OBSERVASI
BELAJAR DAN PEMBELAJARAN
“
UPAYA MENGAJAR YANG EFEKTIF “
D
I
S
U
S
U
N
O
L E H :
KELOMPOK
VI
S
U K M A S U K A R D I
H
U S N I
D
W I S U L A S T R I
I
M I N T A N G
A
N G G R I L I S M A Y A N I
UNIVERSITAS
NEGERI MAKASSAR
FAKULTAS
ILMU PENDIDIKAN
PENDIDIKAN
GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
2011
PENDAHULUAN
A.
Latar belakang
Mengajar
adalah system kegiatan untuk membimbing atau merangsang belajar anak dalam
penentuan keterampilan untuk hidup kehidupannya sebagaimana kita tahu bahwa
belajar adalah proses mengetahui segala hal di muka bumi ini dengan menggunakan
kelebihan kita yakni akal pikiran dan hati yang mana proses belajar berlangsung
dimana, kapan saja, yakni life long education belajar dan mengajar itu selalu
saling terkait dimana proses belajar itu secara tidak sistematis jika di
hubungkan dengan tujuan tapi jika mengajar instruksional yakni pengaturan,
situasi belajar sedemikian rupa sehingga belajar siswa dapat berlangsung dengan
mudah, hal ini juga bisa disebut dengan mengajar efektif yakni sesuai dengan
prosedur pengajaran.
B. HAKEKAT MENGAJAR
EFEKTIF
Dalam
kesempatan ini kami mengajukan beberapa pertanyaan kepada guru-guru yang
mengajar di TK PERTIWI. Adapun pertanyaan yang kami ajukan yakni beserta jawaban
dari ibu gurunya:
Ø Menurut
ibu apa itu mengajar yang efektif ?
Jawab
: menurut ibu ani (guru kelas B 3)
mengatakan bahwa mengajar efektif
adalah mengajar sesuai dengan program
yang telah disusun atau berdasarkan dengan kurikulum yang telah ditetapkan.
Ø Bagaimana
cara mengjajar yang efektif ?
Jawab
: cara mengajar yang efektif yakni
·
Seorang guru itu harus menguasai bahan
ajar sesuai dengan program yang direncanakan.
·
Seorang guru itu harus melaksanakan
secara tuntas dengan menggunakan metode mengajar yang bervariasi sehingga anak
selalu tertarik.
Ø Apa-apa
saja syarat mengajar yang efektif ?
Jawab
: a. menyiapkan bahan ajar
b. melaksanakan pengajar sesuai
dengan bahan yang disiapkan
c. memilki dan menguasai komptensi
guru seperti komptensi pedagogic,kepribadian, dll.
Ø Apakah
semua guru-guru atau tenaga pendidik di TK pertiwi cara mengajarnya sudah
efektif ?
Jawab
: menurut ibu ani itu tergantung dari cara guru tersebut mengajar, jika guru
tersebut sudah melakukan sesuai dengan program atau bahan ajar menurutnya itu
sudah cukup efektif.
Ø Bagaimana
atau apa hubungan mengajar yang efektif dengan aspek perkembangan anak ?
Jawab
: sangat menunjang perkembnagna anak dimana dalam mengajar ada prinsip-prinsip
pengajaran yang diterapkan sesuai dengan perkembangan anak. Contoh : pembelajaran dikelompok A sangat berbeda
dengan pembelajaran dikelompok B sehingga tingkat perkembangan anaknya juga
berbeda.
Ø Karakter
guru yang bagaimana agar dikatakan cara
mengajarnya sudah efektif ?
Jawab
: karakter gurunya yakni :
a. guru
yang mampu mengolah pembelajaran dan menarik
tidak membosankan terhadap
anak.
b. Pembelajarnya
bervariasi sehingga anak selalu merasa tertarik dengan materi pembelajaran yang
diberikan .
UPAYA
MENGAJAR EFEKTIF
NO
|
ASPEK YANG DIAMATI
|
PENILAIAN
|
KET.
|
||
BAIK
|
CUKUP
|
KURANG
|
|||
A.
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
D.
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
E.
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
11.
\
12.
F.
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
G.
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
|
SISTEMATIKA
KEGIATAN BELAJAR
Mengarahkan
perhatian
Memberikan
tujuan yang hendak di amati
Pengetahuan
yang dipersyaratkan telah dipelajari
Menyampaikan
bahan pelajaran
Memberikan
petunjuk dan tuntutan dalam belajar
Memancing
penampilan siswa
Memberikan
balikan
Menilai
penampilan/hasil belajar
Merangsang
kemampuan mengingat-ingat
PRINSIP MENGAJAR EFEKTIF
Menguasai materi pelajaran yang akan
diajarkan
Kesehatan dan kondisi jasmani
Sifat kepribadian & penguasaan
diri
Mengerti sifat & perkembangan
manusia
Mampu menggunakan prinsip belajar
Toleransi budaya,agama & suku
bangsa
Peningkatan profesi & budaya
CIRI MENGAJAR YANG BAIK
Kecakapan membimbing mengajar
Ramah dan simpatik
Berencana dengan baik
Kerjasama
Memberikan saran & anjuran
Demokrasi
Merangsang
Memperhitungkan pengalaman masa lampau
siswa
Progresif
Mendiagnosis kesulitan-kesulitan
Menyembuhkan (remedy)
Memberi kebebasan kepada anak-anak
STRATEGI MENGAJAR
Berdasarkan bentuk pendekatan
Berdasarkan pengelompokan siswa
Berdasarkan kecepatan siswa
Pengelompokan berdasarkan kemajuan
Pengelompokan berdasarkan minat
Pengelompokan berdasarkan kecepatan
belajar
Berdasarkan ranah tujuan
METODE MENGAJAR
Metode ceramah
Metode Tanya jawab
Metode diskusi
Metode pemberian tugas
belajar/resitasi
Metode demonstrasi/eksperimen
Metode kerja kelompok
Metode sosio drama
Metode karya wisata
Metode permainan simulasi
|
ü
ü
ü
ü
ü
ü
ü
ü
ü
ü
ü
ü
ü
ü
ü
ü
ü
ü
ü
ü
ü
ü
ü
ü
ü
ü
ü
ü
ü
ü
ü
ü
ü
ü
ü
ü
ü
ü
ü
ü
|
ü
|
ü
ü
ü
|
Yaitu
seorang guru harus selalu memberikan semangat besar pada anak didiknya, hal
ini dilihat ketika ibu ani memberikan semangat ketika dia akan memulai
pelajaran atau ketika anak-anak tidak konsentrasi dengan caranya “tepuk satu,
yes” atau dengan bertanya masalah.
Sejauh
mana anak itu menguasai pelajaran yang diberikan oleh gurunya agar anak dapat
mengerti dan memahami pelajaran
Menjelaskan
apa yang akan di pelajari
Menggelindingkan
simpai
Ketika
2 orang siswa naik memperagakan
Memberikan
tepuk tangan
Dengan
menggunakan bahasa tubuh ketika menanyakan pelajaran kemarin
Saat
anak memakai baju yang seragam
Tanya
jawab tentang kegiatan dan pengalaman pada anak itu sendiri, contohnya saya
pernah ke kampong
Sebelum
bu ani mengajar dia telah menguasai pelajaran yang akan diajarkan terlihat
dari caranya mengajar
Baik
karena bu ani sangat semangat saat mengajar anak didiknya
Dia
mampu menyesuaikan diri dan menguasai saat anak didiknya ribut dan risih
Bu
ani mengerti sifat & perkembangan manusia khususnya perkembangan anak,
Prinsip
belajar yang digunakan bu ani ini merupakan dasar-dasar untuk mengajar
efektif d mulai dari dia menguasai pelajaran sampai penguasaan diri dll
Bu
ani mampu mengajar murid tanpa mempertimbangkan anak didiknya beragama
ataupun bersuku bangsa apa, dia bisa menyeimbangkan semua, anak didiknya
sendiri ada yg berasal dari suku Makassar, Bugis,Padang, dll
Bu
ani giat menambah pengetahuan dari membaca buku dan juga belajar dari
pengalaman-pengalaman sesame guru di TK Pertiwi tersebut.
Dalam
proses belajar berlangsung guru berjalan di sekeliling anak dan apa bila guru
melihat ada kesalahan kepada anak tersebut
maka guru mendidik untuk memperbaiki kesalahan tersebut
Seorang
guru harus ramah kepada siswanya agar siswa dapat mengikuti dan menerima
pelajaran dengan baik
Sebelum
guru memberikan materi kepada muridnya guru terlebih dahulu mempelajari
materinya yang akan di ajarkan kepada siswanya.
Dalam
proses belajar mengajar guru dan murid dapat saling bekerjasama di dalam
kelas.
Dalam
proses belajar mengajar guru memberikan saran-saran yang baik kepada siswa
dan guru memberikan perlakuan yang sama kepada muridnya.
Dalam
proses belajar mengajar guru selalu menciptakan suasana yang nyaman seperti
halnya ketika anak-anak rebut kemudian ibu guru mengatakan tepuk satu,setelah
itu anak bertepuk tangan satu kali,lalu bilang yes
Guru
memberikan contoh permainan kepada muridnya kemudian anak tersebut
memperaktekkannya
Guru
menceritakan kepada muridnya tentang dongeng-dongeng yang menarik
Seorang
guru mengajarkan kepada muridnya bagai mana cara mengembangkan bakat setiap
(person) orangnya.
Gurunya
mampu menenangkan siswanya dengan cara yang sangat simpel,artinya dia tau apa
yang dim au oleh siswanya,sehingga dia mampu menatasi masalah
Ketika
anak mengalami kesulitan,baik itu
dalam mewarnai atau bermain ibu guru mampu
menengkan atau menyembuhkan kesulitan yang di alami oleh anak.
Karena
ibu guru memberikan kebebasan kepada anak-anak untuk menambah bakat dan kemampuannya
masing-masing,sesuai dengan norma
Guru
selalu mendekati muridnya untuk melihat apakah benar suatu kegiatan yang di
kerka oleh muridnya
Dalam
satu kelas guru membagi menjadi beberapa kelompok,di antaranya kelompok
apel,durian,DLL
Guru
memberikan game’s misalnya berlomba menyusun menara,yang di mana guru
mengukur kecepatan berfikir siswanya
Guru
mengelompokkan secara merata,dengan melihat,jumlah siswa dan tingkat
kemampuan siswanya,sehingga sutu nkelompok dapat saling berinteraksi antara
satu dengan kelompok yang lainnya
Karena
pengelompokan hanya di atur oleh guru,bukan berdasarkan kemauan muridnya
Guru
membagi secara merata,yang dimana setiap kelompok ada yang bisa atau mampu
menjawab pertanyan atau game yang di berikan oleh guru
Guru
sudah melakukan rana kognitif,afektif,dan psikomotoris,yang di mana sesuai
dengan tujuan
Guru
menjelaskan tata cara menggelindingkan bola dengan baik.
Terjadi
umpan balik pertanyaan antara guru dan siswa tentang tata caranya
Metode
diskusi tidak dilakukan pada sekolah TK
Guru
memberikan tugas menggambar makanan kesukaan kepada siswa
Guru
memperlihatkan cara bermain simpai dan mengajarkannya kepada anak didiknya
Anak
bekerja secara berkelompok,ada klmpok menjahit & menggambar
Selama
observasi anak tidak pernah bermain peran atau drama
Selama
observasi anak tidak pernah melakukan belajar di luar kelas
Guru
memberikan tugas menjahit baju dengan bahan yang sangat mirip dengan baju
asli
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar