Tes formatif KB 3
1. Guru merupakan profesi dengan keahlian khusus. Pernyataan
ini mengandung makna….
a. Profesi guru harus bersertifikat pendidik dan memperoleh
tunjangan
b. Keahliannya
diperoleh melalui proses pendidikan yang lama
c. Hanya segelintir orang yang layak menjadi guru
professional
d. Memiliki ikatan organisasi profesi sebagai wadah
e. Memiliki kode etik profesi yang dapat
dipertanggungjawabkan
2. Menyusun program semester merupakan tugas pokok guru
dalam hal……
a. Merencanakan
pembelajaran atau pembimbingan
b. Melaksanakan pembelajaran atau pembimbingan
c. Menilai hasil pembelajaran atau pembimbingan
d. Membimbing dan melatih peserta didik
e. Melakukan penilaian pembelajaran
3. Berikut ini adalah contoh penyesuaian tugas pokok guru
dalam melaksanakan pembelajaran dalam menghadapi pembelajaran abad 21, yaitu…..
a. Menjadi tenaga ahli di bidang TIK untuk kepentingan
pembelajaran
b. Menggunakan program aplikasi untuk mengelola nilai
peserta didik
c. Menerapkan aplikasi untuk menyusun program semester
d. Menganalisis kekuatan dan kelemahan suatu model
pembelajaran
e. Menerapkan model
pembelajaran yang berorientasi pengembangan HOTS
4. Contoh penyesuaian peran guru dalam melaksanakan
pembelajaran abad 21 adalah….
a. Guru bertindak sebagai pusat pembelajaran
b. Guru berperan sebagai pengawas penggunaan TIK
c. Guru berperan menjadi sumber belajar utama
d. Guru mengembangkan kurikulum berbasis kompetensi
e. Guru menjadi mitra
belajar bagi peserta didik
5. Guru abad 21 memiliki tugas pokok membimbing peserta
didik agar tidak terjerumus kepada pemanfaatan teknologi yang salah. Tindakan
yang dapat dilakukan guru antara lain…
a. Melarang
penggunaan smartphone di kelas
b. Penggunaan teknologi informasi hanya untuk guru
c. Mendampingi anak
dalam mengeksplorasi sumber digital
d. Mengalihkan
perhatian anak melalui kegiatan olah raga
e. Guru menghadirkan media pembelajaran yang menarik
6. Saudara selaku guru memberikan mengajak peserta didik
merefleksikan cara belajarnya. Kegiatan ini termasuk jenis penilaian….
a. Assesment for learning
b. Assesment to learning
c. Assesment of learning
d. Assesment as
learning
7. Adanya rasa tanggung jawab, sikap responsif dan inovatif
terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi merupakan bentuk
pelaksanaan dari fungsi guru sebagai berikut ….
a. Memelihara
komitmen secara profesional untuk meningkatkan mutu pendidikan
b. Menjunjung tinggi peraturan perundang-undangan, hukum, dan kode etik
guru, serta nilai-nilai agama dan etika;
c. Menciptakan suasana pendidikan yang bermakna,
menyenangkan, kreatif, dinamis dan dialogis;
d. Memelihara dan memupuk persatuan dan kesatuan bangsa
e. Memberi teladan dan menjaga nama baik lembaga,
profesi, dan kedudukan sesuai
kepercayaan yang diberikan kepadanya
8. Bu Weny Hapsari dari SD Taman Hidayah mendampingi peserta
didiknya mengunjungi panti ashuan. Bu Weny melihat salah satu peserta didik
bernama Lina diam termenung setelah mendengar kisah sedih salah seorang
penghuni panti asuhan bernama Andi. Bu Weny mendampingi Lina yang sedang
menghayati sesuatu. Bu Weny sebenarnya sedang mealksanakan tugas yang
disebut…..
a. Mengajar
b. Mendidik
c. Membimbing
d. Melatih
e. Membina
9. Hal-hal berikut merupakan aspek yang potensial
dikembangkan dalam pengkajian kurikulum, kecuali ….
a. Kedalaman materi, ruang lingkup, keluasan materi dan
relevansi materi
b. Integrasi materi dan kesesuaian materi dengan kompetensi
c. Kesinambungan
materi, kemasan materi, dan strategi penyampaian
d. Kesesuaian materi dan kompetensi menjawab tantangan masa
depan
e. Urutan materi dan ruang lingkup materi
10. Pernyataan berikut paling tempat menggambarkan tugas
guru di masa yang akan datang adalah ….. a. Peran guru semakin ringan karena
banyak terbantu oleh teknmologi
b. Guru lebih berfokus membantu peserta didik menguasai
materi
c. Guru bertindak sebagai konsultan pembelajaran berbasis
teknologi
d. Guru mengandalkan teknologi sebagai pengganti peran
guru
Tidak ada komentar:
Posting Komentar