TES SUMATIF
1. Landasan
pendidikan jenis ini memiliki asumsi yang bersumber hakikat manusia, hakikat
ilmu, nilai serta perilaku yang dinilai baik dan dijalankan setiap lembaga
pendidikan adalah ….
A. Landasan filosofis
B. Landasan
sosiologis
C. Landasan
religius
D. Landasan
yuridis
E. Landasan
psikologi
2. Berikut ini
contoh konkrit dari implikasi landasan religius dalam pendidikan di sekolah
adalah ….
A. Menjaga
lingkungan sekitar rumah, karena kebersihan merupakan sebagian dari iman
B. Gotong
royong dan saling menghormati antar warga masyarakat meskipun berbeda suku, ras
dan agama
C. Guru mengajarkan siswanya untuk berdoa sebelum dan
sesudah pembelajaran
D. Guru
menggunakan media pembelajaran yang interaktif untuk mendukung pembelajaran di
kelas
E. Sekolah
menyediakan berbagai ekstrakulikuler yang dapat memfasilitasi potensi dan
kreativitas anak
3. Peserta
didik Kelas “Y” sebagian besar memiliki gaya belajar visual maka strategi
belajar yang tepat dilakukan untuk
kelas tersebut yaitu:
A. Peserta didik
ditugaskan untuk menganalisis materi
B. Peserta
didik ditugaskan merangkum suatu uraian
C. Peserta didik ditugaskan membaca buku x karangan Mr.
x
D. Peserta
didik ditugaskan untuk mengemukakan pendapat
E. Peserta
didik ditugaskan untuk merangkum bahan belajar yang terdapat dalam buku teks
4. Pak Ferdi
ketika akan melakukan kegiatan pembelaajran dengan topik penyakit menular
melakukan pre tes terlebih dahulu, hal ini artinya guru memperhatikan karakteristik
peserta didik dalam hal ….
A. Motivasi
belajarnya
B.
Perkembangan sosialnya
C.
perkembangan emosinya
D.
Perkembangan motoriknya
E. Kemampuan awalnya
5. Untuk
meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa dengan menerapkan teori
belajar konstruktivisme dalam pembelajaran, karena dalam teori belajar ini ...
A. Mudah dalam mengevaluasi hasil belajar
B. Siswa
belajar dalam kelompok, maka tugas guru lebih ringan
C. Menempatkan siswa sebagai subjek belajar
D. Siswa
diberi tugas, sehingga belajar lebih aktif
E. Menempatkan
siswa sebagai objek penting dalam belajar
6. Salah satu
perkembangan teknologi dalam praktik pembelajaran adalah dengan mengintegrasikan teknologi salah satunya
adalah pembelajaran yang memanfaatkan social media. Dalam pembelajaran tersebut
memberikan kesempatan peserta didik untuk......
A. Berkolaborasi, berbagi informasi, berinterkasi
B. Berbagi
informasi, berkolaborasi, mengembangkan kemampuan individu
C.
Berinteraksi, berbagi informasi, memperbaiki kesalahannya
D.
Berkolaborasi, mengembangkan kemampuan individu, berinterkasi
E.
Berkorespondensi terkait proses pembelajaran yang berlangsung di kelas
7. Menurut
teori belajar konstruktivistik, anak akan merasakan bahwa proses belajar itu
adalah sesuatu proses yang menyenangkan jika......
A. Sesuai
dengan taraf berikir anak
B. Ada
keterlibatan intelektual dan emosional anak
C. Belajar dipraktekkan
D. Adanya
kompetensi belajar
E. Terdapat
stimulus dan respon yang sesuai
8. Kurikulum
sebagai pedoman dalam melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan pembelajaran di
sekolah merupakan fungsi kurikulum bagi ….
A. Guru
B. Kepala sekolah
C. Orang tua
D. Siswa
E. Pengawas
Sekolah
9. Kurikulum
harus aktif berpartisipasi aktif sebagai control atau filter social menunjukkan
fungsi kurukulum ….
A. Konservatif
B. Kreatif
C. Evaluatif
D.
Dinamis
E. Imajinatif
10.
Kualifikasi yang diharapkan dicapai oleh siswa setelah menyelesaikan pendidikan
di SMA merupakan tujuan ….
A.
Pembelajaran umum
B. Mata
pelajaran
C. Institusional
D. Pendidikan
nasional
E.
Pembelajaran khusus
Tidak ada komentar:
Posting Komentar