Label

Jumat, 05 April 2013

IDENTIFIKASI MEDIA PEMBELAJARAN SESUAI ASPEK PERKEMBANGAN

IDENTIFIKASI MEDIA PEMBELAJARAN SESUAI ASPEK PERKEMBANGAN
1.      Bermain Plastisin
Aspek yang dikembangkan :
ü  Kognitif :
Perkembangan kognitif terjadi ketika anak berpikir dan berkonsentrasi saat membentuk plastisin yang sedang di mainkannya.
ü  Fisik:
Perkembangan fisik terjadi ketika anak menggenggam dan membentuk plastisin yang sedang di mainkannya.
ü  Seni :
Perkembangan seni terjadi ketika anak membentuk suatu karya dari plastisin.
ü  Emosional :
Perkembangan emosional anak terjadi ketika anak mengungkapkan perasaannya ketika bermain plastisin.
2.      Bermain Boneka Tangan :
ü  Kognitif :
Perkembangan kognitif terjadi ketika anak berpikir memainkan boneka tangan dan menmainkannya.
ü  Fisik :
Perkembangan fisik terjadi ketika anak menggerakkan tangannya saat memainkan boneka tangan itu.
ü  Bahasa :
Perkembangan bahasa terjadi saat anak berbicara menirukan boneka tangan tersebut seolah-olah boneka tersebut hidup.
ü  Emosional :
Perkembangan emosional terjadi ketika anak mengungkapkan perasaannya saat memainkan boneka tangan tersebut.
ü  Sosial :
Perkembangan sosial terjadi saat anak berinteraksi dengan temannya yang juga memainkan boneka tangan tersebut.
3.      Bermain Balok :
ü  Kognitif :
Perkembangan kognitif terjadi ketika anak berpikir untuk menyusun balok tersebut seperti apa.
ü  Fisik :
Perkembangan fisik terjadi ketika anak sedang menyusun balok, dengan begitu motorik halusnya berkembang.
ü  Emosional :
Perkembangan emosional terjadi ketika anak mengungkapkan emosi atau perasaannya ketika anak tersebut bermain balok.
ü  Sosial :
Perkembangan sosial terjadi ketika anak berinteraksi dengan temannya saat bermain balok.
4.      Bermain Puzzle
ü  Kognitif :
Perkembangan kognitif terjadi ketika anak berpikir bagaimana susunan yang tepat untuk mengisi puzzle yang ada.
ü  Fisik :
Perkembangan fisik terjadi ketika anak menggerakkan tangannya untuk mengisi bagian-bagian puzzle.
ü  Emotional :
Perkembangan emotional terjadi ketika anak mengungkapkan perasaannya saat bermain puzzle.
ü  Sosial :
Perkembangan sosial terjadi ketika anak berinteraksi dengan temannya saat mereka sama-sama bermain puzzle.
ü  Bahasa :
Perkembangan bahasa terjadi saat anak berbicara bersama temannya ketika mereka berdiskusi bagaimana menyusun puzzle yang tepat.
KURIKULUM TAMAN KANAK-KANAK
Muatan Kurikulum Taman Kanak-kanak meliputi sejumlah bidang pengembangan yang keluasan dan kedalamannya merupakan beban belajar bagi peserta didik pada satuan pendidikan. Di samping itu materi muatan lokal dan kegiatan pengembangan diri termasuk ke dalam isi kurikulum.
Ruang lingkup Kurikulum TK , berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 58 Tahun 2009 tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini meliputi aspek perkembangan berikut dan pengembangannya :
1.      Bidang Pengembangan
a.       Bidang Pengembangan Pembiasaan
b.      Bidang Pengembangan Kemampuan dasar.
Berbahasa
Kognitif
Fisik/Motorik
2.      Muatan Lokal
Berisi tentang :
Jenis, strategi pemilihan dan pelaksanaan mulok yang diselenggarakan oleh sekolah. Dalam pengembangannya mempertimbangkan hal-hal sbb:
Muatan lokal merupakan kegiatan kurikuler yang bertujuan untuk mengembangkan kompetensi sesuai dengan ciri khas dan potensi daerah, termasuk keunggulan daerah.
3.      Pengembangan Diri
Bertujuan memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengembangkan dan mengekspresikan diri sesuai dengan kebutuhan, kemampuan, bakat, minat peserta didik dan kondisi sekolah. Dapat dilaksanakan dalam bentuk kegiatan:
a.       Bimbingan konseling, (kehidupan pribadi, sosial, kesulitan belajar, karir
b.      Ekstra kurikuler, Pengembangan kreativitas, kepribadian siswa.
4.      Pengaturan Beban Belajar
Berisi tentang jumlah beban belajar per Bidang Pengembangan, per minggu per semester dan per Tahun Pelajaran yang dilaksanakan di sekolah, sesuai dengan alokasi waktu yang tercantum dalam Struktur Kurikulum.
Sekolah dapat mengatur alokasi waktu untuk setiap bidang pengembangan pada semester ganjil dan genap dalam satu tahun pelajaran sesuai dengan Kebutuhan, tetapi jumlah Beban belajar per tahun secara keseluruhan tetap.
5.      Pengelompokan Anak didik:
Kriteria pengelompokan disesuaikan dengan usia perkembangan anak didik
a. 5 th kelompok A
Ø
b. 6 th kelompok BØ
6.      Perpindahan Kelompok
Perpindahan kelompok dilaksanakan pada setiap akhir tahun pembelajaran, apabila anak sudah cukup umur . (A ke B, B ke SD )
7.      Pendidikan Kecakapan hidup
Merupakan kompetensi yang berisi pendi-dikan kecakapan hidup yang diintegrasi-kan ke bidang pengembangan yang ada(Mis:mandi sendiri,makan sendiri, gosok gigi sendiri, BAB sendiri, pakai sepatu sendiri dll)
8.      Pendidikan berbasis keunggulan lokal dan global
Merupakan kompetensi yang merupakan keunggulan lokal dan daya saing global (yang materinya tidak bisa masuk ke bidang pengembangan yang ada )Mis: Bahasa Inggris, Bahasa arab, komputer dll.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar