Jumat, 05 April 2013

ADMINISTRASI PROSES PEMBELAJARAN

ADMINISTRASI PROSES PEMBELAJARAN
1.      Penyusunan Program
Penyusunan program adalah menyusun atau menetapkan suatu kegiatan yang akan dilakukan untuk menentukan beberapa kegiatan dalam proses belajar mengajar dalam rangka mencapai tujuan pendidikan dimana hal tersebut dilakukan agar terciptanya suatu kondisi yang nyaman sehingga kegiatan belajar mengajar dapat berjalan dengan baik. kita ketahui bahwa di TK harus memiliki penyusunan program yang baik sehingga terciptanya  suasana yang kondusif yang aman, nyaman dan tentram dan untuk memberi warna atau hal yang cukup baik bagi program belajar mengajar.
a.       Kegiatan awal tahun
Kegiatan awal tahun adalah kegiatan yang diprogramkan atau dilakukan dengan mengadakan rapat antara kepala sekolah, pendidik serta staf yang mendukung untuk menentukan kegiatan yang dilakukan sebelum awal tahun ajaran baru sebagai persiapan untuk memulai tahun ajaran. Di mana kegiatan awal tahun adalah suatu kegiatan yang di lakukan  secara rutinitas tetapi hanya di lakukan pada awal tahun di mana kegiatan ini di lakukan untuk mendiskusikan apa-apa saja yg harus di lakukan pada awal tahun Contoh kegiatannya itu seperti pembentukan panitia penerimaan, sosialisasi lembaga tersebut, pembuatan formulir pendaftaran, pembuatan brosur, dll.
b.      Kegiatan bulanan
Kegiatan bulanan adalah kegiatan yang telah disusun atau ditetapkan yang di lakukan  secara rutinitas yang hanya di lakukan setiap bulan di mana kegiatan ini di lakukan untuk mendiskusikan apa-apa saja yg harus di lakukan pada bulan tersebut. penyusunan program biasannya di lakukan oleh kepala yayasan atau kepala sekolah berdasarkan hasil rapat. Misalnya pemberian makanan bergizi, pemeriksaan kesehatan yang meliputi berat badan, tinggi badan & lingkar kepala yang bertujuan untuk melihat perkembangan dan mengontrol kegiatan anak.
c.       Kegiatan mingguan
Kegiatan mingguan adalah kegiatan yang telah disusun atau ditetapkan yang ada di sekolah tersebut yang menjadi kegiatan rutinitas setiap minggu. di  mana kegiatan belajar mengajar itu di lakukan berdasarkan penyusunan program yg telah di buat pada TK tersebut. agar terciptanya suatu kondisi yang nyaman sehingga kegiatan belajar mengajar dapat berjalan dengan baik. Kegiatan itu seperti upacara, senam, berenang, les calistung, bimbingan menari, dll.
d.      Kegiatan harian
Kegiatan harian adalah kegiatan yang telah disusun atau ditetapkan yang ada di sekolah tersebut yang menjadi kegiatan rutinitas setiap hari. di  mana kegiatan belajar mengajar itu di lakukan berdasarkan penyusunan program yg telah di buat pada TK tersebut. agar terciptanya suatu kondisi yang nyaman sehingga kegiatan belajar mengajar dapat berjalan dengan baik. Misalnya setiap hari anak diwajibkan untuk membersihkan.
e.       Kegiatan akhir tahun
Kegiatan akhir tahun adalah kegiatan yang diprogramkan atau dilakukan dengan mengadakan rapat antara kepala sekolah, pendidik serta staf yang mendukung untuk menentukan kegiatan yang dilakukan sebelum akhir tahun ajaran baru sebagai persiapan untuk mengakhiri tahun ajaran. Di mana kegiatan akhir tahun adalah suatu kegiatan yang di lakukan  secara rutinitas di mana kegiatan ini di lakukan untuk mendiskusikan apa-apa saja yg harus di lakukan pada akhir tahun ajaran tersebut dengan melakukan berbagai kegiatan seperti penetapan anak didik terbaik, pemilihan putra dan putri, pentas aksi serta lomba-lomba.
2.      Penyusunan kalender pendidikan
Penyusunan kalender pendidikan adalah jadwal proses belajar mengajar yang telah ditetapkan. Kalender pendidikan adalah suatu jadwal  yang berisikan angka –angka numeric yang harus di ikuti oleh sekolah. Kalender pendidikan sangat di butuhkan di taman kanak-kanak agar terciptanya dunia pendidikan  yang teratur serta koordinir sehingga sekolah-sekolah pada saat waktu dan jadwal kegiatan belajar mengajar bisa terlaksana dengan baik. kalender pendidikan sangat di perlukan sekali selain di gunakan untuk menentukan jadwal-jadwal rapat di sekolah juga di gunakan untuk melihat kapan menjelang liburan dan masuk sekolah..
a.       Kalender umum/akademik
Kalender umum atau akademik adalah kalender yang berlaku secara umum dan biasa digunakan dimasyarakat luas di seluruh indonesia yang diambil dan ditetapkan oleh Pendidikan Nasional dimana kalender ini berisikan angka-angka numeric yang harus di ikuti oleh sekolah manapun yang ada di indonesia. Dan didalam kalender ini telah ditentukan hari, tanggal, bulan dan tahun serta hari-hari libur nasional yang sudah di resmikan oleh Diknas.
b.      Kalender lembaga
Kalender lembaga adalah kalender yang dibuat dan hanya berlaku pada suatu yayasan, lembaga atau sekolah tertentu yang di tetapkan melalui beberapa aspek tertentu yang berisi tentang jadwal proses belajar mengajar yang berkaitan di sekolah, yayasan atau lembaga tersebut dimana pembuatan kalender lembaga ini tetap mengacu kepada kalender umum yang di tetapkan oleh Diknas.
c.       Kalender kelas
Kalender kelas adalah kalender yang dibuat oleh guru atau pendidik dan hanya berlaku pada suatu kelas di yayasan, lembaga atau sekolah tertentu yang di tetapkan melalui beberapa aspek tertentu tergantung dari proses belajar mengajar yang berisi tentang jadwal proses belajar mengajar yang berkaitan di sekolah, yayasan atau lembaga tersebut dimana pembuatan kalender kelas ini mengacu kepada kalender lembaga yang telah dibuat.
3.      Penyusunan jadwal kegiatan belajar (waktu, tempat dan guru yang bertugas)
Penyusunan jadwal kegiatan belajar mengajar adalah menyusun suatu kegiatan dalam proses belajar mengajar yang sudah di tentukan oleh pihak sekolah sehingga tercapainya proses belajar mengajar yang efektif. Jadwal kegiatan mengajar ini sangat penting dalam proses kegiatan belajar mengajar, di mana dengan adanya jadwal kegiatan belajar akan menciptakan suasana disiplin bagi pendidik serta staf yang lain. Selain itu pendidik juga bisa mengetahui kapan dan dimana dia bertugas untuk mengajar anak-anak. Selain itu itu anak-anak bisa mendapatkan berbagai kegiatan yang berbeda sehingga mereka bisa mendapatkan pengetahuan yang di berikan oleh pendidik tersebut.
4.      Perencanaan kegiatan belajar mengajar
Perencanaan belajar mengajar adalah suatu rancangan kegiatan yang harus di lakukan oleh pihak sekolah sehingga terlaksananya proses belajar mengajar yang kita inginkan tanpa adanya perencanaan belajar mengajar sangat susah menentukan apa-apa saja yang di perlukan oleh para anak didik. Oleh karena itu sebelum melaukan kegiatan belajar mengajar terlebih dahulu di lakukan adanya kegiatan perencanaan (planning) agar terciptanya kegiatan belajar mengajar yang baik dan lancar. Kegiatan perencanaan belajar ini harus di lakukan sebelum proses kegiatan belajar mengajar itu berlangsung.sehinnga tidak terjadi kekacauaan dalam proses belajar mengajar.apabila kegiatan perencanaan sudah di rencanakan terlebih dahulu maka guru hanya tinggal menjalankan tugas mereka sebagai pengajar dan pendidik.
a.       Perencanaan tahunan
Perencanaan tahunan adalah suatu perencanaan yang didalam perencanaan tahunan itu sudah ditetapkan dan disusun kemampuan, keterampilan dan pembiasaan-pembiasaan yang diharapkan dicapai oleh anak didik yang akan dilakukan dalam satu tahun ajaran. Dimana di dalam perencanaan tahunan ini telah disusun perencanaan yang didalamnya mengembangkan aspek pertumbuhan dan perkembangan anak seperti Rencana Kegiatan Tahunan (RKT).
b.      Perencanaan semester
Perencanaan semester adalah perencanaan yang telah disusun dan di tetapkan dimana di program semester ini adalah program tahunan yang dibagi menjadi dua yaitu dalam dua semester (semester ganjil dan semester genap). Di dalam perencanaan semester juga memuat tema-tema yang sesuai dengan aspek pertumbuhan dan perkembangan anak serta minat anak serta sesuai dengan lingkungan dimana sekolah tersebut. Adapun perencanaan semester di TK adalah Rencana Kegiatan Semester (RKS).
c.       Perencanaan mingguan
Perencanaan mingguan adalah perencanaan yang telah disusun dan ditetapkan yang berisi kegiatan-kegiatan dalam rangka mencapai kemampuan yang telah direncanakan untuk satu minggu sesuai dengan tema pada minggu tersebut. Perencanaan mingguan ini dapat dibuat dengan mengacu kepada perencaan kegiatan semester yang telah dibuat. Adapun contohnya yaitu Rencana Kegiatan Mingguan (RKM).
d.      Perencanaan harian
Perencanaan harian adalah perencanaan yang telah disusun dan ditetapkan yang merupakan perencanaan pembelajaran untuk setiap hari yang dibuat oleh pendidik yang digunakan untuk meningkatkan semua aspek pertumbuhan dan perkembangan anak didik sesuai dengan tema dan sub tema yang di tentukan pada hari tersebut yang mengacu pada silabus dan RKM. Adapun perencanaannya yaitu dengan Rencana Kegiatan Harian.
5.      Pengaturan pembukaan tahun ajaran baru
Pengaturan pembukaan tahun ajaran baru merupakan kegiatan yang dilakukan oleh pendidik atau orang yang mendukung untuk memperkenalkan serta memberikan pemahaman kepada anak didik serta orang tua terhadap sistem pendidikan lengkap dengan komponen pendukungnya bersama anak didiknya yang ada pada taman kanak-kanak tersebut.
a.       Anak didik lama
Pengaturan pembukaan tahun ajaran baru bagi anak didik lama yaitu dengan memberikan pemahaman kepada anak didik serta orang tua tentang kegiatan yang akan diberikan pada semester barunya nanti mulai dari kegiatan belajar mengajar yang harus diikuti sampai yang hal-hal yang  berkaitan dengan proses pembelajaran anak setelah anak melewati pembelajaran sebelumnya di taman kanak-kanak tersebut.
b.      Anak didik baru
Pengaturan pembukaan tahun ajaran baru bagi anak didik baru yaitu dengan memberikan pemahaman dan memperkenalkan anak didik terhadap hal yang berkaitan dengan TK tersebut. Misalnya: kegiatan belajar yang harus diikuti murid, tata tertib taman kanak- kanak, seragam, jadwal belajar, situasi dan kondisi lingkungan taman kanak-kanak, nama kepala taman kanak-kanak, dan guru taman kanak-kanak, dll.
6.      Pengaturan pelaksanaan kegiatan belajar (lembaga dan kelas)
Pelaksanaan kegiatan belajar mengajar adalah suatu kegiatan yang di lakukan baik itu di dalam kelas, maupun di luar kelas yang berada di lingkungan sekolah yang terdiri dari pendidik dan anak didiknya dimana dalam kegiatan proses belajar mengajar ada di laksanakan suatu kegiatan yang memberikan pengetahuan kepada anak sehingga kecerdasan yg di miliki anak bisa bertambah serta aspek-aspek perkembangan yang di miliki oleh anak bisa terlihat. Pelaksanaan  kegiatan belajar mengajar itu sangat penting agar anak-anak bisa menambah pengetahuan.di mana dengan adanya  kegiatan belajar mengajar guru bisa melihat dan menilai anak didiknya yang cepat menangkap pembelajaran yang di ajarkan oleh guru serta guru bisa menilai apa saja yang di butuhkan oleh anak didiknya sehingga proses perkembangan anak didiknya. Kegiatannya meliputi: pengelompokkan murid, menyelenggrakan kegiatan belajar mengajar, menilai pencapaian kegiatan belajar yang telah ditetapkan.
7.      Pengaturan pelaksanaan evaluasi
Pelaksanaan evaluasi adalah suatu kegiatan yang di lakukan oleh para guru atau tutor untuk menilai anak didiknya berdasarkan kemampuan yang di miliki anak didiknya. Bentuk penilaian atau pelaporan dalam bentuk sebuah narasi yang di tulis dalam buku rapor yang berisikan tentang aspek-aspek perkembangan pada anak didik.
Pelaksanaan evaluasi sangat berguna agar bisa mengetahui kemampuan dari setiap anak didik.di mana kita ketahui bahwa setiap anak itu memiliki kemampuan yang berbeda-beda. Apabila kita sudah mengetahui kemampuan anak didik.sebagai guru yang baik guru tersebut tinggal membenahi apa-apa saja yang harus di benahi agar kemampuan anak tersebut bisa bertambah.
a.       Teknik penilaian
Teknik penilaian merupakan teknik yang telah disepakati sebelumnya tentang cara pemberian penilaian terhadap anak didik, misalnya apakah pendidik memberi penilaian dengan eknik observasi, teknik unjuk kerja, teknik pemberian tugas, teknik catatan anekdot, teknik portofolio, teknik hasil karya, dll yang digunakan untuk mengukur kemampuan serta pemahaman anak terhadap suatu kegiatan yang telah ditentukan.
b.      Teknik pencatatan
Teknik pencatatan merupakan suatu cara yang dilakukan oleh pendidik untuk mencacat hasil dari kemampuan dan pengetahuan serta pemahaman anak dalam mengembangkan semua aspek pertumbuhan dan perkembangan anak dalam bentuk lampiran dimana pencatatan tersebut dapat menggunakan simbol apa yang sebelumnya telah sepakati bisa dengan simbol lingkaran kosong sedang atau penuh dan bisa berupa bintang satu, bintang dua atau bintang tiga.
c.       Laporan hasil penilaian
Laporan hasil penilaian adalah suatu lampiran yang didalamnya berisi tentang laporan dari hasil perkembangan anak didik selama satu semester di mana pada saat anak didik menerima terima rapor didalam buku laporan itu bukan berisikan narasi saja tetapi berisikan tanda ceklis serta didalam buku laporan tersebut berisikan kemampuan anak dalam menerima proses belajar mengajar selama satu semester tersebut.
8.      Pengaturan pelaksanaan bimbingan dan penyuluhan
Layanan bimbingan dan penyuluhan yaitu suatu tempat di mana di lakukan konsultasi mengenai apa-apa saja permasalahan yang di hadapi baik orang tua maupun anak didik itu sendiri. Tujuan di lakukan layanan dan bimbingan dan penyuluhan yaitu untuk  mengetahui apa saja masalah yang di hadapi oleh anak dan bagaimana cara mengatasinya. Sebagai guru kita harus melakukan pendekatan, memberikan pemahaman dahulu kepada anak sehingga anak tersebut mau merubah  atau mau mengakui kesalahan yang di buat oleh anak tersebut.
a.       Penyuluhan kepada orang tua anak didik
Penyuluhan kepada orang tua anak didik adalah memberikan informasi kepada orang tua anak didik untuk memberikan dukungan pada pelaksanaan kegiatan yang telah dilakukan yang berkaitan dengan pertumbuhan dan perkembangan anak untuk mengetahui masalah apa yang sedang dihadapi oleh anak yang berkaitan dengan perkembangan serta proses belajar anak.
b.      Bimbingan pada anak didik
Bimbingan pada anak didik adalah memberikan bimbingan untuk meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan anak dimana pemberian bimbingan tersebut mengenai apa yang perlu diberikan kepada anak agar anak tersebut dapat merubah kesalahan yang telah di buatnya. Bisa dilakukan dengan pendekatan secara individual atau kelompok.
9.      Pengaturan penutupan tahun ajaran (Graduation Ceremony)
Penutupan tahun ajaran baru adalah kegiatan yang di lakukan setiap tahun di mana kegiatan tersebut antara lain yaitu adnya laporan pertanggungjawaban ke diknas setiap tahunnya mengenai kegiatan apa saja yang di lakukan baik itu dalam urusan administrasi,keuangan dan lain-lain serta adanya penyerahan ijazah para siswa yang mau tamat di sekolah tersebut serta di adakan kegiatan seni  tari pada sat penyerahan ijazah berlangsung.  Penutupan tahun ajaran baru di selenggarakan guna untuk mengetahui apa saja yang di butuhkan oleh pihak sekolah serta mengetahui akhir dari hasil pengajaran guru kepada anak didik,serta ingin mengetahui berapa siswa yang akan di tamatkan oleh pihak sekolah.selain itu melihat kembali apa-apa saja yang perlu di benahi pada tahun ajaran baru.dengan adanya penutupan tahun ajaran baru pihak sekolah bisa mengetahui berapa banyak siswa yang akan di butuhkan di sekolah tersebut.


1 komentar: