Setelah anda mempelajari berbagai trik sulap, sangat baik bagi
anda untuk mengenali syarat-syarat yang harus anda miliki untuk menjadi
pesulap yang hebat.
Berikut beberapa diantaranya:
1.Percaya diri
Penonton atau siapapun mereka yang akan menyaksikan
pertunjukan kamu pastilah ingin mengetahui trik yang anda mainkan. Jika
anda menyimpan saja sedikit keraguan atau ketidakyakinan dalam diri
anda mengenai pertunjukan sulap yang akan anda mainkan, mereka dengan
segera akan menemukannya di wajah anda.
Keraguan akan melahirkan kegugupan sedang kegugupa
akan mengakibatkan buruknya performa anda.utuk menghasilkan pertunjukan
yang menarik, anda harus mengusir jauh-jauh perasaan ragu dalam diri
anda.
Jika kebetulan anda seorang pemalu atau
rendah diri, ada banyak cara yang dapat anda gunakan untuk mendongkrak
rasa percaya diri anda. Setiap orang memiliki trik yang berbeda untuk
memperoleh kepercayaan diri. Namun umumnya, dalam kasus sulap, anda
dapat memperoleh kepercayaan diri melalui latihan yang terus-menerus
sehingga anda merasa ahli untuk mempertunjukan trik sulap anda kepada
teman anda. Akan lebih baik bila anda berlatih di depan cermin. Dengan
demikian anda dapat dengan segera mengoreksi kesalahan-kesalahan atau
kekakuan dalam penyajian sulap anda. Ingat, mata penonton sebenarnya tak
berbeda dengan mata anda.
2.Tekun Berlatih
Sulap adalah masalah ketrampilan dan kecepatan
tangan (atau juga anggota tubuh lainnya). Oleh karena itu, anda tentunya
menyadari bahwa tak ada ketrampilan yang diperoleh hanya dalam satu
atau dua kali latihan. Dibutuhkan latihan dalam jumlah yang banyak untuk
benar-benar menguasai secara sempurna suatu trik sulap.
Selain itu, ada keuntungan tambahan yang anda
peroleh dari ketekunan berlaih. Anda mungkin saja memperoleh ide-ide
baru untuk mengembangkan permainan sulap anda menjadi lebih baik lagi.
Lebih cepat dan lebih menarik!
3.Selalu memiliki persiapan
yang matang
Anda mungkin tidak tahu, berapa lama waktu yang
dibutuhkan seorang pesulap untuk mempersiapkan diri melakukan 1 trik
sederhana. Bagaimana dengan trik yang lebih spektakuler, seperti
menghilangkan pesawat?
Oleh karena itu selalu
persiapkan dulu trik anda secara matang sebelum dipertontonkan kepada
teman anda atau siapapun.
4.Pandai Berkomunikasi
Kemampuan komunikasi yang dimaksud bukan hanya
kemampuan komunikasi verbal namun juga mencangkup kemampuan
mengkomunikasikan pertunjukan yang sedang anda mainkan. Tak jarang,
seorang pesulap gagal memikat penonton karena pertunjukan yang
dilakukannya tidak dimengerti oleh penonton.
Maka dari itu anda harus pandai-pandai
mengkomunikasikan pertunjukan yang akan anda pertontonkankepada teman
ada atau siapapun.
5.Pandai berimprovasi
Improvasi yang dimaksud disini adalah kemampuan
untuk bertindak diluar skenario yang telah disiapkan. Pada awalnya, hal
ini akan terasa sukar bagi pesulap pemula. Namun seiring dengan
berjalannya waktu, anda pun akan terbiasa untuk erimprovasi. Hal yang
penting untuk diingat, selalu perhatikan setiap detail keadaan dimana
anda akan mempertontonkan kemampuan sulap anda. Dari situ biasanya akan
diperoleh ide-ide baru yang dapat dengan segera digunakan untuk
berimprovasi. Tujuannya jelas, untuk memikat penonton.
6.Memiliki ciri atau karakter
khusus
Ciri atau karakter yang dimaksud tidak hanya
berkaitan dengan cara berdandan atau berpakaian, tapi juga berkaitan
dengan jenis trik atau cara menampilkan ketrampilan sulapnya yang
berbeda dengan pesulap-pesulap lainnya.
7.Memiliki 1000 Trik
Seorang pesulap ang hebat haruslah mempunyai 1000
trik. Maksudnya, ia selalu punya trik-trik sulap yang berbeda.
Jika
suatu saat kemampuan sulap anda semakin meningkat dan anda dikontrak
untuk tampil dirumah makan, kafe, atau tempat-tempat lain secara
reguler, maka anda akan menghadapi satu kendala besar yaitu KEBOSANAN!
Bila anda bermain sulap lebih dari satu kali di
satu tempat atau satu acara,ada kemungkinan peonnton akan menemukan
tontonan trik yang sama. Kesan monoton dan membosankan adalah perasaan
yang muncul dalam diri penonton jika ternyata anda hanya mempertontonkan
sulap yang itu-itu saja.
Oleh karena itu,
jangan terlalu sering memainkan sulap yang sama, karena itu akan membuat
penonton anda bosan.
8.Memainkan sulap di setiap
kesempatan
Jika koleksi trik sulap anda memang banyak dan
anda telah cukup ahli untuk memainkan sulap dimana saja, maka jangan
bersikap “pelit” mempertontonkan kemahiran anda bermain sulap.
Mainkan sulap di setiap kesempatan. Semakin banyak
orang yang tahu kepandaian anda bermain sulap, akan semakin baik bagi
karir anda sebagai seorang pesulap. Siapa tahu diantara sekian banyak
orang itu ada yang bermanfaat mendatangkan kemasyhuran bagi anda.
9.Pandai Mengemas pertunjukan
Salah satu syarat menjadi pesulap yang hebat adalah
mampu mengemas pertunjukan biasa menjadi pertunjukan yang menarik bagi
penonton. Biasanya untuk pengemasan acara sulap ini kembali pada
karakter dan permainan yang dimainkan oleh masing-masing pesulap. Ada
yang mengemasnya dengan aura mistik serta misteri, ada yang
menggabungkannya dengan akrobat, ada pula yang mengemasnya dengan
komedi, seperti uya kuya, haha..
Sekarang
tinggal bagaimana keingina anda untuk mengarahkan suasana panggung.
sobat tahu david copperfield?
kalo dedy corbuzer?limbad?
yup benar sobat,itu adalah nama -nama
pesulap.Pesulap adalah seniman/entertainer yang mengunakan trik terlihat
layaknya mengunakan sihir.Kalo pesulap tersebut dianggap bersekutu sama
jin atau memang dianggap memiliki kekuatan gaib,maka pesulap tersebut
telah berhasil menipu permisa..
oh ya,berikut saya akan menyebutkan
beberapa pesulap terkenal di eranya..
Jean Eugene Robert-Houdin (1805-1871)
Robert-Houdin
lahir dan tinggal di Prancis dan menciptakan sebuah aliran magic baru
yang disebut "salon-magic".
Magic magic yang dibuatnya adalah penggabungan antara ilusi dan aneka
alat berat yang modern untuk melakukan sebuah sulap trik, ditambah lagi
dengan sebuah tekik kecepatan tangan yang mengagumkan. Ia masuk
dalam jajaran pesulap revolusioner,disebabkan karena robert houdin
pertama kali memperkenalkan pakaian "jas yang formal" di atas stage.
Sebelumnya, magician selalu identik denganpakaian ditammbah dengan
pakaian(jubah) yang panjang dan memiliki ciri khas yang biasa disebut "Merlin" plus sebuah box Equipment
yang gede dan super berat berat. Salah satu show-nya yang paling
spektakuler adalah saat robert houdin melakukan trik "bullet catch"/
menangkap peluru di negara Algeria, untuk membuktikan bahwa sulap Eropa
jauh lebih hebat dari pada magic primitif di pedalaman Afrika.
Harry Houdini (1874-1926)
Lahir
dan dibesarkan di Eirich-Weiss, Houdini lebih dikenal sebagai seorang
pesulap beraliran Escapologist yang sangat hebat. Escapologist adalah
aliran sulap dengan kemampuan untuk meloloskan diri dari berbagai
situasi yang berbahaya. Salah satu trik Houdini yang paling terkenal
adalah "Water Chamber", yang juga pernah dimainkan oleh Rizuki di final
the Master season 3. Selain memainkan aneka show trik escapologist yang
sangat gemilang ,brilian dan menegangkan, Houdini juga pernah tampil di
berbagai film dorama dan humor komedi. Houdini merupakan pionir yang
mampu membawa dunia sulap ke dunia entertain.
Doug Henning (1947-2001)
Doug
Henning adalah pesulap asal Kanada yang pertama kali menggunakan sebuah
kostum T-Shirt dan celana Jean saat show panggung, meninggalkan kostum
biasa yang biasa dipakai magician di periode sebelumnya. Ia dikenal
karena kemampuannya show untuk memadukan sulap dan seni(art). Di atas
panggung, Henning tak hanya mempertontonkan sulap,tapi juga seni tari,
seni musik dan humor. Henning wafat tahun 2001 karena penyakit kanker. David Copperfield
Copperfield
muda mulai tampil di atas panggung pada pertengahan tahun 1970-an, dan
dikenal sebagai magician yang flamboyan cool dan ganteng. Saat magician
lain masih melakukan trik menghilangkan asisten di atas panggung,
Copperfield menghilangkan berbagai objek yang luar biasa besar(wow).
Salah satu yang paling terkenal adalah pertunjukannya pada saat
menghilangkan Patung sebuah Liberty pada tahun 1976. Selain itu, ia juga
melakukan show menghilangkan sebuah pesawat Jet Orient,show terbang di
Grand Canyon, dan show berjalan menembus tembok Cina. Saking hebatnya,
banyak orang yang menganggap david Copperfield melakukan kontrak
kerjasama dengan jin/ setan, padahal yang ia lakukan adalah memanfaatkan
teknologi modern sebisa mungkin.
Valentino (Val Valentino) pernah
nonton great magic secret finally revald? yup pernah dunk ini dia
valentino the master of magic reveld Dikenal juga sebagai "magician
bertopeng/ masked magician". Valentino adalah seorang pesulap yang
membongkar trik-trik luar biasa pesulap lain dalam sebuah acara televisi
di Fox TV. katanya konon, Valentino saat ini masih menyembunyikan
identitas aslinya, untuk menghindari para magician yang marah dan
kecewa. Namun, semua hal yang dilakukan Valentino di stasiun televisi
dipercaya sangat mampu meningkatkan apresiasi dan ketertarikan
masyarakat awam pada dunia sulap. Valentino selalu mengatakan, bahwa ia
membuka trik sulap untuk "mendorong" pesulap lain menciptakaan trik
sulap baru yang benar-benar "fresh" dan berkualitas, demi kemajuan dunia
sulap.
David Blaine
David
Blaine the street magician dianggap sebagai salah seorang pesulap yang
pertama kali menyesuaikan diri dengan selera masa kini di era
globalisasi. Ia tampil dengan gaya yang amat sangat santai dan membawa
magic dari atas panggung ,turun ke jalan,dengan melakukan street magic.
Show yang ia bawakan tidak hanya terfokus pada sang magician semata,
namun lebih kepada reaksi para penonton saat menyaksikan sebuah magic
show berlangsung. Banyak orang yang mengatakan, "Blaine makes magic
become 'cool' again".
Sebagai
seorang pendidik kita harus mengembangkan diri untuk menjadi pendidik yang
lebih baik lagi dari sebelumnya. Dan dalam mengembangkan diri sebagai pendidik kita
seharusnya mengenal diri kita dengan cara kita harus sadar sebagai mahluk
tuhan, jika kita sadar sebagai mahluk tuhan, kita juga akan sadar untuk
mengajarkan agama kepada anak didik kita dan peran pendidik disini yaitu kita
harus mengajarkan anak didik kita untuk mengenal, mencintai dan selalu
mengingat Allah SWT dengan cara, kita mengajarkan dan membiasakan anak berdoa
sebelum dan sesudah belajar, juga mengajarkan doa-doa lain seperti doa
bepergian, doa makan & sesudah makan, doa sebelum tidur, dll. Dan semua itu
dilakukan secara bertahap agar anak tidak merasa tertekan juga tidak merasa
bosan. Selain itu untuk mengenal diri, kita harus sadar dengan keberadaan kita karena
keberadaan kita di sekitar anak membuat anak senang dan anak akan giat untuk
belajar. Dan kita harus sadar dengan potensi diri kita karena jika kita
mengenal potensi diri kita maka kita bisa melakukan semuanya dengan baik, dan
jika kita melakukan semuanya dengan baik maka kita akan merasa hebat karena
telah menjadi pendidik yang, potensi itu seperti bakat bernyanyi, menari,
mendongeng, bercerita dll.
Untuk
mengembangkan diri kita harus memiliki kecakapan berpikir, yaitu dengan mencari
informasi cara untuk mengembangkan diri menjadi
seorang pendidik yang baik, semua informasi ini bisa kita dapatkan melalui
observasi, wawancara atau dokumentasi. Dalam pengembangan diri sebagai pendidik
kita juga harus memiliki kemampuan bersosialisasi dimana kemampuan
bersosialisasi itu mulai dari kemampuan bersosialisasi secara lisan maupun tulisan.
Dalam bersosialisasi juga di butuhkan kerjasama, seperti bekerjasama dengan
saling membantu untuk meningkatkan kualitas diri pendidik dengan saling
memberikan nasihat atau saran terhadap cara mengajarnya jika ada yang perlu
untuk di perbaiki.
oPengembangan profesi
Sebagai
seorang pendidik kita harus mengembangkan profesi kita. Untuk mengembangkan
profesi kita seharusnya memiliki kemampuan vokasional, dimana vokasional itu
merupakan keahlian khusus dalam bidang kita seperti keahlian mengajar yang efektif
bagi anak didik, mampu memberikan dorongan positif kepada anak, mampu
menyesuaikan diri dengan keadaan anak yang berubah-ubah serta mampu bersikap
sebagai pendidik yang baik.
Selain
itu untuk mengembangkan profesi dibutuhkan kecakapan berpikir, yaitu dengan
cara mencari informasi yang berhubungan dengan pengembangan profesi pendidik
anak usia dini. Selain itu untuk mengembangkan profesi sangat di butuhkan
kemampuan berkomunikasi secara lisan dan tulisan. Kemampuan bersosialisasi juga
di butuhkan kerjasama yang baik. Seperti saling bekerjasama dalam memberikan
informasi dan memotivasi untuk mengikuti seminar-seminar serta workshop untuk
mengembangkan profesi.
oPengembangan lingkungan pekerjaan
Sebagai
pendidik pengembangan lingkungan pekerjaan sangat penting untuk meningkatkan
kinerja pendidik, jika kita dapat beradaptasi dengan lingkungan pekerjaan dan
dengan situasi serta kondisi yang berbeda maka dengan mudah kita dapat
melakukan pengembangan lingkungan pekerjaan, ada beberapa hal yang perlu
dimiliki dalam pengembagan lingkungan pekerjaan yaitu memiliki kemampuan berkomunikasi
secara lisan dan tulisan dengan sopan menurut norma, etika dan budaya. Selain
itu juga dibutuhkan kemampuan bekerjasama seperti mengadakan suatu
kegiatan-kegiatan kebersamaan yang menyenangkan serta mengikut sertakan semua
pendidik dan anak didik seperti mengadakan lomba ataupun karyawisata agar kita tidak
merasa jenuh dan bosan dengan aktivitas-aktivitas yang sama tiap harinya.
Selain
itu dalam pengembangan lingkungan pekerjaan juga harus memiliki vokasional atau
keahlian khusus dalam bidang pendidikan, keahlian ini nantinya akan membantu
kita dalam lingkungan pekerjaan seperti kemampuan dalam memberikan motivasi,
kemampuan dalam menciptakan suasana pembelajaran serta kemampuan dalam
bersosialisasi yang baik.
TENAGA NON PENDIDIK (
PSIKOLOG ANAK )
oPengembangan diri
Untuk
mengembangkan diri sebagai psikolog anak kita harus mengenal diri dengan sadar
sebagai mahluk tuhan agar kita mampu memberikan konsultasi yang tepat dan
efektif menurut ajaran agama dengan baik, kita juga harus sadar dengan
keberadaan kita untuk membantu memberikan konsultasi atau arahan kepada orang
tua cara yang tepat untuk mendidik anak dan kita juga harus sadar dengan
potensi kita seperti mampu memberikan solusi terhadap permasalahan anak serta
mampu membaca setiap karakteristik anak yang berbeda dan berubah-ubah serta
kemampuan memberikan motivasi.
Selain
itu untuk mengembangkan diri dibutuhkan kecakapan berpikir dengan mencari
informasi tentang cara mengembangkan diri bagi seorang psikolog anak dan kita
juga harus memiliki kemampuan bersosialisasi dengan baik mau itu secara lisan
maupun tulisan seperi berbicara sopan dan ramah kepada semua orang, kita juga
harus bekerjasama dengan baik seperti bekerjasama untuk memberikan konsultasi
serta penanganan yang tepat permasalahan anak agar agar anak dapat tumbuh dan
berkembang dengan baik.
Psikolog
anak juga harus memiliki kemampuan akademik dimana konsultan/psikolog itu
mengerti tentang perkembangan anak sehingga dapat memberikan solusi mengenai
perkembangan dan pertumbuhan anak dengan efektif.
oPengembangan profesi
Untuk
mengembangkan profesi seorang psikolog maka kita harus memiliki kemampuan
vokasional yaitu keahlian dalam bidang
psikolog seperti mampu menyelesaikan pekerjaan dengan baik serta mampu mebaca
sikap anak untuk mengetahui karakteristiknya sehingga dapat meningkatkan
profesi kita.
Seorang
psikolog anak seharusnya memiliki kecakapan berpikir dengan mencari informasi
untuk mengembangkan profesi seorang psikolog anak. Seorang psikolog juga harus
memiliki kemampuan bersosialisasi dengan bersikap ramah dan sopan kepada setiap
orang serta mampu bekerjasama seperti saling memotivasi untuk melanjutkan
pendidikan ke jenjang yang lebih baik serta saling mengajak para psikolog lain
untuk mengikuti workshop dan seminar.
oPengembangan lingkungan pekerjaan
Seorang
psikolog seharusnya memiliki kemampuan bersosalisasi untuk pengembangan lingkungan
pekerjaan dengan berkomunikasi yang sopan sesuai dengan norma, etika serta
budaya di lingkungan pekerjaan seperti berkomunikasi dengan ramah dan selalu
tersenyum untuk menambah semangat di lingkungan pekerjaan, selain itu dalam
bersosialisasi juga dibutuhkan kerjasama yang baik seperti membuat suatu
kegiatan seperti reuni yang diikuti oleh psikolog lain sehingga tercipta
silaturahmi yang baik dalam lingkungan pekerjaan.
Seorang
psikolog juga harus memiliki kemampuan vokasional dalam pengembangan lingkungan
pekerjaan, yaitu memiliki keahlian dalam membuat suasana menjadi semangat dan
ramai dilingkungan pekerjaan dengan sedikit bergurau yang tidak berlebihan
kepada psikolog lain ataupun kepada orang yang meminta konsultasi sehingga
tidak terkesan terlalu serius serta menghilangkan sedikit rasa canggung dan
tertekan dilingkungan pekerjaan.
Puji
syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT karena dengan rahmat-Nya maka saya
(penulis) dapat menyelesaikan tugas makalah saya yang berjudul “PERKEMBANGAN
KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK” tepat waktu yang merupakan tugas dari mata kuliah
“Pengembangan Karier Paud”.
Dan
tak lupa penulis kirimkan shalawat dan salam ke junjungan nabi besar Muhammad
SAW yang telah menghadirkan kepada kita makna saling percaya yang dibingkai
dalam sampul Ad-Dinul Islam.
Penulis
juga mengucapkan banyak terima kasih kepada orang-orang yang telah membantu
saya khusunya bagi orang tua tercinta yang telah memberikan bantuan moril serta
materil sehingga saya dapat menyelesaikan makalah ini.
Penulis
menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari kesempurnaan, oleh karena itu
kritik dan saran teman-teman diterima dengan senang hati demi kesempurnaan
makalah ini.
Makassar,
19 nonember 2011
SUKMA
SUKARDI
BAB
I
PENDAHULUAN
A.Latar
Belakang
Untuk
menjadi pendidik yang profesional dibutuhkan pengembangan karier karena pada
dasarnya pengembangan karier sangat bermanfaat bagi organisasi maupun perorangan,
adapun manfaatnya yaitu :
a.Menjamin
ketersediaan bakat yang dibutuhkan
b.Mempertahakan
dan meningkatkan kualitas pengajaran
c.Meningkatkan
rasa tanggung jawab
Tapi
yang garis besar dan akan di bahas dalam makalah ini adalah pengembangan kemampuan
kognitif anak usia dini. Pengembangan kemampuan kognitif anak ini sangat
penting dan bermanfaat bagi anak karena dengan memiliki kemampuan kognitif yang
baik dan menetahui cara untuk mengembangkan kemampuan kognitif anak maka anak
tersebut akan menjadi anak yang pandai dan cerdas.
Ada
beberapa hal yang dilakukan untuk mengembangkan kemampuan kognitif anak, yaitu
:
a.Memberikan
permainan yang menuntutnya untuk berpikir
b.Memberikan
bebepara pertanyaan tertentu kepada anak sehingga meningkatkan kemampuan
kognitifnya
c.Mengajak
anak untuk berpikir untuk dapat meningkatkan kemampuan kognitifnya
Pengembangan
kognitif juga dapat menjadi tolak ukur tingkat kecerdasan anak IQ, jika IQ anak
itu tinggi maka anak tersebut termasuk anak yang sangat cerdas, jika IQ anak
itu sedang maka anak tersebut termasuk anak yang pintar, jika IQ anak itu rendah maka anak tersebut
termasuk anak yang kurang pintar.
B.Rumusan
Masalah
1.Menjelaskan
makna kemampuan kognitif?
2.Menjelaskan
tentang kecakaan hidup (life skill)?
3.Menjelaskan
tentang kecakapan berpikir?
4.Menjelaskan
kemampuan bersosialisasi (social skill)?
5.Menjelaskan
kemampuan akademik?
C.Tujuan
1.Untuk
mengetahui makna kemampuan kognitif
2.Untuk
tentang kecakaan hidup (life skill)
3.Untuk
mengetahui tentang kecakapan berpikir
4.Untuk
mengetahui kemampuan bersosialisasi
5.Untuk
mengetahui kemampuan akademik
BAB
II
PEMBAHASAN
PENGEMBANGAN
KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK
Perkembangan kognitif pada peserta
didik merupakan suatu pembahasan yang cukup penting bagi pengajar maupun orang
tua. Perkembangan kognitif pada anak merupakan kemampuan anak untuk berpikir
lebih kompleks serta kemampuan melakukan penalaran dan pemecahan masalah yang
termasuk dalam proses psikologis yang berkaitan dengan bagaimana individu
mempelajari dan memikirkan lingkungannya.
Dalam memahami perkembangan
kognitif, kita harus mengetahui proses perkembangan kognitif tersebut.
Perkembangan kognitif dapat dikaji dengan menggunakan dua cara yaitu dengan
pendekatan tentang tahapan-tahapan perkembangan kognitif yang dijelaskan oleh
Piaget dan dengan caran system pemprosesan informasi. Pada teori pemprosesan informasi
lebih menekankan bagaimana proses-proses terjadinya perkembangan kognitif,
tetapi pada teori Piaget membagi proses tersebut ke dalam berbagai tahapan.
Selain itu karakteristik
perkembangan kognitif peserta didik juga harus dapat dipahami semua pihak.
Dengan pemahaman pada karakteristik perkembangan peserta didik, pengajar dan
orang tua dapat mengetahui sebatas apa perkembangan yang dimiliki anak didiknya
sesuai dengan usia mereka masing-masing, sehingga pengajar dan orang tua dapat
menerapkan ilmu yang sesuai dengan kemampuan kognitif masing-masing anak didik.
Tidak kalah penting, pengajar juga
harus mengetahui tentang factor-faktor yang mempengaruhi peserta didik. Yang
sangat sentral dalam faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan
kognitif adalah gaya pengasuhan dan lingkungan. Biasanya gaya pengasuhan lebih
diterapkan pada anak-anak. Pada pengasuhan ini merupakan cikal-bakal
perkembangan kognitif tersebut, karena ketika anak diasuh secara tidak sesuai
dengan semestinya, ini akan berakibat pada perkembangan kognitif anak, bahkan
pada perkembangan mental anak tersebut. Lingkungan pun sangat berpengaruh pada
perkembangan kognitif, semakin buruk lingkungan maupun pergaulan seseorang maka
kemungkinan pengaruh lingkungan pada perkembangan kognitif anak semakin besar.
Meskipun banyak hal dan kendala
dalam perkembangan kognitif anak, setidaknya kita sebagai calon pengajar maupun
sebagai orang tua harus memahami tentang perkembangan kognitif agar cara
pengajaran kita sesuai dengan kemampuan kognitif masing-masing anak.
A.Kecakapan
Hidup (Life Skill)
ØMengenal
Diri
Agar kita dapat
mengenal diri kita maka kita harus :
·Sadar sebagai mahluk tuhan
Dalam konsep kemampuan
kognitif kita sadar sebagai mahluk tuhan
maka kita akan mengenal diri kita sendiri, dan kita sadar sebagai mahluk tuhan
karena kita di beri kehidupan oleh Allah SWT serta akal dan pikiran, dan dengan
akal dan pikiran kita dapat menggunakannya untuk berpikir bahwa kita ada di
dunia karena ada yang menciptakan. Dan telah tercantum dalam Al-Qur’an sebagai
pedoman hidup kita bahwa kita sebagai mahluk ciptaan Allah adalah kalifah atau
pemimpin dan kita sebagai mahluk tuhan berkewajiban menjalankan apa yang di
inginkan-Nya dan menjauhi larangan-Nya.
·Sadar dengan eksistensi diri
Dalam bidang kognitif,
sadar dengan eksistensi diri itu dengan kita berpikir untuk memiliki
kepercayaan diri, karena dengan munculnya rasa percaya diri membuat kita
semakin terlihat, dengan sadar dengan eksistensi diri merupakan proses
dialog dengan diri kita sendiri. Artinya? Ya, kita sedang berbicara dengan diri
sendiri melalui keberanian yang timbul dari diri kita sendiri dalam melakukan
tindakan. Pada saat kita memiliki rasa percaya diri maka dengan sendirinya
eksistensi diri itu ada dan itulah yang disebut dengan mengenal diri sendiri.
·Sadar akan potensi diri
Dengan mengenal diri
sendiri, seseorang mengetahui apa yang mesti jadi tujuan hidupnya. Dalam bidang
kognitif ini, kita memikirkan untuk menyadari kemampuan dan bakat-bakatn kita
serta tahu bagaimana menggunakan pikiran kita demi mencapai suatu tujuan.
Dengan demikian ia lebih mampu menemukan makna dan kepenuhan dari hidupnya.
Secara sekilas proses
mengenal diri sendiri itu memang nampak sederhana. Dan untuk mengenal diri
sendiri, kita tidak dapat melakukannya secepat kilat. Untuk mampu mengenal diri
sendiri adalah kita akan mengenal potensi/kelebihan diri kita. Ketika kita
mampu mengenal potensi diri sendiri, saat itu secara tidak sadar akan
merasakan kelebihan yang kita miliki. Ketika sadar akan kelebihan yang
kita miliki kita akan merasa hebat.
B.Kecakapan
Berpikir
ØMenggali / Mencari Informasi
Untuk
dapat memiliki kecakapan dalam berpikir yang harus dilakukan adalahmenggali
atau mencari informasi. Ada bebrapa cara untuk mencari informasi, yaitu :
·Observasi
Yaitu
melakukan semacam penelitian atau mencari tahu masalah yang berkaitan dengan
kemampuan kognitif . seperti mengamati cara anak untuk mengembangkan kemampuan
kogitifnya.
·Wawancara
Yaitu
bertanya kepada seseorang atau lebih tahu tentang suatu hal yang berkaitan
dengan kemampuan kognitif. Seprti menanyakan tentang permainan apa saja yang
cocok untuk mengembangkan kemampuan kognitif anak.
·Dokumen
Yaitu
melihat data-data atau dokumen yang ada untuk mengetahui suatu informasi tentang
pengmbangan kognitif anak.
ØMengolah Informasi
Untuk
mengolah suatu informasi yang terjadi adalah:
·Analisa
Yaitu
menganalisa suatu informasi untuk mengetahui perkembangan kognitif anak
berdasarkan data dan fakta. Misalnya menganalisa permainan puzzle.
·Hipotesis
Yaitu
kebenaran/dugaan sementara terhadap suatu masalah atau informasi dari data-data
yang telah di dapatkan. Misalnya dengan bermain puzzle dapat mengembangkan
kemampuan kognitif anak.
ØPengambilan Keputusan
Dalam
pengambilan keputusan yang terjadi adalah :
·Hasil
Yaitu
ketika menyimpulkan suatu informasi dari data-data yang telah di daparkan.
Seperti kita telah mendapatkan suatu informasi untuk disimpulkan.
·Dampak
Yaitu
kita telah mengetahui informasi tersebut yaitu kita tahu bahwa dengan bermain
puzzle maka dapat mengembangkan kemampuan kognitif anak.
·Konsekuensi
Yaitu
kita mampu bertanggung jawab atas informasi yang telah kita ketahui mengenai
perkembangan kognitif tersebut.
ØMemecahkan Masalah
·Refleksi
Yaitu
memikirkan ulang atau merefleksi ulang informasi yang telah kita ketahui.
Misalnya apakah memang benar dengan bermain puzzle dapat mengembangan kemampuan
kognitif anak???
·Tindak
lanjut
Yaitu
kita mengambil suatu tindakan untuk memecahkan masalah setelah mengetahui
informasi-informasi yang ada. Seperti memberikan permainan puzzle kepada anak
untuk mengembangkan kemampuan kognitifnya.
C.Kemampuan
Bersosialisasi (Social Skill)
Kemampuan bersosialisasi adalah
kemampuan berinteraksi dengan manusia ataupun bukan manusia, kemampuan
bersosialisasi itu dibagi atas :
ØKemampuan Komunikasi lisan
Berkomunikasi
secara lisan didasarkan pada norma, etika dan budaya
·Hubungan
dengan orang yang lebih tua
Dalam
pengembangan kognitif, kita harus memikirkan terlebih dahulu apa yang harus
dilakukan ketika berkomunikasi dengan orang yang lebih tua, yaitu kita harus
lebih sopan dengannya karena mereka adalah orang yang harus kita hormati.
·Hubungan
dengan sesama
Dalam
pengembangan kognitif ita berpikir untuk menjaga komunikasi yang baik dengan
sesama teman sebaya, dan kita harus memperbaiki cara berbicara kita jangan
sampai dengan komunikasi yang salah akan terjadi kesalahpahaman bahkan terjadi
pertengkaran.
·Hubungan
dengan orang yang lebih muda
Dalam
pengembangan kognitif kita sebagai orang yang lebih dewasa harusnya berpikiran
untuk memberi contoh yang baik kepada adik-adik kita dengan cara mengajarkan
bahasa yang baik dan sopan, dengan begitu komunikasi akan berjalan baik.
ØKemampuan komunikasi secara terulis
Komunikasi yang terjadi bukan hanya
secara lisan tapi juga tulisan, kemampuan komunikasi secara tertulis adalah
kemampuan membuat suatu konsep
·Komunikasi
Formal
Komunikasi
formal dalam bidang kognitif yang
terjadi adalah kita berpikir untuk berkomunikasi secara resmi/formal antara
anggota organisasi / perusahaan , seperti seminar maupun rapat kerja perusahaan.
