Tes formatif KB 3
1). Pembelajaran yang melibatkan penggunaan alat dan
teknologi digital secara inovatif selama proses belajar mengajar sering juga
disebut sebagai ....
a. distance
education
b. open learning
c. Pembelajaran Digital
d. mobile learning
2). Salah satu
fungsi yang tercipta melalui jaringan
(networking) yang tidak hanya mencakup fasilitas yang sangat dan sering
dibutuhkan, seperti printer atau modem, namun juga berkaitan dengan data atau
program aplikasi tertentu, adalah .....
a. fungsi caring
b.
fungsi sharing
c. fungsi managing
d. fungsi organising
3). Salah satu prinsip penerapan Pembelajaran Digital
yang mendasarkan pada kemampuan peserta
didik, pengetahuan sebelumnya (prior knowledge), dan kenyamanan belajar peserta
didik, yakni .....
a. prinsip
aksesibilitas
b. prinsip
penilaian
c. prinsip
partisipasi
d. prinsip personalisasi
4). Di dalam
prinsip penerapan Pembelajaran Digital, yakni prinsip penilaian, bagian penting
dari penerapan prinsip tersebut dalam Pembelajaran Digital agar terjadi proses
evaluasi yang mendalam dan komprehensif adalah ….
a. aksesibilitas
b. reward dan
punishment
c. pemantauan dan umpan balik berkelanjutan
d. perangkat keras
dan perangkat lunak
5). Salah satu keuntungan terbesar dari platform Pembelajaran
Digital adalah memungkinkan peserta didik untuk bersosialisasi, berkolaborasi,
dan berinteraksi dengan sesama peserta didik di web yang disebut juga dengan
istilah ….
a. social engagement
b. analisis
progres
c. mix approach
d. media sosial
6). Di dalam pemanfaatan Pembelajaran Digital dimana
peserta didik dapat mengakses berbagai referensi, baik yang berupa hasil
penelitian, maupun artikel hasil kajian dalam berbagai bidang, disebut dengan
….
a. potensi
pembelajaran
b. potensi pendidikan
c. potensi akses informasi
d. potensi alat
komunikasi
7). Salah satu ragam Pembelajaran Digital yang
disampaikan (atau didukung) oleh teknologi mobile dalam proses pembelajaran
maupun terintegrasi dalam aktivitas pembelajarannya, disbeut juga dengan
….
a. pembelajaran
berbasis Cloud Computing
b. pembelajaran
berbasis permainan
c. media sosial
d. mobile learning
8). Game-Based Learning (GBL) berfokus pada permainan
yang tujuannya bukan untuk menghibur melainkan untuk tujuan pembelajaran dengan
terlebih dahulu mengidentifikasi konteks dan kondisi yang mendukung integrasi
dari permainan digital dengan ….
a. lingkungan belajar formal dan informal
b. peserta didik
lain secara virtual
c. ketersediaan
aplikasi yang dimiliki oleh peserta didik
d. perangkat keras
dan perangkat lunak
9). Cloud Computing merupakan konsep dimana komputasi
merupakan sebuah model yang memungkinkan terjadinya penggunaan berbagai macam
sumber daya, yakni jaringan, server, media penyimpanan, aplikasi, dan service
secara ….
a. terpisah
b. terhubung
c. bersama-sama
d. langsung
10). Layanan pemyimpanan berkas, dokumen, presentasi,
form dan spreadsheet pada layanan software as a service, dimana pengguna
tinggal menggunakan aplikasi atau perangkat lunak yang sudah disediakan,
disebut juga dengan ….
a. Microsoft
b. Adobe Suite
c. Adobe Creative Cloud
d. Google Drive
Tidak ada komentar:
Posting Komentar