ADMINISTRASI PROSES PEMBELAJARAN
1.
Penyusunan Program
Penyusunan program adalah menyusun atau
menetapkan suatu kegiatan yang akan dilakukan untuk menentukan beberapa
kegiatan dalam proses belajar mengajar dalam rangka mencapai tujuan pendidikan
dimana hal tersebut dilakukan agar terciptanya suatu
kondisi yang nyaman sehingga kegiatan belajar mengajar dapat berjalan dengan
baik. kita ketahui bahwa di TK harus memiliki penyusunan program yang baik
sehingga terciptanya suasana yang kondusif yang aman, nyaman dan tentram dan untuk memberi warna atau hal yang cukup
baik bagi program belajar mengajar.
a. Kegiatan awal tahun
Kegiatan awal tahun adalah kegiatan yang diprogramkan atau dilakukan dengan
mengadakan rapat antara kepala sekolah, pendidik serta staf yang mendukung untuk
menentukan kegiatan yang dilakukan sebelum awal tahun ajaran baru sebagai
persiapan untuk memulai tahun ajaran. Di mana kegiatan awal
tahun adalah suatu kegiatan yang di lakukan secara rutinitas tetapi hanya
di lakukan pada awal tahun di mana kegiatan ini di lakukan untuk mendiskusikan
apa-apa saja yg harus di lakukan pada awal tahun Contoh kegiatannya itu seperti pembentukan
panitia penerimaan, sosialisasi lembaga tersebut, pembuatan formulir
pendaftaran, pembuatan brosur, dll.
b. Kegiatan bulanan
Kegiatan bulanan adalah kegiatan yang telah disusun atau ditetapkan yang di lakukan secara rutinitas yang hanya di lakukan setiap bulan
di mana kegiatan ini di lakukan untuk mendiskusikan apa-apa saja yg harus di
lakukan pada bulan tersebut. penyusunan program biasannya di lakukan oleh
kepala yayasan atau kepala sekolah berdasarkan hasil rapat. Misalnya pemberian
makanan bergizi, pemeriksaan kesehatan yang meliputi berat badan, tinggi badan
& lingkar kepala yang bertujuan untuk melihat perkembangan dan mengontrol
kegiatan anak.
c. Kegiatan mingguan
Kegiatan mingguan adalah kegiatan yang telah disusun atau ditetapkan yang ada di sekolah tersebut yang menjadi kegiatan rutinitas setiap minggu.
di mana kegiatan belajar mengajar itu di lakukan berdasarkan penyusunan
program yg telah di buat pada TK tersebut. agar terciptanya suatu kondisi yang
nyaman sehingga kegiatan belajar mengajar dapat berjalan dengan baik. Kegiatan
itu seperti upacara, senam, berenang, les calistung, bimbingan menari, dll.
d. Kegiatan harian
Kegiatan harian adalah kegiatan yang telah disusun atau ditetapkan yang ada di sekolah tersebut yang menjadi kegiatan rutinitas setiap hari.
di mana kegiatan belajar mengajar itu di lakukan berdasarkan penyusunan
program yg telah di buat pada TK tersebut. agar terciptanya suatu kondisi yang
nyaman sehingga kegiatan belajar mengajar dapat berjalan dengan baik. Misalnya
setiap hari anak diwajibkan untuk membersihkan.
e. Kegiatan akhir tahun
Kegiatan akhir tahun adalah kegiatan yang diprogramkan atau dilakukan
dengan mengadakan rapat antara kepala sekolah, pendidik serta staf yang
mendukung untuk menentukan kegiatan yang dilakukan sebelum akhir tahun ajaran
baru sebagai persiapan untuk mengakhiri tahun ajaran. Di mana kegiatan akhir tahun adalah suatu kegiatan yang di lakukan
secara rutinitas di mana kegiatan ini di lakukan untuk mendiskusikan apa-apa
saja yg harus di lakukan pada akhir tahun ajaran tersebut dengan melakukan
berbagai kegiatan seperti penetapan anak didik terbaik, pemilihan putra dan
putri, pentas aksi serta lomba-lomba.
2.
Penyusunan kalender pendidikan
Penyusunan kalender
pendidikan adalah jadwal proses belajar mengajar yang telah ditetapkan.
Kalender pendidikan adalah suatu jadwal yang berisikan angka –angka
numeric yang harus di ikuti oleh sekolah. Kalender pendidikan sangat di
butuhkan di taman kanak-kanak agar terciptanya dunia pendidikan yang
teratur serta koordinir sehingga sekolah-sekolah pada saat waktu dan jadwal
kegiatan belajar mengajar bisa terlaksana dengan baik. kalender pendidikan
sangat di perlukan sekali selain di gunakan untuk menentukan jadwal-jadwal
rapat di sekolah juga di gunakan untuk melihat kapan menjelang liburan dan
masuk sekolah..
a. Kalender umum/akademik
Kalender umum atau
akademik adalah kalender yang berlaku secara umum dan biasa digunakan
dimasyarakat luas di seluruh indonesia yang diambil dan ditetapkan oleh
Pendidikan Nasional dimana kalender ini berisikan angka-angka numeric yang
harus di ikuti oleh sekolah manapun yang ada di indonesia. Dan didalam kalender
ini telah ditentukan hari, tanggal, bulan dan tahun serta hari-hari libur
nasional yang sudah di resmikan oleh Diknas.
b. Kalender lembaga
Kalender lembaga adalah kalender yang dibuat dan hanya berlaku pada suatu
yayasan, lembaga atau sekolah tertentu yang di tetapkan melalui beberapa aspek
tertentu yang berisi tentang jadwal proses belajar mengajar yang berkaitan di
sekolah, yayasan atau lembaga tersebut dimana pembuatan kalender lembaga ini
tetap mengacu kepada kalender umum yang di tetapkan oleh Diknas.
c. Kalender kelas
Kalender kelas adalah kalender yang dibuat oleh guru atau pendidik dan
hanya berlaku pada suatu kelas di yayasan, lembaga atau sekolah tertentu yang
di tetapkan melalui beberapa aspek tertentu tergantung dari proses belajar
mengajar yang berisi tentang jadwal proses belajar mengajar yang berkaitan di
sekolah, yayasan atau lembaga tersebut dimana pembuatan kalender kelas ini mengacu
kepada kalender lembaga yang telah dibuat.
3.
Penyusunan jadwal kegiatan belajar (waktu,
tempat dan guru yang bertugas)
Penyusunan jadwal kegiatan
belajar mengajar adalah menyusun suatu kegiatan dalam proses belajar mengajar
yang sudah di tentukan oleh pihak sekolah sehingga tercapainya proses belajar
mengajar yang efektif. Jadwal kegiatan mengajar ini sangat penting dalam proses
kegiatan belajar mengajar, di mana dengan adanya jadwal kegiatan belajar akan
menciptakan suasana disiplin bagi pendidik serta staf yang lain. Selain itu
pendidik juga bisa mengetahui kapan dan dimana dia bertugas untuk mengajar
anak-anak. Selain itu itu anak-anak bisa mendapatkan berbagai kegiatan yang
berbeda sehingga mereka bisa mendapatkan pengetahuan yang di berikan oleh
pendidik tersebut.
4.
Perencanaan kegiatan belajar mengajar
Perencanaan belajar
mengajar adalah suatu rancangan kegiatan yang harus di lakukan oleh pihak
sekolah sehingga terlaksananya proses belajar mengajar yang kita inginkan tanpa
adanya perencanaan belajar mengajar sangat susah menentukan apa-apa saja yang
di perlukan oleh para anak didik. Oleh karena itu sebelum melaukan kegiatan
belajar mengajar terlebih dahulu di lakukan adanya kegiatan perencanaan
(planning) agar terciptanya kegiatan belajar mengajar yang baik dan lancar. Kegiatan
perencanaan belajar ini harus di lakukan sebelum proses kegiatan belajar
mengajar itu berlangsung.sehinnga tidak terjadi kekacauaan dalam proses belajar
mengajar.apabila kegiatan perencanaan sudah di rencanakan terlebih dahulu maka
guru hanya tinggal menjalankan tugas mereka sebagai pengajar dan pendidik.
a. Perencanaan tahunan
Perencanaan tahunan adalah
suatu perencanaan yang didalam perencanaan tahunan itu sudah ditetapkan dan
disusun kemampuan, keterampilan dan pembiasaan-pembiasaan yang diharapkan
dicapai oleh anak didik yang akan dilakukan dalam satu tahun ajaran. Dimana di dalam
perencanaan tahunan ini telah disusun perencanaan yang didalamnya mengembangkan
aspek pertumbuhan dan perkembangan anak seperti Rencana Kegiatan Tahunan (RKT).
b. Perencanaan semester
Perencanaan semester
adalah perencanaan yang telah disusun dan di tetapkan dimana di program
semester ini adalah program
tahunan yang dibagi menjadi dua yaitu dalam dua semester (semester ganjil dan semester genap). Di dalam perencanaan
semester juga memuat tema-tema yang sesuai dengan aspek pertumbuhan dan
perkembangan anak serta minat anak serta sesuai dengan lingkungan dimana
sekolah tersebut. Adapun perencanaan semester di TK adalah Rencana Kegiatan
Semester (RKS).
c. Perencanaan mingguan
Perencanaan mingguan
adalah perencanaan yang telah disusun dan ditetapkan yang berisi kegiatan-kegiatan
dalam rangka mencapai kemampuan yang telah direncanakan untuk satu minggu
sesuai dengan tema pada minggu tersebut. Perencanaan mingguan ini dapat dibuat
dengan mengacu kepada perencaan kegiatan semester yang telah dibuat. Adapun
contohnya yaitu Rencana Kegiatan Mingguan (RKM).
d. Perencanaan harian
Perencanaan harian adalah
perencanaan yang telah disusun dan ditetapkan yang merupakan perencanaan
pembelajaran untuk setiap hari yang dibuat oleh pendidik yang digunakan untuk
meningkatkan semua aspek pertumbuhan dan perkembangan anak didik sesuai dengan
tema dan sub tema yang di tentukan pada hari tersebut yang mengacu pada silabus
dan RKM. Adapun perencanaannya yaitu dengan Rencana Kegiatan Harian.
5.
Pengaturan pembukaan tahun ajaran baru
Pengaturan pembukaan tahun ajaran baru merupakan kegiatan yang dilakukan
oleh pendidik atau orang yang mendukung untuk memperkenalkan serta memberikan
pemahaman kepada anak didik serta orang tua terhadap sistem pendidikan lengkap
dengan komponen pendukungnya bersama anak didiknya yang ada pada taman
kanak-kanak tersebut.
a. Anak didik lama
Pengaturan pembukaan tahun
ajaran baru bagi anak didik lama yaitu dengan memberikan pemahaman kepada anak
didik serta orang tua tentang kegiatan yang akan diberikan pada semester
barunya nanti mulai dari kegiatan belajar mengajar yang harus diikuti sampai yang
hal-hal yang berkaitan dengan proses
pembelajaran anak setelah anak melewati pembelajaran sebelumnya di taman
kanak-kanak tersebut.
b. Anak didik baru
Pengaturan pembukaan tahun
ajaran baru bagi anak didik baru yaitu dengan memberikan pemahaman dan memperkenalkan
anak didik terhadap hal yang berkaitan dengan TK tersebut. Misalnya: kegiatan
belajar yang harus diikuti murid, tata tertib taman kanak- kanak, seragam,
jadwal belajar, situasi dan kondisi lingkungan taman kanak-kanak, nama kepala
taman kanak-kanak, dan guru taman kanak-kanak, dll.
6.
Pengaturan pelaksanaan kegiatan belajar
(lembaga dan kelas)
Pelaksanaan kegiatan
belajar mengajar adalah suatu kegiatan yang di lakukan baik itu di dalam kelas,
maupun di luar kelas yang berada di lingkungan sekolah yang terdiri dari
pendidik dan anak didiknya dimana dalam kegiatan proses belajar mengajar ada di
laksanakan suatu kegiatan yang memberikan pengetahuan kepada anak sehingga
kecerdasan yg di miliki anak bisa bertambah serta aspek-aspek perkembangan yang
di miliki oleh anak bisa terlihat. Pelaksanaan kegiatan belajar mengajar
itu sangat penting agar anak-anak bisa menambah pengetahuan.di mana dengan
adanya kegiatan belajar mengajar guru bisa melihat dan menilai anak
didiknya yang cepat menangkap pembelajaran yang di ajarkan oleh guru serta guru
bisa menilai apa saja yang di butuhkan oleh anak didiknya sehingga proses
perkembangan anak didiknya. Kegiatannya meliputi: pengelompokkan murid,
menyelenggrakan kegiatan belajar mengajar, menilai pencapaian kegiatan belajar
yang telah ditetapkan.
7.
Pengaturan pelaksanaan evaluasi
Pelaksanaan evaluasi
adalah suatu kegiatan yang di lakukan oleh para guru atau tutor untuk menilai
anak didiknya berdasarkan kemampuan yang di miliki anak didiknya. Bentuk
penilaian atau pelaporan dalam bentuk sebuah narasi yang di tulis dalam buku
rapor yang berisikan tentang aspek-aspek perkembangan pada anak didik.
Pelaksanaan evaluasi
sangat berguna agar bisa mengetahui kemampuan dari setiap anak didik.di mana
kita ketahui bahwa setiap anak itu memiliki kemampuan yang berbeda-beda.
Apabila kita sudah mengetahui kemampuan anak didik.sebagai guru yang baik guru
tersebut tinggal membenahi apa-apa saja yang harus di benahi agar kemampuan
anak tersebut bisa bertambah.
a. Teknik penilaian
Teknik penilaian merupakan
teknik yang telah disepakati sebelumnya tentang cara pemberian penilaian
terhadap anak didik, misalnya apakah pendidik memberi penilaian dengan eknik
observasi, teknik unjuk kerja, teknik pemberian tugas, teknik catatan anekdot,
teknik portofolio, teknik hasil karya, dll yang digunakan untuk mengukur
kemampuan serta pemahaman anak terhadap suatu kegiatan yang telah ditentukan.
b. Teknik pencatatan
Teknik pencatatan
merupakan suatu cara yang dilakukan oleh pendidik untuk mencacat hasil dari kemampuan
dan pengetahuan serta pemahaman anak dalam mengembangkan semua aspek
pertumbuhan dan perkembangan anak dalam bentuk lampiran dimana pencatatan
tersebut dapat menggunakan simbol apa yang sebelumnya telah sepakati bisa
dengan simbol lingkaran kosong sedang atau penuh dan bisa berupa bintang satu,
bintang dua atau bintang tiga.
c. Laporan hasil penilaian
Laporan hasil penilaian
adalah suatu lampiran yang didalamnya berisi tentang laporan dari hasil
perkembangan anak didik selama satu semester di mana pada saat anak didik
menerima terima rapor didalam buku laporan itu bukan berisikan narasi saja
tetapi berisikan tanda ceklis serta didalam buku laporan tersebut berisikan
kemampuan anak dalam menerima proses belajar mengajar selama satu semester
tersebut.
8.
Pengaturan pelaksanaan bimbingan dan
penyuluhan
Layanan bimbingan dan
penyuluhan yaitu suatu tempat di mana di lakukan konsultasi mengenai apa-apa
saja permasalahan yang di hadapi baik orang tua maupun anak didik itu sendiri.
Tujuan di lakukan layanan dan bimbingan dan penyuluhan yaitu untuk
mengetahui apa saja masalah yang di hadapi oleh anak dan bagaimana cara
mengatasinya. Sebagai guru kita harus melakukan pendekatan, memberikan
pemahaman dahulu kepada anak sehingga anak tersebut mau merubah atau mau
mengakui kesalahan yang di buat oleh anak tersebut.
a. Penyuluhan kepada orang
tua anak didik
Penyuluhan kepada orang
tua anak didik adalah memberikan informasi kepada orang tua anak didik untuk
memberikan dukungan pada pelaksanaan kegiatan yang telah dilakukan yang
berkaitan dengan pertumbuhan dan perkembangan anak untuk mengetahui masalah apa
yang sedang dihadapi oleh anak yang berkaitan dengan perkembangan serta proses
belajar anak.
b. Bimbingan pada anak didik
Bimbingan pada anak didik
adalah memberikan bimbingan untuk meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan
anak dimana pemberian bimbingan tersebut mengenai apa yang perlu diberikan
kepada anak agar anak tersebut dapat merubah kesalahan yang telah di buatnya.
Bisa dilakukan dengan pendekatan secara individual atau kelompok.
9.
Pengaturan penutupan tahun ajaran (Graduation
Ceremony)
Penutupan tahun ajaran
baru adalah kegiatan yang di lakukan setiap tahun di mana kegiatan tersebut
antara lain yaitu adnya laporan pertanggungjawaban ke diknas setiap tahunnya mengenai
kegiatan apa saja yang di lakukan baik itu dalam urusan administrasi,keuangan
dan lain-lain serta adanya penyerahan ijazah para siswa yang mau tamat di
sekolah tersebut serta di adakan kegiatan seni tari pada sat penyerahan
ijazah berlangsung. Penutupan tahun
ajaran baru di selenggarakan guna untuk mengetahui apa saja yang di butuhkan
oleh pihak sekolah serta mengetahui akhir dari hasil pengajaran guru kepada
anak didik,serta ingin mengetahui berapa siswa yang akan di tamatkan oleh pihak
sekolah.selain itu melihat kembali apa-apa saja yang perlu di benahi pada tahun
ajaran baru.dengan adanya penutupan tahun ajaran baru pihak sekolah bisa
mengetahui berapa banyak siswa yang akan di butuhkan di sekolah tersebut.
terimakasih...
BalasHapussangat membantu, ijin copy :)
Silahkan di copy...
HapusJangan lupa sumbernya di tulis yah :)
Kak boleh tau sumbernya?
BalasHapus