Tujuan Administrasi Penyelenggaraan Lembaga
Paud
Tujuan administrasi penyelenggaraan lembaga
paud adalah agar sistem pendidikan lembaga paud dapat berlangsung secara
efisien dan efektif. Dalam Garis-Garis Besar Program Kegiatan Belajar (GBPKB)
lembaga paud tahun 1994 ditegaskan bahwa program kegiatan belajar lembaga paud
berfungsi untuk :
1. Mengembangkan seluruh kemampuan yang dimiliki anak sesuai dengan tahap
perkembangannya.
Maksudnya adalah seluruh kemampuan yang
dimiliki anak baik itu kemampuan kognitif, fisik motorik, moral, sosial
emosional dan bahasa anak akan berkembang secara bertahap dan perkembangan
tersebut merupakan perkembangan yang sesuai dengan usia anak yang seharusnya
sehingga kemampuan anak dapat berkembang secara optimal yang telah di tetapkan
dalam sistem pendidikan lembaga PAUD dan dengan perkembangan yang sesuai dengan
usia dan tingkat kematangan anak tersebut dapat membuat anak lebih
memaksimalkan kemampuannya untuk menjadi anak yang cerdas dan berprestasi.
2. Mengenalkan anak dengan dunia sekitar.
Maksudnya adalah dalam program kegiatan
belajar lembaga PAUD anak akan di kenalkan dengan dunia sekitar baik itu
tokoh-tokoh, lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat serta lingkungan yang ada di sekitar anak. Dimana dalam
mengenal dunia dan lingkungan di sekitar anak itu dapat dilakukan dengan
melihat secara langsung seperti mengunjungi tempat wisata untuk mengenal
lingkungan dan mengunjungi kantor polisi untuk mengenalkan tokoh. Dan dapat
juga di lakukan dengan memberikan gambar yang berisi tentang pengenalan dunia
di sekitar anak.
3. Mengembangkan sosialisasi anak.
Maksudnya adalah dalam program kegiatan
belajar lembaga PAUD sosialisasi anak akan dikembangkan secara efektif dan
efisien karena perkembangan sosial setiap anak tentunya berbeda dan karakter
dari masing-masing anak itu juga membuat perkembangan sosialisasi mereka
berbeda antara anak yang satu dengan anak yang sama lain. Sosialisasi anak
dikembangkan dengan berinteraksi antara anak yang satu dengan anak yang lain
sehingga mereka akan saling mengenal dan berbagi. Perkembangan sosial tersebut
mereka dapat dari berbagai kesempatan dan pengalaman bergaul dengan teman-temannya.
4. Mengenalkan peraturan dan menanamkan disiplin pada anak.
Maksudnya adalah dalam program kegiatan
belajar lembaga PAUD anak akan di kenalkan peraturan dan menanamkan disiplin
pada anak karena dengan peraturan yang ada anak akan belajar bagaimana bersikap
disiplin dan biasanya dalam bersikap disiplin itu anak akan melihat contoh dari
lingkungannya dan dari sinilah guru berperan penting dalam memberikan bimbingan
dan arahan serta tindakan sebagai contoh agar anak dapat bersikap disiplin agar
terbentuk suatu sikap atau tingkah laku yang di harapkan dapat membangun anak
menjadi pribadi yang baik.
5. Memberikan kesempatan kepada anak untuk menikmati masa bermainnya.
Maksudnya adalah dalam program kegiatan
lembaga PAUD anak akan diberikan kesempatan untuk menikmati masa bermainnya
karena saat inilah anak tumbuh dan berkembang dan dunia anak pada saat ini
adalah dunia bermain sehingga anak akan di bebaskan bermain apapun untuk
menumbuhkembangkan kemampuan anak dalam segala aspek perkembangan selama
permainan itu aman dan tidak membahayakan keselamatan serta cocok dimainkan
oleh anak usia prasekolah, dengan permainan yang cocok dengan tahapan usia anak
maka perkembangan dan perkembangan anak akan lebih optimal.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar