SUKMA SUKARDI
104904021
PGPAUD KELAS A 2010
SUPERVISI DAN EVALUASI
Supervisi dalam bidang kurikulum
mencakup semua pemberian tujuan yang ingin dicapai meliputi :
Harus memastikan guru mengerti dan
memahami tujuan pembelajaran untuk apa dia mengajar dan kenapa dia mengajar
setelah mengerti maka supervusor memberi bantuan kepada guru berupa
keterampilan dan kemampuan dalam rangka mengembangkan tujuan oembelajaran yang
menyangkut materi, metode, media dll sehingga guru bisa beraktivitas yang
berkaitan dengan kemampuan setelah terampil maka diberi bantuan agar dia tau
cara menggunakan metode-metode pengembangan dalam pembelajaran agar tujuannya
tercapai kemudian memperhatikan media berupa fasilitas yang mendukung
pembelajaran baik tempat maupun alat dan agar sarana itu bisa mencapai tujuan
pembelajaran contohnya dari metode itu dimana tempat yang cocok dan bagaimana
agar dapat menggunakan sarana yang ada kemudian memperhatikan sumber belajar
bahwa guru diberi bantuan untuk memahami sumber belajar yang dapat dipakai
dalam pengembangan pembelajaran seperti perpustakaan, media cetak, tokoh-tokoh
dan tempat ilmiah agar anak dapat belajar dan memahami secara nyata contohnya
ketika mengajar metode bercerita dan memperkenalkan buku maka kita mengajak
anak ke perpustakaan agar anak dapat
mengenal situasi yang sebenarnya setelah itu mengumpulkan data dapat berupa
observasi, pengamatan, portofolio, dokumentasi, hasil karya, unjuk kerja atau
praktek langsung sehingga guru mampu membuat penilaian yang bersifat objective
dan melaporkannya dengan deskripsi misalnya ketika mengatakan bagus maka dia
juga memberikan alasan mengapa di katakan bagus setelah itu membina guru
menyusun perangkat pembelajaran yang baik seperti program semester 1 semester
2, mingguan dan harian serta meliputi kelompok A dan kelompok B berdasarkan
pembelajaran tematik yang dapat dilakukan dengan pemberian baik, cukup atau
kurang serta dapat juga menggunakan bintang 1, 2 dan 3.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar