Tes Formatif KB 4
1. Kurikulum sebagai
seluruh aktivitas peserta didik baik yang dilakukan di dalam maupun di luar
kelas berarti....
A. Menyusun daftar
mata pelajaran yang harus dipelajari oleh siswa selama menempuh pembelajaran di
kelas
B.
Menyusun rancangan kunjungan ke kebun binatang untuk menyelesaikan projek
pembelajaran sains
C. Menyusun aktivitas
pembelajaran yang disajikan dalam RPP untuk menjadi dokumen sekolah
D. Menyusun modul
pembelajaran yang memuat aktivitas belajar siswa
E. Menyusun daftar
isi bahan pembelajaran agar mudah dipelajari oleh siswa dalam proses
pembelajaran
2. Kurikulum
Indonesia telah mengalami perubahan sebanyak sepuluh kali. Jika dikelompokkan
dalam jenisnya, kurikulum yang dikembangkan pada tahun 2004-2013, termasuk
jenis kurikulum …
A. Kurikulum berbasis pada pencapaian tujuan
B. Kurikulum berbasis
pada pencapaian proses
C. Kurikulum sebagai
rencana pelajaran
D.
Kurikulum berbasis pada kompetensi
E. Kurikulum berbasis
konten pembelajaran
3. Nilai-nilai
kehidupan dan budaya dalam masyarakat senantiasa berkembang, maka peran
kurikulum tidak hanya mewariskan nilai dan budaya melainkan juga berperan untuk
menilai dan memilih nilai budaya serta pengetahuan baru yang akan diwariskan.
Penjelasan tersebut merupakan …
A. Peran konservatif
B.
Peran kritis dan evaluatif
C. Peran kreatif
D. Peran social
E. Peran sumatif
4. Di bawah ini
merupakan kajian pokok implementasi kurikulum, kecuali ...
A. Mengembangkan
program
B. Pelaksanaan
Pembelajaran pembelajaran
C.
Pengembangan kurikulum
D. Evaluasi proses
yang dilaksanakan
E. Merancang dokumen
kurikulum
5. Kurikulum bukan
hanya dipandang sebagai seperangkat mata pelajaran dan silabus, namun juga
harus dipandang sebagai …
A.
Seperangkat alat pembelajaran yang harus disesuaikan dengan peserta didik
B. Seperangkat
dokumen yang harus dilaksanakan
C. Rincian jadwal
pelajaran
D. Materi yang harus
disampaikan kepada peserta didik
E. Seperangkat tujuan
pembelajaran
6. Dalam pelaksanan
kurikulum 2013, peserta didik memerlukan berbagai macam sumber literasi untuk
menunjang berbagai macam bacaan dan literasi. Namun, masih ada sekolah yang
tidak memilikinya. Hal tersebut merupakan hambatan dari salah satu factor …
A. Factor lingkungan
sekolah
B.
Factor sarana dan fasilitas
C. Factor budaya dan
ideologi
D. Factor
administrasi
E. Faktor sekolah
7. Ada beberapa hal
yang perlu dipertimbangkan oleh seorang guru dalam mengembangkan kurikulum
yaitu tujuan Pendidikan nasional, visi, misi, tujuan yang diharapkan
masyarakat. Hal ini berarti …
A. Guru menyusun
program pembelajaran di kelas diterjemahkan ke dalam sebuah tujuan
nasional
B. Guru menyusun
program pembelajaran menyesuaikan dengan kurikulum yang ada berdasarkan tujuan
yang ditetapkan.
C. Guru menyusun
program pembelajaran dengan mengacu kepada tujuan Pendidikan nasional, visi,
misi, tujuan juga disesuaikan dengan kondisi masyarakat
D.
Guru melakukan pembelajaran hanya disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat setempat.
E. Guru melaksanakan
proses pembelajaran sesuai dengan pengalamannya yang menurutnya penting.
8. Menurut Friedman,
perkembangan teknologi begitu cepat namun manusia belum bisa mengimbangi
percepatan perkembangan teknologi. Dalam pengembangan sebuah kurikulum,
fenomena tersebut bisa diartikan dan digunakan untuk …
A. Identifikasi
perkembangan zaman, sehingga pembelajaran harus mengikuti perkembangan
teknologi.
B.
Mengidentifikasi perkembangan teknologi, menyiapkan strategi antisipasi untuk
mengejar ketertinggalan dalam beradaptasi dengan teknologi
C. Mengintegrasikan
teknologi ke ruang kelas dan memberikan penjelasan cara penggunaannya
E. Memberi kebebasan
belajar dengan HP
9. Seperti apa yang
dikatakan oleh Friedman, perkembangan teknologi begitu cepat namun manusia
belum bisa mengimbangi percepatan perkembangan teknologi. Sebagai seorang guru,
maka yang harus dilakukan dalam rangka menyesuaikan dengan perkembangan teknologi
adalah …
A. Tidak menganjurkan
peserta didik untuk membawa alat teknologi
B. Membebaskan
peserta didik menggunakan alat teknologi di dalam kelas
C.
Mengintegrasikan teknologi ke ruang kelas dan memberikan penjelasan cara
penggunaannya
D. Guru tidak melarang,
membatasi, maupun memberikan edukasi
E. Memberi kebebasan
belajar dengan HP
10. Dalam kurikulum
2013, terdapat integrasi antara ilmu pengetahuan dan karakter. Hal ini sesuai
dengan arah baru program baru UNESCO yaitu …
A. Ekonomi, manusia,
lingkungan, dan sosial diintegrasikan
B. Pikiran dan benda
terintegrasi dalam pengembangan
C.
Sains dan nilai religius terintegrasi
D. Pendidikan
merupakan integral dari semua perkembangan
E. Pendidikan untuk
semua
Tidak ada komentar:
Posting Komentar