TUGAS
AKHIR
NAMA : SUKMA SUKARDI, S.Pd
Untuk memperdalam
pemahaman Anda mengenai materi dalam modul 1
maka, kerjakanlah tugas terstruktur berikut ini!
1. Berdasarkan
materi yang disajikan dalam KB 1 buatlah sebuah peta konsep yang menggambarkan
hubungan antar landasan pendidikan serta fungsi landasan pendidikan bagi tenaga
pendidik!
*Tidak untuk di copy paste, hanya dijadikan referensi untuk kalian guru-guru hebat & Guru Profesional... Thank You... Sukma Sukardi.
2. Seorang petani memiliki anak kembar bernama A dan B. Setelah tamat SD, A dibawa pindah ke kota oleh pamannya yang bekerja sebagai supir. Sedangkan B tetap tinggal di desa dengan bapaknya. Setelah dewasa, pada usia 24 tahun A bekerja menjadi supir online di kota dan B menjadi buruh tani di desa. Penampilan dan pola hidup A berbeda dengan penampilan dan pola hidup B, padahal mereka bersaudara bahkan kembar. Coba anda jelaskan mengapa A dan B berbeda perkembangan pribadinya?
Menurut saya alasan mengapa A dan B berbeda perkembangan pribadinya padahal mereka adalah saudara kembar dikarenakan oleh lingkungan sekitar mereka,
Karena A ikut bersama
pamannya yang berprofesi sebagai seorang supir sehingga A setiap hari dikelilingi oleh kehidupan
sang paman sebagai seorang supir dan wajar jika A ketika beranjak dewasa juga akan terjun ke profesi yang sama
sebagai seorang supir
Sedangkan saudara
kembarnya tinggal bersama bapaknya di desa dimana kesehariannya di kelilingi oleh kehidupan bapaknya yang
tinggal didesa dan wajar jika menjadi
buruh tani di desa.
3.
Bapak Sigit adalah seorang guru yang
bertugas di sekolah “X” yang terletak di perkotaan dengan fasilitas sarana dan
prasarana yang sangat lengkap dan dukungan dari para wali murid yang sangat
baik. Namun para peserta didik di sekolah tersebut kurang mandiri dan kurang
disiplin. Berdasarkan kondisi tersebut, kembangkan sebuah desain pembelajaran
berdasar pada teori belajar tertentu!
Berdasarkan uraian tersebut maka bapak sigit sebaiknya
menerapkan metode pembelajaran konstruktivistik dimana dengan pembelajaran ini
maka anak dapat membentuk pengetahuannya dengan belajar aktif dalam berpikir
dan menyusun konsep sehingga anak dapat belajar dengan mandiri dan agar anak
disiplin maka sebaiknya sekolah menerapkan kegiatan atau Progam
3.S (salam senyum sapa) yang diaplikasikan setiap pagi oleh kepala sekolah
bersama guru dalam
menyambut kedatangan anak
disekolah dengan menyalaminya dan berbagai sambutan keramahan yang lain.
Hasil dari
pelaksanaan program 3.S
ini peserta didik
yang datang kesekolah terlambat menjadi
jauh berkurang atau
sekitar dibawah sepuluh
anak dengan alasan keterlambatan yang sangat masuk akal/tidak dibuat-buat,
berarti tingkat kedisiplinan
kehadiran siswa di sekolah bisa dipantau untuk ditingkatkan. Selain itu program
3S ternyata berdampak pada kerapian dan kelengkapan pakaian anak meningkat baik.
Siswa menjadi terbiasa
saling beertegur sapa
antar teman selevelnya atau
terhadap senior/yuniornya, gurunya atau warga sekolah yang lain dengan tata
krama/sopan santun yang
berlaku dilingkungan sekolah.
Program Salam Senyum Sapa bagi
sekolah manfaat besar sekali, sekolah dengan mudah memantau kebisaan baik dan buruk dari
perilaku dan pola pikir iandividu-individu peserta didik
dengan mudah. Peserta
didik menjadi merasa
dihargai dan diperhatikan
sehingga mereka merasa nyaman dan aman di sekolah.
*Tidak untuk di copy paste, hanya dijadikan referensi untuk kalian guru-guru hebat & Guru Profesional... Thank You... Sukma Sukardi.
4. Coba anda lakukan indentifikasi tentang gaya
belajar peserta didik pada kelas anda!
Ø
Gaya
belajar anak visual
Gaya belajar peserta didik saya
ada yang cenderung lebih cepat menerima informasi dengan menggunakan indera
penglihatannya. Anak-anak
dengan mudah mengingat sesuatu dari bentuk, penampilan, warna dan sebagainya
yang berhubungan dengan visual. Mereka umumnya suka menggambar, suka
memperhatikan detail gambar, dan memperhatikan gejala-gejala fenomena alam yang
terjadi di sekitarnya. Untuk memudahkan guru mendampingi siswa siswi kita dengan memilihkan buku – buku
cerita yang banyak menggunakan ilustrasi gambar
Ø Tipe Belajar Auditori
Gaya belajar
peserta didik saya ada juga yang cenderung lebih cepat menerima informasi
dengan baik dan efektif dengan memakai
indra pendengaran (audio). Anak lebih
menyerap informasinya dengan mendengarkan tanpa harus memperhatikan pemberi
informasi.
Ø Tipe belajar kinestetik
Gaya belajar peserta didik saya ada juga yang cenderung
lebih cepat menerima informasi dengan
melibatkan gerakan tubuh (gerak, menyentuh dan melakukan). Senang menggunakan
media yang bisa disentuh, seperti alat peraga. Anak cenderung berpindah – pindah tempat
saat melakukan kegiatan.
5.
Buatlah strategi implementasi kurikulum
2013 yang dapat menyiapkan peserta didik hidup di masa depan?
Strategi implementasi Kurikulum 2013
Pendidikan Anak Usia Dini yaitu
dengan menyusun komponen seperti, guru menyiapkan PROSEM
( Program Semeseter), RPPM ( Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mingguan), RPPH
(Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian), dan juga penilaian. Oleh karean itu
dengan adanya kegiatan ini dapat mengarahkan anak dalam meningkatkan
perkembangannya.
Perencanaan
pembelajaran pada kurikulum 2013 di PAUD dilakukan dengan pendekatan dan model
pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan, karakteristik anak, dan budaya
lokal. Pembuatan kurikulum tersebut dibuat dengan
memperhatikan :
a.
Mengacu pada kompetensi dasar (KD) yang memuat sikap, pengetahuan, dan
keterampilan utnuk mewujudkan ketercapaian Standar Tingkat Pencapaian
Perkembangan Anak (STPPA) yang mencakup nilai agama dan moral, motorik,
kognitif, bahasa, social emosional dan seni.
b.
Memuat materi yang sesuai dengan KD dan dikaitkan dengan tema.
c.
Memilih kegiatan selaras dengan muatan/ materi pembelajaran
d.
Mengembangkan kegiatan main yang berpusat pada anak
e.
Menggunakan pembelajaran tematik
f.
Mengembangkan cara berfikir saintifik
g.
Berbasis budaya lokal dan memanfaatkan lingkungan alam sekitar, sebagai media
bermain anak.
*Tidak untuk di copy paste, hanya dijadikan referensi untuk kalian guru-guru hebat & Guru Profesional... Thank You... Sukma Sukardi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar