Label

Rabu, 30 Januari 2013

KURIKULUM 2004

Tugas kelompok
KURIKuLUM 2004 TK KELAS A DAN KELAS B
Di
Susun oleh:
kelompok 3
1.      Sukma sukardi               =104904021
2.      Nurmila                          =104904022
3.      Suci sri indah                 =104904023
4.      Nur saprina bakri           =104904024
5.      Endang pratiwi              =104904025
6.      Hartati                            =104904026
7.      Melianti                          =104904027
8.      Nurwahima                    =104904028
9.      A.jusri mahwawidiana   =104904029
10.  Hermayanti                    =104904031

PENDIDIKAN GURU ANAK USIA DINI
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
                       UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR
2011/2012
A.Kurikulum 2004 atau Kurikulum TK Berbasis kompetensi
1.Rasional pengembangan kurikulum TK 2004
            Anak usia 4-6 tahun merupakan bagian dari  Anak usia dini yang berada pada rentangan usia lahir sampai 6 tahun.pada usia ini secara terminology di sebut sebagai anak usia prasekolah.kecerdasan pada masa ini mengalami peningkatan dari 50% menjadi 80% selain itu berdasarkan hasil penetian/kajian yang di lakukan oleh pusat kurikulum.
2.beberapa pengertian pokok dalam kurikulum TK 2004
Kurikulum merupakan seperangkat rencana dan pengaturan tentang kompetensi yang di bakukan dan cara penyampaianya di sesuaikan dengan keadaan dan kemampuan daerah.kompetensi perlu di capai secara tuntas (belajar tuntas)kurikulum di laksanakan dalam rangka membantu anak didik mengembangkan berbagai potensi baik psikis dan fisik yang meliputi moral,dan nilai-nilai agama,sosio emosional,kognitif,bahasa,fisik/motorik,kemandirian dan seni untuk siap memasuki pendidikan dasar.
            Kompetensi dasar merupakan pengembangan potensi-potensi perkembangan pada anak yang di wujudkan dalam kebiasaan berpikir dan bertindak sesuai dengan usianya yaitu berupa pengetahuan,keterampilan,sikap dan nilai-nilai yang dapat di kenali melalui sejumlah hasil belajar dan indicator yang dapat di ukur dan di nikmati.
            Hasil belajar merupakan cerminan kemampuan anak yang di capai dari suatu tahapan pengalaman belajar dalam satu kompetensi dasar
            Indicator merupakan hasil belajar ayanbg lebih spesifik dan terukur dalam satu kompetensi dasar,apabila serangkaian indicator dalam suatu kompetensi dasar sudah terpenuhi,berarti target kompetensi dasar tersebut sudah terpenuhi.
3.fungsi dan tujuan kurikulum TK 2004
a)      Fungsi
Fungsi pendidikan taman kanak-kanak dan raudhatul atfhal adalah
1.      Mengenalkan peraturan dan menanamkan di siplin pada anak
2.      Mengenalkan anak dengan dunia sekitar
3.      Menumbuhkan sikap dan perilaku yang baik
4.      Mengembangkan kemampuan berkomunikasi dan bersosialisasi
5.      Mengembangkan keterampilan,kreativitas dan kemampuan yang di miliki anak.
6.      Menyiapkan anak untuk memasuki pendidikan dasar
b)      Tujuan
Membantu anak didik mengembangkan berbagai potensi baik psikis maupun fisik yang meliputi moral dan nilai-nilai agama.sosial emosional,kognitif,bahasa,fisik/motorik,kemandirian,dan seni untuk siap memasuki pendidikan dasar.


4.standar kompetensi lintas kurikulum
Kompetensi lintas kurikulum merupakan kompetensi kecakapan untuk hidup dan belajar sepanjat hayat,serta kecakapan hidup yang di perlukan anak untuk mencapai seluruh potensi dalam kehidupan.
            Standar kompetensi ini meliputi:
a.       Memiliki keyakinan,menyadari serta menjalankan hak dan kewajibanya saling menghargai dan member rasa aman,sesuai dengan agama yang di anutnya
b.      Menggunakan bahasa untuk memahami ,mengembangkan ndan mengkomunikasikan gagasan dan informasi serta untuk berinteraksi dengan orang lain.
c.       Memilih memadukan dan menerapkan konsep-konsep dan teknik-teknik,pola,struktur,dan hubungan.
d.      Memilih,mencari dan menerapkan teknologi dan informasi yang di perlukan dari berbagai sumber
e.       Memahami dan menghargai dunia fisik,makhluk hidup dan teknologi serta menggunakan pengetahuan,keterampilan,dan nilai-nilai untuk mengambil keputusan yang tepat
5.Ruang lingkup
            Ruang lingkup kurikulum TK dan RA meliputi aspek perkembangan:
1.      Moral dan nilai-nilai agama
2.      Sosiol,emosional dan kemandirian
3.      Kemampuan berbahasa
4.      Kognitif
5.      Fisik/motorik
6.      Seni
6.pendekatan pembelajaran dan penilaian
a.pendekatan pembelajaran
1.      Pembelajaran beriorintasi pada prinsip-prinsip perkembangan anak
2.      Beriorintasi pada kebutuhan anak
3.      Bermain sambil belajar atau belajar seraya bermain
4.      Menggunakan pendekatan tematik
5.      Kreatif dan inovatif
6.      Lingkungan kondusif
7.      Mengembangkan kecakapan hidup
b.penilaian
penialian dapat di lakukan dengan berbagai cara antara lain melalui pengamatan dan pencatatan anekdot,pengamatan di lakukan untuk mengetahui perkembangan dan sikap anak yang di lakukan dengan mengamti tingkah laku anak dalam kehidupan sehari-hari secara terus-menerus sedangkan pencatatan anekdot merupakan sekumpulan catatan tentang sikap dan perilaku anak dalam siyuasi tetentu.
Berbagai alat penilaian yang dapat di gunakan untuk memperoleh gambaran perkembangan kemampuan dan perilaku anak antara lain:
1.      Portofolio
2.      Unjuk kerja(permonface)
3.      Penugasan(project)
4.      Hasil karya(product)

KOMPETENSI DASAR,HASIL BELAJAR DAN INDIKATOR
KELOMPOK A
A.Bidang pengembangan pembiasaan
Moral dan nilai-nilai agama,social,emosional dan kemandirian.
Kompetensi dasar
Hasil belajar
Indikator
Anak mampu mengucapkan bacaan doa atau lagu-lagu keagamaan, meniru gerakan beribadah dan mengikuti aturan serta dapat mengendalikan emosi.
Dapat berdoa dan menyanyikan lagu-lagu keagamaan secara sederhana
Berdoa sebelum dan sesudah melaksanakan kegiatan
Menyanyikan lagu-lagu keagamaan yang sederhana.
Dapat mengenal bermacam-macam agama
Menyebutkan tempat-tempat ibadah.
Menyebutkan hari-hari besar agama.
Mengenal ibadah secara sederhana menurut keyankinannya.
Meniru pelakasanaan kegiatan ibadah secara sederhana.
Menyebutkan waktu beribdah.
Mengenal dan menyayangi ciptaan tuhan.
Menyebutkan cipta-ciptaan tuhan. Misalnya manusia, hewan, bumi, langit, tananam.
Memiliki sopan santun dan mengucap salam.
Tidak mengganggu teman yang sedang melakukan kegiatan atau melaksanakan ibadah.
Meminta tolong dengan baik, mengucapkan salam.
Selalu bersikap ramah.
Berterima kasih jika memperoleh sesuatu.
Mulai tumbuh disiplin diri
Melaksanakan tata tertip yang ada disekolah.
Mengikuti aturan permainan.
Mulai dapat bersikap atau berperilaku hormat menghormati
Mau mengalah
Mendengarkan orang tua atau teman berbicara
Bersikap ramah.
Berbahasa sopan dalam berbicara.
Tidak lekas marah atau membentak-bentak.
Tumbuhnya sikap kerja sama dan persatuan.
Mudah bergaul atau berteman.
Dapat atau suka menolong teman.
Saling membantu sesama teman
Mulai dapat menunjukkan rasa percaya diri.
Mampu mengerjakan tugas sendiri.

