TES SUMATIF
1. Pak Hasan mendapati tiga
orang peserta didik mengantuk di kelas. Berdasarkan informasi dari orangtua dan
juga teman-temannya mereka sering bermain game terlalu lama, dan merasa jenuh
dengan pembelajaran di kelas. Tindakan pertama
yang paling tepat bagi Pak Hasan adalah….
a. Menasehati ketiga anak tersebut agar tidak lagi bermain game di
larut malam
b. Melarang anak bermain game bekerjasama dengan orangtua untuk
pengawasannya
c. Merefleksikan diri tentang cara mengajar dan berusaha merasakan yang
dialami peserta didik
d. Merancang pembelajaran dengan game dan melarang bermain game di
rumah
e. Menyediakan game di sekolah di bawah pengawasan guru dan kepaal
sekolah
2. Hari itu jam pertama hari sedang hujan. Bu Wenny Hapsari memanfaat
teknologi informasi di dalam proses pembelajaran di kelas IV. Capaian
pembelajarannya agar peserta didik memiliki kesadaran arti penting kerjasama di
dalam kehidupan. Di dalam kelas tersedia LCD dan laptop. Kegiatan pembelajaran yang paling sesuai
adalah…
a. Peserta didik menyaksikan video berisi kegiatan gotong royong
kemudian membuat kesimpulan
b. Peserta didik mendiskusikan secara kelompok tayangan video dan
diminta membuat kesimpulan
c. Peserta didik diminta membuat video sederhana secara kelompok dan
mempresentasikan
d. Peserta didik diminta mengamati kegiatan gotong royong di luar kelas
dan terlibat membantu
e. Peserta didik membaca cerita bergambar tentang kegiatan gorong
royong
3. Seorang guru terlihat diikuti oleh banyak peserta didik dimanapun
berada. Peserta didik tersebut penasaran dengan trik-trik baru dari guru. Guru
menggunakan handphone-nya untuk melacak benda dari logam yang terjauh. Guru
tersebut selain memesona juga memiliki ciri guru abad 21 sebagai berikut….
a. Pandai berempati
b. Humoris
c. Canggih
d. Membuat analogi
e. Membuat metafora
4. Peserta didik kesulitan memahami hubungan antara peredaran darah
yang lancar dengan kesehatan tubuh. Bu Ani mengatakan;’ anak-anak pernahkan
kalian melihat sungai yang kotor karena sampah dan tersumbat? Apakah dapat
mengairi sawah-sawah agar tanaman menjadi sehat?” pernyataan Bu Ani
memperlihatkan salah satu kompetensi guru abad 21 yaitu kemampuan dalam hal….
a. Membuat padanan kata
b. Membuat analogi
c. Menghadirkan contoh
d. Membuat metafora
e. Melakukan eksplorasi
5. Alasan utama mengapa pembelajaran abad 21 sebaiknya lebih
berorientasi kepada pengembangan keterampilan belajar daripada mengajarkan
pengetahuan adalah….
a. Perkembangan teknologi memungkinkan seluruh pengetahuan dipelajari
b. Keterampilan abad 21 lebih penting tidak memerlukan pengetahuan
c. Abad 21 adalah era disrupsi dimana peran guru akan segera hilang
d. Pengetahuan faktual sudah usang dan tidak relevan dengan era abad 21
e. Tuntutan SDM masa depan yang memiliki kemampuan belajar mandiri
6. Berikut ini merupakan arti penting pengembangan kurikulum dengan
menghadirkan keterampilan berpikir tingkat tinggi dan literasi kebudayaan bagi
guru di era abad 21 adalah…
a. Bangsa Indonesia memerlukan pengembangan kebudayaan dan pengetahuan
tentang sejarah kebudayaan Indonesia
b. Bangsa Indonesia memerlukan SDM yang kreatif memecahkan persoalan
dan mampu berkomunikasi dengan orang dari latar belakang budaya berbeda
c. Bangsa Indonesia memerlukan berkembangnya seni budaya dan
kreatifitas menciptakan karya-karya seni berbasis kunikan local
d. Bangsa Indonesia memerlukan SDM dengan kemampuan berpikir canggih
dan dapat memodernkan seni dan budaya asli
e. Bangsa Indonesia memerlukan manusia yang mampu teknologi canggih
untuk yang dapat menggantikan peran guru
7. Berikut merupakan pergeseran dan atau penyesuaian peran guru dalam
memfasilitasi pembelajaran abad 21 adalah, kecuali….
a. Merubah paradigma dari professional teaching menjadi professional
learning
b. Menerapkan berpusat aktifitas peserta didik namun guru tetap
aktif
c. Mengutamakan penilaian hasil belajar atau assessment for learning
d. Mengembangkan kemampuan belajar mandiri diri secara
berkelanjutan
e. Memiliki kebiasaan melakukan refleksi atau reflective practitioner
8. Berikut upaya pengembangan profesionalisme berkelanjutan yang
termasuk kegiatan pengembangan diri, publikasi ilmiah dan karya inovatif secara
berurutan adalah……
a. Mengikuti pelatihan pembuatan media, menciptakan model pembelajaran
yang dimuat di media massa, dan membuat karya seni
b. Menulis jurnal, mempublikasikan hasil PTK di jurnal terakreditasi,
dan menghasilkan model pembelajaran
c. Mengikuti diklat kepala sekolah, mempublikasikan artikel di jurnal
internasional, dan mengikuti diklat pembuatan media inovatif
d. Mengikuti diklat teknis, publikasi karya ilmiah di majalah
terakreditasi, dan menciptakan alat pendeteksi kadar oksigen
e. Mempublikasikan kegiatan diklat di koran, menulis artikel di jurnal
internasional, dan menciptakan karya seni bela diri
9. Belajar mandiri berkelanjutan memiliki dimensi psikologis,
pedagogis, dan dimensi sosial. Berikut ini secara berturut-turut berikut
merupakan indikator adanya ketiga dimensi tersebut dalam belajar mandiri
adalah….
a. Belajar individual dan menyendiri, aktif mencari sumber belajar, dan
mengontrol laju belajar sendiri
b. Memiliki kebebasan belajar, menghadiri forum ilmih, dan tergantung
kepada fasilitator
c. Mengisolasi diri secara fisik, melanjutkan sekolah, dan menentukan
tujuan belajar sendiri
d. Memiliki kebebasan dalam belajar, aktif mengikuti diskusi ilmiah,
dan menilai kemajuan belajarnya sendiri
e. Belajar mendasarkan tujuan yang ditetapkan, mengikuti kegiatan
pembelajaran, dan meminta umpan balik dari fasilitator
10. Berikut ini termasuk katagori keterampilan khusus yang memerlukan
pengambilan keputusan yang diperlukan dalam belajar mandiri adalah…
a. Kemampuan merumuskan tujuan pembelajaran
b. Keterampilan menetapkan tujuan belajar
c. Keterampilan memproses dan mengolah informasi
d. Keterampilan menterjemahkan dan memahami bahan tertulis
e. Kemampuan menterjemahkan informasi visual
Tidak ada komentar:
Posting Komentar