ADMINISTRASI PENYELENGGARAAN LEMBAGA PAUD
Tujuan
administrasi penyelenggaraan lembaga paud adalah agar sistem pendidikan lembaga
paud dapat berlangsung secara efisien dan efektif. Dalam Garis-Garis Besar
Program Kegiatan Belajar (GBPKB) lembaga paud tahun 1994 ditegaskan bahwa
program kegiatan belajar lembaga paud berfungsi untuk :
1.
Mengembangkan seluruh kemampuan yang dimiliki anak sesuai dengan
tahap perkembangannya.
2.
Mengenalkan anak dengan dunia sekitar.
3.
Mengembangkan sosialisasi anak.
4.
Mengenalkan peraturan dan menanamkan disiplin pada anak.
5.
Memberikan kesempatan kepada anak untuk menikmati masa bermainnya.
ADMINISTRASI PROSES PEMBELAJARAN
1.
Penyusunan Program
a.
Kegiatan awal tahun
b.
Kegiatan bulanan
c.
Kegiatan mingguan
d.
Kegiatan harian
e.
Kegiatan akhir tahun
2.
Penyusunan kalender pendidikan
a.
Kalender umum/akademik
b.
Kalender lembaga
c.
Kalender kelas
3.
Penyusunan jadwal kegiatan belajar (waktu, tempat dan guru yang
bertugas)
4.
Perencanaan kegiatan belajar mengajar
a.
Perencanaan tahunan
b.
Perencanaan semester
c.
Perencanaan mingguan
d.
Perencanaan harian
5.
Pengaturan pembukaan tahun ajaran baru
a.
Anak didik lama
b.
Anak didik baru
6.
Pengaturan pelaksanaan kegiatan belajar (lembaga dan kelas)
7.
Pengaturan pelaksanaan evaluasi
a.
Teknik
penilaian
b.
Teknik
pencatatan
c.
Laporan hasil
penilaian
8.
Pengaturan pelaksanaan bimbingan dan penyuluhan
a.
Penyuluhan
kepada orang tua anak didik
b.
Bimbingan pada
anak didik
9.
Pengaturan penutupan tahun ajaran (Graduation Ceremony)
ADMINISTRASI KEPEGAWAIAN
1.
Perencanaan Pegawai
a.
Penetapan beban kerja
b.
Penetapan kapasitas kerja
c.
Inventarisasi pegawai yang ada
d.
Penetapan jumlah dan jenis yang dibutuhkan
2.
Pengadaan Pegawai
a.
Persiapan
b.
Penyebaran informasi
c.
Penerimaan
d.
Seleksi
e.
Pengumuman
3.
Pengangkatan
4.
Pembagian Tugas
5.
Pengembangan Pegawai
6.
Pengurusan kenaikan pangkat
7.
Perpindahan pegawai
a.
Mutasi
b.
Promosi
c.
Demosi
8.
Pemberhentian pegawai
ADMINTRASI ANAK DIDIK
1.
Perencanaan Anak Didik
a.
Sensus Lembaga
b.
Penetapan Daya Tampung
2.
Penerimaan Anak Didik
a.
Persiapan
b.
Penyebaran Informasi
c.
Pelaksanaan Pendaftaran
d.
Seleksi
e.
Pengumuman
3.
Pengelompokan Anak Didik
a.
Usia
b.
Bakat dan Minat
c.
Kompetensi
4.
Perencanaan Kehadiran Dan Ketidakhadiran Anak Didik
a.
Papan kehadiran dan ketidakhadiran anak setiap kelas
b.
Papan kehadiran dan ketidakhadiran anak seluruh kelas
c.
Buku kehadiran dan ketidakhadiran anak setiap kelas
d.
Buku rekapitulasi kehadiran dan ketidakhadiran anak seluruh kelas
5.
Pembinaan Disiplin Anak (identifikasi, faktor penyebab dan
pelaksanaan pembinaan)
6.
Pengaturan Perpindahan Anak Didik (keluar dan masuk)
7.
Pengaturan Pelaksanaan Layanan Khusus
ADMINISTRAASI KEUANGAN
Keseluruhan
proses kerjasama dalam upaya memperoleh dan mendayagunakan semua dana secara
efetif dan efisien
1.
Perencanaan anggaran tahunan
a.
Penyusunan rencana pendapatan lembaga
b.
Penyusunan rencana belanja lembaga
2.
Pengadaan anggaran
3.
Pendistribusian anggaran (alokasi dan penyerahan ke unit anggaran)
4.
Pelaksanaan anggaran (penggunaan anggaran berdasarkan perencanaan)
5.
Pembukuan keuangan (pencatatan transaksi keuangan)
6.
Pengawasan keuangan (melihat pelaksanaan keuangan)
ADMINISTRASI SARANA DAN PRASARANA PAUD
Sarana
pendidikan adalah semua perangkat peralatan, bahan dan perabot yang secara
langsung digunakan dalam proses pendidikan.
Prasarana
adalah semua perangkat kelengkapan dasar yang secara tidak langsung menunjang
pelaksanaan proses pendidikan.
Jenis
sarana dan prasarana pendidikan
1.
Bangunan
2.
Perabot
3.
Alat peraga
4.
Media pembelajaran
Manajemen
sarana dan prasarana pendidikan adalah keseluruhan proses kerjasama di lembaga
dalam mendayagunakan semua sarana dan prasarana yang dimilki.
Kegiatan
majemen sarana dan prasarana
1.
Pengadaan sarana dan prasarana
a.
Pembelian
b.
Hadiah atau sumbangan
c.
Tukar-menukar
d.
Meminjam
sekolah.
2.
Pendistribusian sarana dan prasarana
3.
Pemakaian sarana dan prasarana
4.
Pemeliharaan sarana dan prasarana
a.
Bangunan
b.
Perabot
c.
Alat peraga
d.
Media pembelajaran
5.
Intenvarisasi sarana dan prasarana
a.
Pencatatan
b.
Pembuatan kode barang
6.
Penghapusan
ADMINISTRASI HUBUNGAN LEMBAGA DAN MASYARAKAT
1.
Jenis masyarakat
a.
Keluarga
b.
BPPP
c.
Gabungan Organisasi Penyelenggara Taman Kanak-Kanak Indonesia
d.
Ikatan Guru Taman Kanak-Kanak Indonesia
e.
Instansi Terkait
f.
HIMPAUDI
g.
FORUM PAUD
h.
ADITUKA
2.
Teknik-teknik hubungan lembaga dengan masyarakat
a.
Teknik tertulis
a)
Buku kecil pada permulaan tahun ajaran
b)
Pamflet kecil
c)
Berita kegiatan murid
d)
Catatan berita gembira
e)
Buku kecil cara membimbing
b.
Teknik lisan
a)
Kunjungan rumah
b)
Panggilan orang tua
c)
pertemuan
c.
Teknik peragaan
a)
Pentas / perlombaan
b)
Pameran hasil karya anak