Tugas kelompok
KURIKuLUM 2004 TK KELAS A DAN KELAS B
Di
Susun oleh:
kelompok 3
1. Sukma
sukardi =104904021
2. Nurmila =104904022
3. Suci
sri indah =104904023
4. Nur
saprina bakri =104904024
5. Endang
pratiwi =104904025
6. Hartati =104904026
7. Melianti =104904027
8. Nurwahima =104904028
9. A.jusri
mahwawidiana =104904029
10. Hermayanti =104904031
PENDIDIKAN GURU ANAK USIA DINI
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS NEGERI
MAKASSAR
2011/2012
A.Kurikulum 2004 atau Kurikulum TK Berbasis
kompetensi
1.Rasional pengembangan kurikulum TK 2004
Anak
usia 4-6 tahun merupakan bagian dari
Anak usia dini yang berada pada rentangan usia lahir sampai 6 tahun.pada
usia ini secara terminology di sebut sebagai anak usia prasekolah.kecerdasan
pada masa ini mengalami peningkatan dari 50% menjadi 80% selain itu berdasarkan
hasil penetian/kajian yang di lakukan oleh pusat kurikulum.
2.beberapa pengertian pokok dalam kurikulum TK 2004
Kurikulum merupakan seperangkat
rencana dan pengaturan tentang kompetensi yang di bakukan dan cara
penyampaianya di sesuaikan dengan keadaan dan kemampuan daerah.kompetensi perlu
di capai secara tuntas (belajar tuntas)kurikulum di laksanakan dalam rangka
membantu anak didik mengembangkan berbagai potensi baik psikis dan fisik yang
meliputi moral,dan nilai-nilai agama,sosio
emosional,kognitif,bahasa,fisik/motorik,kemandirian dan seni untuk siap
memasuki pendidikan dasar.
Kompetensi
dasar merupakan pengembangan potensi-potensi perkembangan pada anak yang di
wujudkan dalam kebiasaan berpikir dan bertindak sesuai dengan usianya yaitu
berupa pengetahuan,keterampilan,sikap dan nilai-nilai yang dapat di kenali
melalui sejumlah hasil belajar dan indicator yang dapat di ukur dan di nikmati.
Hasil
belajar merupakan cerminan kemampuan anak yang di capai dari suatu tahapan
pengalaman belajar dalam satu kompetensi dasar
Indicator
merupakan hasil belajar ayanbg lebih spesifik dan terukur dalam satu kompetensi
dasar,apabila serangkaian indicator dalam suatu kompetensi dasar sudah
terpenuhi,berarti target kompetensi dasar tersebut sudah terpenuhi.
3.fungsi dan tujuan kurikulum TK 2004
a) Fungsi
Fungsi pendidikan taman kanak-kanak
dan raudhatul atfhal adalah
1. Mengenalkan
peraturan dan menanamkan di siplin pada anak
2. Mengenalkan
anak dengan dunia sekitar
3. Menumbuhkan
sikap dan perilaku yang baik
4. Mengembangkan
kemampuan berkomunikasi dan bersosialisasi
5. Mengembangkan
keterampilan,kreativitas dan kemampuan yang di miliki anak.
6. Menyiapkan
anak untuk memasuki pendidikan dasar
b) Tujuan
Membantu anak didik mengembangkan
berbagai potensi baik psikis maupun fisik yang meliputi moral dan nilai-nilai
agama.sosial emosional,kognitif,bahasa,fisik/motorik,kemandirian,dan seni untuk
siap memasuki pendidikan dasar.
4.standar kompetensi lintas
kurikulum
Kompetensi
lintas kurikulum merupakan kompetensi kecakapan untuk hidup dan belajar
sepanjat hayat,serta kecakapan hidup yang di perlukan anak untuk mencapai
seluruh potensi dalam kehidupan.
Standar
kompetensi ini meliputi:
a. Memiliki
keyakinan,menyadari serta menjalankan hak dan kewajibanya saling menghargai dan
member rasa aman,sesuai dengan agama yang di anutnya
b. Menggunakan
bahasa untuk memahami ,mengembangkan ndan mengkomunikasikan gagasan dan
informasi serta untuk berinteraksi dengan orang lain.
c. Memilih
memadukan dan menerapkan konsep-konsep dan teknik-teknik,pola,struktur,dan
hubungan.
d. Memilih,mencari
dan menerapkan teknologi dan informasi yang di perlukan dari berbagai sumber
e. Memahami
dan menghargai dunia fisik,makhluk hidup dan teknologi serta menggunakan
pengetahuan,keterampilan,dan nilai-nilai untuk mengambil keputusan yang tepat
5.Ruang lingkup
Ruang
lingkup kurikulum TK dan RA meliputi aspek perkembangan:
1. Moral
dan nilai-nilai agama
2. Sosiol,emosional
dan kemandirian
3. Kemampuan
berbahasa
4. Kognitif
5. Fisik/motorik
6. Seni
6.pendekatan
pembelajaran dan penilaian
a.pendekatan pembelajaran
1. Pembelajaran
beriorintasi pada prinsip-prinsip perkembangan anak
2. Beriorintasi
pada kebutuhan anak
3. Bermain
sambil belajar atau belajar seraya bermain
4. Menggunakan
pendekatan tematik
5. Kreatif
dan inovatif
6. Lingkungan
kondusif
7. Mengembangkan
kecakapan hidup
b.penilaian
penialian
dapat di lakukan dengan berbagai cara antara lain melalui pengamatan dan
pencatatan anekdot,pengamatan di lakukan untuk mengetahui perkembangan dan sikap
anak yang di lakukan dengan mengamti tingkah laku anak dalam kehidupan
sehari-hari secara terus-menerus sedangkan pencatatan anekdot merupakan
sekumpulan catatan tentang sikap dan perilaku anak dalam siyuasi tetentu.
Berbagai
alat penilaian yang dapat di gunakan untuk memperoleh gambaran perkembangan
kemampuan dan perilaku anak antara lain:
1. Portofolio
2. Unjuk
kerja(permonface)
3. Penugasan(project)
4. Hasil
karya(product)
KOMPETENSI
DASAR,HASIL BELAJAR DAN INDIKATOR
KELOMPOK A
A.Bidang pengembangan pembiasaan
Moral dan nilai-nilai agama,social,emosional dan
kemandirian.
Kompetensi dasar
|
Hasil belajar
|
Indikator
|
Anak
mampu mengucapkan bacaan doa atau lagu-lagu keagamaan, meniru gerakan
beribadah dan mengikuti aturan serta dapat mengendalikan emosi.
|
Dapat
berdoa dan menyanyikan lagu-lagu keagamaan secara sederhana
|
Berdoa
sebelum dan sesudah melaksanakan kegiatan
|
Menyanyikan
lagu-lagu keagamaan yang sederhana.
|
||
Dapat
mengenal bermacam-macam agama
|
Menyebutkan
tempat-tempat ibadah.
|
|
Menyebutkan
hari-hari besar agama.
|
||
Mengenal
ibadah secara sederhana menurut keyankinannya.
|
Meniru
pelakasanaan kegiatan ibadah secara sederhana.
|
|
Menyebutkan
waktu beribdah.
|
||
Mengenal
dan menyayangi ciptaan tuhan.
|
Menyebutkan
cipta-ciptaan tuhan. Misalnya manusia, hewan, bumi, langit, tananam.
|
|
Memiliki
sopan santun dan mengucap salam.
|
Tidak
mengganggu teman yang sedang melakukan kegiatan atau melaksanakan ibadah.
|
|
Meminta
tolong dengan baik, mengucapkan salam.
|
||
Selalu
bersikap ramah.
|
||
Berterima
kasih jika memperoleh sesuatu.
