Rabu, 30 Januari 2013

PERMAINAN MNGAJARKAN BAHASA INGGRIS PADA ANAK

   ASSIGMENT OF ENGLISH
WORD CUBE GAME

A
R
R
A
N
G
E

B Y :

S U K M A  S U K A R D I
1 0 4 9 0 4 0 2 1
P G P A U D  ( A )

PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR
2012
WORD CUBE GAME
Permainan Word Cube adalah permainan yang saya buat sendiri. Seperti namanya Cube atau kubus dan Word atau kata disini jelas bahwa dalam permainan ini saya menggunakan kubus dimana permukaan kubus itu memiliki kosa kata yang familiar atau sering di dengar oleh anak. Dan disini saya menggunakan nama keluarga serta nama buah dalam media yang saya buat. Dalam permainan ini yang pertama saya lakukan adalah menyiapkan desain atau pola dalam bentuk gambar yang akan dibuat menjadi kubus, Inilah gambar desain/pola yang telah saya buat :

Dari desain gambar ini kemudian saya print dengan menggunakan kertas manila berwarna putih untuk kategori buah dan kertas manila berwarna biru untuk ketegori nama keluarga. Dari hasil print ini kemudian saya bentuk menjadi kubus dan menghasilkan media untuk bermain Word Cube Game.

Adapun nama buah-buahan yang saya gunakan yaitu (pada kubus pertama) pisang, apel, semangka, strawberry, nanas, pir dan (pada kubus kedua) saya gunakan melon, cery, lemon, belimbing, alpukat dan anggur sedangkan nama keluarga yang saya gunakan disini adalah kakek, nenek, ayah, ibu, kakak (laki-laki) dan adik (perempuan). Dan untuk lebih memudahkan anak dalam mengetahui nama buah tersebut maka saya juga memasukkan gambar sesuai dengan nama buah yang ada tapi pada nama keluarga saya tidak memasukkan gambar karena anak sudah lebih mengenal objek yang dinamakan keluarga secara langsung.
Saya juga menyiapkan kertas yang berisi kosa kata dari balok tersebut agar anak dapat mencocokkan kertas tersebut dengan gambar yang ada pada Word Cube.
Gambar kosa kata yang saya siapkan

Permaninan Word Cube ini dapat mengembangkan kemampuan anak dalam belajar bahasa inggris karena di permukaan kubus tersebut sudah ada kosa kata yang telah disiapkan dalam bahasa inggris serta terjemahannya dalam bahasa indonesia dan juga ada gambar yang dapat dilihat oleh anak mempermudah dalam mengenal buah tersebut dan dari permainan ini wawasan anak dalam mengenal kosa kata dalam bahasa inggris akan bertambah.
Permainan word cube game ini dapat dimainkan secara kooperatif (kelompok) dan dapat juga dimainkan secara individu (perorang) tapi untuk lebih efektifnya dan lebih dianjurkan agar anak bermain secara individu agar anak dapat mengenal dan mengetahui lebih banyak kosa kata dalam bahasa inggris.
1.      Persiapan :
a.       Menyiapkan tempat yang bersih dan nyaman untuk bermain.
b.      Menyiapkan media berupa kubus yang telah dibuat diatas meja.
c.       Menyiapkan kertas yang memiliki tulisan dari setiap kosa kata.
2.      Cara Bermain Individu :
a.       Minta anak duduk rapi di kursi.
b.      Berikan anak media yang telah disiapkan.
c.       Ambil media, lambungkannya ke udara dan jatuhkannya di meja.
d.      Minta anak mengamati permukaan atas pada kubus yang sudah di lambungkan.
e.       Minta anak untuk menyebutkan nama gambar pada kubus tersebut dalam bahasa indonesia kemudian minta anak untuk melihat bahasa inggrisnya.
f.       Minta anak untuk mencari dan mencocokkan nama gambar dalam bahasa inggris tersebut dengan kertas yang sudah disiapkan, ini dimaksudkan agar anak bisa mengetahui tulisan dalam bahasa inggris karena berulang-ulang melihatnya.
g.      Setelah anak mendapatkan pasangan kata yang sama maka beri tahu penyebutan dalam bahasa inggris dari nama gambar dan perlihatkan tulisan atau ejaan yang ada pada kubus.
h.      Minta anak untuk menyebutkan kembali bahasa inggris dari gambar tersebut.
i.        Berikan pujian kepada anak karena telah berhasil menemukan & mencocokkan gambar dan nama dari tulisan pada kubus dan juga karena anak telah mampu menyebutkan nama tersebut dalam bahasa inggris.
j.        jika anak meminta mengulang lagi permainan ini maka permainan dapat dimainkan kembali.
3.      Cara Bermain Kelompok :
Permainan ini bisa dilakukan ketika anak sebelumnya sudah bermain secara indivu dan bisa digunakan agar anak dapat bersaing atau berlomba untuk mengukur kemampuannya dalam bahasa inggris secara berkelompok.
a.       Anak dibagi menjadi beberapa kelompok (1 kelompok kira-kira 2-3 orang anak).
b.      Berikan kepada setiap kelompok media yang telah disiapkan.
c.       Ambil media, lambungkannya ke udara dan jatuhkannya di atas meja.
d.      Minta anak 1 untuk mengamati permukaan atas pada kubus yang sudah di lambungkan.
e.       Minta anak untuk menyebutkan nama gambar pada kubus tersebut dalam bahasa indonesia kemudian minta anak untuk melihat bahasa inggrisnya.
f.       Minta anak untuk mencari dan mencocokkan nama gambar dalam bahasa inggris tersebut dengan kertas yang sudah disiapkan, ini dimaksudkan agar anak bisa mengetahui tulisan dalam bahasa inggris karena berulang-ulang melihatnya.
g.      Lakukan seperti tadi untuk anak kedua dan ketiga dengan kubus yang berbeda tapi kubus baru dapat dilambungkan ketika anak pertama telah mendapatkan pasangan kata dari media yang telah dilambungkan tadi.
h.      Setelah semua anak mendapatkan pasangan kata yang sama maka beri tahu penyebutan dalam bahasa inggris dari nama gambar dan perlihatkan tulisan atau ejaan yang ada pada kubus.
i.        Minta anak untuk menyebutkan kembali bahasa inggris dari gambar tersebut.
j.        Berikan pujian kepada anak karena telah berhasil menemukan & mencocokkan gambar dan nama dari tulisan pada kubus dan juga karena anak telah mampu menyebutkan nama tersebut dalam bahasa inggris.
k.      Saat bekerja anak dapat di iringi dengan mendengarkan music agar anak senang dan tidak merasa bosan.
Demikianlah permainan yang mengajarkan bahasa inggris yang saya buat untuk memenuhi final dalam mata kuliah bahasa inggris di  Universitas Negeri Makassar, Fakultas Ilmu Pendidikan jurusan PGAUD dan silahkan kunjungi blog saya di http://sukmayumagic.blogspot.com tapi makalah ini baru saya masukkan ke dalam blog ketika final bahasa inggris ini selesai untuk menghindari penciplakan. THANKS.



Lembar Penilaian Observasi
PERMAINAN WORD CUBE
NO
NAMA
ASPEK YANG DINILAI
KETEPATAN
KEAKTIFAN
PENYEBUTAN








































Rubrik Penilaian
  1.  Ketepatan
: Anak mencocokkan gambar tidak beraturan/asal-asalan
                        : Anak mencocokkan gambar walaupun masih banyak yang salah
                        : Anak mencocokkan dengan baik dan benar
2.      Keaktifan
                        : Anak diam saja
: Anak hanya mau terlibat dalam pembelajaran mencocokkan gambar dengan motivasi dari guru
                        : Anak aktif dalam pembelajaran menggunting
3.      Penyebutan
                        : Anak sulit menyebutkan dalam bahasa inggris walaupun sudah diberi contoh
                        : Anak mampu menyebutkan walaupun masih terbata-bata dan kadang salah
                        : Anak mampu menyebutkan dengan baik dan benar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar