Tes Formatif KB 2
1. Perkembangan
kognitif peserta didik Sekolah Dasar berada pada taraf operasional kongkrit,
sehingga mereka merasa kurang memahami materi pelajaran yang disampaikan
gurunya secara verbal saja. Proses
pembelajaran tersebut akan efektif jika disertai dengan menggunakan:
A. Media gambar
B.
Media benda nyata
C. Media grafis
D. Media poster
E. Media cetak
2. Pada suatu proses
pembelajaran yang kebetulan hari itu bertepatan dengan peringatan hari Sumpah
Pemuda, guru sebelumnya telah menghimbau kepada peserta didik untuk mengenakan
busana daerah masing-masing. Tindakan guru tersebut memperhatikan karakteristik
peserta didik, terutama aspek:
A. Status Sosial
B. Moral
C.
Etnik
D. Minat
E. Motivasi
3. Pak Adit seorang
guru SMP X, ketika melakukan proses pembelajaran menghadapi peserta didik yang
berasal dari berbagai latar belakang kondisi keluarga, ada keluarga mampu, ada
yang miskin, ada yang orang tuanya menjadi pejabat, ada yang sebagai buruh, dan
pegawai swasta. Namun Pak Adit memberikan perhatian dan pelayanan yang sama
kepada peserta didiknya. Hal ini sebenarnya Pak Adit memperhatiakan
karakteristik peserta didik terutama:
A. Minat
B. Motivasi
C. Etnik
D. Kultural
E.
Status social
4. Pak Anton ketika
akan melakukan kegiatan pembelajaran dengan
topik Tata Surya melakukan pre
tes terlebih dahulu, dengan maksud ingin mengetahui pengetahuan dan
keterampilan yang telah dimiliki peserta didiknya sebagai patokan untuk memulai
pembahasan topik tersebut. Hal ini berarti Pak Anton memperhatikan
karakteristik peserta didik dalam hal:
A.
Kemampuan awalnya
B. Motivasi
belajarnya
C. Perkembangan
sosialnya
D. Perkembangan
emosinya
E. Perkembangan
motoriknya
5. Guru A ketika
melakukan proses pembelajaran selalu menggunakan media, kadang memutar video
pembelajaran, kadang memutar CD audio, kadang menggunakan poster berwarna, agar
peserta didiknya memperhatikan dan tertarik terhadap apa yang dibahasnya serta
senang mengikuti pelajarannya, sehingga hasilnya sangat baik. Pembelajaran
dilakukan demikian karena pertimbangan:
A. Etnik peserta
didik
B. Gaya belajar
peserta didik
C. Gender peserta
didik
D.
Minat peserta didik
E. Kultural peserta
didik
6. Pak Aris merupakan
guru kelas V SD ketika memberikan pembelajaran menyanyi/musik, memilih
lagu-lagu dari asal daerah peserta didiknya. Tindakan guru tersebut karena
memperhatikan karakteristik peserta didik terutama:
A. Etnik
B. Minat
C. Gender
D. Status social
E.
Kultural
7. Pada saat
pembelajaran berlangsung guru mengingatkan peserta didik yang kurang semangat
dan kurang aktif dalam belajar. Tindakan guru tersebut berarti memperhatikan
aspek:
A.
Motivasi
B. Kultural
C. Sosial
D. Status sosial
E. Etnik
8. Perkembangan moral
peserta didik/anak menurut Kohberg terdiri dari beberapa tahap. Tahap naively
egoistic orientation, yaitu tahap dimana anak menilai baik-buruk
berdasarkan:
A. Akibat perbuatan
B. Persetujuan orang
lain
C.
Kontrak/imbal jasa
D. Ketertiban sosial
E. Hati nurani
9. Peserta didik
dalam suatu kelas gaya belajarnya beragam ada yang visual, auditori, dan
kinestetik. Namun kegiatan pembelajaran selama ini masih banyak yang
konvensional-klasikal. Agar dapat memenuhi ketiga gaya belajar tersebut, guru
perlu:
A. Menggunakan metode
ceramah, diskusi, tanya jawab.
B. Menggunakan
program audio dan modul.
C. Menggunakan media
komik pembelajaran dan buku paket.
D.
Menggunakan media audio, video, dan percobaan.
E. Menggunakan modul
dan powerpoint.
10. Pada suatu proses pembelajaran di Taman
Kanak-Kanak peserta didik akan dikembangkan aspek motorik kasarnya, maka
pendidik dapat menugaskan peserta didiknya untuk melakukan kegiatan:
A. Meronce membuat
kalung
B.
Menendang bola
C. Memasang
puzzle
D. Mewarnai pola
E. Menjiplak huruf
Tidak ada komentar:
Posting Komentar