Tes formatif KB 3
1. Teori belajar yang
mengutamakan perubahan tingkah laku pada individu yang belajar dengan
mengutamakan hubungan stimulus dan respon merupakan teori belajar….
A. Kognitivistik
B.
Behavioristik
C. Konstruktivistik
D. Humanistik
E.
Rekonstruktivistik
2. Apabila dalam
proses belajar peserta didik melakukan sesuatu sampai dengan mendapatkan respon
yang tepat dan sesuai dengan apa yang diinginkan serta menghilangkannya apabila
dirasakan tidak sesuai, hal ini merupakan prinsip belajar dari ....
A. Conditioning
B.
Trial and error
C. Shaping
D. Konseptualisasi
E. Stimulus respon
3. Contoh penerapan
teori behavioristik yang dapat dilakukan oleh guru dalam praktik pembelajaran
adalah….
A. Membimbing siswa
dalam memperoleh pengetahuan baru
B. Menyediakan atau
memberikan kegiatan-kegiatan yang merangsang keingintahuan siswa dan membantu
mereka kengekspresikan gagasannya
C.
Memberikan stimulus kepada peserta didik berupa penataan lingkungan belajar
D. Memahami
tahap-tahap perkembangan peserta didik dan menggunakan metode pembelajaran
sesuai dengan tahap tersebut
E. Memberikan
penjelasan pengetahuan baru
4. Seluruh komponen
pendidikan memiliki tujuan yang sama yaitu terbentuknya manusia yang ideal,
manusia yang dicita-citakan, yaitu manusia yang mampu mencapai aktualisasi
diri. Pernyataan tersebut merupakan bagian dari teori ….
A. Behavioristik
B. Kognitivistik
C.
Konstruktivistik
D.
Humanistik
E. Sibernetik
5. Aliran ini lebih
menekankan pada keaktifan siswa selama kegiatan belajar, aktif berpikir,
menyusun konsep-konsep serta memberi makna tentang halhal yang dipelajari dan
yang paling penting terwujudnya belajar adalah niat peserta didik itu sendiri.
Pernyataan tersebut merupakan aliran dari teori ….
A. Behavioristik
B. Kognitivistik
C.
Konstruktivistik
D. Humanistik
E. Sibernetik
6. Menurut Bruner,
apabila seseorang memahami obyek-obyek atau dunianya melalui gambar-gambar dan
visualisasi verbal dengan kata lain peserta didik belajar melalui bentuk
perumpamaan atau perbandingan, hal ini merupakan tahapan dari......
A. Enaktif
B. Intuitif
C.
Ikonik
D. Simbolik
E. Konflik
7. Pada tahap
konseptualisasi, kemampuan yang dimiliki oleh peserta didik adalah.....
A.
Mampu memecahkan masalah
B. Mampu membuat
peraturan
C. Mampu memahami
sebuah kejadian
D. Mampu mengalami
sebuah kejadian
E. Mampu memahami
permasalahan
8. Pernyataan berikut
yang menjelaskan makna istilah kognitif adalah….
A. Kemampuan
berkomunikasi
B.
Kemampuan untuk memecahkan masalah
C. Kemampuan
berinteraksi
D. Kemampuan untuk
mengintegrasikan diri
E. Kemampuan
mengemukakan pendapat
9. Dibawah ini adalah
tipe belajar menurut Habermas, kecuali ….
A. Belajar teknis
B. Belajar praktis
C.
Belajar aktif
D. Belajar
emansipatoris
E. Belajar
konsep
10. Di dalam proses
pembelajaran, para siswa dihadapkan dengan situasi di mana ia bebas untuk
mengumpulkan data, membuat dugaan (hipotesis), mencoba-coba (trial and error),
mencari dan menemukan keteraturan (pola), menggeneralisasi atau menyusun rumus
beserta bentuk umum, membuktikan benar tidaknya dugaannya itu. Hal ini
merupakan penerapan teori belajar….
A. Kognitivistik
B. Humanistic
C. Behavioristik
D. Konstruktivistik
E. Sibernetik
Tidak ada komentar:
Posting Komentar