PEDAGOGIK 1
Tes Formatif KB 1
1. Seorang guru
mengajar di dalam kelas dengan metode ceramah sehingga proses pembelajaran
lebih terpusat pada guru sedangkan siswa pasif karena hanya mendengarkan. Hal
tersebut termasuk dalam proses pendidikan yang beraliran….
A.
Behavioristik
B. Perenialisme
C. Humanisme
D. Esesnialisme
E.
Rekonstuksionisme
2. Tujuan pendidikan
Bangsa Indonesia yaitu pembentukan manusia yang ideal. Berikut ini implementasi
sila ke 5 dalam pendidikan sebagai upaya pencapaian tujuan tersebut adalah....
A. Guru mengarahkan
peserta didik untuk taat terhadap Tuhan YME
B. Orang tua memberi
contoh pada anak untuk tidak melakukan
diskriminasi pada siapapun
C. Peserta didik
diajarkan untuk mencintai dan mengkonsumsi produk dalam negeri
D. Pendidik mengikuti
PPG untuk meningkatkan kreativitas dan profesionalitasnya
E.
Sekolah melakukan program kegiatan bakti sosial dengan melibatkan peserta
didiknya
3. Berikut ini contoh
kegiatan yang tergolong ke dalam praktik
pendidikan adalah…
A. Ibu Ani sedang
membaca buku psikologi pendidikan
B. Ibu Heni dan pak
didi sedang berdiskusi tentang pengertian pendidikan
C.
Pak Andi sedang mengajarkan konsep “bangun ruang” kepada peserta didiknya
D. Pak Budi sedang
mencari ide untuk memotivasi peserta didiknya agar giat belajar
E. Pak Hajar sedang
mendownload file materi Pendidikan Pancasila
4. Sebagai humanisasi
pendidikan bukan berarti pembentukan manusia (peserta didik) oleh manusia
lainnya (pendidik). Sebab asumsinya bahwa manusia atau peserta didik adalah…
A.
Manusia merupakan makhluk otonom
B. Pribadi yang
berkembang dan berakal
C. Makhluk sosial
yang dapat mempengaruhi satu sama lain
D. Makhluk yang
memiliki moral sehingga dapat membedakan baik dan buruk
E. Makhluk religius
yang diciptakan oleh Tuhan
5. Seorang pendidik
perlu memahami landasan pendidikan. Salah satu manfaat mempelajari landasan
pendidikan bagi pendidik adalah
A. Memahami berbagai
karakteristik peserta didik sehingga memandang peserta didik sebagai pribadi
yang unik
B. Menumbuhkan sikap
berpikir kritis pendidik terhadap perkembangan peserta didik
C. Membantu pendidik
dalam menentukan metode pembalajaran yang tepat digunakan dalam situasi
tertentu di kelas
D.
Meningkatkan perkembangan pola pikir dan pola kerja pendidik tentang bagaimana
seharusnya melaksanakan praktek pendidikan
E. Memahami berbagai
pasal-pasal dalam UUD dan peraturan yang berlaku di Indoensia terkait dengan
pendidikan
6. Beriku ini implikasi
landasan historis dalam proses pendidikan di Indonesia adalah...
A.
Guru melaksanakan perannya sesuai dengan semboyan “tut wuri handayani”
B. Kurikulum
pendidikan dikembangkan dengan memperhatikan psiklogi perkembangan peserta
didik
C. Pembentukan komite
sekolah sebagai bentuk kerjasama antar sekolah dengan masyarakat
D. Guru mengajarkan
mata pelajaran bermuatan lokal sesuai dengan daerah tempat mengajarnya
E. Terdapat program
Bantuan Operasional Sekolah untuk sekolah-sekolah negeri
7. Pengertian
landasan dibagi dua yaitu landasan fisik dan konseptual. Berikut ini yang
termasuk dalam landasan konseptual adalah....
A. Kurikulum dan
silabus
B.
Pancasila dan UUD 1945
C. Kerangka berfikir
D. Desain
bangunan
E. Tujuan pendidikan
8. Pendidikan harus
dilakukan sesuai dengan tahap-tahap dan tugas pekermbangan peserta didik. Oleh
kareananya pendidikan dilaksanakan dengan mengacu pada landasan....
A.
Psikologi pendidikan
B. Sosiologi
pendidikan
C. Religi pendidikan
D. Ekonomi pendidikan
E. Ilmu pengetahuan
dan Teknologi
9. Sila pertama
pancalisa adalah keTuhanan YME oleh sebab itu pendidikan hendaknya bertujuan
agar peserta didik beriman dan bertaqwa kepada Tuhan YME. Hal tersebut
merupakan contoh
A. Landasan yuridis
B. Landasan psikologis
C.
Landasan religius
D. Landasan sosilogis
E. Landasan historis
10. Salah satu
tripusat pendidikan bagi anak adalah keluarga. Orang tua yang dalam
kesehariannya rajin melaksanakan ibadah sesuai dengan waktu yang ditentukan.
Pada hakekatnya menanamkan pada anak...
A. Hak dan kewajiban
B. Kejujuran dan
toleransi
C. Gotong royong dan
tangung jawab
D.
Kedisiplinan dan tanggung jawab
E. Kejujuran dan
Tenggang rasa
Tidak ada komentar:
Posting Komentar