Menunjukkan kebanggaan terhadap hasil kerjanya.
Mulai menunjukkan kepedulian.
Menggunakan barang orang lain dengan hati-hati.
Mau membagi milikinya, misalnya makanan, mainan dll.
Meminjamkan milikinya dengan senang hati.
Dapat menjaga kebersihan diri dan mengurus dirinya sendiri.
Membersihkan diri sendiri dengan bantuan misalnya : mengosok gigi, mandi, buang air, dll
Mengurus dirinya sendiri dengan sedikit bantuan misalnya: berpakaian sendiri , makan, dll.

B.Bidang pengembangan kemampuan dasar
Berbahasa
Kompetensi dasar
Hasil belajar
Indikator
Anak mampu mendengarkan, berkomunikasi secara lisan, memiliki perbendaharan kata dan mengenal symbol-simbol yang melambakannya.
Dapat mendengarkan dan membedakan bunyi suara, bunyi bahasa dan mengucapkannya.
Menyebutkan berbagai bunyi atau suara tertentu.
Menirukan kembali 3-4 urutan suara.
Menyebutkan kata-kata yang mempunyai suku kata awal yang sama. Misalnya : kaki-kali atau suku kata akhir yang sama. Misalnya : nama-sama dll.
Melakukan 2-3 perintah secara sederhana.
Dapat mendengarkan dan memahami kata dan kalimat sederhana.
Mendengarkan certia dan menceritakan kembali isi cerita secara sederhana.
Dapat berkomunikasi atau berbicara secara lisan.
Menyebutkan nama diri, nama orang tua, jenis kelamin, alamat rumah secara sedrhana.
Menceritakan pengalaman atau kejadian secara sederhana.
Menjawab pertanyaan tentang keterangan atau informasi secara sederhana.
Memperkaya kosa kata yang diperlukan untuk berkomunikasi sehari-hari meliputi kata benda, kata kerja, kata sifat, kata keterangan waktu.
Bercerita menggunakan kata ganti aku, saya.
Menunjukkan gerakan-gerakan misalnya duduk, jongkot, berlari, makan, melompat, menagis, senang, dan sedih dll.
Menyebutkan posisi atau keterangan tempat misalnya : diluar, didalam, diatas, dibawah, didepan, dibelakang, dikiri dan dikanan.
Menyebutkan waktu pagi, siang, malam.
Dapat mengenal bentuk symbol sederhana.
Membuat berbagai macam coretan.
Membuat gambar atau coretan (tulisan) tentang cerita mengenai gambar yang dibuatnya.

Kognitif
Kompetensi dasar
Hasil belajar
Indicator
Anak mampu mengenal berbagai benda-benda
Anak dapat mengenali benda di sekitarnya menurut,bentuk,jenis dan ukuran
Mengelompokkan benda dengan berbagai cara yang di ketahui anak,misalnya menurut warna,bentuk,ukuran ,jenis dll
Mengisi wadah dengan air,pasir,biji-bijian,beras dll
Anak dapat mengenal konsep waktu
Menyatakan dan membedakan waktu (pagi,siang dan malam)
Mengetahui nama-nama hari dalam saru minggu,bulan,dan tahun
Anak dapat mengenal konsep-konsep matematika sederhana
Menyebutkan hasil penambahan 2 kumpulan benda dan pengurangan (memisahkan kumpulan benda)dengan benda sampai 5
Memperkirakan urutan berikutnya setelah melihat bentuk 2 pola yang berurutan misalnya merah,putih,merah.putih

Fisik motorik
Kompetensi dasar
Hasil belajar
Indicator
Anak mampu melakukan aktivitas fisik secara terkordinasi dalam rangka kelentura,keseimbangan,dan kelincahan
Dapat menggerakkan jari tangan untuk kelenturan otot dan koordinasi
Mengurus dirinya sendiri dengan sedikit bantuan,misalnya makan,mandi,menyisir rambut,mencuci,dan melap tangan,mengikat tali sepatu
Membuat berbagai bentuk dengan menggunakan plastisin,playdough/tanah liat
Menjiplak dan meniru membuat garis tegak,datar,miring,lengkung,dan lingkaran.
Meniru melipat kertas sederhana(1-6 lipatan)
Menjahit jelujur 10 lubang dengan tali sepatu
Menggunting bebas
Merobek bebas
Dapat menggerakan lengannya untuk kelenturan otot dan koordinasi
Menangkap dan melempar bola besar dari jarak kira-kira 1-2 meter
Memantulkan bola besar(diam di tempat)
Memantulkan bola besar sambil berjalan/bergerak
Melambungkan dan menangkap kantong biji
Dapat menggerakkan badan dan kaki dalam rangka keseimbangan dsan koordinasi
Berjalan maju pada garis lurus,berjalan di atas papan titian,berjalan berjinjit
Berjalan mundur dan ke samping pada garis lurus sejauah 1-2 meter
Mwloncat dan ketinggian 20-30 cm
Memanjat dan bergantung
Berdiri di atas satu kaki selama 10 detik
Berlari sambil melompat
Menendang bola dengan terarah
Merayap dan merangkak lurus ke depan
Bermain dengan simpai.

Seni
Kompetensi dasar
Hasil belajar
Indicator
Anak mampu
Mengeksepresikan diri dengan menggunakan berbagai media/bahan dalam berkaya seni melalui kegiatan eksplorasi
Dapat menggambar sederhana
Menggambar bebas dengan berbagai media (pensil,warna krayon,arang dll)
Menggambar bebas dari bentuk lingkaran dan segiempat
Menggambar orang dengan lengkap dan sederhana (belum proporsional)
Stempel/mencetak dengan berbagai media (pelepah pisang,batang papaya,karet busa,dll)
Dapat mewarnai sederhana
Mewarnai bentuk gambar sederhana
Mewarnai bentuk-bentuk geometri dengan ukuran besar
Dapat menciptakan sesuatu dengan berbagai media
Meronce dengan manik-manik
Mencipta 2 bentuk bangunan dan balok
Mencipta 2 bentuk dari kepingan bentuk geometri
Mencipta bentuk dengan lidi
Mengayam dengan kertas
Membatik dengan jumputan
Mencocok dengan pola bantuan guru
Melukis denga jari(finger painting)
Membuat bunyi-bunyian dengan berbagai alat
Dapat mengepresikan diri dalam bentuk gerak sederhana
Menggerakakan kepala,tangan atau kaki sesuai dengan irama music/ritmik
Mengepresikan diri secara bebas sesuai irama music
Mengikuti gerakan tari sederhana sesuai irama music
Dapat menyanyi dan memainkan alat music sederhana
Menyanyi 15 lagu anak-anak
Bermain dengan berbagai alat music perkusi sederhana
Dapat menampilkan sajak sederhana
Mengucapkan sajak dengan ekspersi


Mengucapkan syair dari berbagai lagu
Dapat melakukan gerakan pantomim sederhana
Dapat menunjukkan rasa percaya diri
Berani bertanya secara sederhana
Mampu mengambil keputusan secara sederhana
Terbiasa menunjukkan kepedulian
Senang nenolong
Mau memohon dan member maaf
Mengajak teman untuk bermian/belajar

Kelompok B
B.Bidang pengembangan kemampuan  dasar
    Berbahasa
Kompotensi dasar
Hasil belajar
indikator
Anak mampu mendengarkan berkomunikasi secara lisan memilki perbendarahaan kata dan mengenal symbol-simbol yang melambangkanya untuk persiapan membaca dan menulis
Dapat mendengarkan dan membedakan bunyi suara,bunyi ucapan dan mengucapkan dengan lafal yang benar
Membedakan dan menirukan kembali bunyi/suara tertentu
Menirukan kembali 4-5 urutan kata
Membedakan kata-kata yang mempunyai suku kata awal yang sama (misalnya:kali-kaki/dan suku kata akhir yang sama(misalnya:nama-sama).dll
Dapat mendengarkan dan memahami kata dan kalimat sederhana serta mengkomuni-kasikanya
Melakukan 3-5 perintah secara berurutan dengan benar
Mendengarkan dan menceritakan kembali cerita secara urut
Dapat berkomunikasi/berbicara lancer secara lisan dengan lafal yang benar
                             
Menyebutkan namadiri,nama orang tua,jeni kelamin,alamat rumah dengan lengkap
Menceritakan pengalaman/kejadian secara sederhana dengan urut
Memilki perbendaharaan kata yang di perlukan untuk berkomunikasi sehari-hari
Bercerita menggunakan kata ganti,aku,saya kamu,dia,mereka,
Menunjuk dan menyebutkan gerakan-gerakan misalnya,duduk,jongkok,berlari,makan dll
Mengelompokkan kata-kata yang sejenis
Mengurutkan dan menceritakan isi gambar seri (4-5 gambar)
Memahami bahwa ada hubungan antara bahasa lisan dengan tulisan (pra membaca)
Membaca buku cerita bergambar yang memiliki sederhana dan menceritakan isi buku dengan menunjuk beberapa kata yang di kenalnya
Menghubungkan dan menyebutkan tulisan sederhana dengan symbol yang melambangkanya

Kognitif
Kompetensi dasar
Hasil belajar
Indicator
Anak mampu memahami konsep sederhana,memecahkan masalah sederhana dalam kehidupan sehari-hari
Anak dapat memahami benda di sekitarnya menurut benda,jenis dan ukuran
Mengelompokkan benda dengan berbagai cara menurut ciri-ciri tertentu misalnya,menurut warna,bentuk,ukuran,jenis dll
Anak dapat memahami konsep-konsep sains sederhana
Menunjuk dan mencari sebanyak-banyaknya benda hewan,tanaman,yang mempunyai warna,bentuk,ukuran,atau menurut cirri-ciri tertentu
Mengenal perbedaan  kasar halus,berat ringan panjang,pendek.jauh dekat
Membedakan macam-macam suara
Mengungkapkan sebab akibat misalnya,mengapa sakit gigi,mengapa kitta lapar?dll
Anak dapat memahami bilangan
Mengungkapkan asal mula terjadinya sesuatu
Membilang/menyebut urutan bilangan dari 1 sampai 20
Membilang (mengenal konsep bilangana dengan benda-benda )sampai 10
Menghubungkan dan membuat lambing bilangan dengan benda-benda samapai 10 (anak tidak di suruh menulis)
Anak dapat memahami bentuk geometri
Membuat bentuk-bentuk geometrimengelompokkan benda-benda sebenaarnya yang berbentuk geometri(lingkaran,segitiga,segiempat)
Anak dapat memecahkan masalah sederhana
Mernyusun kepingan puzzel menjadi bentuk utuh(lebih dari 8 kepingan)
Anak dapat memahami ukuran
Mengerjakan maze(mencari jejak) yang lebih kompleks (3-4 jalan)
Mengukur panjang dengan langkah,jengkal,lidi,ranting,penggaris,meteran dll
Membedakan berat benda dengan timbangan (buatan atau sebenarnya)
Anak dapat memahami konsep waktu
Mengetahui jumlah hari dalam satu minggu satu bulan,dan mengetahui jumlah bulan dalam satu tahun
Menceritakan kegiatan sehari-hari dengan waktunya misalnya:waktu tidur,waktu makan,waktu sekolah dll
Menggunakan konsep waktu(hari ini,nanti,sekarang,kemarin,besok dll)

Fisik/motorik
Kompetensi dasar
Hasil belajar
indikator
Anak mampu melakukan aktivitas fisik secara teroordiasi dalam rangka kelenturan dan persiapan untuk menulis,keseimbangan,kelincahan,dan melatih keberanian
Dengan menggerakkan jari tangan untuk kelenturan kekuatan otot dan koordinasi
Mengurus dirinya sendiri tampa bantuan misalnya mnakan,mandi,menyisir rambut,memasang  kancing,mencuci dan melap tangan,mengikat tali sepatu
Membuat berbagai bentuk dengan menggunakan plstisian,playdough/tanah liat.pasir
Meniru berbagai garis tegak,datar,miring,lengkung,dan lingkaran
Meniru melipat kertas sederhana(7 lipatan)
Menjahit bervariasi (jelujur dan silang)15 lubang dengan tali raffia,dan benang wol
Mencocok bentuk
Menyusun menara kubus minimal 12 kubus membuat lingkaran dan bujur sangkar dengan rapi
Dapat menggerakkan lenganya untuk kelenturan kekuatan otot dan koordinasi
Memantulkan bola besar,bola sedang dan bola kecil (diam di tempat
Melambungkan dan menangkap kantong biji sambil berjalan/bergerak
Dapat menggerakkan badan dan kaki dalam rangka keseimbangan,kekuatan,koordinasi,dan melatih keberanian.
Menangkap,melempar bola besar,bola sedang dan bola kecil(tennis)denagn memutar badan mengayunkan lengan dan melangkah
Berjalan maju pada garis lururs,berjalan dia tas papan titian,berjkalan dengan berjinjit,berjalan dengan tumit sambil membawa beban
Bejalan mundur berjalan ke samping pada garis lurus sejauh 2-3 meter sambil membawa beban
Meloncat dari ketinggian 30-50 cm
Berdiri dengan tumit,berdiri di atas satu kaki dengan seimbang
Berlari sambil melompat dengan seimbang tampa jatuh
Menendang bola ke depan dan ke belakang
Merayap dan merangkap dengan berbagai variasi
Bermain dengan simpai(di gelingdingkan sambil berjalan dan berlari)
Naik otopet,sepeda roda dua

Seni
Kompetensi dasar
Hasil belajar
Indicator
Anak mampu mengepresasikan diri berkreasi denagna berbagai alas an imajinasi dengan menggunakan berbagai media/bahan untuk menjadi suatu karya
Dapat menggambar sederhana
Menggambar bebads dengan berbagai media(kapur tulis,pensil warna,krayon,arang dan bahan-bahan alam)dengan rapi
Menggambar bebas dari bentuk dasar titik,lingkaran,segitiga dan segiempat
Menggambar orang dengan lengkap dan proporsional
Mencetak dengan berbagai media (jari/finger paiting.kuas pelepah pisang,daun,bulu ayam)dengan lebih rapi
Dapat mewarnai sederhana
Mewarnai bentuk gambar sederhan dengan rapi
Dapat menciptakan sesuatu dengan berbagai media
Mewarnai benda tiga dimensi dengan berbgai media
Meronce dengan manic-manik sesuai pola (2 pola)
Dapat mengepresikan diri dalam bnetuk gerak sederhana
Meronce dengan berbagai media,misalnya bagian tanaman,bahan bekas karton kain perca dll
Menciptakan 3 bentuk bangunan dan balok
Menciptakan 3 bentuk dari kepingan geometri
Menciptakan bentuk dengan lidi
Mengayam dengan berbagai media misalnya kain perca,daun sedotan,kertas dll
Membuat mainan dengan teknik menggunting,melipat dan menempel
Mengepresikan berbagai gerakan kepala tangan attau kaki sesuai dengan irama music/ritmik dengan lentur
Dapat menyanyi dan memainkan alat music sederhana
Bergrerak bebas dengan irama music
Menari menurut music yang di dengar
Mengepresikan diri dalam gerak bervariasi dengan lentur dan lincah
Menyanyi lebih dari 20 lagu anak-anak

Menyanyi lagu anak  sambil bermain musik
Dapat menampilkan sajak sedrhana dengan gaya
Mengucapkan sajak dengan eksperesi yang bervariasi misalnya petribahan intonasi.perubahan gerak dan penghayatan
Dapat mengepresikan gerakan berdasarkan cerita dan lagu
Membuat sajak sederhana
Mengepresikan gerakan sesuai dengan syair lagu tatu cerita
Dapat melakuakan gerakan pantomim
Mengucapkan syair lagu sambil diiringi senandung lagunya
Mengkomunikasikan gagasan melalui gerak tubuh
Menceritakan gerak pantomime ke dalam bahasa lisan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar