Label

Selasa, 04 Desember 2012

DAFTAR PERTANYAAN MASING-MASING KELOMPOK DALAM MATA KULIAH PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN

KELOMPOK 1
1.      Hal-hal yang mepengaruhi perkembangan manusia (hermayanti)
Keturunan, lingkungan, dan Kematangan
Beberapa pengaruh atas perkembangan berakar dari hereditas: kualitas genetik yang diwarisi dari orang tua biologis saat pembuahan. Pengaruh lain banyak berasal dari lingkungan dalam dan luar: dunia di luar diri yang dimulai dari dalam kandungan, dan pembelajaran yang didapat dari pengalaman. Perbedaan individual akan semakin besar seiring dengan bcrrambahnya umur seseorang. Banyak perubahan mendasar dalam masa bayi dan anak-awal yang tampaknya berhubungan langsung dengan kematangan tubuh dan otak, yaitu terbukanya tahapan alamiah perubahan fisik dan pola perilaku, termasuk di dalamnya kesiapan untuk menguasai sarli kcmampllan baru seperti berbicara dan berjalan. Seiring tumbuhnya seorang anak menjadi remaja kemudian dewasa, perbedaan dalam karakter bawaan dan pengalaman hidup akan berperan lebih besar.
2.      Contoh prinsip-prinsip yang  di kemukakan oleh baltes!
Prinsip-prinsip untuk mempelajari pendekatan perkembangan manusia menurut Baltes:
·         Development is lifelong: setiap periode kehidupan dipengaruhi oleh apa yang terjadi sebelumnya dan akan mempengaruhi apa yang akan terjadi. Setiap periode memiliki karakteristik tersendiri yang unik, tidak ada satu periode yang lebih penting atau kurang penting.
·         Development depend on history and context. Setiap orang berkembang sesuai dengan waktu dan tempat  
·         Development is multidimensional and multidirectional: perkembangan mencakup keseimbangan antara pertumbuhan dan penurunan.
·         Development is pliable or plastic. Dalam perkembangan ada penampilan yang dapat dimodifikasi.
(Baltes, 1987; Linderberg dan Staudinger, 1998)
3.      Perkembangan mencakup keseimbangan antara pertumbuhan dan penurunan (maksud dari perkembangan tersebut).
Pertumbuhan fisik (pertumbuhan)
Pada masa remaja, pertumbuhan fisik mengalami perubahan lebih cepat dibandingkan dengan masa anak-anak dan masa dewasa. Pada fase ini remaja memerlukan asupan gizi yang lebih, agar pertumbuhan bisa berjalan secara optimal. Perkembangan fisik remaja jelas terlihat pada tungkai dan tangan, tulang kaki dan tangan, serta otot-otot tubuh berkembang pesat.
Cara berfikir kausalitas (penurunan )
Hal ini menyangkut tentang hubungan sebab akibat. Remaja sudah mulai berfikir kritis sehingga ia akan melawan bila orang tua, guru, lingkungan, masih menganggapnya sebagai anak kecil. Mereka tidak akan terima jika dilarang melakukan sesuatu oleh orang yang lebih tua tanpa diberikan penjelasan yang logis. Misalnya, remaja makan didepan pintu, kemudian orang tua melarangnya sambil berkata “pantang”. Sebagai remaja mereka akan menanyakan mengapa hal itu tidak boleh dilakukan dan jika orang tua tidak bisa memberikan jawaban yang memuaskan maka dia akan tetap melakukannya. Apabila guru/pendidik dan oarang tua tidak memahami cara berfikir remaja, akibatnya akan menimbulkan kenakalan remaja berupa perkelahian antar pelajar.
KELOMPOK 2
1.      Apa yang di maksud dengan study etnografis, apa hubungan dengan teori
Etnografi berasal dari kata ethos, yaitu bangsa atau suku bangsa dan graphein yaitu tulisan atau uraian.
Etnografi adalah kajian tentang kehidupan dan kebudayaan suatu masyarakat atau etnik, misalnya tentang adat-istiadat, kebiasaan, hukum, seni, religi, bahasa. Bidang kajian vang sangat berdekatan dengan etnografi adalah etnologi, yaitu kajian perbandingan tentang kebudayaan dari berbagai masyarakat atau kelompok (Richards dkk.,1985).
Istilah etnografi sebenarnya merupakan istilah antropologi, etnografi merupakan embrio dari antropologi, lahir pada tahap pertama dari perkembangannya sebelum tahun 1800 an. Etnogarafi juga merupakan hasil catatan penjelajah eropa tatkala mencari rempah-rempah ke Indonesia. Koentjaraningrat, 1989:1
-          Hubungannya dengan teori
Etnografi membangun teori kebudayaan – atau penjelasan tentang bagaimana orang berpikir, percaya, dan berperilaku – yang disituasikan dalam ruang dan waktu setempat. Serta Sebagai sebuah pendekatan untuk mempelajari kehidupan masyarakat, hasil penelitian etnografi seakan dihadapkan pada dua pilihan kegunaan yaitu: 1) untuk berteori tentang kebudayaan – berkenaan dengan fenomena masyarakat yang diteliti; dan 2) memecahkan permasalahan di dalam masyarakat yang diteliti. Untuk kegunaan yang ke-dua dikenal istilah etnografi terapan. Etnografi terapan adalah penelitian etnografi yang lebih bertujuan pada identifikasi dan pemecahan masalah (problem solving) yang terjadi dalam masyarakat atau kelompok – dengan tetap memakai ‘lensa’ masyarakat yang ‘diteliti’.  LeCompte & Schensul (1999) mengatakan bahwa penelitian etnografi terapan selalu berpusat pada 2 tujuan, yaitu: 1) memahami permasalahan sosiokultural di dalam masyararakat atau lembaga; dan 2) menggunakan penelitian untuk memecahkan permasalahan atau membantu menemukan perubahan positif di dalam lembaga atau masyarakat. Penelitian etnografi terapan berkenaan dengan pemahaman permasalahan sosial dan menggunakan pemahaman tersebut kepada sebuah perubahan positif di dalam masyarakat, lembaga atau kelompok. Etnografi terapan seringkali digunakan dalam studi kebijakan – karena dianggap bisa menyediakan perspektif lain dari masyarakat ‘yang dikenai kebijakan’, dan bukan hanya sekedar evaluasi atas implementasi kebijakan.
Hampir sama dengan penelitian etnografi terapan, etnografi sebagai sebuah ilmu lebih berfokus pada penciptaan teori-teori budaya – bagaimana teori budaya diperdebatkan melalui studi etnografi. Etnografi sebagai sebuah ilmu menghasilkan atau membangun teori-teori tentang budaya – atau penjelasan-penjelasan bagaimana masyarakat berfikir, percaya dan berperilaku – yang disituasikan dalam ruang dan waktu setempat.
2.      Jelaskan apa hubungan studi dengan pemeliharaan
Hubungan antara studi dengan pemeliharaan yaitu dengan studi dapat meningkatkan wawasan dan pengetahuan kita tentang pemeliharaan, mau itu pemeliharaan dalam bentuk pertumbuhan ataupun perkembangan yang telah di maknai melalui riset dan teori ilmu pengetahuan
3.      Jelaskan teori ilmu pengetahuan dan riset. Apa hubungannya?
Hubungan ilmu pengetahuan dengan teori sangat erat kaitannya karena tanpa teori kemajuan ilmu pengetahuan menjadi tak mungkin. Teori menyediakan kerangka dimana para ilmuan menyadari persoalan-persoalan penting yang hendak diajukan dan metode-metode apa yang harus digunakan untuk menjawab persoalan-persoalan tersebut. Tanpa adanya konteks  teoretis sebagai tempat beroperasi, informasi baru hanya akan menjadi tambahan kuantitatif bagi kumpulan pengetahuan yang sudah ada.
KELOMPOK 3
1.      Apa yang di maksud dengan dizigotik (A. Satriani)
Kembar dizigotik (dikenal sebagai "kembar non-identik") terjadi karena zigot-zigot yang terbentuk berasal dari sel telur yang berbeda. Terdapat lebih dari satu sel telur yang melekat pada dinding rahim yang terbuahi oleh sel-sel sperma pada saat yang bersamaan. Pada manusia, proses ovulasi kadang-kadang melepaskan lebih dari satu sel telur matang ke tuba fallopi yang apabila mereka terbuahi akan memunculkan lebih dari satu zigot.
Kembar dizigotik secara genetik tidak berbeda dari saudara biasa dan berkembang dalam amnion dan plasenta yang terpisah. Mereka dapat memiliki jenis kelamin yang berbeda atau sama.
2.      Sebutkan spermatogenesis di pengaruhi oleh beberapa hormon (sukma)
·         Testosteron : Merupakan hormone yang terletak dan dihasilakn oleh testis tepatnya hormone ini dikeluarkan oleh sel leydig). Hormone ini penting untuk pertumbuhan dan perkembangan organ reproduksi serta cirri seks sekunder pada hewan jantan dan hormone ini terutam bertanggung jawab pada pembentukan spermatosit sekunder. Pelepasan hormone ini dikendalikan oleh hormone LH (Luteinizing Hormone)
·         GnRH : Hormon ini dihasilkan oleh hipotalamus, yang berfungsi untuk merangsang hipofisis atau pituitary bagian anterior untuk mengeluarkan FSH dan LH.
·         LH (Luteinizing Hormone) : Hormon ini disekresikan oleh kelenjar hipofisis bagian anterior. Hormon ini berfungsi untuk merangsang sel-sel leydig agar mensekresikan hormone testosterone
·         FSH (Follicle Stimulating Hormone) : Hormon ini juga disekresikan oleh kelenjar hipofisis bagian anterior, dan berfungsi untuk mempengaruhi dan merangsang perkembangan tubulus seminiferus dan sel sertoli untuk menghasikan ABP (Androgen Binding Protein/protein pengikat androgen) yang berfungsi untuk mengikat estrogen dan testosterone dan membawa kedua hormone tersebut ke dalam cairan tubulus seminiferus,  jadi ABP juga berfungsi memacu pembentukan sperma. FSH pada khusunya berfungsi pada pembentukan spermatid menjadi spermatozoa.
·         Estrogen : Hormon ini dihasilkan oleh sel-sel sertoli, hormone ini berfungsi untuk pematangan sperma
3.      Sebutkan dan jelaskan alat kontrasepsi alat bantu (mega)
Metode kontrasepsi ini menggunakan alat bantu untuk menciptakan hambatan agar sperma tidak membuahi sel telur. Jenis hambatan bisa berbentuk fisik ataupun kimia yang dirancang untuk menghentikan sperma memasuki rahim wanita.
Metode barrier terdiri atas beberapa jenis kontrasepsi berbentuk alat, yaitu:
·         Kondom (Pria) Kondom berbentuk tabung dan terbuat dari bahan yang sangat tipis (lateks) yang membungkus penis saat ereksi ketika berhubungan seks dengan pasangan.
·         Female Condom Kondom perempuan adalah jenis kontrasepsi dengan fungsi mirip kondom pada pria, berbentuk kantong sekitar 7 inchi dan memiliki dua cincin yang fleksibel di masing-masing ujungnya.
·         Spermisida adalah jenis kontrasepsi yang terbuat dari bahan kimia yang dirancang untuk membunuh sperma. Bentuk spermisida bermacam-macam, ada yang berbentuk busa, jeli, tablet berbusa dan supositoria vagina.
·         Diafragmadalah kubah karet lunak membentang di atas sebuah cincin fleksibel, kubah diisi dengan krim atau jeli spermisida.Diafragma dimasukkan ke dalam vagina dan ditempatkan di atas leher rahim tidak lebih dari 3 jam sebelum berhubungan seksual.
·         Cap serviks adalah secangkir kecil yang terbuat dari karet lateks atau plastik. Tutup serviks diisi dengan krim atau jeli spermisida dan dimasukkan ke dalam vagina dan ditempatkan di atas leher rahim.
·         Kontrasepsi Sponge adalah jenis kontrasepsi berbentuk piring yang terbuat dari busa poliuretan.
KELOMPOK 4
1.      Jelaskan karakteristik bayi masa lahir beserta contohnya
·         Banyak Tidur, Yang dilakukan oleh bayi ialah tidur secara terus-menerus. Matanya selalu menutup, sebagai upaya untuk menjalani proses kehidupannya. Sebagian besar waktunya yaitu sebanyak 80% setiap hari bayi tidur selama 18 jam.
·         Tidur Aktif, Tidur merupakan aktivitas utama bagi setiap bayi yang normal. Sebagian besar waktunya memang harus dipergunakan untuk tidur.
·         Malas-malasan, Seringkali keadaan tidur dianggap sebagai perilaku malas. Menelan makanan merupakan aktivitas yang menguras dan memerlukan energy, sehingga setelah makan maupun minum umumnya bayi merasa capai, lemas dan segera tertidur.
·         Waspada, Lamanya bayi tinggal dan berdiam seorang diri di ruang kamar, akan menimbulkan pemerasaan bosan karena bayi menghadapi situasi dan kondisi yang monoton.
·         Rewel, Pengalaman-pengalaman yang tak menyenangkan  akan dirasakan sebagai sesuatu yang mengganggu hidupnya.
·         Menangis, merupakan bahasa komunikasi yang diekspresikan oleh seorang bayi kepada lingkungan sosialnya. Menangis merupakan suatu tanda yang memilki arti tertentu, yang mengisyaratkan bahwa bayi memerlukan perhatian secepat mungkin.    
2.      Mengapa pada usia 3 tahun tingkat  kesulitan anak sudah mulai mereda (Husni)
“masa yang sulit karena komunikasi yang terbatas dan perkembangan di segala aspek meningkat dengan cepat, maka ketika anak mencapai usia 3 tahun “ kesulitan” mulai mereda. Memang anak dalam usia anak-anak adalah” petualang yang kuat dan tegar, yang senang menjelajahi berbagai kemungkinan yang ada dilingkungannya seraya mengembangkan swluruh aspek perkembangnnya. Mereka telah lepas dari masa sulit dan masuk kemasa yang lebih tenang dan tidak terlalu mengancang.
3.      Hal-hal apa yang mempengaruhi perkembangan fisik pada anak (hermayanti)
Hal yang mempengaruhi adalah dari pola makanan dan gizi yang diberikan kepada anak, karena dari situ anak mendapatkan nutrisi dan dapat tambah berkembang secara baik.  Serta dipengaruhi oleh pertumbuhan seperti pengaruh genetik yang berinteraksi dengan lingkungan pengaruh seperti nutrisi, dan kondisi tempat tinggal, juga mempengaruhi kesehatan dan kesejahteraan umum. Makanan dan perhatian yang baik akan membuat anak menjadi lebih tinggi dan lebih berat dibandingkan dengan anak yang mendapatkan makanan dan perhatian yang kurang baik.
KELOMPOK 5
1.      Praktek-praktek yang cocok & tidak cocok sesuai perkembangan (Melianti)
Praktik-praktik yang cocok dan tidak cocok menurut teori perkembangn dalam pendidikan anak-anak kecil 
Ini bukanlah cara membaca ,menulis ,dan berhitung yang harus diingat ,dihafal oleh anak-anak jumlah besar pendidikan dan psikolog yakni bahwa anak-anak prasekolah dan sekolah dasar paling baik belajar melalui metode-metode mengajar yang aktif dan bersifat konkrit seperti permainan yang bermain drama.Mereka tahu bahwa anak-anak berkembang berbagai tingkat dan bahwa sekolah harus diberi keleluasan untuk bekerja berdasarkan perbedaan-perbedaan individual murid.Para pendidik menyebut jenis persekolahan ini sebagai praktik yang cocok menurut teori perkembangan yang didasarkan atas pengetahuan tentang perkembangan umum anak daam suatu rentang usia dan juga keunikan anak praktik yang cocok berbeda dengan praktik yang tidak cocok yang mengabaikan pendapatan belajar yang bersifat konkrit dan aktif. Pada umumya pengajaran langsung melalui kegiatan yang bersifat abstrak dan melalui kertas dan pensil yang diberikan kepada sejumlah besar anak kecil diyakini sebagai praktik yang tidak cocok menurut teori perkembangan.
2.      Faktor-faktor apa yang mempengaruhi perkembangan anak (Hermayanti)
Faktor Dalam
·         Ras/etnik atau bangsa : Anak yang dilahirkan dari ras/bangsa Amerika, maka ia tidak memilki faktor herediter ras/bangsa Indonesia atau sebaliknya
·         Keluarga: Ada kecenderungan keluarga yang memiliki postur tubuh tinggi, pendek, gemuk atau kurus
·         Umur : Kecepatan pertumbuhan yang pesat adalah masa prenatal, tahun pertama kehidupan dan masa remaja.
·         Jenis kelamin : fungsi reproduksi pada anak perempuan berkembang lebih cepat daripada laki-laki.. Tetapi setelah melewati masa pubertas, pertumbuhan anak laki-laki akan lebih cepat
·         Genetik : adalah bawaan anak yaitu potensi anak yang akan menjadi ciri khasnya. Ada beberapa kelainan genetik yang berpengaruh pada tumbuh kembang anak seperti kerdil.
·         Kelainan kromosom : Kelainan kromosom umumnya disertai dengan kegagalan pertumbuhanseperti pada sindroma Down’s dan sindroma Turner’s.
Faktor Luar
·         Gizi : Nutrisi ibu hamil terutama dalam trisemester akhir kehamilan akan mempengaruhipertumbuhan janin
·         Mekanis : Posisi fetus yang abnormal bisa menyebabkan kongenital seperti club foot
·         Toksi/zat kimia :beberapa obat-obatan dapat menyebabkan kelainan kongenital.
·         Radiasi Paparan radium dan sinar rontgen dapat kelainan pada janin seperti deformitas anggota gerak
·         Infeksi : Infeksi pada trimester pertama dan kedua oleh virus TORCH dapat menyebabkan kalainan pada janin, katarak, bisu tuli, retasdasi mental dam kelainan jantung.
·         Kelainan imunologi : Adanya perbedaan golongan darah antara janin dan ibu sehingga ibu membentuk antibodi terhadap sel darah merah janin, kemudian melalui plasenta masuk dalam peredaran darah janin dan akan menyebabkan hemolisis yang selanjutnya mengakibatkan kerusakan jaringan otak
·         Psikologi ibu : Kehamilan yang tidak diinginkan, perlakukan salah/kekerasan mental pada ibu hamil dan lain-lain.
KELOMPOK 6
1.      Jelaskan hal-hal yang mencakup perkembangan diri (A. Jusri)
Sebagai seorang pendidik kita harus mengembangkan diri untuk menjadi pendidik yang lebih baik lagi dari sebelumnya. Dan dalam mengembangkan diri sebagai pendidik kita seharusnya mengenal diri kita dengan cara kita harus sadar sebagai mahluk tuhan, jika kita sadar sebagai mahluk tuhan maka kita juga akan sadar untuk mengajarkan agama kepada anak didik kita. Dan semua itu dilakukan secara bertahap agar anak tidak merasa tertekan juga tidak merasa bosan. Selain itu untuk mengenal diri, kita harus sadar dengan keberadaan kita karena keberadaan kita di sekitar anak membuat anak senang dan anak akan giat untuk belajar. Dan kita harus sadar dengan potensi diri kita karena jika kita mengenal potensi diri kita maka kita bisa melakukan semuanya dengan baik, dan jika kita melakukan semuanya dengan baik maka kita akan merasa hebat karena telah menjadi pendidik yang baik.
2.      Apa perbedaan perkembangan emosi anak yang normal & hiperaktif (Wahyu Eka Oktaria)
-          Perkembangan emosi anak normal
Emosi dasar bayi menunjukkan sinyal kegembiraan, ketertarikan, dan ketertekanan. Serta emosinya melibatkan kesadaran diri (self-conscious), seperti rasa malu dan iri, baru muncul setelah si anak mengembangkan pemahaman diri (self awareness).
-          Perkembangan emosi anak hiperaktif
Merasakan apa yang dirasakan orang lain (Empati) kemampuan untuk memosisikan diri pada posisi orang lain dan merasakan apa yang dirasakan oleh orang lain, atau yang akan dirasakannya, dalam situasi tertentu.
3.      Bagaimana cara mengembangkan perkembangan psikososial (Sukma Sukardi)
Cara mengembangkan perkembangan psikososial dimulai dari terbentuknya kepribadian ketika seseorang melewati tahap psikososial seumur hidupnya. Dimana masing-masing tahap memiliki tugas perkembangan tang khas,dan mengharuskan individu menghadapi dan menyelesaikan krisis yang di alami. Sedangkan perkembangan psikososial berhubungan dengan perubahan-perubahan perasaan atau emosi dan kepribadian srta perubahan dalam bagaimana individu berhubungan dengan oranglain (adaptasi dengan lingkungan). Perkembangan psikososial masa bayi juga berhubungan dengan perubahan-perubahan perasaan atau emosi dan kepribadian dalam berhungan dengan oranglain. Meskipun dalam pemenuhan kebutuhannya bayi sangat tergantung pada ibunya atau pengasuhnya. Namun, bukan berarti bayi tersebut aktif, dia juga mengalami prubahan-perubahan dari pengalamannya sejak lahir.
KELOMPOK 7
1.      Bagaimana cara orang tua memberikan pola asuh pada anak (Nuraeni Azis)
Anak tumbuh dan berkembang di bawah asuhan orang tua. Melalui orang tua, anak beradaptasi dengan lingkungannya dan mengenal dunia sekitarnya serta pola pergaulan hidup yang berlaku di lingkungannya. Ini disebabkan oleh orang tua merupakan dasar pertama bagi pembentukan pribadi anak.
Bentuk-bentuk pola asuh orang tua sangat erat hubungannya dengan kepribadian anak setelah ia menjadi dewasa. Hal ini dikarenakan ciri-ciri dan unsur-unsur watak seorang individu dewasa sebenarnya sudah diletakkan benih-benihnya ke dalam jiwa seorang individu sejak sangat awal, yaitu pada masa ia masih kanak-kanak. Watak juga ditentukan oleh cara-cara ia waktu kecil diajar makan, diajar kebersihan, disiplin, diajar main dan bergaul dengan anak lain dan sebagainya (Koentjaraningrat, 1997). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pola asuh yang diterapkan oleh orang tua sangat dominan dalam membentuk kepribadian anak sejak dari kecil sampai anak menjadi dewasa.
Di dalam mengasuh anak terkandung pula pendidikan, sopan santun, membentuk latihan-latihan tanggung jawab dan sebagainya. Di sini peranan orang tua sangat penting, karena secara langsung ataupun tidak orang tua melalui tindakannya akan membentuk watak anak dan menentukan sikap anak serta tindakannya di kemudian hari.
Masing-masing orang tua tentu saja memiliki pola asuh tersendiri dalam mengarahkan perilaku anak. Hal ini sangat dipengaruh oleh latar belakang pendidikan orang tua, mata pencaharian hidup, keadaan sosial ekonomi, adat istiadat, dan sebagainya. Dengan kata lain, pola asuh orang tua petani tidak sama dengan pedagang. Demikian pula pola asuh orang tua berpendidikan rendah berbeda dengan pola asuh orang tua yang berpendidikan tinggi.
Orang tua dapat memilih pola asuh yang tepat dan ideal bagi anaknya. Orang tua yang salah menerapkan pola asuh akan membawa akibat buruk bagi perkembangan jiwa anak. Tentu saja penerapan orang tua diharapkan dapat menerapkan pola asuh yang bijaksana atau menerapkan pola asuh yang setidak-tidaknya tidak membawa kehancuran atau merusak jiwa dan watak seorang anak
2.      Jelaskan apa yang di maksud dengan hormon, hereditas, dan nutrisi (Jamila)
-          Hormon (dari bahasa Yunani ρμή "dorongan") adalah kimia yang dilepaskan oleh sel atau kelenjar di salah satu bagian tubuh yang mengirimkan pesan yang mempengaruhi sel-sel di bagian lain dari organisme. Hanya sejumlah kecil hormon diperlukan untuk mengubah metabolisme sel. Pada intinya, itu adalah utusan kimia yang mengangkut sinyal dari satu sel ke sel lainnya.
-          Hereditas adalah pewarisan atau pemindahan biologis, karakteristik individu dari pihak orang tua. Menurut Witherington, hereditas adalah suatu proses penurunan sifat-sifat atau benih dari generasi ke generasi lain, melalui plasma benih, bukan dalam bentuk tingkah laku melainkan struktur tubuh.
-          Nutrisi adalah substansi organik yang dibutuhkan organisme untuk fungsi normal dari sistem tubuh, pertumbuhan, pemeliharaan kesehatan. Nutrisi didapatkan dari makanan dan cairan yang selanjutnya diasimilasi oleh tubuh.
KELOMPOK 8
1.      Istilah-istilah yang di gunakan pada masa kanak-kanak (husni)
Istilah-istilah yang di funakan terbagi menjadi :
v  Masa estetika
v  Masa indra
v  Masa menentang orang tua
2.      Jelaskan apa yang di maksud dengan ego dan superego (hikma)
-          Super Ego merupakan sebuah pribadi yang bertolak belakang dengan Id. SE merupakan pribadi yang mengikuti peraturan, disiplin, menyesal jika berbuat salah yah pokoknya yang bagus2 deh. Tindakan manusia dalam era beradab ini seharusnya sebagian besar dikontrol oleh SE agar kehidupan aman damai en teratur tapi kayakna banyakan yang memiliki Id dominan deh... +_+ Kalo di game Xenogears mungkin bisa digambarkan dengan karakter Fei Wong Fong yang kita pake pertama kali yang cenderung kepingin menghindari masalah en idealis meski hobi melarikan diri. Pernah ngerasa ada yang bilang 'sabar... sabar...' waktu kita udah pingin nonjok orang nyebelin itu?? itu kerjaan SE.
-          Ego merupakan pribadi terakhir yang ada dalam konteks ini. Ego merupakan 'percabangan' dalam diri manusia. Ego merupakan keinginan dan hasrat manusia apapun bentuknya. Ego yang menerima hasrat manusia akan bertanya kepada Id dan SE untuk jawaban. Ketika kita kepingin nonjok orang dan akhirnya kita nonjok dia, maka Ego berada di pihak Id sedangkan jika akhirnya kita batal nonjok, maka Ego berada di pihak SE. Simpel kan? but the problem is Ego kadang2 kaga semudah itu ngambil pihak. Pernah ngerasa kepala pusing en nyut2an waktu ada masalah dengan orang lain? itu gara2 ego yang kaga bisa milih pihak.
KELOMPOK 9
1.      Jelaskan ke 5 pandangan Flavel mengenai perkembangan kognitif anak pada masa kanak-kanak pertengahan (melianti)
Pandangan 1: Pikiran itu Ada (The Mind Exists)
Bahwa manusia adalah merupakan makhluk yang mempunyai pemikiran (kognisi). Hal ini dapat terlihat dari bagaimana seorang anak memandang orang tuanya saat ia merasa ketakutan, untuk melihat mimic wajah orang tuanya tersebut. Contoh lain adalah bagaimana kita mempunyai respons yang berbeda terhadap stimulus yang berbeda pula.
Pandangan 2: Pikiran Mempunyai Hubungan ke Dunia Fisik (The Mind has Connections to the Physical World)
Psikologi umumnya menganggap pikiran (mind) sebagai kotak hitam yang menghubungkan antara stimulasi lingkungan dan tingkah laku atau respon seseorang. Stimulus yang datang akan diproses dan mengakibatkan munculnya sebuah tingkah laku tertentu. Hubungan antara stimulus dan respon ini akan muncul dengan kuat sejak anak berusia 3 tahun.
Pandangan 3: Pikiran Terpisah dan Berbeda dari Dunia Nyata (The Mind is Separate from and Differs from the Physical World)
Pada usia ini anak sudah mengerti bahwa pikiran itu terpisah dari dunia nyata. Hanya saja mereka masih merasa bahwa proses berpikir itu terpisah seperti yang ada di buku komik, yaitu segumpal awan putih yang muncul di dekat kepala, dan bukan merupakan proses mental di otak kita.
Pandangan 4: Pikiran dapat Merepresentasikan Objek dan Kejadian secara Akurat dan Tidak Akurat (The Mind can Represent Objects and Events Accurately or Inaccurately)
Anak usia 3 tahun sudah mengetahui bahwa pikiran bukanlah hal nyata yang dapat dilihat. Lebih daripada itu, mereka juga sudah mengerti bahwa pikiran mereka dapat mengakibatkan timbulnya perilaku tertentu. Pandangan ini menyatakan bahwa realitas dapat diperlihatkan dalam berbagai cara dan pemikiran kita tidaklah selalu benar. Pandangan 5: Pikiran secara Aktif Menghubungkan antara Interpretasi Realitas dan Pengalaman Emosi (The Mind Actively Mediates the Interpretation of Reality and the Emotion Experienced)
Pada pandangan ini dijelaskan bahwa anak belum dapat mengerti bahwa kita mempunyai pikiran yang tersimpan di “kepala” kita mengenai segala sesuatu. Mereka masih berpikir secara konkret dan langsung. Misalnya, seorang anak 4 tahun disuruh melihat gambar gelas kecil berwarna hitam dan diminta menyebut benda apa itu. Ia pasti akan berkata gelas. Waktu gambar tersebut dijauhkan dan hanya terlihat sebagai titik tinta, ia akan tetap mengatakan gelas karena ia melihat bentuk gelas dari dekat tadi. Anak ini belum ddapat membedakan antara gambar yang sungguh ia lihat dan apa yang sudah ia lihat sebelumnya. Keemampuan ini baru akan berkembang setelah anak berusia 6 tahun.
KELOMPOK 10
1.      Apa penyebab sehingga anak-anak cadel (saleha)
Anak cadel disebabkan karena anak tidak dapat memproduksi bunyi suara yang seharusnya,misalnya tidak dapat menyebutkan huruf’S atau huruf’R 
2.      Apa saja 4 faktor yang mempengaruhi bahasa anak (Khadija)
1.phonology(fonologi
2.semantics(semantic)
3.Grammar (tata bahasa)
4.Pragmatics(pragmatic).





1 komentar: