ASSIGMENT OF
ENGLISH
“ WORD CUBE GAME ”
A
R
R
A
N
G
E
B Y
:
S U K M A S U K A R D I
1 0 4 9 0 4 0 2 1
P G P A U D ( A )
PENDIDIKAN GURU
PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
FAKULTAS ILMU
PENDIDIKAN
UNIVERSITAS
NEGERI MAKASSAR
2012
WORD CUBE GAME
Permainan Word Cube adalah permainan yang saya
buat sendiri. Seperti namanya Cube atau kubus dan Word atau kata disini jelas
bahwa dalam permainan ini saya menggunakan kubus dimana permukaan kubus itu
memiliki kosa kata yang familiar atau sering di dengar oleh anak. Dan disini
saya menggunakan nama keluarga serta nama buah dalam media yang saya buat.
Dalam permainan ini yang pertama saya lakukan adalah menyiapkan desain atau
pola dalam bentuk gambar yang akan dibuat menjadi kubus, Inilah gambar
desain/pola yang telah saya buat :
Dari desain gambar ini kemudian saya print
dengan menggunakan kertas manila berwarna putih untuk kategori buah dan kertas
manila berwarna biru untuk ketegori nama keluarga. Dari hasil print ini
kemudian saya bentuk menjadi kubus dan menghasilkan media untuk bermain Word
Cube Game.
Adapun nama buah-buahan yang saya gunakan
yaitu (pada kubus pertama) pisang, apel, semangka, strawberry, nanas, pir dan
(pada kubus kedua) saya gunakan melon, cery, lemon, belimbing, alpukat dan
anggur sedangkan nama keluarga yang saya gunakan disini adalah kakek, nenek,
ayah, ibu, kakak (laki-laki) dan adik (perempuan). Dan untuk lebih memudahkan
anak dalam mengetahui nama buah tersebut maka saya juga memasukkan gambar
sesuai dengan nama buah yang ada tapi pada nama keluarga saya tidak memasukkan
gambar karena anak sudah lebih mengenal objek yang dinamakan keluarga secara
langsung.
Saya juga menyiapkan kertas yang berisi kosa
kata dari balok tersebut agar anak dapat mencocokkan kertas tersebut dengan
gambar yang ada pada Word Cube.
Gambar kosa kata yang saya siapkan
Permaninan Word Cube ini dapat mengembangkan
kemampuan anak dalam belajar bahasa inggris karena di permukaan kubus tersebut
sudah ada kosa kata yang telah disiapkan dalam bahasa inggris serta
terjemahannya dalam bahasa indonesia dan juga ada gambar yang dapat dilihat
oleh anak mempermudah dalam mengenal buah tersebut dan dari permainan ini
wawasan anak dalam mengenal kosa kata dalam bahasa inggris akan bertambah.
Permainan word cube game ini dapat dimainkan
secara kooperatif (kelompok) dan dapat juga dimainkan secara individu
(perorang) tapi untuk lebih efektifnya dan lebih dianjurkan agar anak bermain
secara individu agar anak dapat mengenal dan mengetahui lebih banyak kosa kata
dalam bahasa inggris.
1. Persiapan :
a. Menyiapkan tempat yang bersih dan nyaman untuk bermain.
b. Menyiapkan media berupa kubus yang telah dibuat diatas meja.
c. Menyiapkan kertas yang memiliki tulisan dari setiap kosa kata.
2. Cara Bermain Individu :
a. Minta anak duduk rapi di kursi.
b. Berikan anak media yang telah disiapkan.
c. Ambil media, lambungkannya ke udara dan jatuhkannya di meja.
d. Minta anak mengamati permukaan atas pada kubus yang sudah di lambungkan.
e. Minta anak untuk menyebutkan nama gambar pada kubus tersebut dalam bahasa
indonesia kemudian minta anak untuk melihat bahasa inggrisnya.
f. Minta anak untuk mencari dan mencocokkan nama gambar dalam bahasa inggris
tersebut dengan kertas yang sudah disiapkan, ini dimaksudkan agar anak bisa
mengetahui tulisan dalam bahasa inggris karena berulang-ulang melihatnya.
g. Setelah anak mendapatkan pasangan kata yang sama maka beri tahu penyebutan
dalam bahasa inggris dari nama gambar dan perlihatkan tulisan atau ejaan yang
ada pada kubus.
h. Minta anak untuk menyebutkan kembali bahasa inggris dari gambar tersebut.
i.
Berikan pujian kepada anak karena telah
berhasil menemukan & mencocokkan gambar dan nama dari tulisan pada kubus
dan juga karena anak telah mampu menyebutkan nama tersebut dalam bahasa
inggris.
j.
jika anak meminta mengulang lagi permainan ini
maka permainan dapat dimainkan kembali.
3. Cara Bermain Kelompok :
Permainan ini bisa dilakukan ketika anak
sebelumnya sudah bermain secara indivu dan bisa digunakan agar anak dapat
bersaing atau berlomba untuk mengukur kemampuannya dalam bahasa inggris secara
berkelompok.
a. Anak dibagi menjadi beberapa kelompok (1 kelompok kira-kira 2-3 orang anak).
b. Berikan kepada setiap kelompok media yang telah disiapkan.
c. Ambil media, lambungkannya ke udara dan jatuhkannya di atas meja.
d. Minta anak 1 untuk mengamati permukaan atas pada kubus yang sudah di
lambungkan.
e. Minta anak untuk menyebutkan nama gambar pada kubus tersebut dalam bahasa
indonesia kemudian minta anak untuk melihat bahasa inggrisnya.
f. Minta anak untuk mencari dan mencocokkan nama gambar dalam bahasa inggris
tersebut dengan kertas yang sudah disiapkan, ini dimaksudkan agar anak bisa
mengetahui tulisan dalam bahasa inggris karena berulang-ulang melihatnya.
g. Lakukan seperti tadi untuk anak kedua dan ketiga dengan kubus yang berbeda
tapi kubus baru dapat dilambungkan ketika anak pertama telah mendapatkan
pasangan kata dari media yang telah dilambungkan tadi.
h. Setelah semua anak mendapatkan pasangan kata yang sama maka beri tahu
penyebutan dalam bahasa inggris dari nama gambar dan perlihatkan tulisan atau
ejaan yang ada pada kubus.
i.
Minta anak untuk menyebutkan kembali bahasa
inggris dari gambar tersebut.
j.
Berikan pujian kepada anak karena telah
berhasil menemukan & mencocokkan gambar dan nama dari tulisan pada kubus
dan juga karena anak telah mampu menyebutkan nama tersebut dalam bahasa
inggris.
k. Saat bekerja anak dapat di iringi dengan mendengarkan music agar anak
senang dan tidak merasa bosan.
Demikianlah permainan yang
mengajarkan bahasa inggris yang saya buat untuk memenuhi final dalam mata
kuliah bahasa inggris di Universitas
Negeri Makassar, Fakultas Ilmu Pendidikan jurusan PGAUD dan silahkan kunjungi
blog saya di http://sukmayumagic.blogspot.com tapi makalah ini baru
saya masukkan ke dalam blog ketika final bahasa inggris ini selesai untuk
menghindari penciplakan. THANKS.
Lembar
Penilaian Observasi
” PERMAINAN WORD CUBE ”
NO
|
NAMA
|
ASPEK YANG DINILAI
|
||
KETEPATAN
|
KEAKTIFAN
|
PENYEBUTAN
|
||
Rubrik
Penilaian
- Ketepatan
: Anak mencocokkan gambar tidak beraturan/asal-asalan
: Anak mencocokkan gambar walaupun masih banyak yang salah
: Anak mencocokkan dengan baik dan
benar
2.
Keaktifan
: Anak diam
saja
: Anak hanya mau terlibat dalam pembelajaran mencocokkan gambar dengan motivasi dari guru
: Anak aktif
dalam pembelajaran menggunting
3.
Penyebutan
: Anak sulit menyebutkan dalam bahasa inggris walaupun sudah diberi contoh
: Anak mampu menyebutkan
walaupun masih terbata-bata dan kadang salah
: Anak mampu menyebutkan dengan baik dan benar
Tidak ada komentar:
Posting Komentar