Tes formatif KB 4
1). Model pembelajaran blended learning merupakan
kombinasi antara pembelajaran online dengan pembelajaran konvensional (tatap
muka). Definisi ini dikemukakan oleh …
a. Stolovich &
Keeps
b. Maasaki Imai
c. Stake & Horn
d. Clark &
Mayer
2). Model pembelajaran blended learning dapat membantu
guru dalam mengatasi permasalahan dalam pembelajaran diantaranya yaitu terkait
dengan …
a. kedisiplinan
b. sumber belajar
c. strategi
pembelajaran
d. tempat
3). Pembelajaran yang menggunakan model ‘blended
learning’ dapat meningkatkan akses dan fleksibilitas peserta didik dalam
memperoleh pengalaman belajar melalui …
a. memberi kebebasan kepada peserta didik untuk membuat
jadwal belajar
b.
memperluas jangkauan sumber belajar tidak terbatas pada ruang kelas
c. memfasilitasi
peserta didik untuk dapat berdiskusi secara online
d. kegiatan belajar yang dapat didesain menjadi lebih
menarik dan interaktif.
4). Berikut yang merupakan salah satu karakteristik dari
model blended learning adalah ....
a.
adanya gabungan berbagai strategi dan gaya pembelajaran
b. guru memiliki peran yang dominan selama kegiatan
pembelajaran
c. siswa wajib menggunakan komputer selama kegiatan
pembelajaran
d. seluruh kegiatan diskusi dilaksanakan melalui sistem
online
5). Berikut yang merupakan model kelas dalam blended
learning yang termasuk dalam kategori model rotasi (rotation model) yaitu …
a. model kelas flipped (flipped classroom)
b. model kelas
self-blend
c. model kelas
flex
d. model kelas
enriched-virtual
6). Model kelas yang sering digunakan dalam pembelajaran
blended learning pada sekolah yang peserta didiknya tidak banyak mempunyai
perangkat seperti tablet dan laptop adalah …
a. model self-blend
b.
model kelas station rotation
c. model kelas
flex
d. model kelas
flipped (flipped classroom)
7). Karakteristik
dari model kelas flipped (flipped classroom) yaitu …
a. siswa dapat mengambil kegiatan pembelajaran online
sebagai tambahan dari kegiatan pembelajaran tatap muka yang telah dilakukan.
b. siswa
mendapatkan jadwal yang telah disesuaikan dengan masingmasing individual untuk
dapat belajar secara mandiri.
c. siswa dapat
berdiskusi langsung dengan guru secara online ketika menemui permasalahan dalam
pembelajaran
d.
siswa mendapatkan mendapatkan pengajaran secara langsung melalui sistem secara
online sebelum kelas dimulai.
8). Pembelajaran yang menggunakan model blended learning
dapat memungkinkan guru untuk mengarahkan pembelajaran fokus sesuai dengan
kebutuhan belajar peserta didik secara individual. Hal ini dikarenakan …
a. model blended learning mengoptimalkan penggunaan
teknologi dalam kegiatan pembelajaran
b. model blended learning mempunyai banyak ragam variasi
model kelas yang dapat dipilih untuk menerapkan kegiatan pembelajaran
c.
model blended learning memungkinkan guru untuk mengetahui kebutuhan belajar
peserta didik melalui aktifitas pembelajaran online.
d. model blended learning memiliki sesi pembelajaran
online yang dapat memfasilitasi peserta didik untuk dapat belajar kapanpun dan
dimanapun.
9). Komponen
penting yang harus diperhatikan dalam merancang dan mengembangkan aktifitas
pembelajaran dengan model blended learning, diantaranya adalah …
a. materi
pembelajaran
b. standar capaian
c. karakteristik
siswa
d. interaksi antar
siswa
10). Guru dapat mengevaluasi kegiatan pembelajaran
blended learning yang telah dilakukan salah satunya melalui …
a. hasil belajar siswa selama sesi
pembelajaran
b. ketersediaan
media berbasis teknologi
c. presentase
kehadiran siswa dalam sesi pembelajaran
d. pendampingan orangtua dalam sesi pembelajaran online
Tidak ada komentar:
Posting Komentar