·Komunkasi
Nonformal
Komunikasi
tertulis dalam bidang kognitif yang menyangkut hal-hal yang tidak diatur dalam
struktur organisasi seperti spanduk yang memberikan informasi tentang
pengebangan kemampuan kognitif, tulisan ataupun lewat gambar dan foto.
ØKemampuan dalam bekerjasama
·Individu
dengan individu
Dalam
bidang kognitif , yaitu kita memikirkan bagaimana cara bekerjasama yang baik
antara terjadi antara orang yang satu dengan orang yang lain
·Individu
dengan kelompok
Dalam
bidang kognitif , yaitu kita memikirkan bagaimana cara bekerjasama yang baik
antara seseorang dengan beberapa/sekelompok orang
·Kelompok
dengan kelompok
Dalam
bidang kognitif , yaitu kita memikirkan bagaimana cara bekerjasama yang baik
antara suatu kelompok dengan kelompok lain untuk menyelesaikan suatu konflik
atau masalah.
D.Kemampuan
Akademik
Kemampuan
akademik dalam variable saya menyangkut tentang perkembangan kemampuan kognitif
anak. Kemampuan kognitif anak merupakan kemampuan dalam mengembangkan tingkat
dan cara berpikir anak. Salah satu cara untuk mengembangkan kemampuan berpikir
anak adalah dengan memberikan permainan.
ØKemampuan
dalam mengidentifikasi variable
Bermain Puzle
ØKemampuan
menghubungkan variable
-Daya pikir anak
-Kemampuan mengingat gambar dan warna
-Kemampuan mengenal bentuk
ØKemampuan
dalam merumuskan hipotesis
Jika ingin
mengembangkan kemampuan kognitif anak dapat dilakukan dengan bermain Puzzle.
ØKemampuan
dalam melakukan penelitian
·Wawancara
Menanyakan kepada
pendidik atau orang-orang yang ahli tentang pengembangan kognitif anak dan cara
untuk mengembangkan kemampuan kognitif tersebut.
·Observasi
-Mengamati perkembangan yang terjadi
ketika bermain Puzzle
-Memperhatikan cara anak menyusun Puzzle
·Dokumen
Didapatkan dari data-data dan
gambar serta foto tentang perkembangan kognitif anak dalam bermain Puzzle.
Dari
identifikasi, hubungan, hipotesis dan penelitian maka didapatkan bahwa dengan
bermain Puzzle anak dapat megembangkan kemampuan kogntifnya dengan baik mulai
dari mengenal warna, bentuk dan lain-lain sehingga anak tersebut dapat
menyelesaikan Puzzle.
BAB
III
PENUTUP
A.Kesimpulan
Perkembangan kognitif pada anak
merupakan kemampuan anak untuk berpikir lebih kompleks serta kemampuan
melakukan penalaran dan pemecahan masalah yang termasuk dalam proses
psikologis yang berkaitan dengan bagaimana individu mempelajari dan memikirkan
lingkungannya.
Selain itu karakteristik
perkembangan kognitif peserta didik juga harus dapat dipahami semua pihak.
Dengan pemahaman pada karakteristik perkembangan peserta didik, pengajar dan
orang tua dapat mengetahui sebatas apa perkembangan yang dimiliki anak didiknya
sesuai dengan usia mereka masing-masing, sehingga pengajar dan orang tua dapat
menerapkan ilmu yang sesuai dengan kemampuan kognitif masing-masing anak didik.
Tidak kalah penting, pengajar juga
harus mengetahui tentang factor-faktor yang mempengaruhi peserta didik. Yang
sangat sentral dalam faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan
kognitif adalah gaya pengasuhan dan lingkungan. Biasanya gaya pengasuhan lebih
diterapkan pada anak-anak.
Ada
beberapa hal yang dilakukan untuk mengembangkan kemampuan kognitif anak, yaitu
:
-Memberikan permainan yang menuntutnya
untuk berpikir
-Memberikan bebepara pertanyaan tertentu
kepada anak sehingga meningkatkan kemampuan kognitifnya
B.Saran
ØKembangkanlah
karier untuk menjadi seorang pendidik yang professional.
ØKembangkanlah
kemampuan kognitif anak agar menjadi anak yang cerdas.
ØBerilah
permainan yang cocok untuk mengembangkan kemampuan kognitif anak.
ØJika
ada saran / kritikan lain dalam pembuatan makalah saya ini maka saya sangat
berterima kasih dalam membumbing serta membantu saya untuk memperbaiki makalah
ini, karena saya hanya manusia biasa yang tak luput dari kesalahan.