Rabu, 19 Agustus 2020

Tes Formatif Modul 3 KB 3 Pedagogi 3 Pembelajaran Inovatif

 Tes formatif KB 3 

1). Pembelajaran yang melibatkan penggunaan alat dan teknologi digital secara inovatif selama proses belajar mengajar sering juga disebut sebagai ....

a.  distance education

b.  open learning

c.  Pembelajaran Digital 

d.  mobile learning

 

2).  Salah satu fungsi  yang tercipta melalui jaringan (networking) yang tidak hanya mencakup fasilitas yang sangat dan sering dibutuhkan, seperti printer atau modem, namun juga berkaitan dengan data atau program aplikasi tertentu, adalah .....

a. fungsi caring

b. fungsi sharing 

c. fungsi managing

d. fungsi organising

 

3). Salah satu prinsip penerapan Pembelajaran Digital yang mendasarkan pada  kemampuan peserta didik, pengetahuan sebelumnya (prior knowledge), dan kenyamanan belajar peserta didik, yakni .....

a.  prinsip aksesibilitas

b.  prinsip penilaian

c.  prinsip partisipasi

d.  prinsip personalisasi 

 

4).  Di dalam prinsip penerapan Pembelajaran Digital, yakni prinsip penilaian, bagian penting dari penerapan prinsip tersebut dalam Pembelajaran Digital agar terjadi proses evaluasi yang mendalam dan komprehensif adalah ….

a.  aksesibilitas

b.  reward dan punishment

c.  pemantauan dan umpan balik berkelanjutan 

d.  perangkat keras dan perangkat lunak

 

5). Salah satu keuntungan terbesar dari platform Pembelajaran Digital adalah memungkinkan peserta didik untuk bersosialisasi, berkolaborasi, dan berinteraksi dengan sesama peserta didik di web yang disebut juga dengan istilah ….

a.  social engagement 

b.  analisis progres

c.  mix approach

d.  media sosial

 

6). Di dalam pemanfaatan Pembelajaran Digital dimana peserta didik dapat mengakses berbagai referensi, baik yang berupa hasil penelitian, maupun artikel hasil kajian dalam berbagai bidang, disebut dengan ….

a.  potensi pembelajaran

b.  potensi pendidikan 

c.  potensi akses informasi 

d.  potensi alat komunikasi

 

7). Salah satu ragam Pembelajaran Digital yang disampaikan (atau didukung) oleh teknologi mobile dalam proses pembelajaran maupun terintegrasi dalam aktivitas pembelajarannya, disbeut juga dengan …. 

a.  pembelajaran berbasis Cloud Computing 

b.  pembelajaran berbasis permainan

c.  media sosial

d.  mobile learning 

 

8). Game-Based Learning (GBL) berfokus pada permainan yang tujuannya bukan untuk menghibur melainkan untuk tujuan pembelajaran dengan terlebih dahulu mengidentifikasi konteks dan kondisi yang mendukung integrasi dari permainan digital dengan ….

a.  lingkungan belajar formal dan informal 

b.  peserta didik lain secara virtual

c.  ketersediaan aplikasi yang dimiliki oleh peserta didik

d.  perangkat keras dan perangkat lunak

 

9). Cloud Computing merupakan konsep dimana komputasi merupakan sebuah model yang memungkinkan terjadinya penggunaan berbagai macam sumber daya, yakni jaringan, server, media penyimpanan, aplikasi, dan service secara ….

a.  terpisah

b.  terhubung

c.  bersama-sama 

d.  langsung 

 

10). Layanan pemyimpanan berkas, dokumen, presentasi, form dan spreadsheet pada layanan software as a service, dimana pengguna tinggal menggunakan aplikasi atau perangkat lunak yang sudah disediakan, disebut juga dengan ….

a.  Microsoft 

b.  Adobe Suite

c.  Adobe Creative Cloud 

d.  Google Drive

Tidak ada komentar:

Posting Komentar