Label

Selasa, 18 Agustus 2020

Tugas Akhir Modul 1 Konsep Dasar Ilmu Pendidik

 

TUGAS AKHIR

NAMA             : SUKMA SUKARDI, S.Pd


Untuk memperdalam pemahaman Anda mengenai materi dalam modul 1  maka, kerjakanlah tugas terstruktur berikut ini!

1.      Berdasarkan materi yang disajikan dalam KB 1 buatlah sebuah peta konsep yang menggambarkan hubungan antar landasan pendidikan serta fungsi landasan pendidikan bagi tenaga pendidik!


*Tidak untuk di copy paste, hanya dijadikan referensi untuk kalian guru-guru hebat & Guru Profesional... Thank You... Sukma Sukardi. 

2.       Seorang petani memiliki anak kembar bernama A dan B. Setelah tamat SD, A dibawa pindah ke kota oleh pamannya yang bekerja sebagai supir. Sedangkan B tetap tinggal di desa dengan bapaknya. Setelah dewasa, pada usia 24 tahun A bekerja menjadi supir online di kota dan B menjadi buruh tani di desa.  Penampilan dan pola hidup A berbeda dengan penampilan dan pola hidup B, padahal mereka bersaudara bahkan kembar. Coba anda jelaskan mengapa A dan B berbeda perkembangan pribadinya? 

            Menurut saya alasan mengapa A dan B berbeda perkembangan pribadinya padahal            mereka adalah saudara kembar dikarenakan oleh lingkungan sekitar mereka,

            Karena A ikut bersama pamannya yang berprofesi sebagai seorang supir sehingga A           setiap hari dikelilingi oleh kehidupan sang paman sebagai seorang supir dan wajar jika A         ketika beranjak dewasa juga akan terjun ke profesi yang sama sebagai seorang supir

            Sedangkan saudara kembarnya tinggal bersama bapaknya di desa dimana kesehariannya    di kelilingi oleh kehidupan bapaknya yang tinggal didesa dan wajar jika  menjadi buruh      tani di desa.

3.      Bapak Sigit adalah seorang guru yang bertugas di sekolah “X” yang terletak di perkotaan dengan fasilitas sarana dan prasarana yang sangat lengkap dan dukungan dari para wali murid yang sangat baik. Namun para peserta didik di sekolah tersebut kurang mandiri dan kurang disiplin. Berdasarkan kondisi tersebut, kembangkan sebuah desain pembelajaran berdasar pada teori belajar tertentu! 

 

Berdasarkan uraian tersebut maka bapak sigit sebaiknya menerapkan metode pembelajaran konstruktivistik dimana dengan pembelajaran ini maka anak dapat membentuk pengetahuannya dengan belajar aktif dalam berpikir dan menyusun konsep sehingga anak dapat belajar dengan mandiri dan agar anak disiplin maka sebaiknya sekolah menerapkan kegiatan atau Progam 3.S (salam senyum sapa) yang diaplikasikan setiap pagi oleh kepala sekolah bersama guru dalam menyambut kedatangan anak disekolah  dengan menyalaminya dan  berbagai sambutan  keramahan yang lain.

Hasil  dari  pelaksanaan  program  3.S  ini  peserta  didik  yang  datang  kesekolah terlambat  menjadi  jauh  berkurang  atau  sekitar  dibawah  sepuluh  anak  dengan alasan  keterlambatan yang sangat  masuk akal/tidak  dibuat-buat,  berarti  tingkat kedisiplinan kehadiran siswa di sekolah bisa dipantau untuk ditingkatkan. Selain itu program 3S ternyata berdampak pada kerapian dan kelengkapan pakaian anak meningkat  baik.  Siswa  menjadi  terbiasa  saling  beertegur  sapa  antar  teman selevelnya atau terhadap senior/yuniornya, gurunya atau warga sekolah yang lain dengan  tata  krama/sopan  santun  yang  berlaku  dilingkungan  sekolah.  Program Salam Senyum Sapa  bagi sekolah manfaat besar  sekali,  sekolah dengan mudah memantau kebisaan baik dan buruk dari perilaku dan pola pikir iandividu-individu peserta  didik  dengan  mudah.  Peserta  didik  menjadi  merasa  dihargai  dan diperhatikan sehingga mereka merasa nyaman dan aman di sekolah.

*Tidak untuk di copy paste, hanya dijadikan referensi untuk kalian guru-guru hebat & Guru Profesional... Thank You... Sukma Sukardi. 


4.       Coba anda lakukan indentifikasi tentang gaya belajar peserta didik pada kelas anda!

 

Ø  Gaya belajar anak visual

Gaya belajar peserta didik saya ada yang cenderung lebih cepat menerima informasi dengan menggunakan indera penglihatannya. Anak-anak dengan mudah mengingat sesuatu dari bentuk, penampilan, warna dan sebagainya yang berhubungan dengan visual. Mereka umumnya suka menggambar, suka memperhatikan detail gambar, dan memperhatikan gejala-gejala fenomena alam yang terjadi di sekitarnya. Untuk memudahkan guru mendampingi siswa siswi kita dengan memilihkan buku – buku cerita yang banyak menggunakan ilustrasi gambar

Ø  Tipe Belajar Auditori

Gaya belajar peserta didik saya ada juga yang cenderung lebih cepat menerima informasi dengan baik dan efektif dengan memakai indra pendengaran (audio). Anak lebih menyerap informasinya dengan mendengarkan tanpa harus memperhatikan pemberi informasi.

Ø  Tipe belajar kinestetik

Gaya belajar peserta didik saya ada juga yang cenderung lebih cepat menerima informasi dengan melibatkan gerakan tubuh (gerak, menyentuh dan melakukan). Senang menggunakan media yang bisa disentuh, seperti alat peraga. Anak cenderung berpindah – pindah tempat saat melakukan kegiatan.

 

5.      Buatlah strategi implementasi kurikulum 2013 yang dapat menyiapkan peserta didik hidup di masa depan?

Strategi implementasi Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini yaitu dengan menyusun komponen seperti, guru menyiapkan PROSEM ( Program Semeseter), RPPM ( Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mingguan), RPPH (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian), dan juga penilaian. Oleh karean itu dengan adanya kegiatan ini dapat mengarahkan anak dalam meningkatkan perkembangannya.

Perencanaan pembelajaran pada kurikulum 2013 di PAUD dilakukan dengan pendekatan dan model pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan, karakteristik anak, dan budaya lokal.  Pembuatan kurikulum tersebut dibuat dengan memperhatikan :

a. Mengacu pada kompetensi dasar (KD) yang memuat sikap, pengetahuan, dan keterampilan utnuk mewujudkan ketercapaian Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak (STPPA) yang mencakup nilai agama dan moral, motorik, kognitif, bahasa, social emosional dan seni.

b. Memuat materi yang sesuai dengan KD dan dikaitkan dengan tema.

c. Memilih kegiatan selaras dengan muatan/ materi pembelajaran

d. Mengembangkan kegiatan main yang berpusat pada anak

e. Menggunakan pembelajaran tematik

f. Mengembangkan cara berfikir saintifik

g. Berbasis budaya lokal dan memanfaatkan lingkungan alam sekitar, sebagai media bermain anak.

*Tidak untuk di copy paste, hanya dijadikan referensi untuk kalian guru-guru hebat & Guru Profesional... Thank You... Sukma Sukardi. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar