Label

Sabtu, 19 November 2011

upaya mengajar efektif


OBSERVASI BELAJAR DAN PEMBELAJARAN
“ UPAYA MENGAJAR YANG EFEKTIF “
Logo UNM Cantik.jpg
D
I
S
U
S
U
N
O L E H :
KELOMPOK VI
S U K M A  S U K A R D I
H U S N I
D W I  S U L A S T R I
I M I N T A N G
A N G G R I  L I S M A Y A N I
UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
2011


PENDAHULUAN
A.    Latar belakang
Mengajar adalah system kegiatan untuk membimbing atau merangsang belajar anak dalam penentuan keterampilan untuk hidup kehidupannya sebagaimana kita tahu bahwa belajar adalah proses mengetahui segala hal di muka bumi ini dengan menggunakan kelebihan kita yakni akal pikiran dan hati yang mana proses belajar berlangsung dimana, kapan saja, yakni life long education belajar dan mengajar itu selalu saling terkait dimana proses belajar itu secara tidak sistematis jika di hubungkan dengan tujuan tapi jika mengajar instruksional yakni pengaturan, situasi belajar sedemikian rupa sehingga belajar siswa dapat berlangsung dengan mudah, hal ini juga bisa disebut dengan mengajar efektif yakni sesuai dengan prosedur pengajaran.
B. HAKEKAT MENGAJAR EFEKTIF
Dalam kesempatan ini kami mengajukan beberapa pertanyaan kepada guru-guru yang mengajar di TK PERTIWI. Adapun pertanyaan yang kami ajukan yakni beserta jawaban dari ibu gurunya:
Ø  Menurut ibu apa itu mengajar yang efektif ?
Jawab :  menurut ibu ani (guru kelas B 3) mengatakan bahwa mengajar  efektif adalah  mengajar sesuai dengan program yang telah disusun atau berdasarkan dengan kurikulum yang telah ditetapkan.
Ø  Bagaimana cara  mengjajar yang efektif ?
Jawab :  cara mengajar yang efektif yakni
·         Seorang guru itu harus menguasai bahan ajar sesuai dengan program yang direncanakan.
·         Seorang guru itu harus melaksanakan secara tuntas dengan menggunakan metode mengajar yang bervariasi sehingga anak selalu tertarik.
Ø  Apa-apa saja syarat mengajar yang efektif ?
Jawab : a.  menyiapkan bahan ajar
            b. melaksanakan pengajar sesuai dengan bahan yang disiapkan
            c. memilki dan menguasai komptensi guru seperti komptensi pedagogic,kepribadian, dll.
Ø  Apakah semua guru-guru atau tenaga pendidik di TK pertiwi cara mengajarnya sudah efektif ?
Jawab : menurut ibu ani itu tergantung dari cara guru tersebut mengajar, jika guru tersebut sudah melakukan sesuai dengan program atau bahan ajar menurutnya itu sudah cukup efektif.
Ø  Bagaimana atau apa hubungan mengajar yang efektif dengan aspek perkembangan anak ?
Jawab : sangat menunjang perkembnagna anak dimana dalam mengajar ada prinsip-prinsip pengajaran yang diterapkan sesuai dengan perkembangan anak. Contoh :  pembelajaran dikelompok A sangat berbeda dengan pembelajaran dikelompok B sehingga tingkat perkembangan anaknya juga berbeda.
Ø  Karakter guru yang  bagaimana agar dikatakan cara mengajarnya sudah efektif ?
Jawab : karakter gurunya yakni :
a.    guru yang mampu mengolah pembelajaran dan menarik  tidak membosankan      terhadap anak.
b.   Pembelajarnya bervariasi sehingga anak selalu merasa tertarik dengan materi pembelajaran yang diberikan .





UPAYA MENGAJAR EFEKTIF
NO
ASPEK YANG DIAMATI
PENILAIAN
KET.
BAIK
CUKUP
KURANG
A.
1.








2.





3.


4.

5.


6.

7.



8.


9.



D.
1.




2.



3.



4.




5.






6.









7.






E.
1.








2.





3.





4.




5.






6.









7.




8.



9.




10.







11.



\


12.





F.
1.



2.




3.





4.








5.




6.






7.




G.
1.



2.



3.


4.



5.




6.



7.



8.



9.
SISTEMATIKA KEGIATAN BELAJAR
Mengarahkan perhatian








Memberikan tujuan yang hendak di amati





Pengetahuan yang dipersyaratkan telah dipelajari

Menyampaikan bahan pelajaran

Memberikan petunjuk dan tuntutan dalam belajar

Memancing penampilan siswa

Memberikan balikan



Menilai penampilan/hasil belajar


Merangsang kemampuan mengingat-ingat


PRINSIP MENGAJAR EFEKTIF
Menguasai materi pelajaran yang akan diajarkan



Kesehatan dan kondisi jasmani



Sifat kepribadian & penguasaan diri



Mengerti sifat & perkembangan manusia




Mampu menggunakan prinsip belajar






Toleransi budaya,agama & suku bangsa









Peningkatan profesi & budaya






CIRI MENGAJAR YANG BAIK
Kecakapan membimbing mengajar








Ramah dan simpatik





Berencana dengan baik





Kerjasama




Memberikan saran & anjuran






Demokrasi









Merangsang




Memperhitungkan pengalaman masa lampau siswa


Progresif




Mendiagnosis kesulitan-kesulitan







Menyembuhkan (remedy)






Memberi kebebasan kepada anak-anak





STRATEGI MENGAJAR
Berdasarkan bentuk pendekatan



Berdasarkan pengelompokan siswa




Berdasarkan kecepatan siswa





Pengelompokan berdasarkan kemajuan








Pengelompokan berdasarkan minat




Pengelompokan berdasarkan kecepatan belajar





Berdasarkan ranah tujuan




METODE MENGAJAR
Metode ceramah



Metode Tanya jawab



Metode diskusi


Metode pemberian tugas belajar/resitasi



Metode demonstrasi/eksperimen




Metode kerja kelompok



Metode sosio drama



Metode karya wisata



Metode permainan simulasi

ü








ü





ü


ü

ü


ü

ü



ü


ü




ü




ü



ü



ü




ü






ü









ü








ü








ü





ü





ü




ü






ü









ü




ü



ü




ü







ü






ü






ü



ü




ü





ü













ü






ü





ü



ü






ü



ü




ü











ü
































































































































































































ü
























































































































































































































ü















ü



ü





Yaitu seorang guru harus selalu memberikan semangat besar pada anak didiknya, hal ini dilihat ketika ibu ani memberikan semangat ketika dia akan memulai pelajaran atau ketika anak-anak tidak konsentrasi dengan caranya “tepuk satu, yes” atau dengan bertanya masalah.

Sejauh mana anak itu menguasai pelajaran yang diberikan oleh gurunya agar anak dapat mengerti dan memahami pelajaran

Menjelaskan apa yang akan di pelajari

Menggelindingkan simpai

Ketika 2 orang siswa naik memperagakan

Memberikan tepuk tangan

Dengan menggunakan bahasa tubuh ketika menanyakan pelajaran kemarin

Saat anak memakai baju yang seragam

Tanya jawab tentang kegiatan dan pengalaman pada anak itu sendiri, contohnya saya pernah ke kampong

Sebelum bu ani mengajar dia telah menguasai pelajaran yang akan diajarkan terlihat dari caranya mengajar

Baik karena bu ani sangat semangat saat mengajar anak didiknya

Dia mampu menyesuaikan diri dan menguasai saat anak didiknya ribut dan risih

Bu ani mengerti sifat & perkembangan manusia khususnya perkembangan anak,

Prinsip belajar yang digunakan bu ani ini merupakan dasar-dasar untuk mengajar efektif d mulai dari dia menguasai pelajaran sampai penguasaan diri dll

Bu ani mampu mengajar murid tanpa mempertimbangkan anak didiknya beragama ataupun bersuku bangsa apa, dia bisa menyeimbangkan semua, anak didiknya sendiri ada yg berasal dari suku Makassar, Bugis,Padang, dll

Bu ani giat menambah pengetahuan dari membaca buku dan juga belajar dari pengalaman-pengalaman sesame guru di TK Pertiwi tersebut.


Dalam proses belajar berlangsung guru berjalan di sekeliling anak dan apa bila guru melihat ada kesalahan kepada anak tersebut  maka guru mendidik untuk memperbaiki kesalahan tersebut

Seorang guru harus ramah kepada siswanya agar siswa dapat mengikuti dan menerima pelajaran dengan baik

Sebelum guru memberikan materi kepada muridnya guru terlebih dahulu mempelajari materinya yang akan di ajarkan kepada siswanya.

Dalam proses belajar mengajar guru dan murid dapat saling bekerjasama di dalam kelas.

Dalam proses belajar mengajar guru memberikan saran-saran yang baik kepada siswa dan guru memberikan perlakuan yang sama kepada muridnya.

Dalam proses belajar mengajar guru selalu menciptakan suasana yang nyaman seperti halnya ketika anak-anak rebut kemudian ibu guru mengatakan tepuk satu,setelah itu anak bertepuk tangan satu kali,lalu bilang yes

Guru memberikan contoh permainan kepada muridnya kemudian anak tersebut memperaktekkannya

Guru menceritakan kepada muridnya tentang dongeng-dongeng yang menarik

Seorang guru mengajarkan kepada muridnya bagai mana cara mengembangkan bakat setiap (person) orangnya.

Gurunya mampu menenangkan siswanya dengan cara yang sangat simpel,artinya dia tau apa yang dim au oleh siswanya,sehingga dia mampu menatasi masalah

Ketika anak mengalami  kesulitan,baik itu dalam mewarnai atau bermain ibu guru mampu  menengkan atau menyembuhkan kesulitan yang di alami oleh anak.

Karena ibu guru memberikan kebebasan kepada anak-anak untuk  menambah bakat dan kemampuannya masing-masing,sesuai dengan norma

Guru selalu mendekati muridnya untuk melihat apakah benar suatu kegiatan yang di kerka oleh muridnya

Dalam satu kelas guru membagi menjadi beberapa kelompok,di antaranya kelompok apel,durian,DLL

Guru memberikan game’s misalnya berlomba menyusun menara,yang di mana guru mengukur kecepatan berfikir siswanya

Guru mengelompokkan secara merata,dengan melihat,jumlah siswa dan tingkat kemampuan siswanya,sehingga sutu nkelompok dapat saling berinteraksi antara satu dengan kelompok yang lainnya

Karena pengelompokan hanya di atur oleh guru,bukan berdasarkan kemauan muridnya

Guru membagi secara merata,yang dimana setiap kelompok ada yang bisa atau mampu menjawab pertanyan atau game yang di berikan oleh guru

Guru sudah melakukan rana kognitif,afektif,dan psikomotoris,yang di mana sesuai dengan tujuan


Guru menjelaskan tata cara menggelindingkan bola dengan baik.

Terjadi umpan balik pertanyaan antara guru dan siswa tentang tata caranya

Metode diskusi tidak dilakukan pada sekolah TK

Guru memberikan tugas menggambar makanan kesukaan kepada siswa

Guru memperlihatkan cara bermain simpai dan mengajarkannya kepada anak didiknya

Anak bekerja secara berkelompok,ada klmpok menjahit & menggambar

Selama observasi anak tidak pernah bermain peran atau drama

Selama observasi anak tidak pernah melakukan belajar di luar kelas

Guru memberikan tugas menjahit baju dengan bahan yang sangat mirip dengan baju asli


Tidak ada komentar:

Posting Komentar