Label

Kamis, 14 Maret 2013

Tujuan Administrasi Penyelenggaraan Lembaga Paud

Tujuan Administrasi Penyelenggaraan Lembaga Paud
Tujuan administrasi penyelenggaraan lembaga paud adalah agar sistem pendidikan lembaga paud dapat berlangsung secara efisien dan efektif. Dalam Garis-Garis Besar Program Kegiatan Belajar (GBPKB) lembaga paud tahun 1994 ditegaskan bahwa program kegiatan belajar lembaga paud berfungsi untuk :
1.      Mengembangkan seluruh kemampuan yang dimiliki anak sesuai dengan tahap perkembangannya.
Maksudnya adalah seluruh kemampuan yang dimiliki anak baik itu kemampuan kognitif, fisik motorik, moral, sosial emosional dan bahasa anak akan berkembang secara bertahap dan perkembangan tersebut merupakan perkembangan yang sesuai dengan usia anak yang seharusnya sehingga kemampuan anak dapat berkembang secara optimal yang telah di tetapkan dalam sistem pendidikan lembaga PAUD dan dengan perkembangan yang sesuai dengan usia dan tingkat kematangan anak tersebut dapat membuat anak lebih memaksimalkan kemampuannya untuk menjadi anak yang cerdas dan berprestasi.

2.      Mengenalkan anak dengan dunia sekitar.
Maksudnya adalah dalam program kegiatan belajar lembaga PAUD anak akan di kenalkan dengan dunia sekitar baik itu tokoh-tokoh, lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat serta lingkungan  yang ada di sekitar anak. Dimana dalam mengenal dunia dan lingkungan di sekitar anak itu dapat dilakukan dengan melihat secara langsung seperti mengunjungi tempat wisata untuk mengenal lingkungan dan mengunjungi kantor polisi untuk mengenalkan tokoh. Dan dapat juga di lakukan dengan memberikan gambar yang berisi tentang pengenalan dunia di sekitar anak.

3.      Mengembangkan sosialisasi anak.
Maksudnya adalah dalam program kegiatan belajar lembaga PAUD sosialisasi anak akan dikembangkan secara efektif dan efisien karena perkembangan sosial setiap anak tentunya berbeda dan karakter dari masing-masing anak itu juga membuat perkembangan sosialisasi mereka berbeda antara anak yang satu dengan anak yang sama lain. Sosialisasi anak dikembangkan dengan berinteraksi antara anak yang satu dengan anak yang lain sehingga mereka akan saling mengenal dan berbagi. Perkembangan sosial tersebut mereka dapat dari berbagai kesempatan dan pengalaman bergaul dengan teman-temannya.

4.      Mengenalkan peraturan dan menanamkan disiplin pada anak.
Maksudnya adalah dalam program kegiatan belajar lembaga PAUD anak akan di kenalkan peraturan dan menanamkan disiplin pada anak karena dengan peraturan yang ada anak akan belajar bagaimana bersikap disiplin dan biasanya dalam bersikap disiplin itu anak akan melihat contoh dari lingkungannya dan dari sinilah guru berperan penting dalam memberikan bimbingan dan arahan serta tindakan sebagai contoh agar anak dapat bersikap disiplin agar terbentuk suatu sikap atau tingkah laku yang di harapkan dapat membangun anak menjadi pribadi yang baik.

5.      Memberikan kesempatan kepada anak untuk menikmati masa bermainnya.
Maksudnya adalah dalam program kegiatan lembaga PAUD anak akan diberikan kesempatan untuk menikmati masa bermainnya karena saat inilah anak tumbuh dan berkembang dan dunia anak pada saat ini adalah dunia bermain sehingga anak akan di bebaskan bermain apapun untuk menumbuhkembangkan kemampuan anak dalam segala aspek perkembangan selama permainan itu aman dan tidak membahayakan keselamatan serta cocok dimainkan oleh anak usia prasekolah, dengan permainan yang cocok dengan tahapan usia anak maka perkembangan dan perkembangan anak akan lebih optimal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar