IDENTIFIKASI
MEDIA PEMBELAJARAN SESUAI ASPEK PERKEMBANGAN
1. Bermain Plastisin
Aspek
yang dikembangkan :
ü Kognitif :
Perkembangan kognitif
terjadi ketika anak berpikir dan berkonsentrasi saat membentuk plastisin yang
sedang di mainkannya.
ü Fisik:
Perkembangan fisik
terjadi ketika anak menggenggam dan membentuk plastisin yang sedang di
mainkannya.
ü Seni :
Perkembangan seni
terjadi ketika anak membentuk suatu karya dari plastisin.
ü Emosional :
Perkembangan emosional
anak terjadi ketika anak mengungkapkan perasaannya ketika bermain plastisin.
2. Bermain Boneka Tangan :
ü Kognitif :
Perkembangan kognitif
terjadi ketika anak berpikir memainkan boneka tangan dan menmainkannya.
ü Fisik :
Perkembangan fisik
terjadi ketika anak menggerakkan tangannya saat memainkan boneka tangan itu.
ü Bahasa :
Perkembangan bahasa
terjadi saat anak berbicara menirukan boneka tangan tersebut seolah-olah boneka
tersebut hidup.
ü Emosional :
Perkembangan emosional
terjadi ketika anak mengungkapkan perasaannya saat memainkan boneka tangan
tersebut.
ü Sosial :
Perkembangan sosial
terjadi saat anak berinteraksi dengan temannya yang juga memainkan boneka
tangan tersebut.
3. Bermain Balok :
ü Kognitif :
Perkembangan kognitif
terjadi ketika anak berpikir untuk menyusun balok tersebut seperti apa.
ü Fisik :
Perkembangan fisik
terjadi ketika anak sedang menyusun balok, dengan begitu motorik halusnya
berkembang.
ü Emosional :
Perkembangan emosional
terjadi ketika anak mengungkapkan emosi atau perasaannya ketika anak tersebut
bermain balok.
ü Sosial :
Perkembangan sosial
terjadi ketika anak berinteraksi dengan temannya saat bermain balok.
4. Bermain Puzzle
ü Kognitif :
Perkembangan kognitif
terjadi ketika anak berpikir bagaimana susunan yang tepat untuk mengisi puzzle
yang ada.
ü Fisik :
Perkembangan fisik
terjadi ketika anak menggerakkan tangannya untuk mengisi bagian-bagian puzzle.
ü Emotional :
Perkembangan emotional
terjadi ketika anak mengungkapkan perasaannya saat bermain puzzle.
ü Sosial :
Perkembangan sosial
terjadi ketika anak berinteraksi dengan temannya saat mereka sama-sama bermain
puzzle.
ü Bahasa :
Perkembangan bahasa
terjadi saat anak berbicara bersama temannya ketika mereka berdiskusi bagaimana
menyusun puzzle yang tepat.
KURIKULUM
TAMAN KANAK-KANAK
Muatan
Kurikulum Taman Kanak-kanak meliputi sejumlah bidang pengembangan yang keluasan
dan kedalamannya merupakan beban belajar bagi peserta didik pada satuan
pendidikan. Di samping itu materi muatan lokal dan kegiatan pengembangan diri
termasuk ke dalam isi kurikulum.
Ruang
lingkup Kurikulum TK , berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 58
Tahun 2009 tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini meliputi aspek
perkembangan berikut dan pengembangannya :
1. Bidang Pengembangan
a. Bidang Pengembangan Pembiasaan
b. Bidang Pengembangan Kemampuan
dasar.
Berbahasa
Kognitif
Fisik/Motorik
2.
Muatan
Lokal
Berisi
tentang :
Jenis,
strategi pemilihan dan pelaksanaan mulok yang diselenggarakan oleh sekolah. Dalam
pengembangannya mempertimbangkan hal-hal sbb:
Muatan
lokal merupakan kegiatan kurikuler yang bertujuan untuk mengembangkan
kompetensi sesuai dengan ciri khas dan potensi daerah, termasuk keunggulan
daerah.
3.
Pengembangan
Diri
Bertujuan
memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengembangkan dan
mengekspresikan diri sesuai dengan kebutuhan, kemampuan, bakat, minat peserta
didik dan kondisi sekolah. Dapat
dilaksanakan dalam bentuk kegiatan:
a. Bimbingan konseling, (kehidupan
pribadi, sosial, kesulitan belajar, karir
b. Ekstra kurikuler, Pengembangan
kreativitas, kepribadian siswa.
4.
Pengaturan
Beban Belajar
Berisi
tentang jumlah beban belajar per Bidang Pengembangan, per minggu per semester
dan per Tahun Pelajaran yang dilaksanakan di sekolah, sesuai dengan alokasi
waktu yang tercantum dalam Struktur Kurikulum.
Sekolah
dapat mengatur alokasi waktu untuk setiap bidang pengembangan pada semester
ganjil dan genap dalam satu tahun pelajaran sesuai dengan Kebutuhan, tetapi
jumlah Beban belajar per tahun secara keseluruhan tetap.
5.
Pengelompokan
Anak didik:
Kriteria
pengelompokan disesuaikan dengan usia perkembangan anak didik
a. 5 th kelompok AØ
a. 5 th kelompok AØ
b.
6 th kelompok BØ
6. Perpindahan Kelompok
Perpindahan
kelompok dilaksanakan pada setiap akhir tahun pembelajaran, apabila anak sudah
cukup umur . (A ke B, B ke SD )
7.
Pendidikan
Kecakapan hidup
Merupakan
kompetensi yang berisi pendi-dikan kecakapan hidup yang diintegrasi-kan ke
bidang pengembangan yang ada(Mis:mandi sendiri,makan sendiri, gosok gigi
sendiri, BAB sendiri, pakai sepatu sendiri dll)
8.
Pendidikan
berbasis keunggulan lokal dan global
Merupakan
kompetensi yang merupakan keunggulan lokal dan daya saing global (yang
materinya tidak bisa masuk ke bidang pengembangan yang ada )Mis: Bahasa
Inggris, Bahasa arab, komputer dll.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar