Rabu, 19 Agustus 2020

Tes Formatif Modul 3 KB 4 Pedagogi 3 Pembelajaran Inovatif


Tes formatif KB 4

1). Model pembelajaran blended learning merupakan kombinasi antara pembelajaran online dengan pembelajaran konvensional (tatap muka). Definisi ini dikemukakan oleh …

a.  Stolovich & Keeps

b.  Maasaki Imai

c.  Stake & Horn 

d.  Clark & Mayer

 

2). Model pembelajaran blended learning dapat membantu guru dalam mengatasi permasalahan dalam pembelajaran diantaranya yaitu terkait dengan …

a.  kedisiplinan

b.  sumber belajar

c.  strategi pembelajaran

d.  tempat 

 

3). Pembelajaran yang menggunakan model ‘blended learning’ dapat meningkatkan akses dan fleksibilitas peserta didik dalam memperoleh pengalaman belajar melalui …

a. memberi kebebasan kepada peserta didik untuk membuat jadwal belajar

b. memperluas jangkauan sumber belajar tidak terbatas pada ruang kelas 

c.  memfasilitasi peserta didik untuk dapat berdiskusi secara online

d. kegiatan belajar yang dapat didesain menjadi lebih menarik dan interaktif.

 

4). Berikut yang merupakan salah satu karakteristik dari model blended learning adalah ....

a. adanya gabungan berbagai strategi dan gaya pembelajaran 

b. guru memiliki peran yang dominan selama kegiatan pembelajaran

c. siswa wajib menggunakan komputer selama kegiatan pembelajaran 

d. seluruh kegiatan diskusi dilaksanakan melalui sistem online

 

5). Berikut yang merupakan model kelas dalam blended learning yang termasuk dalam kategori model rotasi (rotation model) yaitu …

a.  model kelas flipped (flipped classroom) 

b.  model kelas self-blend  

c.  model kelas flex

d.  model kelas enriched-virtual

 

6). Model kelas yang sering digunakan dalam pembelajaran blended learning pada sekolah yang peserta didiknya tidak banyak mempunyai perangkat seperti tablet dan laptop adalah …

a. model self-blend

b. model kelas station rotation  

c.  model kelas flex

d.  model kelas flipped (flipped classroom)

 

7).  Karakteristik dari model kelas flipped (flipped classroom) yaitu …

a. siswa dapat mengambil kegiatan pembelajaran online sebagai tambahan dari kegiatan pembelajaran tatap muka yang telah dilakukan.

b.  siswa mendapatkan jadwal yang telah disesuaikan dengan masingmasing individual untuk dapat belajar secara mandiri.

c.  siswa dapat berdiskusi langsung dengan guru secara online ketika menemui permasalahan dalam pembelajaran

d. siswa mendapatkan mendapatkan pengajaran secara langsung melalui sistem secara online sebelum kelas dimulai.  

 

8). Pembelajaran yang menggunakan model blended learning dapat memungkinkan guru untuk mengarahkan pembelajaran fokus sesuai dengan kebutuhan belajar peserta didik secara individual. Hal ini dikarenakan …

a. model blended learning mengoptimalkan penggunaan teknologi dalam kegiatan pembelajaran

b. model blended learning mempunyai banyak ragam variasi model kelas yang dapat dipilih untuk menerapkan kegiatan pembelajaran

c. model blended learning memungkinkan guru untuk mengetahui kebutuhan belajar peserta didik melalui aktifitas pembelajaran online. 

d. model blended learning memiliki sesi pembelajaran online yang dapat memfasilitasi peserta didik untuk dapat belajar kapanpun dan dimanapun.

 

9).  Komponen penting yang harus diperhatikan dalam merancang dan mengembangkan aktifitas pembelajaran dengan model blended learning, diantaranya adalah …

a.  materi pembelajaran

b.  standar capaian 

c.  karakteristik siswa

d.  interaksi antar siswa

 

10). Guru dapat mengevaluasi kegiatan pembelajaran blended learning yang telah dilakukan salah satunya melalui …

a.  hasil belajar siswa selama sesi pembelajaran 

b.  ketersediaan media berbasis teknologi

c.  presentase kehadiran siswa dalam sesi pembelajaran

d. pendampingan orangtua dalam sesi pembelajaran online

Tidak ada komentar:

Posting Komentar