Tugas kelompok
KURIKuLUM 2004 TK KELAS A DAN KELAS B
Di 
Susun oleh:
kelompok 3
1.      Sukma
sukardi               =104904021
2.      Nurmila                          =104904022
3.      Suci
sri indah                 =104904023
4.      Nur
saprina bakri           =104904024
5.      Endang
pratiwi              =104904025
6.      Hartati                            =104904026
7.      Melianti                          =104904027
8.      Nurwahima                    =104904028
9.      A.jusri
mahwawidiana   =104904029
10.  Hermayanti                    =104904031
PENDIDIKAN GURU ANAK USIA DINI
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
                       UNIVERSITAS NEGERI
MAKASSAR
2011/2012
A.Kurikulum 2004 atau Kurikulum TK Berbasis
kompetensi
1.Rasional pengembangan kurikulum TK 2004
            Anak
usia 4-6 tahun merupakan bagian dari 
Anak usia dini yang berada pada rentangan usia lahir sampai 6 tahun.pada
usia ini secara terminology di sebut sebagai anak usia prasekolah.kecerdasan
pada masa ini mengalami peningkatan dari 50% menjadi 80% selain itu berdasarkan
hasil penetian/kajian yang di lakukan oleh pusat kurikulum.
2.beberapa pengertian pokok dalam kurikulum TK 2004
Kurikulum merupakan seperangkat
rencana dan pengaturan tentang kompetensi yang di bakukan dan cara
penyampaianya di sesuaikan dengan keadaan dan kemampuan daerah.kompetensi perlu
di capai secara tuntas (belajar tuntas)kurikulum di laksanakan dalam rangka
membantu anak didik mengembangkan berbagai potensi baik psikis dan fisik yang
meliputi moral,dan nilai-nilai agama,sosio
emosional,kognitif,bahasa,fisik/motorik,kemandirian dan seni untuk siap
memasuki pendidikan dasar.
            Kompetensi
dasar merupakan pengembangan potensi-potensi perkembangan pada anak yang di
wujudkan dalam kebiasaan berpikir dan bertindak sesuai dengan usianya yaitu
berupa pengetahuan,keterampilan,sikap dan nilai-nilai yang dapat di kenali
melalui sejumlah hasil belajar dan indicator yang dapat di ukur dan di nikmati.
            Hasil
belajar merupakan cerminan kemampuan anak yang di capai dari suatu tahapan
pengalaman belajar dalam satu kompetensi dasar
            Indicator
merupakan hasil belajar ayanbg lebih spesifik dan terukur dalam satu kompetensi
dasar,apabila serangkaian indicator dalam suatu kompetensi dasar sudah
terpenuhi,berarti target kompetensi dasar tersebut sudah terpenuhi.
3.fungsi dan tujuan kurikulum TK 2004
a)      Fungsi
Fungsi pendidikan taman kanak-kanak
dan raudhatul atfhal adalah
1.      Mengenalkan
peraturan dan menanamkan di siplin pada anak
2.      Mengenalkan
anak dengan dunia sekitar
3.      Menumbuhkan
sikap dan perilaku yang baik
4.      Mengembangkan
kemampuan berkomunikasi dan bersosialisasi
5.      Mengembangkan
keterampilan,kreativitas dan kemampuan yang di miliki anak.
6.      Menyiapkan
anak untuk memasuki pendidikan dasar
b)      Tujuan
Membantu anak didik mengembangkan
berbagai potensi baik psikis maupun fisik yang meliputi moral dan nilai-nilai
agama.sosial emosional,kognitif,bahasa,fisik/motorik,kemandirian,dan seni untuk
siap memasuki pendidikan dasar.
4.standar kompetensi lintas
kurikulum
Kompetensi
lintas kurikulum merupakan kompetensi kecakapan untuk hidup dan belajar
sepanjat hayat,serta kecakapan hidup yang di perlukan anak untuk mencapai
seluruh potensi dalam kehidupan.
            Standar
kompetensi ini meliputi:
a.       Memiliki
keyakinan,menyadari serta menjalankan hak dan kewajibanya saling menghargai dan
member rasa aman,sesuai dengan agama yang di anutnya
b.      Menggunakan
bahasa untuk memahami ,mengembangkan ndan mengkomunikasikan gagasan dan
informasi serta untuk berinteraksi dengan orang lain.
c.       Memilih
memadukan dan menerapkan konsep-konsep dan teknik-teknik,pola,struktur,dan
hubungan.
d.      Memilih,mencari
dan menerapkan teknologi dan informasi yang di perlukan dari berbagai sumber
e.       Memahami
dan menghargai dunia fisik,makhluk hidup dan teknologi serta menggunakan
pengetahuan,keterampilan,dan nilai-nilai untuk mengambil keputusan yang tepat
5.Ruang lingkup
            Ruang
lingkup kurikulum TK dan RA meliputi aspek perkembangan:
1.      Moral
dan nilai-nilai agama
2.      Sosiol,emosional
dan kemandirian
3.      Kemampuan
berbahasa
4.      Kognitif
5.      Fisik/motorik
6.      Seni
6.pendekatan
pembelajaran dan penilaian
a.pendekatan pembelajaran
1.      Pembelajaran
beriorintasi pada prinsip-prinsip perkembangan anak
2.      Beriorintasi
pada kebutuhan anak
3.      Bermain
sambil belajar atau belajar seraya bermain
4.      Menggunakan
pendekatan tematik
5.      Kreatif
dan inovatif
6.      Lingkungan
kondusif
7.      Mengembangkan
kecakapan hidup
b.penilaian
penialian
dapat di lakukan dengan berbagai cara antara lain melalui pengamatan dan
pencatatan anekdot,pengamatan di lakukan untuk mengetahui perkembangan dan sikap
anak yang di lakukan dengan mengamti tingkah laku anak dalam kehidupan
sehari-hari secara terus-menerus sedangkan pencatatan anekdot merupakan
sekumpulan catatan tentang sikap dan perilaku anak dalam siyuasi tetentu.
Berbagai
alat penilaian yang dapat di gunakan untuk memperoleh gambaran perkembangan
kemampuan dan perilaku anak antara lain:
1.      Portofolio
2.      Unjuk
kerja(permonface)
3.      Penugasan(project)
4.      Hasil
karya(product)
KOMPETENSI
DASAR,HASIL BELAJAR DAN INDIKATOR
KELOMPOK A
A.Bidang pengembangan pembiasaan
Moral dan nilai-nilai agama,social,emosional dan
kemandirian.
| 
   
Kompetensi dasar 
 | 
  
   
Hasil belajar 
 | 
  
   
Indikator 
 | 
 
| 
   
Anak
  mampu mengucapkan bacaan doa atau lagu-lagu keagamaan, meniru gerakan
  beribadah dan mengikuti aturan serta dapat mengendalikan emosi.  
 | 
  
   
Dapat
  berdoa dan menyanyikan lagu-lagu keagamaan secara sederhana 
 | 
  
   
Berdoa
  sebelum dan sesudah melaksanakan kegiatan 
 | 
 
| 
   
Menyanyikan
  lagu-lagu keagamaan yang sederhana. 
 | 
 ||
| 
   
Dapat
  mengenal bermacam-macam agama 
 | 
  
   
Menyebutkan
  tempat-tempat ibadah. 
 | 
 |
| 
   
Menyebutkan
  hari-hari besar agama. 
 | 
 ||
| 
   
Mengenal
  ibadah secara sederhana menurut keyankinannya. 
 | 
  
   
Meniru
  pelakasanaan kegiatan ibadah secara sederhana. 
 | 
 |
| 
   
Menyebutkan
  waktu beribdah. 
 | 
 ||
| 
   
Mengenal
  dan menyayangi ciptaan tuhan. 
 | 
  
   
Menyebutkan
  cipta-ciptaan tuhan. Misalnya manusia, hewan, bumi, langit, tananam. 
 | 
 |
| 
   
Memiliki
  sopan santun dan mengucap salam. 
 | 
  
   
Tidak
  mengganggu teman yang sedang melakukan kegiatan atau melaksanakan ibadah. 
 | 
 |
| 
   
Meminta
  tolong dengan baik, mengucapkan salam. 
 | 
 ||
| 
   
Selalu
  bersikap ramah. 
 | 
 ||
| 
   
Berterima
  kasih jika memperoleh sesuatu. 
 | 
 ||
| 
   
Mulai
  tumbuh disiplin diri 
 | 
  
   
Melaksanakan
  tata tertip yang ada disekolah. 
 | 
 |
| 
   
Mengikuti
  aturan permainan. 
 | 
 ||
| 
   
Mulai
  dapat bersikap atau berperilaku hormat menghormati 
 | 
  
   
Mau
  mengalah 
 | 
 |
| 
   
Mendengarkan
  orang tua atau teman berbicara 
 | 
 ||
| 
   
Bersikap
  ramah. 
 | 
  
   
Berbahasa
  sopan dalam berbicara. 
 | 
 |
| 
   
Tidak
  lekas marah atau membentak-bentak. 
 | 
 ||
| 
   
Tumbuhnya
  sikap kerja sama dan persatuan. 
 | 
  
   
Mudah
  bergaul atau berteman. 
 | 
 |
| 
   
Dapat
  atau suka menolong teman. 
 | 
 ||
| 
   
Saling
  membantu sesama teman 
 | 
 ||
| 
   
Mulai
  dapat menunjukkan rasa percaya diri. 
 | 
  
   
Mampu
  mengerjakan tugas sendiri. 
 | 
 |
| 
   | 
  
   
Menunjukkan
  kebanggaan terhadap hasil kerjanya. 
 | 
 |
| 
   
Mulai
  menunjukkan kepedulian. 
 | 
  
   
Menggunakan
  barang orang lain dengan hati-hati. 
 | 
 |
| 
   
Mau
  membagi milikinya, misalnya makanan, mainan dll. 
 | 
 ||
| 
   
Meminjamkan
  milikinya dengan senang hati. 
 | 
 ||
| 
   
Dapat
  menjaga kebersihan diri dan mengurus dirinya sendiri. 
 | 
  
   
Membersihkan
  diri sendiri dengan bantuan misalnya : mengosok gigi, mandi, buang air, dll 
 | 
 |
| 
   
Mengurus
  dirinya sendiri dengan sedikit bantuan misalnya: berpakaian sendiri , makan,
  dll. 
 | 
 
B.Bidang pengembangan kemampuan dasar
Berbahasa
| 
   
Kompetensi dasar 
 | 
  
   
Hasil belajar 
 | 
  
   
Indikator 
 | 
 
| 
   
Anak
  mampu mendengarkan, berkomunikasi secara lisan, memiliki perbendaharan kata
  dan mengenal symbol-simbol yang melambakannya. 
 | 
  
   
Dapat
  mendengarkan dan membedakan bunyi suara, bunyi bahasa dan mengucapkannya. 
 | 
  
   
Menyebutkan
  berbagai bunyi atau suara tertentu. 
 | 
 
| 
   
Menirukan
  kembali 3-4 urutan suara. 
 | 
 ||
| 
   
Menyebutkan
  kata-kata yang mempunyai suku kata awal yang sama. Misalnya : kaki-kali atau
  suku kata akhir yang sama. Misalnya : nama-sama dll. 
 | 
 ||
| 
   
Melakukan
  2-3 perintah secara sederhana.  
 | 
 ||
| 
   
Dapat
  mendengarkan dan memahami kata dan kalimat sederhana.  
 | 
  
   
Mendengarkan
  certia dan menceritakan kembali isi cerita secara sederhana. 
 | 
 |
| 
   
Dapat
  berkomunikasi atau berbicara secara lisan. 
 | 
  
   
Menyebutkan
  nama diri, nama orang tua, jenis kelamin, alamat rumah secara sedrhana. 
 | 
 |
| 
   
Menceritakan
  pengalaman atau kejadian secara sederhana. 
 | 
 ||
| 
   
Menjawab
  pertanyaan tentang keterangan atau informasi secara sederhana. 
 | 
 ||
| 
   
Memperkaya
  kosa kata yang diperlukan untuk berkomunikasi sehari-hari meliputi kata
  benda, kata kerja, kata sifat, kata keterangan waktu.  
 | 
  
   
Bercerita
  menggunakan kata ganti aku, saya.  
 | 
 |
| 
   
Menunjukkan
  gerakan-gerakan misalnya duduk, jongkot, berlari, makan, melompat, menagis,
  senang, dan sedih dll. 
 | 
 ||
| 
   
Menyebutkan
  posisi atau keterangan tempat misalnya : diluar, didalam, diatas, dibawah,
  didepan, dibelakang, dikiri dan dikanan. 
 | 
 ||
| 
   
Menyebutkan
  waktu pagi, siang, malam. 
 | 
 ||
| 
   
Dapat
  mengenal bentuk symbol sederhana. 
 | 
  
   
Membuat
  berbagai macam coretan. 
 | 
 |
| 
   
Membuat
  gambar atau coretan (tulisan) tentang cerita mengenai gambar yang dibuatnya. 
 | 
 
Kognitif
| 
   
Kompetensi dasar 
 | 
  
   
Hasil belajar 
 | 
  
   
Indicator 
 | 
 
| 
   
Anak
  mampu mengenal berbagai benda-benda 
 | 
  
   
Anak dapat mengenali benda di
  sekitarnya menurut,bentuk,jenis dan ukuran 
 | 
  
   
Mengelompokkan
  benda dengan berbagai cara yang di ketahui anak,misalnya menurut
  warna,bentuk,ukuran ,jenis dll 
 | 
 
| 
   
Mengisi
  wadah dengan air,pasir,biji-bijian,beras dll 
 | 
 ||
| 
   
Anak dapat mengenal konsep waktu 
 | 
  
   
Menyatakan
  dan membedakan waktu (pagi,siang dan malam) 
 | 
 |
| 
   
Mengetahui
  nama-nama hari dalam saru minggu,bulan,dan tahun 
 | 
 ||
| 
   
Anak dapat mengenal konsep-konsep
  matematika sederhana 
 | 
  
   
Menyebutkan
  hasil penambahan 2 kumpulan benda dan pengurangan (memisahkan kumpulan
  benda)dengan benda sampai 5 
 | 
 |
| 
   
Memperkirakan
  urutan berikutnya setelah melihat bentuk 2 pola yang berurutan misalnya
  merah,putih,merah.putih 
 | 
 
Fisik motorik
| 
   
Kompetensi dasar 
 | 
  
   
Hasil belajar 
 | 
  
   
Indicator 
 | 
 
| 
   | 
  
   
Dapat menggerakkan jari tangan untuk
  kelenturan otot dan koordinasi 
 | 
  
   
Mengurus
  dirinya sendiri dengan sedikit bantuan,misalnya makan,mandi,menyisir
  rambut,mencuci,dan melap tangan,mengikat tali sepatu 
 | 
 
| 
   
Membuat
  berbagai bentuk dengan menggunakan plastisin,playdough/tanah liat 
 | 
 ||
| 
   
Menjiplak
  dan meniru membuat garis tegak,datar,miring,lengkung,dan lingkaran. 
 | 
 ||
| 
   
Meniru
  melipat kertas sederhana(1-6 lipatan) 
 | 
 ||
| 
   
Menjahit
  jelujur 10 lubang dengan tali sepatu 
 | 
 ||
| 
   
Menggunting
  bebas 
 | 
 ||
| 
   
Merobek
  bebas 
 | 
 ||
| 
   
Dapat
  menggerakan lengannya untuk kelenturan otot dan koordinasi 
 | 
  
   
Menangkap
  dan melempar bola besar dari jarak kira-kira 1-2 meter 
 | 
 |
| 
   
Memantulkan
  bola besar(diam di tempat) 
 | 
 ||
| 
   
Memantulkan
  bola besar sambil berjalan/bergerak 
 | 
 ||
| 
   
Melambungkan
  dan menangkap kantong biji 
 | 
 ||
| 
   
Dapat
  menggerakkan badan dan kaki dalam rangka keseimbangan dsan koordinasi 
 | 
  
   
Berjalan
  maju pada garis lurus,berjalan di atas papan titian,berjalan berjinjit 
 | 
 |
| 
   
Berjalan
  mundur dan ke samping pada garis lurus sejauah 1-2 meter 
 | 
 ||
| 
   
Mwloncat
  dan ketinggian 20-30 cm 
 | 
 ||
| 
   
Memanjat
  dan bergantung 
 | 
 ||
| 
   
Berdiri
  di atas satu kaki selama 10 detik 
 | 
 ||
| 
   
Berlari
  sambil melompat 
 | 
 ||
| 
   
Menendang
  bola dengan terarah 
 | 
 ||
| 
   
Merayap
  dan merangkak lurus ke depan 
 | 
 ||
| 
   
Bermain
  dengan simpai. 
 | 
 
Seni
| 
   
Kompetensi dasar 
 | 
  
   
Hasil belajar 
 | 
  
   
Indicator 
 | 
 
| 
   
Anak
  mampu 
Mengeksepresikan
  diri dengan menggunakan berbagai media/bahan dalam berkaya seni melalui
  kegiatan eksplorasi 
 | 
  
   
Dapat menggambar sederhana 
 | 
  
   
Menggambar
  bebas dengan berbagai media (pensil,warna krayon,arang dll) 
 | 
 
| 
   
Menggambar
  bebas dari bentuk lingkaran dan segiempat 
 | 
 ||
| 
   
Menggambar
  orang dengan lengkap dan sederhana (belum proporsional) 
 | 
 ||
| 
   
Stempel/mencetak
  dengan berbagai media (pelepah pisang,batang papaya,karet busa,dll) 
 | 
 ||
| 
   
Dapat mewarnai sederhana 
 | 
  
   
Mewarnai
  bentuk gambar sederhana  
 | 
 |
| 
   
Mewarnai
  bentuk-bentuk geometri dengan ukuran besar 
 | 
 ||
| 
   
Dapat menciptakan sesuatu dengan
  berbagai media 
 | 
  
   
Meronce
  dengan manik-manik 
 | 
 |
| 
   
Mencipta
  2 bentuk bangunan dan balok 
 | 
 ||
| 
   
Mencipta
  2 bentuk dari kepingan bentuk geometri 
 | 
 ||
| 
   
Mencipta
  bentuk dengan lidi  
 | 
 ||
| 
   
Mengayam
  dengan kertas 
 | 
 ||
| 
   
Membatik
  dengan jumputan  
 | 
 ||
| 
   
Mencocok
  dengan pola bantuan guru 
 | 
 ||
| 
   
Melukis
  denga jari(finger painting) 
 | 
 ||
| 
   
Membuat
  bunyi-bunyian dengan berbagai alat 
 | 
 ||
| 
   
Dapat mengepresikan diri dalam bentuk
  gerak sederhana 
 | 
  
   
Menggerakakan
  kepala,tangan atau kaki sesuai dengan irama music/ritmik 
 | 
 |
| 
   
Mengepresikan
  diri secara bebas sesuai irama music 
 | 
 ||
| 
   
Mengikuti
  gerakan tari sederhana sesuai irama music 
 | 
 ||
| 
   
Dapat menyanyi dan memainkan alat
  music sederhana 
 | 
  
   
Menyanyi
  15 lagu anak-anak 
 | 
 |
| 
   
Bermain
  dengan berbagai alat music perkusi sederhana 
 | 
 ||
| 
   
Dapat menampilkan sajak sederhana 
 | 
  
   
Mengucapkan
  sajak dengan ekspersi 
 | 
 |
| 
   | 
  
   | 
  
   
Mengucapkan
  syair dari berbagai lagu 
 | 
 
| 
   
Dapat
  melakukan gerakan pantomim sederhana 
 | 
 ||
| 
   
Dapat menunjukkan rasa percaya diri 
 | 
  
   
Berani
  bertanya secara sederhana 
 | 
 |
| 
   
Mampu
  mengambil keputusan secara sederhana  
 | 
 ||
| 
   
Terbiasa menunjukkan kepedulian 
 | 
  
   
Senang
  nenolong 
 | 
 |
| 
   
Mau
  memohon dan member maaf 
 | 
 ||
| 
   
Mengajak
  teman untuk bermian/belajar 
 | 
 
Kelompok B
B.Bidang
pengembangan kemampuan  dasar
    Berbahasa
| 
   
Kompotensi dasar 
 | 
  
   
Hasil belajar 
 | 
  
   
indikator 
 | 
 
| 
   
Anak
  mampu mendengarkan berkomunikasi secara lisan memilki perbendarahaan kata dan
  mengenal symbol-simbol yang melambangkanya untuk persiapan membaca dan
  menulis 
 | 
  
   
Dapat
  mendengarkan dan membedakan bunyi suara,bunyi ucapan dan mengucapkan dengan
  lafal yang benar 
 | 
  
   
Membedakan
  dan menirukan kembali bunyi/suara tertentu 
 | 
 
| 
   
Menirukan
  kembali 4-5 urutan kata 
 | 
 ||
| 
   
Membedakan
  kata-kata yang mempunyai suku kata awal yang sama (misalnya:kali-kaki/dan
  suku kata akhir yang sama(misalnya:nama-sama).dll 
 | 
 ||
| 
   
Dapat
  mendengarkan dan memahami kata dan kalimat sederhana serta
  mengkomuni-kasikanya 
 | 
  
   
Melakukan
  3-5 perintah secara berurutan dengan benar 
 | 
 |
| 
   
Mendengarkan
  dan menceritakan kembali cerita secara urut 
 | 
 ||
| 
   
Dapat berkomunikasi/berbicara lancer
  secara lisan dengan lafal yang benar  
 | 
  
   
Menyebutkan
  namadiri,nama orang tua,jeni kelamin,alamat rumah dengan lengkap 
Menceritakan
  pengalaman/kejadian secara sederhana dengan urut 
 | 
 |
| 
   
Memilki
  perbendaharaan kata yang di perlukan untuk berkomunikasi sehari-hari 
 | 
  
   
Bercerita
  menggunakan kata ganti,aku,saya kamu,dia,mereka, 
 | 
 |
| 
   
Menunjuk
  dan menyebutkan gerakan-gerakan misalnya,duduk,jongkok,berlari,makan dll 
 | 
 ||
| 
   
Mengelompokkan
  kata-kata yang sejenis 
 | 
 ||
| 
   
Mengurutkan
  dan menceritakan isi gambar seri (4-5 gambar) 
 | 
 ||
| 
   
Memahami
  bahwa ada hubungan antara bahasa lisan dengan tulisan (pra membaca) 
 | 
  
   
Membaca
  buku cerita bergambar yang memiliki sederhana dan menceritakan isi buku
  dengan menunjuk beberapa kata yang di kenalnya 
 | 
 |
| 
   
Menghubungkan
  dan menyebutkan tulisan sederhana dengan symbol yang melambangkanya 
 | 
 
Kognitif
| 
   
Kompetensi dasar 
 | 
  
   
Hasil belajar 
 | 
  
   
Indicator 
 | 
 
| 
   
Anak
  mampu memahami konsep sederhana,memecahkan masalah sederhana dalam kehidupan
  sehari-hari 
 | 
  
   
Anak dapat memahami benda di
  sekitarnya menurut benda,jenis dan ukuran 
 | 
  
   
Mengelompokkan
  benda dengan berbagai cara menurut ciri-ciri tertentu misalnya,menurut
  warna,bentuk,ukuran,jenis dll 
 | 
 
| 
   
Anak dapat memahami konsep-konsep
  sains sederhana 
 | 
  
   
Menunjuk
  dan mencari sebanyak-banyaknya benda hewan,tanaman,yang mempunyai
  warna,bentuk,ukuran,atau menurut cirri-ciri tertentu 
 | 
 |
| 
   
Mengenal
  perbedaan  kasar halus,berat ringan
  panjang,pendek.jauh dekat 
 | 
 ||
| 
   
Membedakan
  macam-macam suara 
 | 
 ||
| 
   
Mengungkapkan
  sebab akibat misalnya,mengapa sakit gigi,mengapa kitta lapar?dll 
 | 
 ||
| 
   
Anak dapat memahami bilangan 
 | 
  
   
Mengungkapkan
  asal mula terjadinya sesuatu 
 | 
 |
| 
   
Membilang/menyebut
  urutan bilangan dari 1 sampai 20 
 | 
 ||
| 
   
Membilang
  (mengenal konsep bilangana dengan benda-benda )sampai 10 
 | 
 ||
| 
   
Menghubungkan
  dan membuat lambing bilangan dengan benda-benda samapai 10 (anak tidak di
  suruh menulis) 
 | 
 ||
| 
   
Anak dapat memahami bentuk geometri 
 | 
  
   
Membuat
  bentuk-bentuk geometrimengelompokkan benda-benda sebenaarnya yang berbentuk
  geometri(lingkaran,segitiga,segiempat) 
 | 
 |
| 
   
Anak dapat memecahkan masalah
  sederhana 
 | 
  
   
Mernyusun
  kepingan puzzel menjadi bentuk utuh(lebih dari 8 kepingan) 
 | 
 |
| 
   
Anak dapat memahami ukuran 
 | 
  
   
Mengerjakan
  maze(mencari jejak) yang lebih kompleks (3-4 jalan) 
 | 
 |
| 
   
Mengukur
  panjang dengan langkah,jengkal,lidi,ranting,penggaris,meteran  
 | 
 ||
| 
   
Membedakan
  berat benda dengan timbangan (buatan atau sebenarnya) 
 | 
 ||
| 
   
Anak dapat memahami konsep waktu 
 | 
  
   
Mengetahui
  jumlah hari dalam satu minggu satu bulan,dan mengetahui jumlah bulan dalam
  satu tahun 
 | 
 |
| 
   
Menceritakan
  kegiatan sehari-hari dengan waktunya misalnya:waktu tidur,waktu makan,waktu
  sekolah dll 
 | 
 ||
| 
   
Menggunakan
  konsep waktu(hari ini,nanti,sekarang,kemarin,besok dll) 
 | 
 
Fisik/motorik
| 
   
Kompetensi dasar 
 | 
  
   
Hasil belajar 
 | 
  
   
indikator 
 | 
 
| 
   
Anak
  mampu melakukan aktivitas fisik secara teroordiasi dalam rangka kelenturan
  dan persiapan untuk menulis,keseimbangan,kelincahan,dan melatih keberanian 
 | 
  
   
Dengan menggerakkan jari tangan untuk
  kelenturan kekuatan otot dan koordinasi 
 | 
  
   
Mengurus
  dirinya sendiri tampa bantuan misalnya mnakan,mandi,menyisir
  rambut,memasang  kancing,mencuci dan
  melap tangan,mengikat tali sepatu 
 | 
 
| 
   
Membuat
  berbagai bentuk dengan menggunakan plstisian,playdough/tanah liat.pasir 
 | 
 ||
| 
   
Meniru
  berbagai garis tegak,datar,miring,lengkung,dan lingkaran 
 | 
 ||
| 
   
Meniru
  melipat kertas sederhana(7 lipatan) 
 | 
 ||
| 
   
Menjahit
  bervariasi (jelujur dan silang)15 lubang dengan tali raffia,dan benang wol 
 | 
 ||
| 
   
Mencocok
  bentuk 
 | 
 ||
| 
   
Menyusun
  menara kubus minimal 12 kubus membuat lingkaran dan bujur sangkar dengan rapi 
 | 
 ||
| 
   
Dapat menggerakkan lenganya untuk
  kelenturan kekuatan otot dan koordinasi 
 | 
  
   
Memantulkan
  bola besar,bola sedang dan bola kecil (diam di tempat 
 | 
 |
| 
   
Melambungkan
  dan menangkap kantong biji sambil berjalan/bergerak 
 | 
 ||
| 
   
Dapat menggerakkan badan dan kaki
  dalam rangka keseimbangan,kekuatan,koordinasi,dan melatih keberanian. 
 | 
  
   
Menangkap,melempar
  bola besar,bola sedang dan bola kecil(tennis)denagn memutar badan mengayunkan
  lengan dan melangkah 
 | 
 |
| 
   
Berjalan
  maju pada garis lururs,berjalan dia tas papan titian,berjkalan dengan
  berjinjit,berjalan dengan tumit sambil membawa beban 
 | 
 ||
| 
   
Bejalan
  mundur berjalan ke samping pada garis lurus sejauh 2-3 meter sambil membawa
  beban 
 | 
 ||
| 
   
Meloncat
  dari ketinggian 30-50 cm 
 | 
 ||
| 
   | 
 ||
| 
   
Berlari
  sambil melompat dengan seimbang tampa jatuh 
 | 
 ||
| 
   
Menendang
  bola ke depan dan ke belakang 
 | 
 ||
| 
   
Merayap
  dan merangkap dengan berbagai variasi 
 | 
 ||
| 
   
Bermain
  dengan simpai(di gelingdingkan sambil berjalan dan berlari) 
 | 
 ||
| 
   
Naik
  otopet,sepeda roda dua 
 | 
 
Seni
| 
   
Kompetensi dasar 
 | 
  
   
Hasil belajar 
 | 
  
   
Indicator 
 | 
 
| 
   
Anak
  mampu mengepresasikan diri berkreasi denagna berbagai alas an imajinasi
  dengan menggunakan berbagai media/bahan untuk menjadi suatu karya 
 | 
  
   
Dapat menggambar sederhana 
 | 
  
   
Menggambar
  bebads dengan berbagai media(kapur tulis,pensil warna,krayon,arang dan
  bahan-bahan alam)dengan rapi 
 | 
 
| 
   
Menggambar
  bebas dari bentuk dasar titik,lingkaran,segitiga dan segiempat 
 | 
 ||
| 
   
Menggambar
  orang dengan lengkap dan proporsional 
 | 
 ||
| 
   
Mencetak
  dengan berbagai media (jari/finger paiting.kuas pelepah pisang,daun,bulu
  ayam)dengan lebih rapi 
 | 
 ||
| 
   
Dapat mewarnai sederhana 
 | 
  
   
Mewarnai
  bentuk gambar sederhan dengan rapi 
 | 
 |
| 
   
Dapat menciptakan sesuatu dengan
  berbagai media 
 | 
  
   
Mewarnai
  benda tiga dimensi dengan berbgai media 
 | 
 |
| 
   
Meronce
  dengan manic-manik sesuai pola (2 pola) 
 | 
 ||
| 
   
Dapat mengepresikan diri dalam bnetuk
  gerak sederhana 
 | 
  
   
Meronce
  dengan berbagai media,misalnya bagian tanaman,bahan bekas karton kain perca
  dll 
 | 
 |
| 
   
Menciptakan
  3 bentuk bangunan dan balok 
 | 
 ||
| 
   
Menciptakan
  3 bentuk dari kepingan geometri  
 | 
 ||
| 
   
Menciptakan
  bentuk dengan lidi 
 | 
 ||
| 
   
Mengayam
  dengan berbagai media misalnya kain perca,daun sedotan,kertas dll 
 | 
 ||
| 
   
Membuat
  mainan dengan teknik menggunting,melipat dan menempel 
 | 
 ||
| 
   
Mengepresikan
  berbagai gerakan kepala tangan attau kaki sesuai dengan irama music/ritmik
  dengan lentur 
 | 
 ||
| 
   
Dapat menyanyi dan  
 | 
  
   
Bergrerak
  bebas dengan irama music 
 | 
 |
| 
   
Menari
  menurut music yang di dengar 
 | 
 ||
| 
   
Mengepresikan
  diri dalam gerak bervariasi dengan lentur dan lincah 
 | 
 ||
| 
   
Menyanyi
  lebih dari 20 lagu anak-anak 
 | 
 ||
| 
   | 
  
   
Menyanyi
  lagu anak  sambil bermain musik 
 | 
 |
| 
   
Dapat menampilkan sajak sedrhana
  dengan gaya 
 | 
  
   
Mengucapkan
  sajak dengan eksperesi yang bervariasi misalnya petribahan intonasi.perubahan
  gerak dan penghayatan 
 | 
 |
| 
   
Dapat mengepresikan gerakan
  berdasarkan cerita dan lagu 
 | 
  
   
Membuat
  sajak sederhana 
 | 
 |
| 
   
Mengepresikan
  gerakan sesuai dengan syair lagu tatu cerita 
 | 
 ||
| 
   
Dapat melakuakan gerakan pantomim 
 | 
  
   
Mengucapkan
  syair lagu sambil diiringi senandung lagunya 
 | 
 |
| 
   
Mengkomunikasikan
  gagasan melalui gerak tubuh 
 | 
 ||
| 
   
Menceritakan
  gerak pantomime ke dalam bahasa lisan. 
 | 
 
Tidak ada komentar:
Posting Komentar