Label

Selasa, 18 Agustus 2020

Mind Map tentang Landasan dan Prinsip Penguatan Integritas

Mind Map tentang Landasan dan Prinsip Penguatan Integritas

Langkah saya sebagai guru dalam menghadapi masalah tersebut adalah dengan menemui kepala sekolah sebagai pemimpin yang memiliki jabatan tertinggi di sekolah. Jika saya tidak direspon untuk pertama kali maka saya akan datang untuk kedua kali di lain waktu untuk menemui beliau, jika masih tidak di respon maka saya akan menemui untuk ketiga kalinya dan seterusnya hingga saya di respon oleh kepala sekolah.

Ketika kepala sekolah sudah merespon tanggapan saya maka saya akan menjelaskan bahwa kedisiplinan di sekolah belum sesuai dengan nilai-nilai karakter yang harus dimiliki karena terjadi pelanggaran kedisiplinan, dan kita harus mengubah situasi di sekolah mengingat ada peraturan sekolah yang harus dilakukan untuk mendisiplinkan siswa dan membiasakan perilaku disiplin. Bukan hanya untuk siswa tapi juga untuk guru terutama diri saya sendiri sebagai guru.

Sangat diharapkan kepala sekolah mengadakan pembicaraan ulang/rapat dan mengingatkan kembali tentang peraturan sekolah dan sanksi yang akan diberikan jika ada yang melanggar aturan sekolah karena jika guru saja sebagai teladan bagi siswa tersebut melanggar aturan apalagi siswa itu sendiri.

Setelah itu baru dikomunikasikan atau mengingatkan kembali tentang peraturan sekolah dan ada baiknya jika diberitahukan kepada orang tua siswa dan kepada siswa itu sendiri pada awal tahun ajaran baru masuk sekolah, bahwa ada peraturan jika siswa terlambat maka tidak bisa masuk ke kelas. Hal tersebut dilakukan semata-mata untuk menegakkan kedisiplinan disekolah karena sekolah adalah tempat untuk mendidik siswa dan membiasakan perilaku yang disiplin dan itu semua tidak dapat berfungsi maksimal tanpa adanya kerjasama antara kepala sekolah, guru, siswa dan orang tua murid. Dengan demikian persoalan dan solusi menjadi mudah dipahami dan dimengerti oleh semua pihak sehingga terciptalah kedisiplinan di sekolah yang menjadi salah satu nilai dalam penguatan integritas.

2.       Penyebab guru tidak berintegritas

a.       Hal teresebut lumrah terjadi

b.      Memiliki pemikiran bahwa jika guru terlambat guru pasti tetap di izinkan masuk jika tidak maka proses belajar mengajar tidak akan berjalan

c.       Melemahnya sikap peduli, disiplin dan tanggung jawab guru

Solusi untuk diri sendiri

a.       Memotivasi diri sendiri untuk tetap datang pagi sesuai dengan aturan yang ditetapkan hal itu karena semua berawal dari diri sendiri dan menjadi contoh bagi siswa dan guru-guru yang lain, sebelum merubah sekitar kita harus dimulai dari diri sendiri.

b.      Ketika kita memerikan contoh yang positif maka akan menular kepada lingkungan kita. Mengingat kita sebagai guru adalah contoh dan teladan bagi siswa.

3.        *Tidak untuk di copy paste, Hanya untuk referensi untuk kalian para guru-guru hebat, Guru Profesional. Terima Kasih, Sukma Sukardi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar