Label

Selasa, 18 Agustus 2020

Tes Formatif Modul 3 KB 1 Pedagogi 3 Pembelajaran Inovatif

 Tes Formatif KB 1


1. STEAM adalah singkatan dari....

a. Science, Technique, Engineering, Art, Manipulation

b. Science, Technology, Engineering, Art, Mathematics

c. Science, Technology, Engineering, Art, Manipulation

d. Science, Technique, Engineering, Art, Mathematics

 

2. Teknik adalah ilmu yang mencakup....

a. desain sistem, peralatan, dan mesin

b. pola-pola sistemik pada organisme

c. inovasi observasi lingkungan

d. bahasa-bahasa alam dan teknologi

 

3. Pendekatan pembelajaran STEAM yang mengajarkan pelajaran Matematika dan IPA secara terpisah dalam waktu yang berbeda dikenal sebagai pendekatan .... 

a. silo

b. embeded

c. integrated

d. silo-integrated

 

4. Pendekatan terbaik untuk menerapkan pembelajaran STEAM pada siswa sekolah dasar adalah....

a. silo

b. embeded

c. integrated

d. silo-embeded

 

5. Berikut merupakan salah satu tujuan diperlukannya pembelajaran STEAM, yaitu ....

a. Pekerjaan-pekerjaan terdahulu memerlukan keahlian STEAM

b. Kaum laki-laki lebih ditekankan untuk mempelajari bidang STEAM

c. Indonesia harus melakukan reformasi kultural pada bidang ekonomi

d. Menumbuhkan keterampilan penalaran calon pekerja mendatang

 

6. Salah satu cara mendasar agar pembelajaran STEAM dapat diterapkan di sekolah adalah melalui....

a. Keterlibatan pengusaha

b. Dukungan orang tua

c. Perencanaan pembangunan 

d. Perencanaan pembelajaran

  

7. Berikut ini merupakan contoh prinsip pembelajaran STEAM yang berupa prinsip keaktifan, yaitu ....

a. Peserta didik diperlihatkan contoh dan non contoh

b. Peserta didik diminta berpikir secara induktif

c. Peserta didik disadarkan untuk termotivasi

d. Peserta didik diberikan penghargaan dan medali 

 

8. Apa suasana dan norma yang dominan berlaku dalam pembelajaran STEAM yang dilakukan dengan model Problem Based Learningdan Project Based Learning....

a. individualistik

b. kompetitif

c. kolaboratif

d. formalistik

 

9. Berikut ini merupakan contoh penerapan dari pembelajaran STEAM untuk anak SMA yang tepat ....

a. Peserta didik diminta membedakan perubahan waktu pada jam dinding dari kertas kardus

b. Peserta didik diminta membuat projek identifikasi bentuk geometri melalui alam yang dikunjungi

c. Peserta didik diminta merangkai puzzle dalam penentuan luas dan keliling benda di kelas

d. Peserta didik diminta membuat kebun binantang dari plastisin guna membedakan habitat hewan air dan darat

 

10.  Di bawah ini yang merupakan salah satu tantangan pembelajaran STEAM yang perlu diatasi yaitu: ....

a. standar pelajaran jelas tertulis di kurikulum nasional Indonesia

b. beragamnya kompetensi abad 21 yang perlu dicapai

c. bidang teknik dan teknologi lebih disukai oleh perempuan

d. dianggap terlambat saat STEAM diterapkan di Sekolah Menengah Atas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar