAN SOSIAL
Anak juga dapat mengembangkan aspek social emosionalnya ketika melihat binatang-binatang di bantimurung yang terjadi ketika anak berinteraksi dengan teman ataupun keluarganya untuk menanyakan tentang binatang yang dilihatnya itu, selain itu anaka dapat pula menceritakan kepada temannya yang lain, yang tidak ikut dalam karya wisata ke bantimurung tentang bionatang-binatang yang di temui disana agar temannya juga dapat mengetahui binatang yang ada disana.
4.                  ASPEK PERKEMBANGAN SENI
Seetelah melihat binatang-binatang di bantimurung anak dapat mengembangkan aspek seninya pada saat anak di tugaskan untuk menggambar binatang, anak dapat menggambar binatang yang pernah dilihatnya di bantimurung walaupun tidak begitu mirip dengan aslinya.
5.                  ASPEK PERKEMBANGAN MOTORIK
Anak dapat mengembangkan aspek motoriknya seperti menirukan cara berjalan semut, kadal, kaki seribu dll. Serta menirukan cara melompat kodok dan jangkrik. Selain itu dapat pula menirukan kupu-kupu dan kumbang saat terbang walaupun hanya dengan mengayun-ayunkan tangannya.


BAB III
PENUTUP
A.    Kesimpulan
Dibantimurung bukan saja kupu-kupu yang hidup di tempat wisata ini, akan tetapi ada banyak binatang yang menemaninya, dan biasanya kita sepelehkan karena tidak begitu menarik di pandang mata, biasanya juga binatang tersebut pengganggu dalam perjalanan kita. Nah, disini kami meneliti tentang binatang-binatang yang terdapat dibantimurung. Binatang-binatang tersebut antara lain: kupu-kupu, semut rangrang, kumbang,  ular kaki seribu, kadal,  kodok, ular, dsb.
B.     Saran
Jika ada saran / kritikan lain dalam pembuatan makalah kami ini maka saya sangat berterima kasih dalam membumbing serta membantu kami untuk memperbaiki makalah ini, karena kami hanya manusia biasa yang tak luput dari kesalahan.