|
||
Mulai
tumbuh disiplin diri
|
Melaksanakan
tata tertip yang ada disekolah.
|
|
Mengikuti
aturan permainan.
|
||
Mulai
dapat bersikap atau berperilaku hormat menghormati
|
Mau
mengalah
|
|
Mendengarkan
orang tua atau teman berbicara
|
||
Bersikap
ramah.
|
Berbahasa
sopan dalam berbicara.
|
|
Tidak
lekas marah atau membentak-bentak.
|
||
Tumbuhnya
sikap kerja sama dan persatuan.
|
Mudah
bergaul atau berteman.
|
|
Dapat
atau suka menolong teman.
|
||
Saling
membantu sesama teman
|
||
Mulai
dapat menunjukkan rasa percaya diri.
|
Mampu
mengerjakan tugas sendiri.
|
|
|
Menunjukkan
kebanggaan terhadap hasil kerjanya.
|
|
Mulai
menunjukkan kepedulian.
|
Menggunakan
barang orang lain dengan hati-hati.
|
|
Mau
membagi milikinya, misalnya makanan, mainan dll.
|
||
Meminjamkan
milikinya dengan senang hati.
|
||
Dapat
menjaga kebersihan diri dan mengurus dirinya sendiri.
|
Membersihkan
diri sendiri dengan bantuan misalnya : mengosok gigi, mandi, buang air, dll
|
|
Mengurus
dirinya sendiri dengan sedikit bantuan misalnya: berpakaian sendiri , makan,
dll.
|
B.Bidang pengembangan kemampuan dasar
Berbahasa
Kompetensi dasar
|
Hasil belajar
|
Indikator
|
Anak
mampu mendengarkan, berkomunikasi secara lisan, memiliki perbendaharan kata
dan mengenal symbol-simbol yang melambakannya.
|
Dapat
mendengarkan dan membedakan bunyi suara, bunyi bahasa dan mengucapkannya.
|
Menyebutkan
berbagai bunyi atau suara tertentu.
|
Menirukan
kembali 3-4 urutan suara.
|
||
Menyebutkan
kata-kata yang mempunyai suku kata awal yang sama. Misalnya : kaki-kali atau
suku kata akhir yang sama. Misalnya : nama-sama dll.
|
||
Melakukan
2-3 perintah secara sederhana.
|
||
Dapat
mendengarkan dan memahami kata dan kalimat sederhana.
|
Mendengarkan
certia dan menceritakan kembali isi cerita secara sederhana.
|
|
Dapat
berkomunikasi atau berbicara secara lisan.
|
Menyebutkan
nama diri, nama orang tua, jenis kelamin, alamat rumah secara sedrhana.
|
|
Menceritakan
pengalaman atau kejadian secara sederhana.
|
||
Menjawab
pertanyaan tentang keterangan atau informasi secara sederhana.
|
||
Memperkaya
kosa kata yang diperlukan untuk berkomunikasi sehari-hari meliputi kata
benda, kata kerja, kata sifat, kata keterangan waktu.
|
Bercerita
menggunakan kata ganti aku, saya.
|
|
Menunjukkan
gerakan-gerakan misalnya duduk, jongkot, berlari, makan, melompat, menagis,
senang, dan sedih dll.
|
||
Menyebutkan
posisi atau keterangan tempat misalnya : diluar, didalam, diatas, dibawah,
didepan, dibelakang, dikiri dan dikanan.
|
||
Menyebutkan
waktu pagi, siang, malam.
|
||
Dapat
mengenal bentuk symbol sederhana.
|
Membuat
berbagai macam coretan.
|
|
Membuat
gambar atau coretan (tulisan) tentang cerita mengenai gambar yang dibuatnya.
|
Kognitif
Kompetensi dasar
|
Hasil belajar
|
Indicator
|
Anak
mampu mengenal berbagai benda-benda
|
Anak dapat mengenali benda di
sekitarnya menurut,bentuk,jenis dan ukuran
|
Mengelompokkan
benda dengan berbagai cara yang di ketahui anak,misalnya menurut
warna,bentuk,ukuran ,jenis dll
|
Mengisi
wadah dengan air,pasir,biji-bijian,beras dll
|
||
Anak dapat mengenal konsep waktu
|
Menyatakan
dan membedakan waktu (pagi,siang dan malam)
|
|
Mengetahui
nama-nama hari dalam saru minggu,bulan,dan tahun
|
||
Anak dapat mengenal konsep-konsep
matematika sederhana
|
Menyebutkan
hasil penambahan 2 kumpulan benda dan pengurangan (memisahkan kumpulan
benda)dengan benda sampai 5
|
|
Memperkirakan
urutan berikutnya setelah melihat bentuk 2 pola yang berurutan misalnya
merah,putih,merah.putih
|
Fisik motorik
Kompetensi dasar
|
Hasil belajar
|
Indicator
|
Anak mampu melakukan aktivitas fisik
secara terkordinasi dalam rangka kelentura,keseimbangan,dan kelincahan
|
Dapat menggerakkan jari tangan untuk
kelenturan otot dan koordinasi
|
Mengurus
dirinya sendiri dengan sedikit bantuan,misalnya makan,mandi,menyisir
rambut,mencuci,dan melap tangan,mengikat tali sepatu
|
Membuat
berbagai bentuk dengan menggunakan plastisin,playdough/tanah liat
|
||
Menjiplak
dan meniru membuat garis tegak,datar,miring,lengkung,dan lingkaran.
|
||
Meniru
melipat kertas sederhana(1-6 lipatan)
|
||
Menjahit
jelujur 10 lubang dengan tali sepatu
|
||
Menggunting
bebas
|
||
Merobek
bebas
|
||
Dapat
menggerakan lengannya untuk kelenturan otot dan koordinasi
|
Menangkap
dan melempar bola besar dari jarak kira-kira 1-2 meter
|
|
Memantulkan
bola besar(diam di tempat)
|
||
Memantulkan
bola besar sambil berjalan/bergerak
|
||
Melambungkan
dan menangkap kantong biji
|
||
Dapat
menggerakkan badan dan kaki dalam rangka keseimbangan dsan koordinasi
|
Berjalan
maju pada garis lurus,berjalan di atas papan titian,berjalan berjinjit
|
|
Berjalan
mundur dan ke samping pada garis lurus sejauah 1-2 meter
|
||
Mwloncat
dan ketinggian 20-30 cm
|
||
Memanjat
dan bergantung
|
||
Berdiri
di atas satu kaki selama 10 detik
|
||
Berlari
sambil melompat
|
||
Menendang
bola dengan terarah
|
||
Merayap
dan merangkak lurus ke depan
|
||
Bermain
dengan simpai.
|
Seni
Kompetensi dasar
|
Hasil belajar
|
Indicator
|
Anak
mampu
Mengeksepresikan
diri dengan menggunakan berbagai media/bahan dalam berkaya seni melalui
kegiatan eksplorasi
|
Dapat menggambar sederhana
|
Menggambar
bebas dengan berbagai media (pensil,warna krayon,arang dll)
|
Menggambar
bebas dari bentuk lingkaran dan segiempat
|
||
Menggambar
orang dengan lengkap dan sederhana (belum proporsional)
|
||
Stempel/mencetak
dengan berbagai media (pelepah pisang,batang papaya,karet busa,dll)
|
||
Dapat mewarnai sederhana
|
Mewarnai
bentuk gambar sederhana
|
|
Mewarnai
bentuk-bentuk geometri dengan ukuran besar
|
||
Dapat menciptakan sesuatu dengan
berbagai media
|
Meronce
dengan manik-manik
|
|
Mencipta
2 bentuk bangunan dan balok
|
||
Mencipta
2 bentuk dari kepingan bentuk geometri
|
||
Mencipta
bentuk dengan lidi
|
||
Mengayam
dengan kertas
|
||
Membatik
dengan jumputan
|
||
Mencocok
dengan pola bantuan guru
|
||
Melukis
denga jari(finger painting)
|
||
Membuat
bunyi-bunyian dengan berbagai alat
|
||
Dapat mengepresikan diri dalam bentuk
gerak sederhana
|
Menggerakakan
kepala,tangan atau kaki sesuai dengan irama music/ritmik
|
|
Mengepresikan
diri secara bebas sesuai irama music
|
||
Mengikuti
gerakan tari sederhana sesuai irama music
|
||
Dapat menyanyi dan memainkan alat
music sederhana
|
Menyanyi
15 lagu anak-anak
|
|
Bermain
dengan berbagai alat music perkusi sederhana
|
||
Dapat menampilkan sajak sederhana
|
Mengucapkan
sajak dengan ekspersi
|
|
|
|
Mengucapkan
syair dari berbagai lagu
|
Dapat
melakukan gerakan pantomim sederhana
|
||
Dapat menunjukkan rasa percaya diri
|
Berani
bertanya secara sederhana
|
|
Mampu
mengambil keputusan secara sederhana
|
||
Terbiasa menunjukkan kepedulian
|
Senang
nenolong
|
|
Mau
memohon dan member maaf
|
||
Mengajak
teman untuk bermian/belajar
|
Kelompok B
B.Bidang
pengembangan kemampuan dasar
Berbahasa
Kompotensi dasar
|
Hasil belajar
|
indikator
|
Anak
mampu mendengarkan berkomunikasi secara lisan memilki perbendarahaan kata dan
mengenal symbol-simbol yang melambangkanya untuk persiapan membaca dan
menulis
|
Dapat
mendengarkan dan membedakan bunyi suara,bunyi ucapan dan mengucapkan dengan
lafal yang benar
|
Membedakan
dan menirukan kembali bunyi/suara tertentu
|
Menirukan
kembali 4-5 urutan kata
|
||
Membedakan
kata-kata yang mempunyai suku kata awal yang sama (misalnya:kali-kaki/dan
suku kata akhir yang sama(misalnya:nama-sama).dll
|
||
Dapat
mendengarkan dan memahami kata dan kalimat sederhana serta
mengkomuni-kasikanya
|
Melakukan
3-5 perintah secara berurutan dengan benar
|
|
Mendengarkan
dan menceritakan kembali cerita secara urut
|
||
Dapat berkomunikasi/berbicara lancer
secara lisan dengan lafal yang benar
|
Menyebutkan
namadiri,nama orang tua,jeni kelamin,alamat rumah dengan lengkap
Menceritakan
pengalaman/kejadian secara sederhana dengan urut
|
|
Memilki
perbendaharaan kata yang di perlukan untuk berkomunikasi sehari-hari
|
Bercerita
menggunakan kata ganti,aku,saya kamu,dia,mereka,
|
|
Menunjuk
dan menyebutkan gerakan-gerakan misalnya,duduk,jongkok,berlari,makan dll
|
||
Mengelompokkan
kata-kata yang sejenis
|
||
Mengurutkan
dan menceritakan isi gambar seri (4-5 gambar)
|
||
Memahami
bahwa ada hubungan antara bahasa lisan dengan tulisan (pra membaca)
|
Membaca
buku cerita bergambar yang memiliki sederhana dan menceritakan isi buku
dengan menunjuk beberapa kata yang di kenalnya
|
|
Menghubungkan
dan menyebutkan tulisan sederhana dengan symbol yang melambangkanya
|
Kognitif
Kompetensi dasar
|
Hasil belajar
|
Indicator
|
Anak
mampu memahami konsep sederhana,memecahkan masalah sederhana dalam kehidupan
sehari-hari
|
Anak dapat memahami benda di
sekitarnya menurut benda,jenis dan ukuran
|
Mengelompokkan
benda dengan berbagai cara menurut ciri-ciri tertentu misalnya,menurut
warna,bentuk,ukuran,jenis dll
|
Anak dapat memahami konsep-konsep
sains sederhana
|
Menunjuk
dan mencari sebanyak-banyaknya benda hewan,tanaman,yang mempunyai
warna,bentuk,ukuran,atau menurut cirri-ciri tertentu
|
|
Mengenal
perbedaan kasar halus,berat ringan
panjang,pendek.jauh dekat
|
||
Membedakan
macam-macam suara
|
||
Mengungkapkan
sebab akibat misalnya,mengapa sakit gigi,mengapa kitta lapar?dll
|
||
Anak dapat memahami bilangan
|
Mengungkapkan
asal mula terjadinya sesuatu
|
|
Membilang/menyebut
urutan bilangan dari 1 sampai 20
|
||
Membilang
(mengenal konsep bilangana dengan benda-benda )sampai 10
|
||
Menghubungkan
dan membuat lambing bilangan dengan benda-benda samapai 10 (anak tidak di
suruh menulis)
|
||
Anak dapat memahami bentuk geometri
|
Membuat
bentuk-bentuk geometrimengelompokkan benda-benda sebenaarnya yang berbentuk
geometri(lingkaran,segitiga,segiempat)
|
|
Anak dapat memecahkan masalah
sederhana
|
Mernyusun
kepingan puzzel menjadi bentuk utuh(lebih dari 8 kepingan)
|
|
Anak dapat memahami ukuran
|
Mengerjakan
maze(mencari jejak) yang lebih kompleks (3-4 jalan)
|
|
Mengukur
panjang dengan langkah,jengkal,lidi,ranting,penggaris,meteran dll
|
||
Membedakan
berat benda dengan timbangan (buatan atau sebenarnya)
|
||
Anak dapat memahami konsep waktu
|
Mengetahui
jumlah hari dalam satu minggu satu bulan,dan mengetahui jumlah bulan dalam
satu tahun
|
|
Menceritakan
kegiatan sehari-hari dengan waktunya misalnya:waktu tidur,waktu makan,waktu
sekolah dll
|
||
Menggunakan
konsep waktu(hari ini,nanti,sekarang,kemarin,besok dll)
|
Fisik/motorik
Kompetensi dasar
|
Hasil belajar
|
indikator
|
Anak
mampu melakukan aktivitas fisik secara teroordiasi dalam rangka kelenturan
dan persiapan untuk menulis,keseimbangan,kelincahan,dan melatih keberanian
|
Dengan menggerakkan jari tangan untuk
kelenturan kekuatan otot dan koordinasi
|
Mengurus
dirinya sendiri tampa bantuan misalnya mnakan,mandi,menyisir
rambut,memasang kancing,mencuci dan
melap tangan,mengikat tali sepatu
|
Membuat
berbagai bentuk dengan menggunakan plstisian,playdough/tanah liat.pasir
|
||
Meniru
berbagai garis tegak,datar,miring,lengkung,dan lingkaran
|
||
Meniru
melipat kertas sederhana(7 lipatan)
|
||
Menjahit
bervariasi (jelujur dan silang)15 lubang dengan tali raffia,dan benang wol
|
||
Mencocok
bentuk
|
||
Menyusun
menara kubus minimal 12 kubus membuat lingkaran dan bujur sangkar dengan rapi
|
||
Dapat menggerakkan lenganya untuk
kelenturan kekuatan otot dan koordinasi
|
Memantulkan
bola besar,bola sedang dan bola kecil (diam di tempat
|
|
Melambungkan
dan menangkap kantong biji sambil berjalan/bergerak
|
||
Dapat menggerakkan badan dan kaki
dalam rangka keseimbangan,kekuatan,koordinasi,dan melatih keberanian.
|
Menangkap,melempar
bola besar,bola sedang dan bola kecil(tennis)denagn memutar badan mengayunkan
lengan dan melangkah
|
|
Berjalan
maju pada garis lururs,berjalan dia tas papan titian,berjkalan dengan
berjinjit,berjalan dengan tumit sambil membawa beban
|
||
Bejalan
mundur berjalan ke samping pada garis lurus sejauh 2-3 meter sambil membawa
beban
|
||
Meloncat
dari ketinggian 30-50 cm
|
||
Berdiri dengan tumit,berdiri di atas
satu kaki dengan seimbang
|
||
Berlari
sambil melompat dengan seimbang tampa jatuh
|
||
Menendang
bola ke depan dan ke belakang
|
||
Merayap
dan merangkap dengan berbagai variasi
|
||
Bermain
dengan simpai(di gelingdingkan sambil berjalan dan berlari)
|
||
Naik
otopet,sepeda roda dua
|
Seni
Kompetensi dasar
|
Hasil belajar
|
Indicator
|
Anak
mampu mengepresasikan diri berkreasi denagna berbagai alas an imajinasi
dengan menggunakan berbagai media/bahan untuk menjadi suatu karya
|
Dapat menggambar sederhana
|
Menggambar
bebads dengan berbagai media(kapur tulis,pensil warna,krayon,arang dan
bahan-bahan alam)dengan rapi
|
Menggambar
bebas dari bentuk dasar titik,lingkaran,segitiga dan segiempat
|
||
Menggambar
orang dengan lengkap dan proporsional
|
||
Mencetak
dengan berbagai media (jari/finger paiting.kuas pelepah pisang,daun,bulu
ayam)dengan lebih rapi
|
||
Dapat mewarnai sederhana
|
Mewarnai
bentuk gambar sederhan dengan rapi
|
|
Dapat menciptakan sesuatu dengan
berbagai media
|
Mewarnai
benda tiga dimensi dengan berbgai media
|
|
Meronce
dengan manic-manik sesuai pola (2 pola)
|
||
Dapat mengepresikan diri dalam bnetuk
gerak sederhana
|
Meronce
dengan berbagai media,misalnya bagian tanaman,bahan bekas karton kain perca
dll
|
|
Menciptakan
3 bentuk bangunan dan balok
|
||
Menciptakan
3 bentuk dari kepingan geometri
|
||
Menciptakan
bentuk dengan lidi
|
||
Mengayam
dengan berbagai media misalnya kain perca,daun sedotan,kertas dll
|
||
Membuat
mainan dengan teknik menggunting,melipat dan menempel
|
||
Mengepresikan
berbagai gerakan kepala tangan attau kaki sesuai dengan irama music/ritmik
dengan lentur
|
||
Dapat menyanyi dan memainkan alat music sederhana
|
Bergrerak
bebas dengan irama music
|
|
Menari
menurut music yang di dengar
|
||
Mengepresikan
diri dalam gerak bervariasi dengan lentur dan lincah
|
||
Menyanyi
lebih dari 20 lagu anak-anak
|
||
|
Menyanyi
lagu anak sambil bermain musik
|
|
Dapat menampilkan sajak sedrhana
dengan gaya
|
Mengucapkan
sajak dengan eksperesi yang bervariasi misalnya petribahan intonasi.perubahan
gerak dan penghayatan
|
|
Dapat mengepresikan gerakan
berdasarkan cerita dan lagu
|
Membuat
sajak sederhana
|
|
Mengepresikan
gerakan sesuai dengan syair lagu tatu cerita
|
||
Dapat melakuakan gerakan pantomim
|
Mengucapkan
syair lagu sambil diiringi senandung lagunya
|
|
Mengkomunikasikan
gagasan melalui gerak tubuh
|
||
Menceritakan
gerak pantomime ke dalam bahasa lisan.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar